Si Grok Grok

Unce upon a time ada ibu datang dan mengeluhkan anaknya kalo napas bunyi grok grok….ini karena petugas yg menolong persalinan kurang bersih saat nyedot mulutnya. Enggak kok bu… tidak ada hubungannya antara grok grok sekarang dengan saat lahir. Lho iya dokter ini bener….itu penyebab grok grok. Kata siapa bu ? tetangga saya, tetangga ibu kerjanya apa ? pemillik bengkel las pagar…..oooooooo (dalam hati: gak dilas aja ya biar tidak grok grok….heeee..sabar…sabar )

Alkisah ada kelainan yang disebut chesty child yaitu suatu istilah untuk menggambarkan bayi / anak yang mengalami gangguan saluran napas seperti : batuk, mengi, napas berbunyi atau sekedar napas berbunyi grok grok. Terkadang pada keadaan yg berat dada anak seperti ada getaran napasnya. Kekhawatiran orang tua tersebut wajar dan cukup sering di temui di tempat praktek, bahkan bisa membuat ortu tersebut “shopping” ke banyak dokter…(dalam hati: shopping ke saya aja….promosi…he…he…..hayo tidak boleh promosi, maaf…maaf….J )

Saluran napas manusia setiap saat memproduksi sekret atau lendir dalam jumlah tertentu yg berfungsi untuk optimalisasi kerja saluran napas tersebut. Bila lendir terlalu banyak akan merangsang refleks batuk. Pada neonatus (bayi muda) kemampuan membersihkan belum optimal sehigga sering muncul gejala ini. Dengan bertambahnya umur bertambah pula kemampuan bersihan mukosilier (mukosa berambut getar yg berfungsi mengeluarkan kotoran dari saluran napas) sehingga gejala grok grok menghilang.

Hingga saat ini belum jelas benar mengapa sebagian anak mudah mengalami chestiness sedangkan yg lain tidak, genetika mungkin juga berperan.

Bila gejala semakin berat perlu dicari faktor lain yg berperan seperti pajanan asap rokok (bukan bayinya yg ngrokok ;)). Merokok pasif menjadi salah satu penyebab tersering chestiness ini, merokok di teras, di garasi atau di kamar mandi tetap dapat menjadi polutan karena asap rokok dapat menyusup kemana aja (kayak james bond aja)

Selain asap rokok riwayat alergi pada keluarga juga berpengaruh, sekitar setengah dari chesty child ternyata mengalami asma. Jadi perlu penggalian kearah asma seperti: adanya pola berulang, gejala lebih berat pada malam hari. Juga ditanyakan adanya kemungkina pencetus yang diketahui ortu seperti lingkungan (debu, asap, bulu binatang), makanan, aktifitas berlebih, udara dingin dsb. Infeksi saluran napas juga dapat jadi penyebab chesty child. Untuk diketahui anak “sehat” rata rata mengalami infeksi saluran napas 6 – 8kali setahun, umumnya durasi sakit berlangsung kurang dari seminggu.

Sebagian kecil chesty child dapat ditemukan akibat penyakit yg serius seperti: refluks gastrointestinal, laringomalasia, bronkiektasis, pokoknya sulit lah…ini bener bener urusan dokter, jangan coba coba ke dukun beranak:)

Penanganannya tidak ada yg spesifik, menghilangkan polutan, infeksi dan menghindarkan alergen bila jelas penyebab alergi. Bila tidak ada perubahan …..seperti biasa …..hubungi dokter terdekat Tidak perlu disedoooooot….. karena tidak banyak berguna. Kalo di gurah…nah itu bukan saya ahlinya…..ada ahli gurah yg mau posting ?????

92 Tanggapan to “Si Grok Grok”

  1. Ady Says:

    Dok, incidence nya berapa? banyak yah kasusnya di praktik?
    Terus boleh kasi bronchodilator??

  2. mei Says:

    wahhh…biyen pas aku sek nimbo ngelmu nang kediri, dokter anak guru kita(saat itu ilmu keperawatan anak) ngomong ngono ki pak dokter, jadi kita di minta lek ngresiki slem saat bayi lahir ki kudu resik tenan…

    ternyata gt to…wahh padahal selama ini seng tak percayai yo ajaranne guruku kui =)

  3. dokterearekcilik Says:

    @Ady
    He..he pertanyaan yg sulit dijawab, di Indonesia penelitian tentang insidens suatu penyakit jarang dilakukan. Kalo di praktek ya banyak. Boleh aja dikasih bronkodilator tapi efek dari bronkodilator hanya melebarkan bronki, lendirnya ya tetep aja. Biasanya tidak terlalu banyak membantu.

    @mei
    Ilmu kedokteran kan selalu berkembang, apa yang benar sekarang tidak berarti benar juga besok. Jadi guru kan memberi ilmu pada masanya, kalo berkembang ilmunya ya mesti ngikut berkembang….gitu loh :)

  4. cakmoki Says:

    Tempat kami juga banyak mas, tiap hari ada saja yang grok-grok, krok-crit (sak ngompolnya, hehehe)
    Kali ada hubungannya dg kelembaban dan debu industri, maklum sebagian mereka berada di lingkungan industri plywood, sayangnya belum ada penelitian soal ini.

    Alhamdulillah, kepercayaan yg menganggap tidak bersih saat melahirkan udah sangat berkurang. Trus yg berobat ke jurusan sedot menyedot makin berkurang, soalnya si ibu udah membuktikan ternyata 1-2 minggu kemudian grok grok lagi.

    Ada rekomendasi urutan ekspectoran gak ?
    Teman di filipino konon suka pakai carbocistein … sby kayaknya ambroxol, kadang bromhexine. Piye ? :)

  5. dokterearekcilik Says:

    @cakmoki
    kalo di textbook sampe sekarang pemberian ekspektoran untuk bayi sampe umur sekitar 1 tahun masih dihindaari, bahkan ada anjuran yang sampe 2 tahun. karena refleks batuk belum sempurna, dikuatirkan malah numpuk sekretnya karena tidak bisa keluar. Tapi banyak yang pake juga …. kalo yang bagus ya carbocystein cuman obatnya tidak banyak juga peredaran kurang, lebih banyak ambroxol. Pemberian nebuliser dengan menggunakan PZ lebih berguna karena lebih aman… gitu cak

  6. cakmoki Says:

    Trims

    Pemberian nebuliser dengan menggunakan PZ lebih berguna karena lebih aman

    Berarti kalo di rawat inap lebih bagus pakai ini ya … portable :)

  7. dokterearekcilik Says:

    @cakmoki
    Iya cak…murah meriah…waras :)

  8. Dhani Says:

    Pak dokter yg baik, nyuwun tulung pencerahannya lagi. Anak saya si Pasha (16 bln) skrg lagi sakit batuk pilek, yg mengkhawatirkan itu batuknya pak dokter. Dulu waktu 5 bln dia pernah dirawat krn laryngitis, tp sudah baik dan tdk pernah kambuh lagi. Sepertinya sekarang batuknya menyerupai gejala waktu itu, tp ga parah dan tdk ada croup/wheezing. Hanya saja setiap batuk banyak lendir/dahak yg keluar sekaligus pasti dia muntah. Nah dari dokter saya diberi resep obat Mercotin, cuman kok setiap habis minum obat tersebut bawaanya dia lsg batuk² terus, dan lalu muntah. Makan juga dia gak mau, saya sampe bingung pak dokter. Apa obat Mercotin itu cukup aman buat anak saya/tdk terlalu keras? Minum 3 kali sehari/2 tetes. Terus bagaimana supaya anak saya mau makan lagi ya pak dokter, hampir semua cara saya pake tp dia masih aja mogok makan, kalopun mau diemut sampe sejam rasanya … walaaah mumet!
    Matur nuwun atas pencerahan pak dokter.

  9. suzanna Says:

    saya mau tanya dok, anak saya sekarang 3.5 bulan. kalo napas biasa sih gak grok grok tapi kalo nanggis pasti grok grok, apa penyebabnya ya? apakah anak saya terkena alergy? apa perlu saya menganti susu dengan enfamil ha? thx

  10. dokterearekcilik Says:

    @suzanna
    Biasanya bayi grok grok karena banyak lendir dan sulit mengeluarkan. Selama ananda gak sesak tidak usah panik, belum tentu juga alergi, tidak usah buru buru ganti susu, yang penting usahakan diberi ASI saja.

  11. rosita Says:

    Halo Pak Dokter,
    anak saya 7 bulan, panas tinggi 39.40 celcius selama 3 hari berturut2. kakaknya ada yg flu.
    Saya menduga kalo gak flu juga, tumbuh gigi barunya karena akhir2 ini suka gigit2 puting asi.

    ke dokter anak didiagnosa infeksi saluran nafas/ispa, diberikan biothicol-antibiotiknya, nimflamin+selvigm+SL unt radangnya, mucopect unt pengeluaran lendirnya dan smecta unt bab-nya.

    Namun setelah sampai di apotek saya ragu2 mau nebus obat2an tersebut, banyak betul jenisnya…..?????belum lagi di rumah ada vitamin sanbe plex dan obat penurun panas sanmol drops. jadi total ada 6 jenis obat!

    dengan pertimbangan tidak ingin memberikan obat2an terlalu banyak dalam satu waktu saya memutuskan untuk menebus antibotik, anti radang dan mucopectnya, karena babnya tidak mengkhawatirkan.

    juga pengalaman saya dengan 2 kakak2nya waktu flu dan diperiksakan di dokter di United Kingdom, hanya disarankan istirahat meski badan panas, paling dikasih ibuprofen. jadi ke dokter bukannya dikasih obat tapi dikasih nasehat aja…

    tapi sampai rumah saya akhirnya hanya ngasih antibiotik dan mucopect saja. dengan pikiran, kalo sudah di-antibiotik, biotiknya mati > radang sembuh jadi gak perlu anti radang, tapi pikir saya tetep perlu mucopect unt ngeluarin lendirnya. Gimana ini Dok????
    setelah malam itu juga habis dr dokter saya kasih antibiotik dan mucopect, paginya panas hilang, dan bayi saya baik2 saja. Pdahal baru dikasih obat sekali itu.
    boleh gak saya hentikan antibiotiknya kalo baru sekali pemberian? tapi karena takut virusnya imun, ya saya teruskan sampai sekarang. ini sudah hari ke 3, babnya 1-2x sehari, normal. batuk tidak ada, lendir keluar lewat hidung.

    Pertanyaan saya, :
    1. masihkah saya harus memberikan obat anti radangnya dok?
    2. Keputusan saya hanya memberikan antibiotik dan mucopect saja itu gimana Dok?
    3. ada hubungan gak suara grok2 bayi saya dengan turunan asma dr bapaknya?
    4. tindakan apa yg sebaiknya saya lakukan unt anak2 unt terhindar dr asma?
    5. bagaimana mengetahui anak2 asma atau tidak? kalo alergi pepaya terlalu banyak kmd timbul gatal di kulit iya.

    Terima kasih…

  12. dokterearekcilik Says:

    @rosita
    1. Obat anti radang bisa dihentikan
    2. Anak dengan ortu asma juga punya kemungkinan jadi asma, pada anak yang asma lendir lebih produktif sehingga pada anak yang belum bisa meludah maka akan timbul suara grok grok. Tapi tidak semua anak asma akan menetap gejalanya sampe dewasa, sebagian besar menghilang gejalanya, tapi enetik akan tetap tersimpan.
    3. Asma bisa dipicu berbagai macam alergen, yang paling sering adalah debu rumah, hindari ananda dari debu rumah. kamar ananda sebaiknya tidak diberi karpet, perabotan dibersihkan dengan lap basah. Tapi pastikan dulu jenis alergi ke DSA, terutama DSA yang ahli alergi. Ada juga anak yang muncul asma bila flu, bila sangat mengganggu maka disarankan imunisasi influenza, bisa tanya ke DSA setempat.
    4. Asma tidak bisa dihindari karena merupakan penyakit turunan, tersimpan pada gen, yang bisa diusahakan mengindari pemicu dari asma. Ada juga pengobatan imunoterapi untuk mengurangi sensitivitas ananda terhadap debu, detailnya bisa tanya ke DSA setempat.
    5. Periksa ke DSA, secara kasar dapat diketahui dengan suara mengi, sering sesak baik dipicu oleh flu atau bahan alergen. Lebih sering bahan alergen itu debu, jarang anak terbukti secara ilmiah bahwa dia alergi makanan. Tebakan alergi makanan seperti pepaya harus dibuktikan dengan tes tertentu, gak bisa hanya karena satu kejadian.
    Semoga jawaban bisa membantu rosita

  13. Kasih Says:

    dok, anak saya berumur 3 bln. Sejak lahir selalu muncul suara grok, grok, lendir banyak, dan susah minum susu, sehingga berat badannya susah naik. Anak saya terlahir prematur, usia kandungan 8 bln beratnya 2.5 kg. apa yg sedang diderita anak saya dan bagaimana mengobatinya?? tks

  14. asih Says:

    Dok, maaf ya, ini asih lagi, yang lagi hobi nanya…

    Dokter belum jawab pertanyaan rosita tentang antibiotik. (wah maksa ni…) “boleh gak saya hentikan antibiotiknya kalo baru sekali pemberian?”

  15. ely Says:

    dok, obat apa yang cocok untuk ngilangin lendir bayi umur 2 bln. thx

  16. dokterearekcilik Says:

    @Kasih
    Saya tidak bisa komentar karena perlu dilihat langsung,namun biasanya bayi prematur lebih banyak masalahnya.

    @asih
    Antibiotik boleh dihentikan asal jelas tidak ada indikasi pemberian antibiotik.

    @ely
    Gak ada obat, itu proses yang tidak perlu diobati

  17. Eny Rahmawati Says:

    Dokter aku mau nanya anankku umur 1 thn tp berat badanya masih 7.6 kg. Vitamin apa yg bagus agar napsu makan anak saya bertambah

  18. dokterearekcilik Says:

    @Eny Rahmawati
    Kalo pake grafik WHO ananda amasih dalam batas normal, btw tidak ada vitamin yang menambah nafsu makan. Bisa baca tentang vitamin disini

  19. etika yuniar Says:

    selamat siang dok, anak saya dari umur 2 minggu terkena flu yang ditularkan oleh neneknya. sudah dibawa ke dokter tapi masih saja nafasnya berbunyi grok-grok kalau sudah minum susu dan kalau malam hidungnya sempit. sempat kami membawa anak kami ke dokter THT sehingga pada umur 2,5 hidungnya disedot dengan alat alat penyedot. hingga sekarang anak saya umur 4 bulan masih saja nafasnya grok-grok. dan setiap pagi kami selalu membuang kotoran dihidungnya.kami takut nanti kalau sudah besar anak kami punya penyakit asma atau paru-paru. apa yang harus kami lakukan lagi, kami sudah bingung ?

  20. dokterearekcilik Says:

    @etika yuniar
    Kalo emang punya bakat asma maka hal ini akan jadi gejala awal, pada anak yg punya bakat asma maka produksi lendir akan labih banyak. Disedot bukan jalan keluar tapi hanya menghilangkan sesaat, kalo bisa dicari dulu sumber masalahnya apakah alergi atau ada kelainan lain. Bila perlu cari second opinion

  21. dee Says:

    dok, anak saya berusia 11 bln, hidungnya grok2 sejak usia 2 bl. apalagi menjelang pagi atau sedang minum. yang saya tau tidak ada lendir dan napas tidak sesak. pernah ke DSA katanya ada potensi alergi. apa yang harus saya lakukan? mohon ya dok. thank u.

  22. dokterearekcilik Says:

    @dee
    salama ananda tidak sesak, mau minum dan BB naik sesuai dengan KMS atau grafik pertumbuhan maka aman aman aja. Kelainan itu akan hilang dengan bertambahnya umur…. bisa potensi alergi namun bisa juga bukan, kalo potensi alergi maka perlu pemeriksaan lebih lanjut tentang jenis alerginya sehingga bisa menhindari bahan yg menyebabkan akergi

  23. dee Says:

    untuk jwbn dokter, alhamdulillah untuk masalah makan dan minum no problem dan BB selalu naik. untuk masalah alergi, saya dan ayahnya memang punya masalah dengan hidung. klo pagi hidung saya seperti buntu dan berlendir dan ayahnya bersin2 klo kna debu dan pagi hari. apakah itu juga dampak dari hidung anak saya grok2. minggu ini anak saya agak bertambah grok2nya. dan sekarang flu. apakah anak yang grok2 juga sering flu dan batuk?

  24. dokterearekcilik Says:

    @dee
    Anak yg alergi salah satu gejalanya adalah banyak lendir terutama saat pilek, pada anak tentunya seumur 11 bulan belum bisa mengeluarkan lendir lewat mulut sehingga sering terkumpul di daerah tenggorokan dan berakibat suara grok grok. Flu sendiri bisa jadi salah satu pemicu timbulnya lendir berlebih

  25. Ayahnya asyifa Says:

    Dok anak saya dari umur 2 hari punya bruntus2 di pipi dan nafasnya jg grok grok kalau habis bangun namun hilang kalau tidur dan tidak tambah parah kalau malam,sekarang anak berumur 1 blan bruntusnya dah hilang tanpa pengobatan kalau suara grok2nya masih ada saya sudah berobat ke DSA 2x di dx alergi+dermatitis atopi yg pertama dikasih ozen drops 1×0,3 ml ma ambroxol pulv no 2 dibgi 12 pulv tp yg saya tebus cma ozen drops kurang berhasil trus kemudian ke DSA ke 2 didx ISPA+hipertrofi konka dan dikasih alco drops ma iliadin cma yg saya tebus cma iliadin dan saya kasih cuma 1 tetes karena konka nya membesar yg kanan tp ga flu maupun demam tp grok2 masih ada setelah 2 hari saya putuskan tdak memakai obat apapun..nafsu makan baik dan BB nya jg bertambah terus dok apakah perlu saya ngasih obat ke anak saya?kalau perlu obatnya apa ya dok yg aman dan ngilangin grok2 nya?saya sudah bingung dok..apakah anak saya memang alergi dok soalnya istri saya jg sinusitis dok?makasih byak atas jawaban nya dok..

  26. dokterearekcilik Says:

    Kalo memang punya bakat alergi sulit menghilangkan gejala tersebut. Yg disarankan adalah menghindari bahan alergen minimal sampe umur 6 bulan, disarankan memakai ASI eksklusif selama 6 bulan. Obat biasanya hany amengurangi gejala tidak menyelesaikan masalah dalam kasus ini

  27. Anonymous Says:

    Makasih banyak atas jawaban nya dokter..Alhamdulillah anak saya dari lahir dah pakai ASI Eksklusif dok dan DSA di kota saya menyarankan ananda dan ibu tidak boleh minum susu formula..dan ibu tidak boleh makan seafood kecuali ikan air tawar,käcang2an kecuali kacang kedelai,telur ga boleh pakai tilam kapuk dan kipas angin mesti pakai springbed ma AC..dan selama ini semuanya kami kerjakan dok..tapi ya itu grok groknya masih ada juga meski ga asma karena kata DSA ananda ga ada whezing..saya mo nanya lagi dok PZ nebuliser kepanjangan PZ apa ya dok?saya mo konsultasi ke DSA gimana kalau anak saya di nebul aja pakai PZ kalau memang lebih aman dok..??dr rizal ma dr astri memang dokter yg baik..semoga amal nya dibalas Allah berlipat ganda..

  28. dee Says:

    dok riz!! anak saya sudah usia 1 tahun lebih 2 minggu. grok2nya sudah hilang, tp kok kaya’ flu gitu ya! tp itu hanya terjadi ketika minum n menjelang pagi, ya seperti apa yg saya jelaskan dulu disini tempo hari. apakah meman anak kecil itu detak jatungnya cepat ya dok? anak saya itu klo lari2 tidak lari2 ya sama aja detak jatungnya cepat! oia hidungnya tidak beringus. thank u dok riz!

  29. dokterearekcilik Says:

    @tanpa nama
    Selama ananda gak sesak sebenarnya tidak ada masalah, memang ada anak tertentu yg banyak produksi lendir atau slauran napas bagian atas gak terlalu kuat sehingga hal tsb menimbulkan suara. namun semua itu akan hilang saat ananada bertambaha besar krn daya tahan tubuh meningkat dan saluran napas menguat. PZ merupakan singkatan bahasa Belanda yaitu Physiologische Zaline dalam bahasa inggris biasa disebut Normal Saline sedangkan rumus kimianya NaCl 0,9%. bahan ini emamng paling aman krn sebenarnya kan air garam dan kandungannya paling sesuai dengan cairan tubuh manusia

    @dee
    kaya flu itu bisa jadi semaca pilek alergi, tapi selama tidak emnganggu atifitas ya gak apa apa. Denyut jantung normal 80-120 kali permenit… lagian kalo ananda sering lari maka denyut jantung emang relatif cepat….. Semoga ananda selalu sehat

  30. Rangga Says:

    Pak dokter…
    Rasanya malu kalo musti mau menanyakan masalah nafas grok grok pada bayi, soalnya diatas udah banyak post..
    Tapi sejujurnya sy sendiri juga kasihan, si kecil kalo tidur ngorok, sering kali kaget2an kaya abis mimpi buruk gitu. Udah ke dokter, katanya alergi, trus di uapin.. Tapi masalah belum selesai… Apa sy musti melakukan sedot lendir aja pak? Trims ya..

  31. dokterearekcilik Says:

    @Rangga
    Coba betulkan posisi dengan cara mengganjal sedikit pada bahu bayi, jangan memakai bantal yg tinggi, usahakan posisi kepala rata saja. Semua itu lebih membantu dibandingkan tindakan diuap apalagi disedot. Di uap hanya berguna pada anak yg sesak krn saluran napas bawah menyempit. Lagian nanti dengan bertambahnya usia ananda maka masalah tsb akan hilang sendiri. Yg jadi patokan adalah perkembangan dan pertumbuhan ananda, bila perkembangan dan pertumbuhan baik2 saja maka tidak usah kuatir.

  32. indri Says:

    malam dok..
    aq mau nanyak,kalo saya minum es pengaruh ng sama air susu saya?kata orangkan kalau nyusuin ng boleh minum es nanti si bayi ikut pilek,itu mitos apa beneran?trus klo bayi saya umur 5 bln berat 8,1 kl kegemukan ng dok?
    trus nafas anak saya krok2 kalo mimik,kemarin ke dr katanya krok2nya akibat kegemukan.emang bisa ya dok krok2nya karna kegemukan ?o iya anak saya asi eksklusif dok.sebelumnya makasih banyak ya dok atas jawabannya.

  33. indri Says:

    maaf dok mau tambah pertanyaan:

    1.bayi kalo malam sebenarnya perlu minum ng sih?
    2.kalo bayi 5 bln berat badan idealnya berapa ?

    tapi walaupun anak saya gemuk,dia sangat aktif dok
    makasih banyak ya dok,semoga kebaikan dokter dibalas ama yang di Atas,
    Ammien…….

  34. neno Says:

    Dokter, anak saya 3bln jg grok2 napasnya klu tidur malam. Oleh DSA dikasih puyer isinya antibiotik, ctm, gg+1 lg sy lupa namanya.. Saya ragu utk memberikan krn byk referensi (tmsk artikel dokter ini) tdk asal merekomendasikan obat ke bayi. Saya bingung, krn sudah sejak lahir bayi saya grok-grok dan belum hilang sampai sekarang cuma berkurang. Malah sekarang sering TESEDAK&BATUK2 kecil..Dokter bgm apakah saya perlu berikan puyernya ato tdk. BB bayi saya 5,5kg minum ASI + susu S26 krn saya tinggal bekerja klu siang. Tks infonya Dokter..

  35. dokterearekcilik Says:

    @Indri
    Es gak pengaruh pada ASI. Ananda tidak kegemukan, bisa dilihat dari grafik pertumbuhan yg bisa diunduh pd halaman download. klik disini

    @neno
    Bila ananda tidak ada keluhan lain, BB baik dan tidak sesak maka sebaiknya tidak perlu diberikan obat

  36. indri Says:

    makasih dok atas jawabannya.ini kakak saya mau nanyak juga,susu yang bagus itu apa ya?apakah yang mahal itu menjamin kalo bagus?
    maksih banyak dok

  37. donna Says:

    dok…mau ikut nanya…anakku umurnya 8 bln BB 6,4 kg….BB lahir 2,2Kg….sdh 3 minggu ini pilek tp gk panas,sempat slam mengental gk mau netek/nenen(minum ASI)…ak kasi’ SINUPRET DROP 2hr aja dia sdh lancar netek obat ak hentikan….kmrn dia batuk2 kecil&muntah air bening+lendir….tp kadang engkrok2 nya msh kedengaran….apa perlu diberi mucopect untuk batuknya?…tp dia batuk hanya sesekali aja,tdk sering..,mohon sarannya

  38. ikiakukok Says:

    brarti selama nafas tidak sesak. Suara grok tdak masalah y dok? Anak saya juga grok2, usia 2.5 bulan.
    Kmarin smpet dites darah ktanya anemia dan dkasih obat tp mlh pupnya air bening seperti pipis. Obat sy stop dan gak ad mslah lg hny grokny belum hlang.

    • dokterearekcilik Says:

      Asal tidak sesak maka gak masalah, yg penting lagi pertu$buhan & perkembangan ttp baik. Untuk anemia sebaiknya bila krn kekurangan zat besi maka diberikan zat besi, mmg kadang efeknya pencernaan trganggu

  39. farid Says:

    Dok.saya mau nanya.putra saya baru berumur hampir 2 bln,kira2 seminggu lalu anak sy batuk dan pilek trus alhmdllh pileknya mulai reda tapi batuknya uda ndak sering tapi sekali batuk grok2 trus muntah.dari dokter batuknya di kasih mercotin.Yg sy tanya apa tindakan sy,obat batuknya di teruskan apa tidak.mkasih

    • dokterearekcilik Says:

      Pd anak tertentu produksi lendir mmg brlebih dan pd bayi yg blm punya kemampuan meludah, mengeluarkan dahak dll maka sering berakibat bunyi grok2. Selama tidak sesak, tidak panas & pertumbuhan normal maka kayaknya ananda baik2 aja, soal obat mmg bukan yg utama, coba bantal diusahakan rata atau tipis, lalu bila blm brhasil menghilangkan ditambah ganjal sdikit bahu dgn popok yg dilipat biasanya brhasil mengurangi suara tsb.

  40. Bunda dui - Dd disya Says:

    Slmt pg dok,,
    Ktmu lg sm sy (smga dokter g bsen, hehe..)
    Kmrin sy tnya2 sputar BB bayi, tp blm dbls sm dokter. Gpp kq, mgkn dokter msh sbk. Ttp sy tnggu jwbn dr dokter.
    Kali ini sy mw crita sdkit. Smga dokter mw mluangkn wktu.
    Disya dr bayi umur 4bln (sjak skt btk pilek) lendir g bs ilang. Sdh sy ksh obt mcm2, smpe akhrnya sy biarkn sj. Dgn alasan ksian msh bayi sdh d jejali dgn mcm2 obt2an. Trnyta disya alergi turunan dr ayhnya. Trus kmrn kira2 2-3 mggu yll disya skt btk pilek. Sdh dberi obt agk smbuh tp msh ada lndir dn kl nafas kdang2 grok2. Akhrnya sy inisiatif utk inhalasi (uap) 4x brturut2. Trnyta tdk mbuahkn hsl max. Dn msh ada lendir. Pertanyaannya,, lendir membandel tu kl dbiarkn trus menerus brbahaya g dok? Apa bs jd bronkitis nantinya?
    Sekian dl dokter, maaf kl byk tanya. Tks.

    • dokterearekcilik Says:

      Selama tidak menimbulkan sesak dan tidak brpengaruh pd prtumbuhan maka aman2 aja. Cuman suaranya mmg mengganggu. Coba bantal tipis aja, atau bahu diganjal sdikit dgn popok biasanya bs mengurangi suara. Bronkitis itu salah satu gejala yg muncul pd anak yg punya bakat alergi. Suara tsb biasanya hilang brsama prtumbuhan jd saat umur antara 8 bln – 1 thn biasanya udah hilang. Semoga bs membantu, maaf lama baru jawab.

  41. meandmommy Says:

    Dok, saya mamu nanya mungkin agak mirip2 diatas. Saya lagi bingung sampe shoping dokter kemana2. wsindrom ibu baru yang penuh kekhawatiran kali ya…anak saya 2.5 bln, udah grok2 mulai umur 28 hari. pernah dibarengi dengan batuk “ngekel”(wah apa yah bahasa indonesianya…batuk hebat gitu lho dok..) sampai wajahnya memerah. Karen apanik saya bawa ke dokter diuap pake PZ,ventolin, ama satu lagi buat alergi, oya sama mucopect tapi ndak membaik juga padahal udah 2 minggu. jadi saya pindah dokter..dikasih puyer ama fenistil drop. dokter kedua ini bilang anak saya alergi, jadilah saya diet makanan cuma makan daging ma sayur…abis ke dokter 2 anak saya jadi mendingan, nah tapi sekang kambuh lagi dan mau saya bawa ke dokter spesialis alergi….yag mau saya tanyakan grok2 itu wajar atau perlu diobati, soalnya sebenarnya saya anti obat kalao tidak perlu banget apalagi buat anak kecil…menurut dokter gimana?thanks ya dok..

    • dokterearekcilik Says:

      Grok2 masih dalam batas aman bila ananda tidak tampak sesak, minum masih ttp mau dan pertumbuhan masih dlm batas normal. Sebagian besar hilang pd umur 4-6 bln. Mmg mendengar ananda napas bunyi rasanya gak enak & kuatir. Namun selama ananda baik2 gak usah kuatir dan gak usah pake obat.

  42. etna Says:

    pagi dok, saya yang kapan hari kirim email ke dokter.mohon penjelasan dok, kemarin anak saya ternyata di diagnosa laringomalesia setelah menjalani pemeriksaan laringoskopi.trus pengobatannya DSA saya megatakan kemungkinan infeksi paru anak saya dikarenakan laringomalesia itu. trs diberikan obat vometa drop, omeprazole 2,5 mg, raniditine 10 mg, yang menurut beliau untuk memcegah baby tidak mutah dengan memperlambat gerakan perilstatik usus (seingat saya begitu). dan laringnya akan membaik setelah usia 1 tahun.yang ingin saya tanyakan apakah pemakain obat tersebut dalam jangka waktu lama tidak apa2?mengingat petunjuk di panduan vometa kok ditujukan untuk anak yang menjalani kemoterapi.kemudian bagaimana pengobatan laringomalesia?terima kasih dok

    • dokterearekcilik Says:

      Bila memang obat itu perlu untuk ananda ya gak apa2. Tanyakan pd dokternya apa bisa diperpendek waktu pmberian obat2 tsb. Pd prinsipnya semakin cepat Laringomalacia membaik maka pemberian obat bisa segera di hentikan

  43. dee Says:

    anak saya sudah 19 bulan kok grok2nya masihhhhhhhhhhhhh aja ya dok???? tidak pernah sesak sama sekali. aktivitas no problem makan n minum jg gak masalah. gimana ya solusinya.

  44. Nila Says:

    Dok,anak saya 2bln nafasnya grok2 tapi sdh 2minggu ini nafasnya sesak kl tidur dan suka terbangun gara2 sesak susah nafas. Saya dan suami tdk ada riwayat alergi. Awalnya saya pakai susu Nutrilon krn sesak nafasnya,saya ganti pakai soya eh msh sesak+grok2 jg ganti lg dgn susu HA,tp tetep msh sesak+grok2. Asi saya sedikit dok jd lbh byk pake formula. Gimana ngilangin sesaknya ya dok?kasian jd susah tdr. Trm ksh dok

    • dokterearekcilik Says:

      Kalo mmg sesak coba periksa ke dokter seberapa sesak ananda, krn kalo udah sesak mungkin perlu penanganan medis. Tapi kalo sebatas bunyi grok2 maka masih dlm batas aman. Ttg susu emang tidak bs menghilangkan grok2 kecuali ASI, jd mmg susu itu hanya salah satu cara mengurangi produksi lendir, kalo tdk membaik mesti dicari sebab lain yg bs jd pencetus alergi ananda

  45. Iis Says:

    Dok, anak saya umur 4,5 th BB 16,5 Kg.. kurang ngk dok BB nya?.. sudah 2 minggu ini sakit batuk pilek, sudah kedokter dan habis obat batuk pileknya (pengencer dahak, puyer, antibiotika), tapi masih belum ada perubahan. tiap pagi bagun tidur batuknya lama (apa alergi ya Dok?? bapaknya kalau cuaca dingin pasti bersin-2). setelah itu kembali lg ke dokter lalu diuap, dikasih lagi obat batuk pilek dengan merk yang berbeda tapi tetep dikasih 3 macam obat (pengencer dahak, puyer, antibotika). apa boleh dok dalam jangka waktu yang dekat minum obat yang berbeda lagi? plus antibiotikanya kan sudah habis sebotol? apa harus minum lagi?? terimakasih dok…

    • dokterearekcilik Says:

      Kalo mmg dibutuhkan untuk penyembuhan ya gak apa2. Kalo batuk & pilek tidak mengganggu tidur, minum ttp mau &prtumbuhan tdk trganggu maka gak usah dikasih obat saja. Saran WHO hanya yg infeksi paru atau ada masalah khusus perlu pengobatan. Btw saya gak liat langsung ananda jd sulit kasih komen yg pas, kalo masih mengganggu bs ke DSA lg untuk mencari sebab batpil nya

  46. Hotlend Says:

    Dok, anak saya cew umur 7 bulan, baru 1 mgu di uap, karena muntah dan ada cairan berlendir, namun sampai sekarang masih..grok..grok…malah batuk-batuk…kenapa yah dok..ada solusinyakah..?

  47. Hotlend Says:

    Oh yah..satu lagi..tangannya sering menyentuh hidungnya,,kayak ngelap hidung gitu…kelihatannya seperti gatal…didalam hidungnya..

    Terima kasih banyak yah dok

  48. dee Says:

    grok-grok yang seperti apakah yang berbahaya dok? thank u

  49. Anonymous Says:

    dok,mau nanya,bayi dikatakan sesak jika bagaimana?

  50. chanti Says:

    Alhamdulillah saya nemuin blog ini.Gini dok,wkt anak saya umurnya 3 bln dia kena batuk pilek.Awalnya biasa aja.Gak ada grok2nya,krn sdah trjdwal untk imunisasi dan btuknya blm hlang mk sy bwa k dsa.Lalu dsa nya bil bhwa bayi saya ga bs d imunssi krn btuk.N dsa nya ksh obat mucopect n fenisti.Tp dah ga da krang.Mlah + napasnya grok2 pd saat pg stlah btuk2.Skr anak sy umurnya dah hmpir 7 bln.Jd dia btuk dah hmpir 4 bln.Btuknya ga hlang2 jg.Skr dsa nya cman ksh obat combifient n nacl untk di nebul.Dah lebih sminggu anak saya dinebul.Amankah?Kalo tdr napasnya ga grok2.Grok2nya tmbul kalo dia btuk.Kata dsa nya anak saya alergi.Saya ssah krn anak saya blm bs lanjtkan imunisasinya.Gmana ini dok?

  51. Arif P Says:

    pak dokter, mau ikut bertanya dengan tema yang hampir sama dengan yang sebelumnya.. begini dok
    anak saya laki-laki sudah umum 6 bulan dengan berat badan 7.4kg, sejak kecil grok-grok di nafasnya dan kami terapi dengan dijemur karena barangkali lendir yang gak bisa keluar.. namun pada usia 4 bulan karena gak sembuh-sembuh saya bawa ke dokter anak dan katanya paru-paru bersih ,,hanya ada lendir dipangkal hidung dan dikasih obat tetes hidung juga disuruh memberi minum air putih setekah ASI, dan alhamdulillah sembuh..namun umum 5 blan kambuh lagi dan belum lama ini karena badan panas saya bawa lagi ke doter anak dan disuruh beri lagi obat tetes hidung juga obat puyer yang lain( yang diresepin pak dokter anak). selama ditetesi badan anget terus…apa pengaruh obat tetes hidung…saya juga khawatir kalu ditetesi teru ada akiibat lain dr obat… dan setelah puyer habis alhamdulillah sembuh. namun mulai 4 hari ini kalu tiap malem rewel karena “slepek” kurang bisa nafas dan untuk posisi tidur sudah tanpa bantal.. apa perlu saya beri lagi obat tetes hidungnya? kalu siang tidak terlalu kelihatan grok-grok dan lepeknya.. apa yang terapi sebaiknya saya lakukan? bawa ke dokter ….atau terapi apa dok?
    terimakasih

  52. irma Says:

    Siang dok,

    Akhirnya saya menemukan jg informasi tentang “Laringomalasia”.
    Begini dok, anak saya berusia 6 minggu, bb: 3,6 kg. kmrn baru plg dari RS. di rawat inap selama 12 hari dan Diagnosa akhir penyakitnya adalah “Laringomasia” (msh perkiraan) dan “Bronkho peumonia”. untuk memastikannya dokter menyarankan untuk melakukan endoskopi. Obat yg msh diminum skrg ‘mucera’ dan ‘Cefspan’
    Kondisi anak saya sampai skrgpun dirumah masih tetep harus menggunakan oksigen sebutuhnya dia.
    Anak saya bernafas slalu mengeluarkan suara “grok-grok’, ngik-ngik,….”
    sesak nafsnya sering, apalagi setelah minum susu, dan dadaknya sangat dalam (deklok) sekali klo pas sesak.
    Sampai sekarang saya masih binggung, kt dok. nantinya akan baik/ sehat dgn sendirinya seiring berjalanya usia sikecil s/d 3 bln. tp sy suka nggak tega melihat si kecil sesak apalagi saat minum susu.
    Yang ingin saya tanyakan,
    1. Solusi yang terbaik buat anak saya apa dok?
    Endoskopi haruskah di lakukan? dan apakah ada efek samping ke si
    kecil stlh di endoskopi?
    2. Sampai usia berapa kondisinya benar-benar sehat.?
    3. Obat apa yng sebaiknya di minum untuk mengurangi sesak nafasnya?
    4. Perlukah terapi khusus buat si kecil?

    Terima kasih ya dok,
    Ditunggu jawabannya….,

  53. jilbab terbaru Says:

    anak saya umur sebulan kurang klo nafas jg grok2 eh browsing2 tnyata banyak temennya, jadi agak berkurang khawatirnya

  54. devi Says:

    dokt,anak saya umur 2 bulan.di pipinya timbul bercak bercak merah.dan napasnya bunyi grok grok terutama saat tidur di malam hari.dan hidungnya sering mampat.sehingga susah bernapas.selama ini diberikan asi 90% dan sufor 10% karena saya bekerja.apakah anak saya alergi susu formula.terimaksh dok.

  55. dora Says:

    bedanya mercotin drops ama mucopect drops apaan dok?? tq..

  56. nurs Says:

    Dok, putri saya berusia 7,5 bulan berat badan 9.9 kg. Saat ini lg terkena batuk dan flu, sama dsanya dikasih mucopect drops & alco drops. Tapi rasanya koq ga tega ya bayi umur segitu dicekokin sama bahan2 kimia yang saya ga tau efeknya. karena khawatir sekarang ini obat-obatnya belum saya berikan. Pertanyaan saya amankah mucopect drops &alco drops untuk bayi 7 bulan? Bagaimana dengan kencur? Apakah kencur bisa menyembuhkan batuk? Tetangga saya menyarankan agar diberi air perasan kencur yang diparut. Apakah kencur aman diberikan pada bayi 7 bulan? Mohon dibalas ya dok & trimakasih sebelumnya

  57. umie Says:

    dok saya mau tanya…
    Anak saya umur 2 bln,,napasnya selalu grok2,,,palagi malam hri n klo lgi ngedot,,slx ankku minum su2 formula berhubung ASIku sngat sedikit dan putingx ga ada,,mkx aq bantu dngan susu formula,,,
    anakku jg sering ngeden,,sampe2 itu mengganggu tidurx,,
    anakku juga sering buang angin tp klo BAB dy tertur cuman BABx agak banyak,,,pipinya juga ada muncul merah2 kyk biang keringat,,aq sdh coba pakein bedak anti parfum tp belim hilang malah aq lihat kulit mukax malah jdi kering,,
    aq mw tax itu penyebabx apa yach n apa solusinya,,tlong d’bantu yach dok!!!!

  58. bundanya Fayyaz Says:

    Sore dok,….saya mau tanya anakku sekarang umur 21 bulan, lahir prematur kemudian dirawat 3 minggu krn susah nangis…Fayyaz sering batuk pilek…kl batuk sering muntah dan tdrnya pun ga nyaman karena suara grok2 gitu hampir sebulan sekali ke DSA…saya sudah cek ke DSA katanya hanya batuk pilek biasa dan tdk perlu diuap….Nah sekarang dah 3 minggu ini batuk berdahaknya blum sembuh…..obat batuk pilek sebotol juga dan habis batuknya masih ada..barusan aku cek DSA lagi dokternya ngasih Biothicol dan condifort ( antibitik dan pengencer dahak)….aku masih ragu untuk menebus resep ini, kenapa anakku dikasih antibiotik lagi……yang jadi pertanyaanya ku….
    1. kenapa fayyaz sering batuk pilek??alergi or karena lahir prematur???
    2. bagaimana dengan daya tubuh fayyaz kl sering terkana antibiotik…??

    makasih yaa dok

  59. ryan Says:

    malah kata dokter saya anak sya alergi boneka bulu, susu sapi, asap roko,debu jd klo pncetus dihindari bisa ilang grok2nya

  60. anny Says:

    Dokter, anak sy usia 1,5 bln lebih, bbrp hr ini nafas.nya grok-grok di hidung, klo menjelang pagi minum asi nafas.nya jd sesak krn maaf payudara menutupi hidungnya, klo minum susu dot tidak sesak. Sy ke DSA mau imunisasi BCG, tp gak boleh sama dokter.nya trus disuruh ganti sufur NAN dan dikasih obat 2 macam puyer dan antibiotik. Tp sy ragu untuk memberikan krn kasian anak sy, apakah memang kalo suara grok-grok tidak boleh di imunisasi? padahal jadwal imunisasi BCG sblm usia 2 bulan. Apakah aman menggunakan obat tetes hidung agar tidak mampet dok? Terimakasih jawaban.nya

  61. Riezka naurah Says:

    Sy blm ngerti ni dok,anak sy usiax br 2 bln tp low bnapas kdg dia mgeluarkn suara mengi..
    Tp kdg2 aja,kr2 itu bahaya g dok??
    Trus d kmr kmi ber AC,suhu brp yg cocok untuk anak bayi??

  62. Mahmud Says:

    Sore Dok,
    Maaf Dok, Mohon penjelasannya.
    anak saya umur 1 th divonis tb oleh dr speasialis anak dan harus berobat selama 6 bulan. saat ini sudah 3 bulan menjalani pengobatan. saya khawatir obat obat yang dikonsumsi akan merusak fungsi hati anak saya Dok.
    Apa yang harus saya lakukan ?
    Terima kasih atas jawabannya Dok.

  63. chaula Says:

    malam dok,
    mau share nih dok, anak saya usia 4taun(mei 2012).
    Dari bayi sering kena bapil,dan didiagnosa alergi krn bbrp alasan trutama gejala mulai tampak lbh parah(sesak) saat malam,berobat ksana sini,mulai dapat resep dgn hrga ringan -spektakuler. namun sejak usia 2taunan sesak itu mulai hilang, sesekali muncul jika kena bapil. tapi 3minggu ini koq sepertiya kisah dia saat bayi mulai lagi ya dok,batuk sesak tanpa dahak, sudah saya bawa k DSA langganan bilangnya asma’y parah, “semua” saluran’y sempit,saya dianjurkan beli nebulzr, dan diberi resep(romilar,avil,cortidex,lasal,theofilin,erysanbe) 15 pc,dan ryvel syrp(1* aja sblm tdr mlm),selama 4hari minum batuk& sesak membaik, namun hari ke-4 saya kecolongan dia makan snack “ciki” hampir habis 1kantong,dan stlh itu batuk njegil ampe obat habis masih batuk& sesak, yg saya tanyakan apa saya perlu cari secon opini dok? krn saya sering was2 klo anak saya slalu dikasih antibiotik,, tp saya jg bingung.. apa mmg anak saya prlu antibiotik/tdk…
    trims dok..

  64. Anonymous Says:

    dok, mau ikut nanya, anak saya napasnya grok2, kira2 umur brp grok2 kan nya ilang

  65. yuni prastyowatiningsih Says:

    saalam kenal dok..saya yuni bertempat tinggal dilumajang…jenengan praktek dimana ya tepatnya,lok saya baca disurabaya,tapi surabaya mana..saya pingin sekali-kali langsung konsul kesana,jam brapa buka prakteknya?makasih..

  66. yuni prastyowatiningsih Says:

    o ya mengingat rumah saya jauh bolehkah saya meminta no yang bisa dihubungi langsung,lok bisa hp dok?bisa kirim lewat email sy..yunipkn@yahoo.co.id…makasih sebelumnya

  67. cicik indra Says:

    siang dok…
    saya mau tanya anak saya umur 8 bln, 2 bln yg lalu terkena otitis dan mengeluarkan suara grok2 lalu saya bawa ke spesialis THT otitisny sembuh tp suara grok2 blom hilang sampe skarang,,kata dokter THT itu pembengkakan amandel tp kl kata DSA itu alergi sebenarny anak saya sakit apa dok…….makasih

  68. alvey sebastian ansori Says:

    selamat malam dok, saya mo bertanya anak saya usianya sudah 7 bulan, padahal sudah di nebu dan di berikan susu yang alergi, tp tetap saja masih ada suara grok2 nya seperti ada lendir inggus yang menghambat…. saya jd khawatir bgt, karena sangat mengganggu bgt, apalagi klw pada saat tidur suara grok2nya jelas bgt. tolong jawaban nya dok….
    thanks

  69. Tieto Adiningrat (@tieto_TF) Says:

    ini anak saya baru umur 3 miggu, udah di uapin juga, obat tetes hidung, pokoknya smua yg disebutin td di atas udah jalan smua. tiap jam 3 malam anak saya selalu bgn, kaya keganggu gitu ama riak nya. Yg mau saya tanyakan, apa bole bayi umur 1 bulan di gurah? mohon penjelasannya

  70. Emmihor Says:

    ::Ass..
    mau tanya
    kalo si kecil batuk ampe suaranya kayak kuceng ngik2 lebih sae d bantali n0po 0ra?
    trus pert0l0ngan pertamanya apa?
    makasi

  71. M.Winny Says:

    Dokter,saya suka deh sm dokter,penjelasannya enak tdk monoton ª∂a̲̅ banyolan sedikit…

  72. ArikDewa Penjaga Hati Says:

    Asslkm… wah matur nuwun lho dok saiki aq wis gak panik maneh.. mergo anakku grook-grok ambekanne dok.. umure jik 2 sasi
    tp dok enek gak tips digae ngurangi grok-grok’e..? matur nuwun..

  73. Anna Says:

    dok anak sy lhr pRematUr 2,5kg,skg usianya 3bln bbny 6kg.pertmbuhanny sesuai kms.tp 1mgu ini tb2 dy batuk2 n ada whezzing.tp pas tdur suara mengi it ilang..kmrn sm dsa ny dksh Lasal syrup yg k0mposisiny salbutam0l.apakah aman dok byi umur 3bln dksh salbutm0l.ank sy minum asi,dksh susu formula jarang bgt.yg mau sy tnykn apa ank sy kna alergi,tp alergi apa ya?

  74. Hanun Says:

    Dokter sy mau tanya,kapan anak sakit batuk dan pilek perlu diuap?anak sy skrg usia 2,5 thn.apa efeknya klo terlalu sering diuap?

  75. sen,s Says:

    dokter sy mau tanya dok,anak saya umur 3 tahun setiap bangun tidur aza batuknya,dan hidungya selalu mempet,apakah itu alergi atau bukan?trus klo anak umur 3 tahun tidak apa-apa di bawa ke tht disedot hidungnya?trima kasih dok sebelumnya..

  76. Anonymous Says:

    Dok anak saya satu thun setengah tiba tiba nafasnya grok grok tapi si kecil tetep efektif juga gk batuk apa itu bahaya dok

  77. yulianto Says:

    dok , saya yulianto , anak saya haydar umur 4 bln mengalami batuk dan pilek . Yg saya khawatirkan dia mpe nangis ama batuk2 parah gitu hampir 30 menitan … Kalo nafas keluar bunyi grok2 kayak ada lendir di tenggorokannya .. Udah berobat ke 2 rumah sakit tapi hasilnya sama aja . Pertama di kasi puyer , yg kr 2 dikasih syrup 2 jenis … Kalo mlm sering bangun krn batuknyaa …

    Kira2 apa yg harus saya lakkukan ?

    Wajar ga sie kalo batuk seperti itu? Disertai nangis dsb

    Berat badan sekarang 6,4 kg , minum susu ASI ekslusif tanpa susu formula dan makanan pendamping …

  78. norma Says:

    Malem dok,mau nanya anak sya usia 4bln,lg batuk sma nafas grok2,sbulan sbelumny jg batuk sma grok2,sya bawa k dokter dkasih sirup sma antibiotik,slama 1mggu gk sembuh jg,akhirny sm mertua dkasih jamu jawa pake bunga blimbing wuluh tu smbuh,trus skrg batuk lg sma grok2 jg,sya ksih jamu jawa yg sama gk smbuh jg akhirnya sya bawa k dokter lain ktanya alergi susu formula pdhal udh lama anak sya gk sy kasih sufor lg,sma dokter dkasih obat mercotin drops,ataroc sirup,sama tiriz drops tp gk smbuh jg,apa yg hrs sya lakukan biar anak saya cpt smbuh dan gk kmbuh2 lg dok
    Mohon bantuannya dok,terima kasih

    sbelumnya…

  79. ibu isti Says:

    anak saya usia 4 bln, ad bunyi grok-grok dr usia 2 bln, sdah coba brobat k dokter spesialis ank, d kasih obt smcam balsem yg cara penggunaany d oles di leher dan punggung, jg prnah d asapi d puskesmas, d ksh obt smcam sirup jg, tp hslny blm ad prubhan smpe skr. Kata org tua2 nanti klo bsar hlang sndri, tp kta dkter alergi dngin. Mhon pncerahan, apa bnar kata org2 tua tsb jg kata dkter.trmksh sblmny

  80. Anonymous Says:

    dokter saya juga ada masalah dengan sikecil, tapi sepertinya dokter dah g sempat kasih balesan lagi, jadi….??????????

  81. Ani Rahayu Says:

    Berbagi informasi seputar perawatan bayi sehat

  82. susy Says:

    Dok saya mo tanya baby q berumur 21 hri…knapa napasnya bunyi grok2 trus klo mnum asi sering kesedak….kira2 bhaya g dok…tlg d bls

  83. maria candy Says:

    mau tanya dok.. dulu anak saya.juga mengalami chesty child dr lahir.. sampai 4bln shooping ke dok sana sini..semanya tidak memuaskan. akhirna d doktr yg trakhir di nebulizer. nafas na baikan dan gag sesak nafas lg ..tidak membiru dan sempat berhenti bernafas seperti waktu itu. akhirna d putuskan beli nabulizer dr pada bolak balik ke dokter. itu d pertimbangkan karena suami punya riwayat asma waktu kecil dan sembuh saat 5th. sedang saya alergi makanan tidak segar. alergi debu. logam. besi. rumput. tungau. dan pernah sinusitis.
    setelah 6bln.. semuanya kelihatan membaik.. seperti normal. pokoknya begitu pilek.. nebulizer aja. dan sembuh dlm 3hr. .sya selalu jauhkan pencetus alergi.
    saya pikir anak saya sudah kebal bahkan nabulizer jarang d pakai.jd saya tidak lg rajin memperhatikan pencetus alergy seerti debu d boneka. kipas atau membersihkan debu kamar setiap hr. makan juga d luar terpapar udara terbuka selama 1jam.
    usia 14 bulan anak saya imunisasi influenza.
    tp setelah itu anak saya justru pilek.. lalu saya nebulizer lg. dan sembuh dlm 3hr seperti biasa.
    lalu beberapa minggu. tiba tiba anak saya panas tinggi 39.5℃ sebelumnya anak saya blom pernah demam.. meskipun itu sehabis imunisasi.
    yg saya mau tanya dok??
    1. anak saya benarkah asma??

    2. benarkah imunisasi mperburuk sistem imun. ada yg bilang.. ada yg di immunisasi campak justru kena campak.. imunisasi cacar kna cacar?? apa gara gara imunisasi influenza anak sya jd gtok grok lg nafasna??

    3. pengaruhnya apa jika d imunisasi badan tidak demam?? apakah imunisasinya tdk berpen garuh apa apa d tubuh anak saya??

    4. perlukah anak saya imunisasi PVC juga.. karna sudah berinteraksi dgn byk anak lainnya yg tidak bisa d hindari dr pilek dan batuk..

    5. kemarin saat panas tinggi doktr.kasih ank saya sanmol. antibiotik. sama obat mual. tp antibiotik tidak saya berikan karena panas batuk dan pileknaya blum sampai 24jam atau72 jam. besoknya panas turun. tp batuknya gag berenti sampai mukanya merah.. sampai nagis dan gag bs makan..makn nyembur semua. min susu muntah.
    selain d nebulizer.. satu kali sehari. saya juga beri mucopect dan antibiotik.
    tp berselingan hr ini nebulizer besok antibiotik dan mucopect.
    bolehkan mucopect d berikan bersamaan dgn antibiotik??
    doktr tidak memberikan obt batuk pileknya. jd karena panas a sudah reda. jd saya inisiatif sendiri.. untuk memberikan mucopet dan antibiotik. bolehkah???

  84. Samuel Hutahayan Says:

    maaf dokter saya mua tanya, anak saya umur 1 bln 5 hari, setiap minum susu (asi) kok selalu nyesak / sesak ya Dokter, sdh saya periksakan ke DSA, katanya alergi dingin…terus dikasi obar puyer untuk mencairkan lendir katanya, terus disuruh diuap 2 kali tiap hari sampai sesaknya hilang….tp sampai saat ini setiap nyusu anak saya msh sesak dokter, sampai nafasnya bunyi…tolong dokter sarannya, apa yang harus saya lakukan agar anak saya dapat nyusu dengan tenang tanpa sesak nafasnya…tks.

Tinggalkan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 95 pengikut lainnya.

