Obat Penurun Panas ….

Sebagaimana janji saya pada posting sebelumnya ….. inilah dia janjiku padamu …….

Walaupun bagaimana demam makin mengkhawatirkan bila semakin meningkat dan mendekati 39°C, apalagi bagi anak yang punya riwayat kejang demam…..tolong… Kompres merupakan cara paling sederhana, kuno tapi masih manjur jeee….

Kompres menggunakan air biasa (bukan air es, alkohol, atau sirup dingin :) ) penempatan kompres di kepala, leher, ketiak atau pangkal paha. Kenapa..? Karena kepala anak banyak anyaman pembuluh darah sehingga efektif menurunkan demam sedangkan leher, ketiak dan pangkal paha terdapat pembuluh darah besar yang bila dikompres akan cepat menurunkan suhu. Kalo ditempat lain ?…. boleh aja nggak ada larangan kok.. mau dimana coba ? …. Jempol, lutut, pusar….. boleh aja tapi tidak akan efektif menurunkan demam. Bila suhu tetap naik dan mendekati 39°C maka pilihan lain adalah memberikan obat penurun panas, obat penurun panas yang aman untuk anak ada 2 jenis , yang pertama PARACETAMOL alias ACETAMINOFEN alias PARAAMINOFENOL (kayak buronan banyak alias nya :) ) yang tersedia dalam bentuk tablet sirup maupun suppositoria (untuk dimasukkan lewat…maaf… b0k0ng) sedangkan yang kedua IBUPROFEN (tanpa alias, tapi bapakprofen belum ada, lagi merantau he..he…he) yang juga tersedia dalam bentuk sirup tablet dan suppositoria. Pemberian paracetamol dosisnya 10 -15 mg/kg BB/ kali, bisa diberikan maksimal 5 kali sehari. Umumnya paracetamol tablet tersedia dalam sediaan 500mg sedangkan paracetamol sirup 120mg/ 5ml (5 ml = 1 sendok teh, tapi lebih afdol kalo pake sendok penakar yang ada di kemasan obat). Contoh kalo ada anak umur satu tahun dengan berat 11 kg pemberian paracetamol 110mg tapi untuk kemudahan bisa diberikan 120mg karena pas satu sendok teh. Paracetamol dengan merek tertentu ada yang 160mg/5ml bahkan ada yang 250mg/5ml, itu dipasarkan untuk memudahkan pemberian obat. Nah… masalahnya kalo diliat dari sisi lain paracetamol larut dalam alkohol … wah … haram dong… dulu emang diperbolehkan karena tidak ada pilihan tapi …. sekarang udah banyak merek yang menyediakan paracetamol tanpa alkohol (sayangnya saya enggan sebutkan merek, kecuali ada sponsor :D dasar… mata duitan) Selain dari sisi religius sebenarnya alkohol tidak baik untuk perkembangan anak terutama otak. Ini analogi dari suatu kelainan Fetal Alkohol Syndrome (FAS) yang terjadi karena ibu hamil mengkonsumsi alkohol sehingga terjadi cacat pada bayi yang dikandungnya. Penelitian pada anak memang belum ada (siapa yang mau anaknya dibuat coba-coba … gila aja !!!) tapi kalo kita ngasih alkohol pada anak terus otak yang kecil dan lucu merekam memori taste alkohol berulang kali dan diartikan enak di alam bawah sadar … suatu saat dia remaja mencoba alkohol wahh.. rasanya enak sesuai dengan memori di otaknya … kecanduan deh…(ini hipotesa tapi berdasarkan keilmuan,  serius mode: ON ).

Sekarang waktunya Ibuprofen yang merupakan obat penurun panas yang juga punya efek anti radang (bukan antibiotik) dengan dosis 5-10mg/kg BB/kali, diberikan 3 kali sehari maksimal juga 5 kali. Sediaan yanng banyak beredar tablet 200 dan 400 mg, sedangkan sirup 100mg/5ml dan 200mg/5ml, yang 200 mg/5ml biasa dilabel FORTE. Diberikan dosis 5mg/kg BB/kali dulu, bila suhu sampai 39°C pake dosis 10mg/5ml. Efek samping: kadang nyeri perut.

Tapi kalo demam tidak membaik …seperti biasa…cepat ke dokter.

Yang suppositoria gak saya bahas karena lebih banyak dipake di RS dan kalo orang tua yang ngasih harus ada petunjuk lain yang puaaaanjang dan luaaaama….. pokoknya khusus lah.

Di label kemasan obat emang tidak sama dengan dosis yang saya berikan karena pada label obat produsen harus mencantumkan dosis yang sesuai dengan semua anak berdasarkan umur. Gak tahu kenapa BPOM bikin aturan kok gitu… lha wong pemberian dosis obat anak sak dunia muggle pake berat badan kok…. Wes lah yang penting happy………. Semoga berguna……………….

Posting selanjutnya maunya tentang kejang.. tapi karena ada permintaan pembahasan tentang penanganan diare dan saya pikir-pikir ada benarnya selain sekarang mulai musim diare (emang kaya musim mangga apa ?) jadi posting selanjutnya tentang diare aja lah….. see you…  next at diarrhea…. he…he…he

About these ads

108 Tanggapan to “Obat Penurun Panas ….”

  1. evi Says:

    wah…kalo anak saya demam tinggi biasanya oleh DSA nya di kasih obat racikan dan manjur. (ini di minum hanya kalo demam tinggi).
    kalo hanya minum sirup semacam t***r* demamnya kok lama turunnya, kenapa ya Dok…? apa anak saya sudah kebal…?

    terus obat racikan sampai kapan bisa di gunakan…? karena obat demam yg racikan itu banyak sisanya.

  2. dokterearekcilik Says:

    @evi
    obat racikan lebih manjur karena dokter bisa ngatur dosis berdasarkan berat badan (BB)dan juga kadang mencampur 2 jenis obat penurun panas agar lebih cepat bereaksi. Kalo obat sirup dosis udah standar, tinggal disesuaikan dengan BB. Obat t***r* yang evi maksud (kalo gak salah tebak) 160mg/5ml, jadi kalo BB anak evi 20kg pasti gak mempan, perlu dikasih satu setengah sendok teh supaya mencapai dosis sesuai. Obat penurun panas tidak mengenal kebal seperti antibiotik. Obat racikan lebih tidak stabil karena bukan buatan pabrik, prinsipnya penyimpanan harus di tempat yang kering & tidak kena sinar matahari. Bila warna berubah atau menggumpal jangan digunakan, rata-rata penyimpanan obat racikan paling lama 2 bulan.

  3. dani iswara Says:

    yg ibuprofen mesti lbh selektif krn efek sampingnya ya..ato ada alasan lain ya..krn spesialis anak di kota tertentu justru jarang makenya.. [apa sponsornya beda yaa..] :D

  4. dokterearekcilik Says:

    Efek samping ibuprofen gak terlalu kok, jarang muncul. Cuman kalo mau aman betul ya pake paracetamol. Penelitian ibuprofen juga gencar, termasuk di dalam negeri. Akhir akhir ini malah batas umur turun jadi 1 tahun. Beberapa peneliti malah menggunakan untuk bayi prematur menutup PDA (bagi pembaca yg gak ngerti ini bukan PDA phone ya… :) ) karena lebih aman dibanding indometasin. Kalo soal sponsor itu kan bukan utama tapi pertama … he…he…he guyon mode: ON

  5. almascatie Says:

    kok saya tertarik dengan ini ya :)

    Di label kemasan obat emang tidak sama dengan dosis yang saya berikan karena pada label obat produsen harus mencantumkan dosis yang sesuai dengan semua anak berdasarkan umur. Gak tahu kenapa BPOM bikin aturan kok gitu… lha wong pemberian dosis obat anak sak dunia muggle pake berat badan kok

    Resep obat dinegara lain menggunakan berat badan ya(yang saya tangkap dari quotediatas), masak indonesia sendiri nih yang pake umur? apa ada perbedaan antara dosis berat badan sama dosis umur?
    *tanya-tanya habis ga tau nih*

  6. bapake-arek-arek Says:

    Tapi kalo demam tidak membaik …seperti biasa…cepat ke dokter.

    sayang anak … sayang anak (dodolan plembungan, mode:ON). Bagi orang tua yang pengertian, akan cepat membawa anaknya ke *ehm ehm* kalo demam gak turun-turun. Makin cepat boleh diartikan makin pengertian. Kata ibu-ibu, sehari demam gak turun sudah gak tega, … namanya juga sayang anak *bletak, tuing* :)

  7. Titah Says:

    saya selalu sedia paracetamol di rumah untuk digunakan sewaktu-waktu. berapa lama paracetamol strip aman disimpan dalam suhu ruangan dok? dan seberapa batas penggunaannya yang aman, karena baru2 ini saya dengar ternyata paracetamol itu hepatotoksik (saya punya hepatitis B kronis nih) :(
    mohon jawaban. makasih sebelumnya ya….
    eh ya, salam kenal dok :D

  8. dokterearekcilik Says:

    @almascatie
    kalo ada anak umur 1 tahun BB 10kg dengan anak 2 tahun BB 10kg juga, jadi lain dosisnya, padahal beratnya sama. Terus kalo ada anak 4 tahun gendut dosisnya sama dengan yang kurus…. gitu kira kira … Emang dosis di kemasana tiap negara punya aturan sendiri sendiri, itu otoritas negara tsb…

    @bapake-arek-arek
    selamat jualan plembungan ….. beli dua buat anakku… eeee……..susuke endiiiii……

  9. dokterearekcilik Says:

    @Titah
    paracetamol strip lebih stabil disimpan dalam jangka lama, biasanya ada tanggal kedaluwarsa-nya. Kalo tentang hepatotoksik emang iya….kalo kondisi liver tidak bagus (SGOT/SGPT tinggi atau penanda lain menggambarkan liver tidak sehat) sebaiknya tidak pake paracetamol, masalah tsb sebaiknya ditentukan oleh dokter yang memeriksa Titah. Tapi paracetamol termasuk obat dengan batas keamanan yang lebar jadi sebenarnya relatif aman. Tapi supaya lebih aman lagi pake golongan lain aja misalnya metampiron. Semoga lekas sembuh.. fuh .. fuh.. tak suwuk waras (kalo di blog nyambi dukun he..he…he :) )

    • Anonymous Says:

      anak saya di diagnosa tipes dan livernya bengkak dok… tp saya ttp pake proris ibuprofen n anti biotik amoxsan n ga kunjung sembuh perut tetep kembung n tiap mlm sll panas tinggi pdahal baru pulang dr RS.

  10. sibermedik Says:

    hmm…

  11. grapz Says:

    Kebeneran ada DSA, saya tanya2 bole ya dok

    saya masih PTT, di tempat saya banyak anak2 yang jatuh ke malaria cerebral dengan panas tinggi, antipiretik supos (kaya d***n – kalo di rs pendidikan saya dulu) ga ada, sedang itu anak g bisa diberi antipiretik lewat oral, selama ini saya akali dengan pemberian model **don gt ditambah aquadest trus masuk lewat anus, ya aga nurun dikit panasnya…tapi baiknya dikasih apa ya dok?? saya g bisa rujuk cepat2 karena pkm saya 13 jam dengan kapal ke kota…kapalnya 4 hari sekali :(

    o ya lagi, trus kalo kejang, saya g ada fenitoin, sedangkan pemberian diazepam IV atau supos terus2an saya aga ngeri…apa aman diazepam IV atau supos terus2an???

    terimakasih ya dok, salam kenal

  12. Astri Says:

    halo Grapz, PTT di Papua ya… sama saya dulu juga PTT di tempat endemis malaria. Cuma di tempat saya dulu masih ada nov****n inj jadi kalo gak bisa peroral ya pake inj itu…

  13. dokterearekcilik Says:

    Welcome grapz…aku juga dulu di puskesmas sultra tanpa listrik sebelah hutan. Tahu deh rasanya kerja di tempat terpencil… tentang antipiretik **don lewat anus aku belum pernah baca referensinya, nanti kau carikan. kalo panas <40 derajat C masih bisa pake kompres dingin (surface cooling) terus dikipasin….lumayan ampuh kok. Pas di PKM aku juga pernah pake. Kalo suhu mencapai 40 derajat C dan naik menuju 41 itu bahaya terjadi hiperpireksia…tambahin deksametason aja 0,3-0,5 mg/kg BB untuk loading dose. Diazepam kerjanya singkat jadi relatif aman…kalo efek samping muncul…depresi napas, biasanya gak lama. Diresusitasi 5 menit udah OK. Bisa IV atau supp, cuman jangan IM karena efek IM lebih lambat & unpredictable dibanding supp, apalagi IV. Puas…puas…puas :) kalo belum jelas boleh nanya lagi kok. Selamat berjuang….bu menkes liat nih dokter di daerah terpencil….didatangi dong…

  14. Lena4 Says:

    Wah, sampe sini lewat Cok M, salut deh dengan blogs para dokter. Sangat, sangat diperlukan.

    Tanya dok: belum lama ini saya ikutan dapet giliran jaga sepupu yang DBD, dan di RS tsb sepupu saya yang panas tinggi disuruh kompres dengan air panas. Kenapa ya dok?

  15. dokterearekcilik Says:

    Mungkin maksudnya air hangat (kalo air panas kan auwww… kepanasan), bila panas tinggi terus telalu cepat dingin maka akan ada perbedaan antara suhu permukaan tubuh dengan dalam tubuh. Bila beda suhu permukaan tubuh dengan dalam tubuh >3 derajat C maka penderita akan menggigil. Menggigil meningkatkan metabolisme tubuh, menguras energi dan bisa membuat panas lagi. Jadi menurunkan demam secara bertahap lebih baik….gitu dehh

  16. Lena4 Says:

    wah, penjelasannya simpel ya, dan bukan air panas. halah memang ukuran temperatur ini rada2 subyektif ya, krn menurut saya air yg dibawa suster itu puanas, tapi ya memang nggak sepanas untuk bikin kopi, hehe. thanks ya dok! keep it coming!

  17. mei Says:

    untuk jaga2 aku selalu nyimpan tempra, mucos dan dan obat-obat lainnya di pintu kulkas. karena aku pikir biar awet(makanan kalee..hehe)…nah itu gimana dok??apakah dengan penyimpanan d kulkas dan bukan suhu kamar itu trus nantinya khasiat obat jadi turun???

  18. zulharman Says:

    Salam kenal Dokter arek cilik.

    Saya lagi mencoba membuat software tentang daftar dosis obat berbasis windows. Cara kerjanya saya sudah me list obat-obat yang umum diresepkan oleh dokter umum seperti parasetamol, amoksisilin, DMP, Efedrin, GG, dll. Apabila kita memasukkan berat badan dan lalu mencentang obat yang akan kita gunakan , maka akan muncul dalam beberapa detik dosis obat – obat sesuai BB per kali makan (software ini diperuntukkan khususnya untuk menghitung obat buat anak <8 thn sehingga juga menampilkan berapa jumlah tablet yang dibutuhkan untuk 10 kali makan sehingga mudah dalam membuat puyer). Masalahnya saya kesulitan dalam menentukan rentang dosis seperti parasetamol 10-15 mg/kgBB/x, apakah untuk anak kecil menggunakan 15 mg/kg BB/x dapat ditolerir? atau saya menggunakan yang 10 mg/kg BB?x saja? Kesimpulannya apakah saya menggunakan dosis maksimal atau minimal atau ditengah-tengahnya? Bila pakai dosis minimal menurut pengalaman dokter apakah manjur? Terimakasih.

  19. dokterearekcilik Says:

    Medical is an art….bukan ilmu pasti dan tiap orang punya reaksi berbeda-beda terhadap setiap obat dan setiap dosis. Tapi untuk amannya sebaiknya pake dosis 10mg/kg/kali aja untuk parasetamol. Pake parasetamol dosis minimal masih aman dan manjur kok. Jangan lupa tiap obat punya batas keamanan yg berbeda, seperti parasetamol termasuk batas keamanannya lebar. Hati-hati pada obat dengan batas keamanan sempit karena perubahan dosis sedikit aja bisa berakibat fatal….Btw kalo udah jadi software nya pengen tahu yaa…

  20. zulharman Says:

    Terimakasih dok, atas informasinya, nanti kalo udah jadi saya kirimkan ke email dokter, dan nanti tolong dikoreksi ya.

  21. tonick Says:

    kalo paracetamol diminumkan (karena kadang” panas) apa efek terburuknya?

  22. dokterearekcilik Says:

    @tonick
    efek paracetamol yg paling dikuatirkan gannguan liver/hati. Tapi itu terjadi pada pemberian dosis sangat tinggi. kalo terlalu sering diberi paracetamol sedangkan anak tidak panas yaa… eman livernya… :)

  23. tonick Says:

    wah tengkyu pak dokter…sekarang anaku lagi sariawan bukan di mulut tapi di bibirnya (jowone memprengen) udah 3 hari ku kasih anastin tapi kok belum sembuh ya pak…kira-kira penyebab sariawan anak itu opo yo podho karo kita yang udah gedhe gini?

  24. Apin Says:

    “obat racikan lebih manjur karena dokter bisa ngatur dosis berdasarkan berat badan (BB)dan juga kadang mencampur 2 jenis obat penurun panas agar lebih cepat bereaksi.” –> Dosen-dosen saya (termasuk DSA konsulen senior) bilang katanya negara yg pakai obat racikan (alias puyer) cuma di Indonesia. Di Saudi ga ada puyer, di Tanzania (ini kata dokter WHO langsung ke saya) jg ga ada puyer. Obat racikan meningkatkan kemungkinan efek samping dan interaksi obat. Apalagi kalo nggak tahu interaksinya. Kasihan dong pabrik yg buat sirup, kalo produk mereka nggak dipakai, karena dianggap dosisnya kurang tepat ke berat badan. Kan ada range of therapeutic dose, dan margin of safety-nya. Begitu waktu saya belajar farmakologi. Mohon asupannya ya Dok. Thank you

  25. dokterearekcilik Says:

    @Apin
    saya udah pernah ke luar negeri dan emang gak ada puyer disana…. saya lebih suka pake fixed drug tapi kadang emang tidak semua tersedia di Indonesia. jadi pada kasus tertentu pake puyer. Btw saya juga belajar farmakologi, bukan anda aja yang belajar farmakologi dan emang ada obat yang bila di puyerkan interaksinya nyata tapi banyak juga yang tidak sesuai dengan textbook. Emang textbook selalu ketinggalan 4 tahun jadi berpegang pada textbook tidak selalu benar. pengalaman kita di lapangan banyak gunanya, apalagi buat dokter di kampung seperti saya ini. Mungkin kalo di ibukota negara kita tidak ada obat puyer :)

  26. dokterearekcilik Says:

    @tonick
    Belum tentu sama, gak bisa di tentukan secara online :) karena sariawan pada anak juga bisa karena alergi tapi bisa juga karena herpes simplex

  27. Apin Says:

    “Mungkin kalo di ibukota negara kita tidak ada obat puyer” –> Terima kasih atas asupannya, Dok. Hehe, di Jakarta justru full of puyer. Begitu juga dengan kota-kota lain di Indonesia. Karena penelitian saya memang tentang survey penggunaan obat pada pasien anak yang mayoritas polifarmasi. Keep up the good work in this blog ya, Doc!

  28. dokterearekcilik Says:

    @Apin
    Kalo udah jadi pinjem hasil penelitiannya ya :)

  29. putra Says:

    wah…blognya sangat bagus dok…sangat sederhana tuturnya dan mudah dicerna…
    jadi ingat waktu ikut salah satu seminar pediatri di jakarta beberapa waktu lalu, si pembicara bilang kalau obat antipiretik yang diakui di seluruh dunia cuma ada dua: paracetamol dan ibuprofen…
    trus dia melanjutkan pertanyaan kepada audiens “nah bukankah dokter2 semua masih suka suntik nov… dan sejenisnya kalau anak panas??”
    sebagian senyum2, sebagian juga terperangah karena memang tidak mengerti kalau cuma dua ini yang dianjurkan…
    ternyata masih sedikit dokter2 kita yang update ilmu berkala ya…

    termasuk saya…hehe….

  30. putra Says:

    maksud saya diatas obat yang diakui dan dianjurkan dokter anak sedunia, bukan internis dan lain2…

    si pembicara waktu seminar tersebut menceritakan kasus di suatu negara dimana seorang orang tua pasien mendapati anaknya meninggal setelah dirawat beberapa hari di rs. dia mempelajari dengan teliti rekam medis anaknya, dia kroscek satu2 obat yang diberikan pada anaknya, dan ditemukan pemberian obat nov*** yang diberikan pada anaknya, yang menurut hasil penelitiannya tidak dianjurkan diberikan pada anak. orang tua itu sampai mengirimkan mail ke AAP dan organisasi pediatri lainnya, dan mendapatkan jawaban yang sama bahwa golongan itu tidak dianjurkan pada anak. akhirnya si orang tua tadi menang gugatan terhadap dokter dan rs tsb…begitulah kira2 cerita yang saya dengar…

    mudah2an gak terjadi pada kita ya…

  31. maru_and Says:

    apakah ada interaksi antara obat penurun panas dan antibiotiak

  32. dokterearekcilik Says:

    @putra
    Emang AAP termasuk ketat dalam hal pemakaian obat krn FDA juga ketat. Kalo seluruh dunia udah pake dan aman baru AAP + FDA mau pake. Padahal ada saat tertentu dimana obat tsb emang perlu. Tentang nov*** emang sering dipake krn di Indonesia tidak..atau belum beredar obat injeksi untuk penurun panas yg aman…seperti paracetamol injeksi. Sebaiknya menurunkan demam pake obat yg dianjurkan aja… :)

  33. dokterearekcilik Says:

    @maru_and
    Interaksi antara obat penurun panas dengan antibiotik tidak ada. cuman ati ati pada pemberian ibuprofen kadang mengganggu penceernaan kalo dipake bareng antibiotik golongan eriitromisin, sebagian oranng tidak tahan bahkan bisa sampe diare. Tapi itu tidak terjadi pada semua orang.

  34. Agam Says:

    Wah aku tunggu pembahasan tentang kejangnya. Penting banget tuh. Makasih ya infonya.

  35. dokterearekcilik Says:

    @Agam
    Jangan kuatir postingan setelah ini tentang kejang kok…mungkin akhir minggu ini atau awal minggu depan…semoga aku gak males he..he..he

  36. prabu Says:

    apakah aman kalo kita menaruh obat di kulkas supaya awet gitu.makasih infonya

  37. dokterearekcilik Says:

    Prinsipnya obat sebaiknya disimpan pada tempat yang kering dan tidak kena matahari secara langsung. kalo mau taruh di kulkas harus yakin kering, gak ketetesan tahu, sayur asin atau apa aja yang ada di kulkas. Sebaiknya dimasukkan plastik untuk menjaga kemungkinan basah. yang perlu diperhatikan juga warna obat harus sama dengan saat pertama disimpan, bila ada perubahan warna jangan langsung diberikan, konsultasi dulu dengan petugas kesehatan.

  38. ayie Says:

    askum wr.wb.

    slm kenal dokteracilik, bleh ga aku minta tentang penjeladan tentang paraaminofenol dengan lengkap, soalnya cari bahan tentang paraaminofenol di intrnet tu terbatas.
    PlZ kirimin dung ke email aq ( ferdinand_ayie@yahoo.co.id)
    terimakasih

  39. dokterearekcilik Says:

    @ayie
    referensiku tentang paraamnofenol entah kemana, maklum udah gak kuliah lagi jadi buku ditumpuk di bagian paling tersembunyi, tinggal referesi klinis terbaru yg dibaca. Tapi nanti saya coba cari, btw kalo nyari referensi lewat highwire.org, freemedicaljournals.com, BMC.com, banyak referensi gratis dari jurnal ternama disitu. Kalo saya kelamaan nyari ingetin ya, maklum banyak kerjaan :D

  40. Dinny Says:

    Terima kasih dok untuk infonya, saya jadi bisa ngitung dosis obat buat anak saya. Dok, mo sharing niy, kalo anak saya demam, saya kasih parasetamol kalo dah nembus 38.3 deg, dikompres air hangat, dikasih banyak cairan, makan yang bergizi, kalo demamnya nembus 72 jam baru deh ke dr. Bener begitu pan dok ???

  41. dokterearekcilik Says:

    @Dinny
    Iya, yang perlu dikuatirkan bila demam tanpa fokus yg jelas, misalnya demam dengan batuk pilek= aman, tapi demam gak batuk, gak pilek, gak diare, 3 hari gak membaik baru curiga kearah demam berdarah. Semoga ananda selalu sehat

  42. eastipw Says:

    dok bagaimana dengan kombinasi methampiron dan diazepam,efek analgesik atau sedatifnya yang dominan muncul???untuk zulharman softwarenya udah jadi blm??klo udah blh juga tuch krm ke email-ku eastipw@yahoo.com

  43. dokterearekcilik Says:

    @eastipw
    gak ada evidence base medicine penggunaan metampiron buat nak, apalagi dicampur diazepam. Rekomendasi dari daerah eropa pada kejang demam boleh diberikan paracetamol + diazepam, tapi rekomendasi amrik memakai paracetamol saja. Semoga berguna

  44. ria rasyid Says:

    bagaimana klo anak sakit panas suhu badas dengan suhu badan 38 dan anak tsbt muntah2,apakah sdh termasuk berbahaya? apa yg harus di lakukan??

  45. dokterearekcilik Says:

    @ria rasyid
    Kalo muntah mesti dicari sebabnya, apalagi kalo berkepanjangan muntahnya. Sebaiknya ke dokter untuk diperiksa lebih lanjut.

  46. farhan and silvia Says:

    bagus lahhh

  47. dokterearekcilik Says:

    @farhan and silvia
    Trim lah :)

  48. akhyar eL @nam Says:

    lebih baik g sakit!!!!!!

  49. Ummu Zahra Says:

    Dok, saya tinggal di Qatar. Di sini lazim kalo anak masuk emergensi dengan suhu badan tinggi, anak itu bakal dimandiin kuyup. Waktu anak saya panas (hampir 38-39 derajat Celcius kali ya, lupa…), saya lakukan hal yang sama. Saya masukin baskom gede, masukin kakinya dulu, disuruh duduk, trus disiram-siram. Biar fun, saya masukkin bola-bola. Saya tetep pantau suhu anak saya pake termometer. Pas ketahuan 35 derajat Celcius, buru-buru saya angkat (artinya kedinginan dong?). Menurut dokter gimana?

  50. dokterearekcilik Says:

    @Ummu Zahra
    Memang ada cara menurunkan panas seperti itu, di textbook juga ada kok. Cuman gak lazim di Indonesia, pada kondisi yg gawat di UGD saya juga melakukan hal tersebut. Cuman kalo di sarankan seperti itu di tempat praktek biasanya ibunya komentar….waaah nanti masuk angin dsb. Jadi liat liat dulu kalo mau saya sarankan ….. :)

  51. Cepy Says:

    Dok anak saya berumur 3th 4bln. pas umur 9bln anak saya sakit panas trus kejang, sampe sekarang kalo panasnya tinggi suka kejang. mau tanya untuk ngilangin kejang gimana ya, trus kalo panas malem, pagi sampe jam 3an normal suhunya panaslagi menjelang malam, baiknya gimana ya Dok. makasih atas sarannya

  52. dokterearekcilik Says:

    @Cepy
    Itu disebut Kejang Demam, itu karena ada bagian di otak yg mudah terpicu oleh panas sehingga menghasilkan kejadian kejang. Umumnya hilang pada umur sekitar 6 tahun, bila ananda panas segera berikan obat penurun panas, bila masih sering kejang sebaiknya konsultasi dengan DSA setempat untuk mendapat pemeriksaan agar tahu apa yg harus dilakukan lebih lanjut.

  53. ummu_almu Says:

    assalamu’alaikum dok, maaf mo nanya ni..
    anak saya (usia 8 bln) mulai kemaren (blm smp 1×24 jam) tiba2 demam..
    tapi dia masih aktif bermain, spt klo ga sakit, paling klo mlm agak rewel, krn d tmpt tinggal saya memang panas ketambahan lagi dia demam..
    Biasanya dia buang air besar rutin sehari 1x, tp memang kemaren seharian belum BAB. Trus, udah q kasi “SANMOL” si, memang panasnya turun, tp nanti naik lagi. Suhunya berkisar 38-38.5 deg.. Makannya juga spt biasa. Tuh biasanya knp ya dok? Saya takutnya demam berdarah, kan lagi inn tuh dok.. Makasi ya, jazakumullah khairan katsirah…

  54. ummu_almi Says:

    assalamu’alaikum dok, maaf mo nanya ni..
    anak saya (usia 8 bln) mulai kemaren (blm smp 1×24 jam) tiba2 demam..
    tapi dia masih aktif bermain, spt klo ga sakit, paling klo mlm agak rewel, krn d tmpt tinggal saya memang panas ketambahan lagi dia demam..
    Biasanya dia buang air besar rutin sehari 1x, tp memang kemaren seharian belum BAB. Trus, udah q kasi “SANMOL” si, memang panasnya turun, tp nanti naik lagi. Suhunya berkisar 38-38.5 deg.. Makannya juga spt biasa. Tuh biasanya knp ya dok? Saya takutnya demam berdarah, kan lagi inn tuh dok.. Makasi ya, jazakumullah khairan katsirah…

  55. dokterearekcilik Says:

    Wa’alaikum salam. Pada infeksi baik bakteri maupun virus maka akan timbul demam, demam perlu diturunkan namun juga perlu mencari penyebabnya. Bila ananda masih aktif maka itu pertanda bahwa kondisi masih cukup baik. Bila sampai panas hari ke 3-4 belum membaik maka sebaiknya diperiksakan dulu untuk memntukan apakah perlu pemeriksaan darah atau tidak juga menentukan tingkat keparahan sakit. Semoga ananda cepat sembuh

  56. ijal_johan Says:

    Assalamu’alaikum Pak Dokter ..
    Maaf saya mo tanya..
    Kmaren anak saya demam,Usia nya 3 Tahun,BB nay 12 Kg.suhunya sampai 39,6 deg.Setelah di beri obat dokter (Maaf dimasukin dari bokong),panas nya mulai turun.hari ini adalah hari ke – Tiga dia sudah tidak panas lagi.Anak saya sudah mulai main lagi.
    Yang menjadi pertanyaan saya muncul bercak 2 merah bekas gigitan nyamuk,Saya takut nya demam berdarah,terimakasih atas bantuan nya.

  57. intan Says:

    moga amal baik dokter.dibalas oleh allah swt.amin..

  58. Elta Says:

    Dok, anak saya usia 3 bln terkena batuk pilek, saya tangani sendiri 2hr blom sembuh saya bawa ke dokter, dikasih resep sampe resep habis blom sembuh.Balik ke dokter disarankan untuk meneruskan obat, tapi saya hentikan *kasihan bayi* krn sebenernya tinggal batuk aja, sehari 3-4x batuk. Sy jemur tiap pagi. tapi 3mgg sejak sakit, pas batuk dia nangis. sy bw ke dokter lain, ada radang. pas resep habis pas sembuh. skrg yg tertinggal panas di kepala, sejak awal batuk pilek, panas di kepala nya kadang ada kadang adem.. malem sempat suhu tubuhnya 37,5. Skrg Asi bagus, air putih banyak (sebelumnya air putih ngga banyak). Panas dingin di leher ke kepala kenapa ya dok?. Matur nuwun.

  59. cantixunix Says:

    Nambah pertanyaan dokter.. :D
    Lanjutan konsultasi diatas :)

    Selama mengkonsumsi puyer dari DSA, anak saya (4 bulan) kembung (5 hari blom pup, saya beri lact*-b dan saya bantu pake cara tradisional, sabun batangan ama baby oil . bisa, setelah itu 6 hari, tapi alhamdulillah lancar).. yang saya tanyakan :
    1. Penyebab kembung apa bisa karena efek dari antibiotik amox*n?
    2. Setelah sembuh (ngga batuk-pilek) BAB nya agak pekat berlendir (maaf) kenapa?
    3. Panas di leher kepala 3-4 kali sehari terutama malem, dan pas panas agak rewel, apa penyebabnya dehidrasi?. kenapa ya dokter?

    Terimakasih

  60. dila Says:

    sebenarnya ibuprofen ma paracetamol tu lebih efektif mana kalo dilihat dari mekanisme kerja dan efek sampingnya??

  61. disease Says:

    Kalau si kecil panas yang pertama harus dikompress dulu, setelah itu beri obat penurun panas, bila tidak turun panasnya segera bawa ke dokter..biar lebih aman.. :D

  62. amy Says:

    pak dokter,saya mw tny. Bln feb lalu saya di diagnosa t’kena batuk alergi. Trus saya diberi obat racikan dlm kapsul. Krn mrasa ndak hlng2 sy hntikan memnm ny.Tp,krn akhr2 ni sy sbk n lbh bnyk klr akhr sore mnjlang mlm sy batuk2 n akhrny obt yg sy dpt bln feb itu sy mnm lg. Apakh bhy itu dok?

  63. ibuke Amirah Says:

    Dok sebenernya pembahasan tentang kejang sangat saya tunggu, soalnya anak saya pernah kejang. pada saat itu suhunya hanya 38,5.kira-kira obat apa yang paling manjur dan aman yang perlu saya simpan untuk mencegah kejang lagi??kebetulan setelah kejang ada beberapa hal yang berubah, contoh simple sekarang jd sering marah dan sulit senyum padahal sebelumnya sumeh…tolong sedikit penjelasan ya dok…
    Terima kasih

  64. ibuke Amirah Says:

    Lupa dok, anak saya umurnya 7,5 bulan berat badan 8,1kg.sudah satu minggu panasnya naik turun.

  65. badri Says:

    anak saya umur 3 tahun lebih 4 bulan kalau panas minum sanmol tapi ga ada perubahan beberapa jam kemudian panas lagi sebaiknya minum obat penurun panasnya apa ya pak dokter dan sering mual

  66. Mahendra Says:

    Assalamualaikum dok,anak saya kalu dikasih obat penurun panas oleh dokter seperti novalgin sirup panasnya tidak turun tapi setelah saya kasih proris baru turun,pertanyaan saya apa tidak bahaya kalau kita tukar obat dari novalgin sirup ke proris,saya tukar setelah berselang 4 jam dok

  67. ari yunitri Says:

    dok :)
    klo sanmol dan paracetamol efekrifan mana ya??

  68. agus priyanto Says:

    Assalam.. DOK anak saya panas tinggi dari bidan uda di kasih PRIMADEX tapi ko lom Dingin juga ya

  69. Anonymous Says:

    ass..
    dok anak sy skrg lg demam,batuk&pilek..
    wkt tgl 4 agst kmrn ank sy jg skit alhmdllh sdh smbh,skrg anak sy demam lg pdhl obt yg kmrn sdh di mnm obt batuk+demamny tp demamnya hny trun bbrpa saat sj..
    sy khwtr dgn keadn anak sy..jk brobat skrg pun ga memungkinkan krna sdh mlm,tp kl mzti nnggu bzk pg tkt nti mlm nya rewel..bgaimana y dok??

  70. akrinds Says:

    saya minta komentar dokter tentang penggunaan obat panas yang kandungannya sama novalgin. soalnya pernah ‘dengar, katanya sangat tidak aman digunakan pada anak.

  71. sylvie Fransiska Says:

    Salam kenal Dok, sy mau minta petunjuk soal efek overdosis paracetamol utk anak sy, 21bln 8hr, bb 16kg, smalam (9/10/11) demam 38,3, sy tlp DSA yg biasa sy pakai,krn adanya dirmh sanmol, dia suruh ksh 7,5ml. Tapi trnyt yg dimksd sanmol syrup, sdgkan yg sy ksh sanmol drop tp pakai ukuran sanmol syrup, 7,5ml. Sy sdh ke RS terdekat,dsa nya blg mmg dosisnya kebanyakan, tapi gpp krn msh relatif aman. Sdgkan dsa yg seblmnya blg suruh observasi 2-3hr apabila ada mual, muntah, kuning, lgs bw ke dktr terdekat, ditakutkan kena hati. Mohon pendapatnya dok, sya bener2 sedih dan menyesal sdh tdk hati2 dan lalai shgga meracuni anak sy sndiri :( .

  72. Wariz Ndruru Says:

    dok saya mau tanya, obat diare dan antibiotiknya untuk anak2.

  73. Anonymous Says:

    Ass…Selamat pagi saya mau Tanya Dok,anak saya kalau panas tinggi dng suhu 39 s/d 40 pasti kejang oleh karena itusaya minta pentunjuk Dok sampai usia berapa anak saya kalau panas tdak kejang,di rumah sy slalu siapkan Obat Stasiolid sirup

  74. Pipit Trisnajanuarti Says:

    mqasi,,,,,,,,

  75. Anonymous Says:

    obat apa ya dok biar ceper turun panasnya udah diperiksakan dokter 2 kali tetep aja panas nya naik turun

  76. tri hastuti Says:

    malam, mau tanya… apa fungsi obat novalgin syrup. apa ada efeknya kalau kita berikan secara terus menerus.

  77. deden muhtar Says:

    kalau anak sy ketika panas terus di kasih paracitamol ga turun2 biasanya panas karena badannya da yang sakit maka dari itu anak sy di bawa ke tukang urut alhmdllh panasnya turun sekaligus

  78. deden muhtar Says:

    ketika anak sy panas di kasih paracitamol ga turun2 biasanya panas karena da yg sakit di badan maka dari itu sy bawa ke tukang urut alhamdllh panas nya turun sekian mudah2an da manfaat

  79. hakim Says:

    terima kasih infonya

  80. Tqa Says:

    Wahhh..plin9 n9eri,was2 kl ank pns,apalagi kl pnh ad riwyt kejang…pokoky y9 ad benak cpt2 d bw k DSA..o y dok,mo tny…batas penyimpanan sirup penurun pnas brp lm c????coz ankqu 9 mempan mnum obt srup penurun sblm mnum obt racikan dr dokter…s’olah2 ky sdh ktr9antun9an sma racikan obt doktr tu..apa btul,kl sdh co2k pd slh satu dokter tdk bs 9nti2 dokter y9 lain???coz ankqu b9tu dookkkk…wlau b’obt sma2 d RS y9 sma,tp bukn lggnan doktery…ankqu 9a mempan sm obt pemberian dokter lain..knp b9tu yakzzzz?????!!!o y mo tny lg,buleeehhhhh????kl utk pmbrian depakene,obt pnc9ahan kjan9 bts pmbrian kpd ank brp lm,apa hrs dbrikn trz sb9 terapi/ktka ank pns sj???mhon pnjlsny ats smua ptnyaanqu…. Tengkyuhhh dokkk;)

  81. ekocahyono Says:

    anak saya br keluar dr rh sakit itu pun izin dokter setelah keluar dr rumah sakit panasx tinggi lg. kemaren tu anak saya tu mengidap penyakit paru teridapnya 19000 bakteri tp itu kt dokter udah sembuh soalx pengobatabnya 1 bln inap di rumah sakit.katanya dokter udah normal boleh pulang pagi pulang malamnya suhu panasx naik lagi apa langkah selanjut untuk anak saya?

  82. lyya audya Says:

    ini sangat berari untuk saya…coz ank sy klo skt pns tinggi malh prnah sampai kejang
    Tolong dong gimna cara mengatasi kejang terus obatnya apa?thx dok

  83. indarto Says:

    Bagus semua ulasannya

  84. indarto Says:

    Anak saya panas udah dari semalam. Saya kasih sanmol sirup tapi tetap tidak turun. Tadi pagi saya bawa ke bidan di kasih coldrexyn n zemoxil. Tapi udah 2 kali minum tetap saja panas. Saya tunggu sampe malam lagi ato segera ke dokter soalnya jauh dari kota. Makasih

  85. elin Says:

    anak sya kn batuk pilek abs itu sya priksakn tryta radang.abiz priksa mlmnya itu demamud sy ksi paraco .3hr kmudian sya priksa kn lg trs cek drah.hsilnya bgus trombosit am loukositnya normal.tp ud 5 hri kok lom turun.td dy demam smpai 39,3 trs muncul bercak” merah gt abis itu sya kompres krg ud trun 38,2.ud hilang jg merah”nya.kira” ap yg hrs sy priksakn lg y.

  86. masfufah Says:

    dok anak saya usia 11 bulan, bb 7.7kg,
    kenapa sering sekali panas, batuk dan pilek, sekarang malah belum sampai 1 bulan sudah panas lagi, tapi kali ini kenapa panasnya cuma bagian kepalanya saja, tangan badan kaki sma normal…
    apakah ada yang salah dengan susu dan makanan anak sya
    kalo susu saya kasi nutribaby, kalau maknan saya buatkan nasi tim + daging, brokoli, wortel kadang juga pakai kentang.
    apa yang harus saya lakukan pada anak saya dok supaya tidak tiap bulan selalu sakit.
    makasih.

  87. Anonymous Says:

    dok anak saya sakit panas,dan dikasi obat amoxsan drops sebanyak 0,5 ml??bahaya ngak dok??

  88. Anonymous Says:

    Mau nanya ank sy kan lg demang.tp klu udh minum obt.badannya dingin.tp klu udh 1 jam badanya pnas lg.merk obtnya NOVAGESIC itu obt dr bidan jg.ada apa ya dgn ank sy

  89. Anonymous Says:

    kalau obat penurun panas yg mujarat apa ya..

  90. Anonymous Says:

    Pak Dokter arek cilik lagi g ada ditempat….

  91. wiwin hernawati Says:

    anak saya demam tinggi, karena punya riwayat kejang. oleh dokter yg memeriksa langsung d beri suntikan(maaf “di bokong”). saya khawatir biasanya kalau demam tinggi tidak boleh di suntik, bener gak?trus apakah ada dampaknya, mohon penjelasannya.

  92. faida firdaus Says:

    dok,,anak saya brumur 2th 3bln,,dg berat badan 11kg.kalo panas biasa aku kasih paracetamol,cuma kok gk bisa bnr2 turun dg maksimal ya?apa takaran dosisnya blm tepat?kalau emang bener?brp dok kalau diitung sm BB jg?biasa pake paracetamol syrup dok,apa lagi pernah riwayat kejang panas skali,makanya kalau skt panas jd takut banget bawaannya,,,hehehehee
    trs mnta tolong dok tindakan apa yg hrus dilakukan jgn sampai kejang,,serta aturan dosisnya obat jg yaaaa.makasih

  93. pak'e. Says:

    Dok mau tanya, kl demam anak usia -2th naik turun2 pdhal dah di kasih obat paracetamol n ke dokter , bahkan kl naik bs sampai 39, …
    Gmn cra pnangananan cepat yg sederhana n tepat….
    Takutnya naiknya suhu tubuh smpai 39 bs mnyebabkan kejang / step, krna dah pernah step dok…..

  94. ibu istty Says:

    Salam knal dok.sy mau nanya 2 bln blkangan ini anak sy usia 3 th brat 11 k.kok sring sakit2an,mlahan 2 hri smbuh trs skit lg.batuk,pilek,pnas g smbu2,mlahan 1 blan trakhir sdh k DSA 3x kok g ada prubahan y? Trs sy bngung anak sy apa bs terkena sinusitis at asma? Apa bdax sinusitis n asma.mhon jwabanx y? Mksih dok

  95. Moch wiji ojicz Says:

    Thanks

  96. Icha Says:

    Klo anakny muntah2 mulu harus d kasih obat ap y dok?

  97. Anonymous Says:

    dokternya kemana nih

  98. kikie Says:

    anakku sering pake termagon saat demam, tu ada kandungan etanolnya..bahaya gak sich..tp emang pling cocok ya itu,anakku wktu usia 11 bln sampe dua tahun suka kejang kalo demam

  99. Amalia Lia Says:

    dok mau tanya anak saya umurnya 31/2 thn, anak saya demam, di sertai batuk,pilek,mencret, sdh saya bawa ke dokter tp demamnya sdh 3 hri ga turu2, jd saya coba bli obat demam ibuprofen, sekali minum demamnya lgsung trun, tp klo hbs bgun tidut n di saat mlm suhu bdanya naik lg, tp klo sya minumkn lg sirup ibuprofen suhu bdanya turun lg tp suhu bdnya naik lg klo reaksi obatnya hbis? sya hrs bagaimana ya dok menangani demam anak saya? tlong komentarnya makasih…

  100. obat pelangsing cepat aman dan ampuh Says:

    anak saya panas apa obat yang pas buat anak…

  101. Anonymous Says:

    dok bagaimana jika anak usia di bawah 7 tahun menderita panas dan muntah. tolong d jawab ea dok. makasih.

  102. rini Says:

    maaf dok,mau tanya anaku umur 3 th bb 12 kg…klo pans pasti bibir,pipinya memerah,dosis obat jika tablet cara ngitungnya gimana ya…dok karena anakq susah untuk minum sirup,sukanya puyer dkasih madu… trimakasih

  103. mamah ghea Says:

    hallo dokter,
    anak saya yg nomor dua kan panas nih dok, suhunya sampe 39.2 nah trus saya kasih p**r*s supp 125mg tapi saya nih kasihnya 1pc langsung tuh dok,dan ngga disimpan di lemari es pula. kok besoknya anak saya nih matanya bengkak,trus di mukanya merah” gitu dok.awalnya saya pikir itu dia gatel” biasa aja
    eeh hari ini koklebih parah dok(ini hari ketiga setelah dikasih obat tsb diatas).. mata anak saya bengkak,gatel, dan badannya dari atas sampe bawah gatel” dok,merah” pula.
    apakah gejala” itu karena keracunan ataukah gejala alergi dok?makasih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 95 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: