Diare ….. pret…pret……..

Seorang ibu datang membawa anaknya yang sedang diare ke dokter, lalu berkata: dok anak saya ini diare….apa ini muntaber ? kayaknya masuk angin dokter…buktinya dia kentut terus ……dokter: (dalam hati) ini mau berobat, nanya atau ngajari sih ??? Itu sekedar anekdot tapi kadang terjadi juga di dunia nyata muggle. Siapa gak bingung anaknya diare, apalagi disertai muntah, anak tampak lemas, mata cekung….. diapain nih……

Sebenarnya diare merupakan mekanisme pertahanan tubuh yang terjadi saat usus diserang virus atau kuman.Reaksi berupa pengeluaran cairan berlebih dari usus disertai gerakan usus yang meningkat berakibat diare bahkan muntah. Mekanisme pertahanan tubuh tersebut menjadi masalah bila tubuh kekurangan cairan, keadaan yang disebut dehidrasi itu dapat berakibat fatal bila dibiarkan. Terus gimannnnna ??? preeet

Yang pertama perlu diketahui adalah tanda dehidrasi yaitu :

Dehidrasi ringan: anak tampak kehausan, kencing agak berkurang

Dehidrasi sedang: anak tampak kehausan disertai kencing “bener-bener” berkurang, menangis tanpa/sedikit air mata, bagian dalam bibir dan mulut tampak kering (boleh juga diraba), ubun-ubun & mata tampak cekung. Turgor kulit turun, caranya tahu: kulit perut dicubit, bila langsung kembali= normal, bila kembali > 2 detik= menurun.

Dehidrasi berat: dehidrasi sedang + penurunan kesadaran

Pengumuman: tanda dehidrasi ini tidak berlaku pada anak gemuk dan gizi buruk

Kalo dehidrasi ringan, si kecil tidak muntah bisa dilakukan upaya rehidrasi dengan cara diberikan minum 50cc/kg BB dalam waktu 3 jam, setelah itu berikan minum seperti biasa ditambah 10cc/kg BB setiap kali diare. Bila termasuk dehidrasi sedang berikan 70cc/kg BB dalam 3 jam, setelah itu berikan minum seperti biasa ditambah 10cc/kg BB setiap kali diare. Tapi bila mencapai dehidrasi sedang dan tidak membaik setelah dilakukan rehidrasi …seperti biasa…..bawa ke dokter. Saran saya buat ibu-ibu yang gampang panik lebih baik membawa si kecil ke dokter bila terdapat tanda-tanda dehidrasi sedang. Kalo udah masuk dehidrasi berat….jangan pake coba-coba….cepaaaat ke rumah sakit atau puskesmas. Eh pak mampir dulu ke dokter X ….. tidak ada mampir mampir…..bawa ke Rumah Sakit atau puskesmas ….. cepattt !!!

Rehidrasi bisa menggunakan larutan gula garam atau oralit. Kalo mau yang lebih keren dan bermerek ya Pedia**** , kadang timbul masalah rasa… oralit itu gak enak, saya pernah nyoba sendiri emang ….. rasanya *”#><^. Bila rasa jadi masalah hingga si kecil menolak minum cairan untuk rehidrasi bisa pakai Poc*** Sw***, emang kadar elektrolit nya setengah dari Pedia****. Tapi rasanya jauh lebih mending, daripada gak ada yang masuk ya…bolehlah.

Antibiotiknya ??? 80% diare disebabkan rotavirus jadi tidak perlu dapat antibiotik, jangan tiap diare si kecil langsung dikasih antibiotik…. Kesian si kecil. Kalo probiotik kayak Lac** B atau Lac*** boleh diberikan tapi harus disadari probiotik bukan menyembuhkan tapi mempercepat proses penyembuhan. Nah..dokter kalo si kecil dikasih anti diare kayak enter**** ? Jangaaan… please …jangan.. malah membuat virus/kuman tidak keluar dari usus terus bisa masuk ke pembuluh darah… wah jadi panjang urusannya….harus ke doktere arek cilik :D…. tok..tok.. lumayan dapet pasien :)
Kalo obat anti muntah ? Hanya boleh digunakan dengan petunjuk dokter, bukannya promosi tapi kalo salah pilih obat anti muntah untuk anak apalagi ditambah salah dosis yang terjadi bukan sembuh tapi efek samping . Sebaiknya hindari obat anti muntah yang mengandung metoclopramide karena dapat menimbulkan extra pyramidal syndrome (pokoknya orang jadi mencong-mencong mulut & badannya)

Anyway kalo si kecil muntah terus terusan, kejang, menolak minum jangan ragu lagi….bawa ke dokter, puskesmas, rumah sakit…..pokoknya jangan dibiarkan di rumah…. Semoga berguna … kalo mau tanya silahkan….kalo mau tidur silahkan….asal jangan kau putuskan cintaku…hoalaaah kok nglantur…

Posting selanjutnya pengen nulis tentang kejang tapi… tergantung bisikan bisikan nanti….See you

About these ads

49 Tanggapan to “Diare ….. pret…pret……..”

  1. almascatie Says:

    kalo untuk orang biasa sama aja ga mas?

  2. cakmoki Says:

    Tempo hari ada anak 1 tahun 8,5 kg dapet metoclopramide, 3x 1 sendok takar … si ibu, mbokde, simbah … panik soale si kecil perot, kaku kayak penari breakdance …

  3. dokterearekcilik Says:

    @almascatie
    derajat dehidrasi bisa untuk dewasa juga, kecuali tentang ubun ubun besar tidak berlaku krn ubun ubun udah nutup. kalo rehidrasi dihitung dengan BB dewasa kadang jadi kebanyakan jadi mesti dikurangi. Itu karena komposisi cairan dewasa & anak beda … makanya “anak kecil bukan miniatur orang dewasa” :)

    @cakmoki
    Saya masih sering dpt pasien EPS krn dpt metoklopramid… padahal udah banyak referensi tentang bahaya metoklopramid untuk anak. Hebatnya lagi, masih beredar obat yang mengandung metoklopramid untuk anak… bentuk sediaan drops maupun sirup. Lha BPOM piyeeee.. mungkin masih sibuk urus permen ber-formalin. Tapi yang penting buat saya udah ngasih tahu kebenaran… atau kebeneran… pokoknya udah ngasih tahu :)

  4. ndarualqaz Says:

    walah, itu kan untuk yang anak kecil, kalo buat orang dewasa kayak saya ini gimana dok…..

    bingung, mo nanya ke pak dokter cilik ato pak moki

  5. dokterearekcilik Says:

    @ndarualqaz
    gak usah bingung.. pegangan aja… kalo dewasa tanya cak moki aja …… lebih jossss

  6. Astri Says:

    Kalo di klinik saya kerja obat antiemetiknya metoklopramid :( kalo diresepin luar yang punya klinik ngamuk2 :(, hasilnya pernah ada yang EPS 1x. Doain dapet tempat kerja baru yang lebih menyenangkan ya… (maksudnya buka di rumah aja boleh ya???)

  7. evi Says:

    diare pada anak ini kadang bikin panik, karena kasian liat anak yang biasanya ceria tiba-tiba lemes, jadi mesti langsung terbirit-birit ke DSA nya. (untungnya dekat rumah, tapi sayang ga buka praktek dirumah jadi harus ke RS tmpt praktek bliau dan tentunya dgn bayaran sesuai dgn standar RS, kalo di rumah kan bisa harga tetangga hehehe…)

    setelah bilang anak ini diare, trus diperiksa pasti pertanyaan pertama DSA nya, “makan, minum masih mau…?” dan salah satu obatnya pasti lac** B itu.

    jadi lac** B untuk pertolongan pertama diare pada anak ya Dok…? berarti boleh ya sedia obat itu untuk jaga-jaga sewaktu anak diare?

  8. sibermedik Says:

    terapi cairan dulu ato spasmolitik dulu??
    coz biasanya ibu2 panik langsung ngasih obat “Ent**stop”..
    padahal penatalaksanaanya kan rehidrasi cairan dulu???
    Yek Opo sih Rek!!
    pancen bener2 “Artsen” profesi dokter itu…

    Btw, rhidrasi download aja file cak moki *promosi* :-)

  9. timbuktu2003 Says:

    hmm…
    salam kenal dok!!

    mampir ke blog sini ya..
    http://www.timbuktu2003.wordpress.com

  10. dokterearekcilik Says:

    @evy
    Lac** B bukan pertolongan pertama diare, tp probiotik. Probiotik: kuman baik yg membantu pencernaan mengeliminasi kuman jahat. Bisa diberikan saat diare tp bukan pengobatan utama. Yg penting mencegah terjadinya dehidrasi. Dipake jaga-jaga juga boleh tp jgn berharap jadi penyembuh utama diare..

    @sibermedik
    Rehidrasi yg utama, bahkan dlm keadaan dehidrasi berat + asidosis tetap rehidrasi dulu. Tentang spasmolitik sebaiknya tidak dipake ….. gitu teorinya … Kenyataannya banyak yg pake spasmolitik… pengalaman saya tanpa spasmolitik juga sembuh tuh…. saya gak pernah pake spasmolitik. Kalo adsorben masih pake…

    @timbuku2003
    udah mampir,….udah pernah mampir…. ada link dengan sibermedik kan :D

  11. sibermedik Says:

    skrg gantian comment blog ku dong?
    nuansa merdeka niy….

    ayo comment!!!

  12. penggalih Says:

    btw ralat..bukan spasmolitik..tapi antispasmodik…
    Btw, yup..absorben Karbon emang bagus..
    emang extract jambu biji fungsinya apa siy?absorben or antispasmodik??

  13. dokterearekcilik Says:

    @sibermedik
    antispasmodik aku tidak pake, kecuali parah banget… tetap bukan pengobatan utama. Kalo extract jambu biji sebagai anti diare aku belum pernah baca referensinya. Tapi ada temanku yang bikin penelitian extract daun jambu biji untuk meningkatkan kadar trombosit pada demam berdarah. Hasilnya lumayan bagus pada pasien yang tidak syok.

  14. sibermedik Says:

    HMMM…
    TD MALEM DAH DISKUSI MA SENIOR…TERNYATA EXTRACT JAMBU BIJI GUNAJA SBG PENAMBAH MASSA FESES….ADA HUB.NYA GA YA?

  15. dokterearekcilik Says:

    @sibermedik
    aku belum baca referensi tentang “EXTRACT JAMBU BIJI GUNAYA SBG PENAMBAH MASSA FESES”, kalo sibermedik ada referensi nya aku kopi ya. Kalo penelitian temenku tidak pake extract buah karena kadar zat yang menambah trombosit lebih tinggi pada daun. Anyway thanks for your comment. Btw hati hati baca penelitian yang disponsori sesuatu karena biasanya cenderung menutupi kejelekan produknya.

  16. cakmoki Says:

    @ ndarualqaz,
    Sebenarnya udah terjawab oleh Mas Rizal, podho wae …
    Jum’at sore (kemarin dulu) sy dipanggil ke UGD karena ada lelaki 21 tahun mengalami EPS setelah minum metoklopramid … sebelumnya remaja 14 tahun jalan mirip yuyu kangkang dan merot setelah minum metoklopramid, padahal cuman 5 mg …

  17. mei Says:

    loh kalau emang metoklopramid ini sedemikian berbahanyanya kenapa masih d ijinkan beredar toh?? trus kalau kena EPS itu bisa sembuh ya dok??cakmoki sekalian deh..hehe

  18. Astri Says:

    @Mei
    kejadiannya sih jarang, dan efek sampingnya tidak termasuk mengancam nyawa. harganya murah dibandingkan versi yang aman. makanya tidak dilarang.

  19. dokterearekcilik Says:

    @mei
    Udah dijawab semua …. jadi tinggal nambahin….sebaiknya tidak dipake untuk anak….soal kenapa masih beredar itu wewenang para bos di BPOM…..semoga mereka mendengar eeeh membaca ding. EPS gampang sembuh…biasanya sembuh sempurna tanpa gejala sisa…tapi kalo udah perot sambil penceng kan tetep masuk rumah sakit bukan rumah makan :)

  20. mataharicinta Says:

    mas dokter, aku tuh suka banget abis makan langsung BAB.
    itu bagus gak siy?
    pokoknya kalo udah makan, gak bisa nahan diri untuk tidak mengunjungi toilet. kata temen2, brarti proses pencrnaan aku bagus.
    apa iya, kalo begitu masuk langsung keluar, bukannya malah payah, mas dok?

    *kok jadi bahas aib sendiri, hehehhe*

  21. dokterearekcilik Says:

    itu karena sistem pencernaan sensitif terhadap makanan yang masuk, sehingga gerakan usus meningkat dan timbul rasa pengen …BAB. Itu emang dari sononya…kadang bisa berkurang bila makanan tidak berserat. Pencernaan tetep berlangsung seperti biasa….buktinya udah tumbuh sampe dewasa….

  22. haryowidjojo Says:

    poc*** S*** boleh diberikan dari bayi umur berapa?

  23. dokterearekcilik Says:

    @haryowidjojo
    tidak ada penelitian tentang poc*** S*** pada bayi, tapi bila diliat dari kadar elektrolit didalamnya maka termasuk aman untuk diberikan pada anak diatas 6 bulan. Kadar elektrolit poc*** S*** sekitar setengah dari pedialyte yang biasa diberikan pada anak dan bayi .

  24. Komen asal .. (ituh) « Puskesmas [dot] info Says:

    [...] Mechiho : Klo soal DBD, Diare dll…….. sebenarnya SKM dpt dengan gamblang menjelaskan itu sebab ada epidemiologi… beda [...]

  25. ibunya fauzan Says:

    ass. wr. wb
    halo dokter 3 minggu yang lalu anak saya berusia 7 bulan minum asi selama 4 bulan pertama setelah itu formula , terkena diare , disertai panas dan muntah , kemudian sehari setelahnya saya bawa ke dokter , oleh dokter spesialis anak saya diberi oralit , sunmol, antibiotik , dan obat agar tidak muntah . tapi keadaan anak saya tidak membaik , jam 10 malam nya saya larikan ke rumah sakit karena mengeluarkan feses dengan frekuensi lebih sering kurang lebih 15 menit setelah minum oralit dan susu dalam keadaan panik dot com , hehhehehhe waktu itu pikiran saya hanya bagaimana anak saya dapat selamat dari diare ini akhirnya positif dirawatlah 6 hari di rumah sakit , pada 4-5 hari diare yang ditimbulkan anak saya belum juga turun ini dilihat dari frekuensi BAB 7 kali sehari dalam bentuk cairan dan ampas . dokter memperikan bactrim selama dua hari pertama kemudian diberikan antibiotik yang dilakukan melalui sal. infus .karena anak saya aktif dokter juga menyarankan agar diberi pu,p infus yang waktu itu katanya fungsinya untuk mengontrol cairan yang masuk . Yang jadi pertanyaan :
    1.Pengaruh pemberian antibiotik pertama oleh dokter awal dihentikan oleh rumah sakit kemudian diberikan bactrim , setelah tidak ada perkembangan kemudian diberikan antibiotik melalui suntikan ( waktu itu anak saya panas dengan tinggi 39 derajat tapi tdk kejang , dan dia spt kehausan dan masih mau minum apa aja )
    2. Setelah kontrol kemudian dokter masih memberikan kembali bactrim dan dialac , dokter berkata kalau masih diare diberikan bactrim tsb , apakah masih perlu diberikan dokter ! karena setelah pulang kerumah anak saya diare nya berangsur-angsur membaik , tanpa panas dan muntah !
    sekian , terimakasih ya dok atas jawabannya , dokter asli orang jawa yahh ….. saya dulu tinggal di surabaya dan asli wong jowo dok tapi skr merantau mengikuti suami di bandung …. !!!!!! matur nuwun ya dokkk

    Regards
    kartika NB

  26. farida Says:

    anak saya, umur 2,5th, sudah 2 hari ini diare dok, kemarin pup sekitar 4x, muntah 1x, hari ini masih pup 1x. tekstur pup lembek, pernah 1x cuma air, ada lendir sedikit. malem sebelumnya panas badannya lumayan. makan cuma beberapa sendok, minum susu cuma kalo lagi bobo, tp anaknya masih aktif. sudah saya kasih pocari sweat, tp dia ga mau minum banyak..belum coba yang pedialyte..
    hari ini mulai panas lagi, dikasih tempra.. Saya sih pengennya tenang, dan tetep usaha rehidrasi, tp karena saya tinggal ngga jauh dari mertua, ya neneknya yang panik..

  27. Abinya Bhamakerti Says:

    DOk, met kenal.
    langsung aja yah dok mumpung bisa konek. Jd gini anak saya umur 11bulan BB 67ons, udah sekitar 4 hari mencret-mencret… feses berlendir-berbusa, bareng sama pilek tanpa batuk.
    udah dipriksaken ke bidan [wong hari itu ga ada Sp.A] dikasih puyer pilek sama obat diare berjudul New-G***** [wong obatnya diorek-orek jadi ga keliatan judulnya], kandungannya pektin,kolin.
    selama pengobatan ASI jalan terus tak tambah Lac**B sehari sekali.
    pertanyaan nya: sampe sekarang kok masih mencret antara 4-5X sehari, ada sedikit demam 2malam terakhir, [demamnya kok cuma bagian tubuh atas ya/tgn dan kaki normal] anak masih “agak” aktif walopun rewel juga nambah. kata tetangga yg mbah-mbah itu sakit mau pinter…hehe.. kok ada ya sakit mo pinter…[sakit ya sakit...harus diobati, ya gag dok?] Lha kira-kira gimana dan kenapa ya dok? obat juga hari ini finish..
    terimakasih sebelum dan sesudahnya. kalo kepanjangan, saya minta maaf.

    • dokterearekcilik Says:

      Diare memang tdk selalu cepet sembuh, krn pd saat diare ada sel2 usus yg rusak shg masih menimbulkan gejala diare tsb. Selama anak masih dlm kondisi baik, tdk muntah, panas atau kekurangan cairan maka gak apa2. Masalah demam sbaiknya dicek suhunya pake termometer, normal antara 36-37,5 drajat celcius. Kalo hanya pake tangan aja kadang tdk akurat. Tambahkan aja zat seng (zinc) untuk mpercepat penyembuhan, yg brmerek Zinkid, Zincare atau Orezinc. Semoga ananda cpt sembuh

  28. arif rachman Says:

    salam..dok anak saya 10 bulan sudah 1 minggu ini kalau BAB kok keras padahal makanan msh bubur cerelac…apa yang bikin BAB bikin keras ya dok…trims balasannya

    • dokterearekcilik Says:

      Bisa macam2 sebab, diantaranya: kurang minum, pemakaian susu formula, atau bs juga ada masalah pd sistem pencernaannya. Usahakan beri serat tp secukupnya saja tdk usah trlalu bnyk. Kalo blm membaik coba ke DSA trdekat untuk pemeriksaan lbh lanjut.

  29. dee Says:

    dok riz, hari ini anak saya badannya panas sampe 39, saya beri paracetamol, n sepertinya grok2nya bertambah tp kok ingusnya gak keluar ingusnya (kaya’ kental gt) ketika subuh dia sedot n masuk lah kaya’ mau muntah gt ( dia gak bs ngluarin sndr). tgl 30 nop jg pilek sekarang flu lg. tanpa disertai batuk. dari usia 2bl sampai sekarang 19 bl te2p grok2 tp gak pernah sesak. mengapa ya dok kok sering flu? apakah minum air ketika mandi n bermain menjadi salah satu penyebab? thank u.

    • dokterearekcilik Says:

      Flu disebabkan virus, penularan trjadi lewat percikan ludah atau bekas percikan yg menempel pd suatu benda. Minum air saat mandi bukan penyebab flu, selama ananda tdk sesak maka masih aman2 aja kok

  30. mama Khansa Says:

    Telat bacanya dok, telanjut kemaren panik duluan waktu Khansa diare. Sangking paniknya ampe buang2 duit kedokter laen. Hasilnya bikin bete, resepnya puyer dengan bahan alamak panjangnya.

    Dok, p*****i s***t dan sebangsanya bisa gantiin oralit dkk? teman dokter saya kok bilang tidak bisa ya? (maaf dok,bukan bandingiin). lagipula kandungannya itu lho banyak zat adiktifnya…kata dia lho…

    Mo belajar banyak nih dok, biar gak gampang panik kalo Khansa sakit. Btw, pesat gak diadakan lagi dok? Barangkali dokter mo bikin…

  31. BONITA Says:

    DOK yg bijak, anak saya 11 bulan kna muntabeer… malamnya agak panas, sudah ke dkter, dan dikasih Lac.B, dan antibiotik, yg saya mau tanyakann apa penyebab utama dari muntaber?..pdhal saya selalu menjaga kebersihan. Tx

  32. mom CJ Says:

    malem dr,

    salam kenal,anak saya CJ umur 14 hari tapi udah diare,saya tidak menyusui krn ASI tdk keluar. sebelumnya diapanas sampai 37,8 . saya bawa ke DSA, katanya ada radang. setelah 1 hari panasnyahilang tapi jadi diare. kebetulan anak saya minum sufor soya. saya encerkan 30/40 cc trus saya beri Lac**B. saya ingin kembali ke DSA-nya tp ga masuk dan 4 dr referensi teman jg pada libursedang besok minggu.
    saya mohon pencerahnya.
    trimakasih sebelumnya

  33. mama bima Says:

    Siang dok..
    Baru nemu blog ini. pas sekali waktunya..
    Bima (3.5blm) sudah mencret sejak hari sabtu tgl 6 nov. Mencretnya tidak banyak (mak sorr gitu) tapi sedikit-sedikit saja. saya bawa ke DSA plus di periksa fecesnya, hasilnya baik-baik saja katanya (nggak ada lendir/darah, ga ada bakter,dll tapi leukosit & eritrositnya diatas range rujukan). padahal pengamatan saya di fecesnya ada lendir dan bercak darah. Saat itu, Bima diresepkan Dia**c, renal*t, zinc**o. Sekarang sudah 5 hari kemajuan yang ada, feces sudah lebih banyak ampasnya, lendir dan darah juga tidak ada. atas inisiatif sendiri saya cek ke lab, hasilnya berbeda, ada bakteri (eritrosit dan leukosit msh diatas nilai rujukan).
    Selama diare, bima tetap aktif & ceria, selera minum tetap seperti biasa, pipis juga lancar dan klo nangis tetap berairmata tapi bagian kepala lebih hangat dari badan.
    Mohon saran dari dokter apakah pemberian obat sebaiknya dilanjutkan? Belum perlu rawat inap kan?
    Karena waktu periksa ke DSA sudah langsung ditakuti dengan statement, besok klo masih gini langsung rawat inap ya.. Aduuhh… Tapi melihat kondisi anak yang ceria dan tidak dehidrasi saya nggak nurut sama DSA-nya.
    Mohon sarannya, dok.

  34. acimz Says:

    Sore dok..
    Anak saya 2 hari lalu muntaber dan panas,kata dokter terkena infeksi usus.
    Nah dokternya kasih resep sbb:
    Vo**ta,Puyer,lac**B,or****c,peda****

    Permasalahannya: anak saya tdk suka dgn or****c, padahal sdh diakal2in tp dia ga mau,krn rasanya ga suka,pernah dikeluarin lagi. Kondisinya skr mendingan (suka main2 terus ga kenal cape,tdk panas,sdh tdk muntah selama jangka waktu 18 jam),tp masih ga suka makan(makan cm sedikit),feses mendingan(tp masih sedikit cair).

    Pertanyaannya: masih diperlukankah pemberian ore***c krn agak susah menyuapnya?

    Lalu pemberian peda**** sampe kapan berhenti?

    Terus vom**a masih dibutuhkan?

    Terima kasih buat bantuannya dok!

  35. haykal9 Says:

    tes

  36. haykal9 Says:

    baru nemu blog ini,saya dr kalimantan tengah dan tinggal d’desa,anak saya umur 2,5 thn wktu itu kena muntahber dan d’opname d’puskesmas 2 hari,skrg sudah mulai sehat mkan dan minum susu sudh sperti biasanya tp stelah 3 minggu kluar dr puskesmas BAB nya msh lembek dan agk berlendir,BAB 1-2xsehari,wktu saya tanya lg knp BAB nya blom bisa padat meraka bilang ga apa-apa BAB nya msh normal dan tidk perlu d’ksih obat,bagaimana ini Dok apakah msh normal feses ank saya ini,mohon jwaban’nya?? trima kasih

  37. haykal9 Says:

    baru nemu blog ini,saya dr kalimantan tengah dan tinggal d’desa,anak saya umur 2,5 thn wktu itu kena muntahber dan d’opname d’puskesmas 2 hari,skrg sudah mulai sehat mkan dan minum susu sudh sperti biasanya tp stelah 3 minggu kluar dr puskesmas BAB nya msh lembek dan agk berlendir,BAB 1-2xsehari,wktu saya tanya lg knp BAB nya blom bisa padat meraka bilang ga apa-apa BAB nya msh normal dan tidk perlu d’ksih obat,bagaimana ini Dok sya msh kuatir,mohon jwaban’nya?? trima kasih

  38. flo Says:

    makasih buat semua infonya>anakku hampir 2th juga lg diare saat aku baca blog ini>

  39. arifah Says:

    salam kenal dok,,,anak sy umur 21 bln, BB : 16 kg. hari ke 1 diare berlendir & bau ( maaf…seperti telur busuk ) + muntah2. kadang lemas, kadang jg ceria. minum lumayan banyak, turgor kulit normal. tp matanya cekung. hari ke 2 : frekuensi pup & muntahnya berkurang tp minum jg berkurang, mata masih cekung. perlu dirawat di RS tidak ya dok ? perlukah antibiotik ? mohon jawaban & sarannya – terima kasih

  40. Komen asal .. (ituh) « Pieces Of Mind Says:

    [...] Mechiho : Klo soal DBD, Diare dll…….. sebenarnya SKM dpt dengan gamblang menjelaskan itu sebab ada epidemiologi… beda [...]

  41. ani Says:

    ♏αα º°˚•˚°καçϊϊϊн….¨ artikElnya yg singkat padat tapi mantapp

  42. Bunga Retnafurry Says:

    Assalamualaikum dok,
    Aku mau nanya nih dok, sminggu kmrn anakku laki2 2 tahun 3 bulan kena mencret muntah n panas trs dbw k bidan ga sembuh, kmrn dbw k dokter. Alhmdllh 2 hari ini pupny cuma 1x sehari wlp msh kental pupny. Trs muntah jg udah ngga. Tp dia msh keliatan lemas mainnya jg ga seaktif dulu bentar2 pgnny tidur. Makanny jg ga mau, wlp masuk cemilan roti sm biskuit sedikit2… Gimana Ɣa menurut dokter kondisi anakku?

  43. novy anitamughni Says:

    Dok, mohon penjelasan hasil laboratorium dr faeces yg mencret,anakku skg lg mencret, faecesnya kuning pucat bau asam sangat lunak lekosit 3-5 /lpb,eritrosit 0-3/lpb lemak dan sisa makanan positif, kalau diperhatikan ada sedikit warna kemerahan difaecesnya, panas 38.8 sudah diparasetamol turun jd 37, setelah 4 jam naik lagi. muntah ada tapi jarang.. trims bangeet….

  44. suparti Says:

    anak saya umur 2,5 tahun kalau pup slalu mencret dan berlendir sudah selama 2 bulan ini sudah saya bawa ke dokter ujung nya di kasih anti biotik kata dokternya infeksi lambung radang apa karena susu formulanya ya dokter , trimah kasih atas jawabanya

  45. Anonymous Says:

    Dok ,kalau saya perhatikan kayaknya zincare itu tambah membuat diare makin parah danmenyebabkanmual muntah.karna,kemarin kan anak saya dirawat akibat muntaber lalu diberikan o doknya zincare,setelah minum itu makin muntah2 dan mencret2.kebetulan saya mulai ikut mencret2 juga saya minumlah zincare i,tu,eh malah tambah menjadi lalu muntah2 dan sakit banget jadinya pertnya.saya saja ngak tahan,gmn dengan anak saya yg usianya 8 bulan itu dok.?mohon penjelasanya

  46. Reza Micha Says:

    dok itu berlaku untuk ank umur 0-3 bulan yaaa..

    anak saya kok nangis gk karuan yaa,dan muntah,stelah muntah bisa mencret

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 95 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: