Imunisasi Campak ….bukan cap kampak

Penyakit campak dalam bahasa kedokteran disebut morbili, sedangkan orang barat menyebut measles. Kalo orang betawi bilang ini tampek, lain lagi di daerah Jawa tengah & Jawa timur sebutannya gabagen. Di daerah pedesaan Tangerang disebut penyakit bagus….penyakit kok bagus ya ? :) sebagian orang NTT menyebut penyakit enak….emang enak kalo sakit ? Penyebab sakit ini adalah virus campak yang ditularkan melalui percikan ludah. Penyakit ini sangat mudah menular pada orang yang belum diimunisasi campak. Bila mengena anak yang memiliki gizi serta daya tahan tubuh baik umumnya penyakit campak sembuh sendiri. Tapi kalo yang kena anak dengan gizi buruk atau daya tahan tubuh rendah mungkin dapat terjadi komplikasi berbahaya. Penderita campak gejala awalnya seperti batuk pilek disertai demam yg awalnya rendah kemudian makin tinggi. Batuknya juga makin keras. Pada bayi & anak kecil sering disertai muntah serta mencret. Kamudian anak jadi gelisah, nafsu makan menurun dan rewel. Nafsu bermain juga jadi turun…emang bener ada nafsu bermain dalam bahasa Indonesia…kok jadi gak cocok yaaa…kesannya agak gimana gitu J…ya udah jangan digubris yang nafsu bermain itu, pokoknya maksudnya gak lincah kayak biasanya. Matanya kemerahan demikian pula selaput lendir mulut. Pada hari ketiga tau keempat demam pada kulit timbul ruam kemerahan. Dimulai dari wajah kemudian turun ke leher, dada dan seterusnya. Setelah ruam muncul pasien berangsur membaik. Karena penyakit panas disertai ruam bukan hanya campak jadi perlu dibedakan dengan yg lain. Demam disertai ruam dalam istilah kedokteran disebut viral exanthema. Campak jadi penting karena mempunyai komplikasi yang dapat mengancam jiwa. Beda campak dengan viral exanthema lain yg paling penting kalo campak ruam tidak hilang segera tapi menjadi kehitaman dan baru menghilang setelah 2-3 minggu. Sedangkan yang lain biasanya hilang dengan cepat…puffff dalam 3 hari dan tidak ada bekas ruam kehitaman.

Intermezo: Pada saat para penjelajah Spanyol getol mencari daerah baru ereka sempat mampir di salah satu pulau yg belum pernah kedatangan orang luar. Ada beberapa ABK kena campak dari perhentian sebelumnya, maka menyebarlah wabah campak disana. Karena penduduk tidak pernah kena paparan penyakit maka imunitas tubuhnya rendah dan wabah itu merengut seluruh penduduk pula itu…kasian.. :(

Pada tahun 1963 dibuat vaksin campak dibuat dari virus campak yg dilemahkan. Diberikan pada anak umur 9 bulan dan diulang umur 6 tahun. Diberikan 9 bulan karena pada umur segitu imunitas pasif dari ibu sudah hilang sehingga respon tubuh terhadap imunisasi lebih baik. Kalo udah pernah kena campak tidak perlu di imunisasi lagi. Vaksin campak tidak tahan

Efek samping yaaa pasti ada lha wong buatan manusia. Efek samping demam terjadi pd 5-15%, demam biasanya tidak tinggi. Ruam terjadi 5% dari anak yg dimunisasi, tapi sampe sekarang saya belum pernah liat ruam karena efek samping imunisasi campak. Efek samping berat yg sampai menyerang susunan saraf pusat terjadi 1 diantara 1 milyar dosis vaksin. Saya anggap masih lebih banyak manfaatnya daripada mudhorotnya:)

Maka marilah memberikan imunisasi campak pada anak-anak kita, …bukan cap kampak :)

About these ads

58 Tanggapan to “Imunisasi Campak ….bukan cap kampak”

  1. mrs. ana Says:

    kasian ya anak yang kena campak. tapi murid-murid saya sekarang sedang kena cacar

  2. dokterearekcilik Says:

    @mrs.ana
    iya kasian, tapi sekarang ada imunisasi untuk cacar. Emang belum masuk program pemerintah sih

  3. Jenny Says:

    Dok, ada ga sih vaksin campak yg ga bikin demam? Anakku lg panas sehabis vaksin campak. Jadi dimarahi mertua gara2 ga minta yg mahal gitu =(

  4. Astri Says:

    @Jenny
    Numpang jawab ya… Vaksin Campak saja, cuma ada 1 macam yang buatannya bio farma. Demam memang ada, tapi tidak terlalu tinggi. Timbulnya pun biasanya tidak langsung setelah disuntik tapi beberapa hari kemudian dan tidak semua anak akan mengalami demam.

  5. dokterearekcilik Says:

    @Jenny
    Asyik udah dijawab… :D
    Bener kok sampe saat ini belum ada vaksin campak yg gak bikin demam :cool:

  6. Dessy Says:

    Dok bgmn kl imunisasi wajib pd usia hampir 3th, belum selesai.. Apakah berakibat buruk pd siAnak??
    Ataukah, imunisasi hrs diulang/dilanjutkan. Tlg bls&trmksh!!

  7. ubaid Says:

    Dok, anak saya bulan Mei nanti 9 bulan dan mau imunisasi campak. Dan juga mau imunisasi HiB yg ke2, ngga papa ya Dok, dalam 1 bulan diberikan 2 macam vaksin/imunisasi? *HiB baru diberikan bulan ini karena 2 bulan y.l si anak sakit dan pada saat DPT tidak dibarengi (mahal siy vaksinnya)* Terima kasih banyak atas infonya Pak Dokter

  8. Astri Says:

    @Dessy
    dilanjutkan saja ke imunisasi yang belum dilakukan. Lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali

  9. dokterearekcilik Says:

    @Ubaid
    gak masalah, kalo vaksin hidup mau diberikan maka sebaiknya bersamaan atau beda 4 minggu. Sedangkan Hib bukan vasin hidup sedangkan Campak vaksin hidup jadi gak masalah

    @Dessy
    Bener astri, lumayan dijawabin :lol:

  10. keeyaabunda Says:

    anak saya hari selasa lalu immunisasi campak….tp semenjak hari kamis, badannya panas tinggi naik turun…disertai flu, mata merah, rewel, susah makan, apakah ini efek dr imunisasi itu??berapa lama efek dari imunisasi ini??apa saya harus berobat ke dokter karna panasnya yang tinggi??
    mohon jawabannya karena saya tidak ada yg membimbing dlm mengurus anak…
    terima kasih..

  11. dokterearekcilik Says:

    @keeyaabunda
    maaf ya baru jawab, pada imunisasi campak memang kadang terjadi Kejadian Ikuta Paska Imunisasi (KIPI), 80-90% KIPI bisa sembh sendiri hanya dengan pemberian paracetamol dan pengoabatan suportif. Namun bila tidak membaik maka anda perlu konsultasi untuk menentukan apakah ananda dalam kondisi yg bahaya atau tidak. Efek imunisasi biasanya terjadi 2-3 hari namun pada imunisasi campak memang munculnya sering tidak di awal imunisasi namun 2-3 hari setelahnya. Semoga ananda cepat sembuh

  12. maysha Says:

    salam kenal dokterearekcilik..
    Kan ada efek demam tuh meski ga tll tinggi,dan baru muncul 2 hari kemudian setelah imunisasi.perlu dberi obat penurun panas setelah imunisasi?
    nanya jg,apa perlu obat penurun panas plus puyer yg mengandung obat penenang dberikan ke bayi setelah imunisasi campak dgn alasan biar anak ga rewel?takut juga ngasih obat penenang dberikan pada bayi..apa gpp?
    makasih.

  13. dokterearekcilik Says:

    @maysna
    Cukup diberi paracetamol aja… kecuali kalo ananda pernah kejang maka perlu diberi pencegah kejang namun bila dengan alasan supaya ananda gak rewel kok kurang tepat ya. Tapi bila diberikan dalam dosis yg aman maka aman

  14. bunda lubna Says:

    slam kenal, bwt semuanya, dok sy mau tanya, seminggu yg lalu anak sy di vaksin campak kemudian anak sy bdnnya anget tp ga’ t’lalu tinggi 37-37,8 c , trus ada ruam merah, skrng panasnya sdh aga’ turun tp ruam merahnya msh ada dan lmyan banyak, trus makannya aga’ susah dan ingin muntah
    oya dok, sy jg lihat telapak tangan & kakinya aga’ kuning , apa mungkin dari wortel ya dok ?, soalnya setiap hari dia sy kasih wortel, disamping di belakang telinganya sy raba terdpt benjolan sebesar kacang kedelai, itu apa ya dok, mohon jawabannya ya dok sebelumnya sy ucapkan trima kasih.

  15. dokterearekcilik Says:

    @bunda lubna
    Salam kenal juga….. Panas adalah salah satu Kejadian Ikutan Pascaa Imunisasi (KIPI) dari imunisasi campak… kalo ada ruam bisa jadi itu karena KIPI juga namun bila mudah hilang tanpa pengelupasan maka itu gak masalah, bila setelah kemerahan ada pengelupasan ruam dengan warna hitam maka itu kemungkinan kena campak namun ringan. Bila muntah terus menerus sebaiknya diperiksakan ke Puskesmas atau klinik terdekat untuk dinilai apakah kekurangan cairan atau tidak, bila muntah hanya 2-3 kali sehari dan kencing masih > 4 kali sehari maka ananda masih dalam batas aman karena tidak kekurangan cairan… Warna kuning di tangan dan kaki bisa jadi karena wortel berlebihan, biasanya bila konsumsi wortel dihentikan maka warna kuning tersebut akan hilang sendiri… Benjolan di sekitar kepala biasanya pembesaran kelenjar getah bening karena ada infeksi di sekitar kepala atau mulut…. bila infeksi hilang maka benjolan akan hilang juga… bila tidak menghilang dalam waktu yg lama ada baiknya diperiksakan ke sarana kesehatan setempat.

  16. EGIE Says:

    DOK ANAKKU KENA CAMPAK.PANAS UDAH TURUN,MERAH2 MULAI BERSISIK.TAPI MASIH SUSAH MAKAN,MENCRET TIAP 4 JAM,BATUK KERING.DOKTERNYA TDK KSH OBAT BATUK APA BOLEH DIKSH OBAT BATUK?SLNYA ANAKNYA JG DIKSH CANDISTIN KRNA MULUT LUKA.APAKAH STLH SEMBUH HARUS IMUNISASI CAMPAK JUGA

  17. dokterearekcilik Says:

    @Egie
    mencret adalah salah satu akibat dari campak, selama ananda tidak dehidrasi gak jadi masalah. batuk juga bagian dari campak, kalo tidak terlalu mengganggu tidak usah dikasih obat. Cnadistin adalah obat anti jamur, bila ananada luka di mulutnya bukan krn jamur gak usah dikasih candistin. Kalo udah pasti kena campak tidak perlu dilakukan imunisasi lagi

  18. inda Says:

    Dok, anak saya yg pertama efeknya ruam tuh. Persis hari ke 7 panas tinggi, hari ke3 panas turun dan keluar ruam dr leher ke seluruh tubuh.. :)
    Emang anaknya kasus langka. Seneng bgt dpt yg unik2 dia.
    Nah mau tanya nih, anak yg kedua tuh kalo imunisasi DPT selalu panas (38 plus), pdhal pake infanrix atau pediacel.. Tetep aja. Perlu dikhawatirkan tdk dok?

  19. dokterearekcilik Says:

    @Inda
    Kan Imunisasi Infanrix or Pediacel memang tidak menghilangkan demamnya 100% hanya 90%. jadi dari 100 anak yg disuntik ada kemungkinan 10 anak yg demam. Tidak ada imunisasi yg 100% bebas efek. Tapi kalo panas 38 masih bisa diatasi dengan paracetamol berarti masih aman

  20. inda Says:

    Makasih ya dok penjelasannya.. Soalnya sempet mikir apa krn combo jd tubuhnya agak ‘berat’ nampung vaksinnya :)
    Dan memang sih panas cuma 1 atau 2 hari saja.. Jd sbenernya jg gpp.. Cuma kmrn penasaran aja.. Thanks again dok..

  21. mybatavia Says:

    dok, anak saya hari kamis tanggal 22 oktober 09 kemarin (usia anak saya pada saat itu 9,5 bulan) di imunisasi campak lalu dia baik baik saja sampai kemarin hari minggu pagi tgl 25 oktober 09 anak saya terserang demam suhunya 37.6 drjt celcius saya berikan tempra (paracetamol ya?) kalau siang suhunya turun sedikit tapi kalau malam naik lagi sampai hari ini tanggal 27 oktober dia masih panas +/- 38drjt celcius dan semalam dia buang air besar masih solid tapi lebih encer dari pada biasa 2 kali jam 10 malam dan jam 1 pagi, dia gelisah sekali tiap 30 menit bangun dia tidak bisa tidur kecuali digendong itupun belum tentu tidur, sepertinya ada ruam merah tapi saya tidak yakin karena kelihatannya ruam merahnya ringan. pertanyaan saya dok apa boleh anak saya dimandikan jika sedang KIPI? dan berapa lama anak saya akan panas seprti ini? apakah ruam ringan disekujur tubuhnya tidak perlu di khawatirkan? perlukah saya bawa anak ke dokter untuk minta obat supaya dia tidak terlalu uncomfortable? oh ya dari semalam dia juga ada batuk sedikit tapi tidak banyak dok semalam literally dia hampir tidak bisa tidur. please advise

  22. dokterearekcilik Says:

    Kadang pada sebagian kecil pasien anak yg diimunisasi campak maka efek samping berupa demam akan muncul pd sekitar 5-7 hari setelah imunisasi, gejala ruam kemerahan bisa juga muncul. Namun bila tidak ada gejala yang berbahaya seperti kejang, kesafaran menurun maka masih aman aman aja. Mandi juga boleh kok, obat cukup paracetamol aja

  23. Anonymous Says:

    kesafaran menurun itu apa ya dok?

  24. Bunda dui - Dd disya Says:

    Slm kenal dokter,,,
    Disya skrg 9bln 19hr blm imunisasi campak. Sbnrnya mggu kmrn, tp disya msh skt btuk pilek baru 5hr. Trus kata DSA hrs nggu plg g btk pilek ud >7hr. Alasanya menggu daya tahan disya agk kuat. Skrg disya ud smbuh kira2 ud 4hr g btk pilek, tp kdang2 msh agk anget dn msh agk lemes+rewel jg. Kl biasanya dia aktif skrg g. Gmn dok, blh g d imunisasi mggu ini? Ato nggu disya bnr2 smbuh?? Tktnya ntr skt lg, dn trtunda lg. Trus trg aj dok, kl ud d vaksin gt lega rasanya (ud g ada tanggungan, hehe..). Oiya, kyknya disya ud mlai bersin2 lg niy, musim dingin. Ats perhatian dn responnya tks dokter..

  25. Ni kadek sakawati Says:

    Salam kenal dok, lgsg aja mo nanya, bahaya gak kalo bayi umur 8 bln dah 3x dikasi obat muntah dan antibiotik makasi dok!

  26. Mama Kiara Says:

    Salam kenal dokter,..
    Hari senin yang lalu (21 Des 09) kiara imunisasi campak. awalnya tidak terjadi gejala2 yang membuat saya kwatir. tp sejak dua hari yang lalu badan Kiara agak panas (37-37,5 drjt celcius),mulai susah makan n tidur, agak pilek, rewel, timbul bercak2 merah dikaki dan fesesny agak encer. apakah ini timbul karena efek campak??? atau mungkin karena yang lain???
    bolehkah saya memberikan paracetamol??? trmksh dok untuk perhatian dan responnya…..

    • dokterearekcilik Says:

      Bisa jadi krn efek campak atau bisa kebetulan bersamaan dgn sakit lain. Menentukan suatu kondisi berhub dgn vaksin atau tdk itu hal yg sulit. Kalo sakitnya kayak gt dikasih paracetamol aja gak apa2 kok.

  27. Helmi Says:

    Dokter Riz, apa bener ya anak yang lagi sakit campak atau cacar air itu nggak boleh mandi soalnya takut penyakitnya nggak keluar ? Makasih sebelumnya.

  28. ummi nadia Says:

    Assalamualaikum dok…
    Anak saya panas dah 3 hari…2 hari panas… saya kasih tempra ga turun2 panasnya…skrg ini keluar ruam merah2…kalo orang jawa bilang kena gabagen… panasnya sudah turun dikit…batuk juga…tapi tidak mencret. sebelum panas…sempat mencret 2 hari…sehari 2 -3 kali BAB…setelah saya kasih Nifural…mencretnya hilang. Anak saya belum saya bawa ke dokter…cuma saya kasih tempra, badannya saya balurin dengan tepung kanji (saran teman) . Apa yang sebaiknya saya lakukan ya dok biar tidak terjadi komplikasi lebih lanjut?nafsu makannya jg masih sedikit. Terimakasih sebelumnya.
    Wassalam…

  29. bunda nayla Says:

    Dok katanya efek imunisasi campak diantaranya demam dan timbul ruam2. Nah kl sedang timbul efek tsb baby tetap boleh mandi atau di lap aja.Mksh ya dok

  30. daesy astria Says:

    salam kenal dokter saya ingin bertanya ttg vaksin campak yg terlambat diberikan.padahal anak saya sekarang sdh berusia 18 bulan n blm mendapat vaksin campak sama sekali.jadi apa yg harus saya lakukan?trimakasih dok

  31. christian dian Says:

    dok…anak saya bln kmrin imunisasi campak, setlh itu demam, dkasih paracetamol….panasnya g turun, malah menggigil lalu muntah trs kejang…padahal dulu2nya kena panas ato hbs imun gt g pernah kejang…kenapa ya dok?

  32. ika Risniawati Says:

    Anak sy tgl 25 kmrn di imunisasi trus sorenya lgs panas bahkan pas besoknya sampe 40 derajat C, hari minggu kmrn panasnya dah reda tp timbul merah2 di badan dan muka and ada benjolan di kepala belakang bawah (belakang telinga), bahaya ga sih, perlu pergi ke dokter ga?

  33. Bunda nay Says:

    Salam dok..
    Anak saya sekarang dah 9bln dan waktunya imun campak. Tapi dulu waktu usia 6bln dah pernah gabaken. Masih perlu imun gak dok?
    Cz petugasnya puskesmas tetep suruh imun..
    Makasih jawabnya dok..

  34. bundakikha Says:

    tanggal 7april 2010 anak saya imunisasi campak.hari ini 25-4-2010 ia panas dan muncul merah merah pada kulitnya.apakah ini akibat/efek dari imunisasi tersebut ? karena dokter hanya bilang akan panas seminggu setelah imunisasi.

  35. Ibu gangga Says:

    Salam Dok,

    saya mau nanya dok, 5 hari yang lalu anak saya di imunisasi campak, waktu itu suhu tubuhnya biasa-biasa saja, tetapi sekarang baru badannya deman kira-kira 38-39 c , n keluar merah2 spt cacar air, apakah itu efek dari imunasi dok ? ….n apakah campak sama dg cacar air?

    trimakasih dok

  36. ibu raka Says:

    dok,anak saya barusan diimunisasi campak. apakah akan demam? atau tergantung daya tahan tubuh anaknya?

  37. Afik Says:

    Putri saya setelah di imunisasi campak jarak 5 hari mulai ada efeknya yaitu berupa demam, tapi juga jadi sedikit mengalami mencret, apakah mencret tadi juga termasuk efek dari imunisasi campak ? terima kasih atas jawabannya.

  38. Riesanti Says:

    dok, bayi saya hampir 9 bulan sekarang muncul tanda-tanda kemerahan setelah panas tinggi sekitar 4 harian. kata orang jawa gabaken. Menurut hitungan dokter hari minggu tanggal 9 Januari 2011 seharusnya diimunisasi, namun badannya masih panas. Hari senin tanggal 10 Januari muncul bercak merah-merah. Kapan sekiranya anak saya sebaiknya diimunisasi?masihkan perlu imunisasi campak? Mohon balasannya

  39. Mama Abiel Says:

    Met pagi dok

    bulan depan baby sy masuk jadwal imunisasi CAMPAK & sy khawatir panas, apa vaksin Campak ada yg tidak panas dok? terimakasih sebelumnya.

  40. uchi Says:

    Ass.wr.wb. Dok, kira2 10hr yg lalu anak saya kireina umur 14bln kena campak tp kok batuk pileknya sampai hr ini tdk ilang2 ‎​Чα”̮? Bahkan dr kmrm panas lg kira2 38c. Ini batuk pilek plus panasnya merupakan penyakit ikutan dr campaknya ato tdk ada hub dgn campak ‎​Чα”̮?trus utk batuknya kalo saya nebulizer pake combivent boleh tdk? Oya, saya suka sekali dgn smua tulisan pak dok. Great job.Jempol dah pokoknya!!!boleh tau alamat praktek pak dok? Sy lg nyari dktr yg bukan maniak antibiotik dan kayaknya dokterlah orangnya. Tlg dong ksh alamat praktek dokter, kalau tdk mau blg dsini bs email ke mustikarosalina@yahoo.com
    Saya tunggu kabar baiknya.

  41. pepi hapipah Says:

    terima kasih penjelasannya dok..

  42. Herni Says:

    Selamat Sore Dok,
    Anak saya tanggal 30 Maret 2011 lalu imunisasi campak usia 9 bulan, tidak ada demam tapi pada hari ke 6 setelah imunisasi kemudian ada mulai bentol-bentol merah satu dua seperti digigit nyamuk ditangan dan beberapa kali muntah. tanggal 10 April 2011 , mulai keluar bentol-bentol merah sekujur tangan saja tapi dia tidak merasa gatal sampai hari ini tanggal 18 April 2011 bentol merah masih ada. Anak saya beraktivitas seperti biasa, makan juga tidak ada kendala.

    Apakah bentol efek dari imunisasi campak? atau karena penyakit lain
    Berapa lama bentol-bentolnya hilang?

  43. desmantri Says:

    anak saya belum d imunisasi campak sekarang sudah 9 bulan> Saya takut utk imunisasi anak karena katanya nanti anak akan panas krn anak saya sering step kalau panas. Gimana dok mengatasi anak supaya tdk step stlah d imunisasi campak?

  44. Ibu Titik Says:

    Siang dokter. Anak saya perempuan, umur 6.5 tahun pd tgl 16 Sept 2011 mendapat imusasi MMR. Menurut dokter anak langganan, dalam MMR ada imunisasi campak juga, Kemudian pada tgl 19 sept, di sekolah anak saya itu ada imunisasi masal campak. Saya sudah bilang ke sekolah bahwa anak saya tidak usah mendapat imunisasi lagi, krn sudah dpt imunisasi campak di dalam MMR tersebut. Tetapi saya kecewa karena ternyata anak saya TETAP diimunisasi campak lagi disekolahnya. Surat yg sy berikan tidak di baca oleh pihak sekolah. Saya merasa sangat ketakutan atas kejadian itu. Karena jarak imunisasi itu hanya 3 hari. Pertanyaan saya apakah pemberian imunisasi yg sangat berdekatan ( yg berselang hanya 3 hari saja) itu tidak berakibat fatal pada anak saya ??? Saya mohon penjelasan dokter. Terimakasih.

  45. widiastuti Says:

    malem dok, anak saya umur 9.5bulan sudah terkena campak sebelum imunisasi, selang 2 minggu setelah sembuh tepat pelaksanaan PIN tambahan campak dan polio. saya konsultasi sm ptgs vaksin ttg anak saya yg baru sembuh dari campak, tetapi ptgs ttp memaksa untuk ttp memberi vaksin campak pd nak saya. apakah tidak apa2? terimakasih

  46. repi heryadi Says:

    mau tanya..anak saya umur sembilan bulan di imunisasi campak di bidan..pesan perawatnya nanti umur setahun datang lagi ..pada umur satu tahun kami membawa anak kami ke bidan .. disinilah terjadi kesalahan.. anak kami di beri vaksin campak lagi.. yang menurut saya ini benar2 kesalahan dari pihak bidan karena sudah jelas ada buku panduannya dan ada tgl terakhir imunisasi campak..
    apa akibatnya kalau campak diberikan berulang hanya dalam kurun waktu 3 bulan .. trims

  47. diana wardhana Says:

    dok, anak saya usia 13 bulan. trus ada benjolan di sekitar leher, belakang kepala dan selakangan. Apakah sangat berbahaya? trus benjolan itu tiap hari saya kompres air hangat dan alhamdulillah uda mulai mengecil. tip ini saya dapatkan juga dari dokter yang sering menanagni hal yang sama. Kalau menurut dokter bagaimana?

  48. Anonymous Says:

    ass..apakh tidak ada efeknya jika imunisasi campak diberikan sebelum umur 9 bulan…?

    • ningrum Says:

      malem dok mau tanya..ank sy kan udah imun pediacel 3kali tapi disuntikannya kok ditangan y dok..katanya suntikan dilakukan dipaha..n apakh hepatitis B 2 n 3 udh masuk pediacel dok?soalnya ank sy belum imun hep B 2 n 3 dok pdhal skrang dah umur 8.5bln ..gmn dok solusinya?apkah boleh disusulkan dok?kalo pediacel disuntikan ditangan boleh ga dok?maksih dok

  49. Anonymous Says:

    dok..bayi sy sdh 11 bulan tpi blum diimunisasi campak.Disebabkan jdwal imunisasi yg tertera di kartu Imunisasi dri RS umur 10 bulan baru imun campak.Dan saat jdwal imunisasi bayi sy terserang flu dan kt prwatx byi sy tdk boleh diimunisasi pdah bayi sy flu biasa.Mkx sy bru imunisasi byi sy krn flux blum brhentiSetlah sy cri informsi lwt internet trxata byi diimunsasi cmpak usia 9 bulan & boleh diimunsasi bila hx flu biasa.Apakh kekebalan tubuhx trhdp pxkit cmpak akan brkurang jika diusia 11 buln bru diimunisasi. Kalau sy bw imunisasi>Apakh doktr prktek bisa dimunisasi cmpak?

  50. faiq hasanah Says:

    kira” ada ngga ya, vaksin campak yang ngga bikin si anak demam+rewel?

  51. imunisasi polio dan campak trlmbat d brikan krn sakit. Says:

    slmt pagi Dokter, bayi sy saat ini brusia hmpir 15bln, polio 2 dan 3 jg cmpak blm d brikan brp bln lalu sdh janjian dg dokter unt pmberian imunisasi, tp pas wktu yg dspkai ank sy lagi2 demam, dan smpe hari ini msh sring diare trs dan nfsu mkn brkurang, sering kmbung.
    dulu ka2knya usia d bwh 2th jg spt itu, sy smp ganti susu formula agar anak sy tdk diare trs. hmpir smua poduk susu sy coba. tp hsilnya msh sam Dok.
    apa solusi sy unt tetap memberikan imunsasi buat anak sy Dok? baik kah jika sy membrrikan susu kedelai yg siap pake unt bayi sy? trmksh.

  52. Ani Rahayu Says:

    Berbagi informasi seputar perawatan bayi sehat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 95 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: