Bayi: dibuang sayang

Akhir akhir ini di RS tempat kerja saya terjadi peningkatan jumlah bayi yang ditinggal keluarganya. Lama lama sumpek juga, tidak pernah ada alur yang jelas kalo bayi ditinggal harus diapakan. Lapor kanan, kiri, atas bawah….hasilnya yaaaa rawat aja disana dulu sampe ada keputusan yang jelas,

Kalo udah ada bayi gak dijenguk keluarganya 3 hari atau lebih…hati mulai was was….jangan jangan ditinggal lagi nih….. kalo udah seminggu kayaknya hampir pasti, tinggal konfirmasi alamatnya. Kalo alamatnya palsu….udah deh…….dapet lagi. Mulai lagi, carikan susu buat si kecil yang tidak berdosa itu, kalo perlu obat dicarikan obat ….para petugas kesehatan saling membantu untuk menghidupi si kecil. Padahal gaji para perawat juga gak besar lho…….. lha dokternya kemana ??? ya ikut juga bantu… tapi yang 24 jam menghadapi bayi kan para perawat, jadi kalo ada masalah, keperluan maupun kesulitan ya perawatnya yang urus duluan.

Telpon dinas sosial….. oh ya lapor dulu ya ke kantor polisi, kantor polisi …..dateng kesini kalo lapor, sekalian jadi saksi, lapor LSM anak….. gak tahu ada dimana alamatnya or nomer teleponnya. Denger denger dari perawat yg udah lama kerja di RSU, biasanya cuman datang terus … good bye, tapi itu katanya, saya gak liat sendiri. Udah urus begitu banyak bayi, masih disuruh dateng ke kantor polisi, urus susu dan obat entah gimana caranya …. Yang pasti bukan hasil curian,….. wuaaaa disuruh apa lagi hayo ???

Gak tahu apa masalahnya sampe bayi itu ditinggal tapi yang jelas kok tega ortunya ninggal. Kalo gak mampu bayar ya urus askeskin…beres … gratis. Emang banyak masalah yang mungkin tidak terbayangkan atau tidak bisa dicerna….tapi jangan ninggal si kecil dong. Upaya RSU untuk minta KTP saat daftar masuk rumah sakit (MRS) memang baik, tapi dalam keadaan panik kadang tidak bawa KTP. Karena keluarganya sakit jadi begitu ditanya KTP marah duluan, jadi petugas keder…. Bisa ditunjukkan besok aja ,,,,, tapi besoknya udah hilang…ngasih alamatnya palsu. Cape deh :(

Baru baru ini juga ada yang ninggal bayi 2 bulan, tahu tahu dateng mau ambil bayi sambil ngajak temennya yg anggota DPR, wahhhh ngomongnya …. Ya gitu deh …. Tahu kan gimana anggota DPR kalo ngomong :) Kepulangan bayi dirurus lewat humas dan TU RSU, eeee giliran ditanya KTP ortu….gak punya…. Surat nikah gak ada…………lha terus ngurusnya gimana ??? untung bagian humas dan TU dengan tegas menolak bayi dibawa mereka. Anggota DPR nya juga rada malu kalo masih punya sambil pulang.

Ada lagi ……kalo udah ada bayi ditinggal, beritanya dengan cepat menyebar, tak lama muncul orang yang pengen adopsi anak tersebut. Wah… jadi urusannya ruwet lagi…. Sekarang lagi mengusulkan pada pihak manajemen RSU agar bikin alur dan prosedur bagaimana bila ada bayi yang ditinggal. Ketentuan, definisi…dll pusiiiing…. Kalo ada yang udah punya pengalaman … bagi dong, kalo ada yang anggota LSM anak … dateng dan bantu dong….. kalo ada yang punya prosedurnya….kirim dong…. Kalo anda mau ninggal bayi….jangan dong………….dibuang sayang……disayang sendiri aja.

108 Tanggapan to “Bayi: dibuang sayang”

  1. huda Says:

    Hmmm… susah juga ya.
    Dinas sosial di Indonesia kyk gitu y? hmmm.. beda banget ma yg di tipi2 (film2 amrik) :p

  2. herru Says:

    heran, kan modus traficking bayi laris manis, lha ini dibuang-buang :(

  3. dokterearekcilik Says:

    @huda
    Iya, termasuk juga kalo ada penganiayaan anak, mau dilaporin siapa yg kasih makan, gak dilaporkan ana digebukin….repot dah

    @herru
    ya untung dibuang di RS, *Indonesia banget, dibuang juga dibilang untung* kalo dibuang ke panti yg gak jelas atau dikasih keorang gitu aja bisa jadi langsung dijual. Btw kamu ngasih aku ide, mending aku jadi bandar penjualan bayi aja ya …. he..he….he

  4. kangguru Says:

    itu sih mau enak ngak mau anak dok :)
    jadi inget lagunay iwan fals dok
    “bayi bayiii murni dan kosong “

  5. dokterearekcilik Says:

    @kangguru
    Iya, gak mau repot tapi bikin repot orang lain. Kalo ngajar tolong jadikan bahan masukan buat para murid supaya gak niru seperti itu ya pak guru :)

  6. habibiearifianto Says:

    Ruwet juga ya pak dokter, kesian misi cuilik dinggurno kro ibu bopo, yo wis lah saya cuma bisa mendoaken, semoga diganti bapak-ibu yang lebih sayang. Kalo saya pernah alami di RS. PAndan Arang Boyolali ada kebijakan khusus pak dokter, bayi terlantar diadopsikan pada tenaga kesehatan yang butuh momongan. Hope it helps

    Cheers..

  7. peyek Says:

    lho… gimana prosedur sebelumnya? terus kalo sampai kejadian serupa berulang gimana ya, heran juga toh!

    Hm menurut saya bisa jadi panjang kalo soal begini, mungkin semua orang tua itu akan beralasan soal ekonomi yang sulit dinegeri ini, kalo saya paling gampang ya.. menyalahkan pemerintahan kita, lha gimana enggak, kesejahteraan merata itu hanya mimpi, peluang kerja hanya di angan-angan, iya toh!

    Sssst.. Dokter bukan termasuk peg negeri kan? profesional kan? hehehehe…

  8. Mrs.Neo Fortynine Says:

    semangkin banyaknya pemberitaan, semangkin kreatifnya ibu ibu gak tahu diri itu dalam menelantarkan anaknya. ada yang dibungkus kado, kain kafan, kardus, sampek daun pisang (lha?kayak lemper lek’an) :lol:

    ah, manusia memang selalu belajar dari sesamanya…

    efek negatif kebebasan pers… :D

  9. Astri Says:

    @Peyek
    Pegawai Negeri tulen :)

  10. mei Says:

    mesakke tenan khok kasus bayi bayi buangan itu. kadang gak tega aja, ada banyak yang gak bisa bikin anak, tapi mereka d kasih malah kek gitu…=(

    aborsi harusnya d legalkan.

  11. evi Says:

    aduh…kasian banget tuh bayi-bayi yg ga berdosa. :(
    padahal banyak yang pengin punya anak tapi susah banget dapatnya, giliran yang udah diberi nikmat mempunyai anak malah dibuang-buang.

  12. sibermedik Says:

    mbuat anak kok coba-coba?

  13. venus Says:

    kakak saya di RS jember pernah juga adopsi anak yg ditinggal orangtuanya di rumah sakit.

    kok tega ya orang2 itu ninggal anak gitu aja ? lha kalo merasa ga mampu, kenapa juga nekat punya anak? heran deh orang2 ini…:(

  14. dokterearekcilik Says:

    @habibiearifianto
    cara itu juga kami pake kok, cuman yg repot kalo bayi yg ortunya gak jelas kan kita gak boleh ngasih gitu aja, biasanya harus lewat dinas sosial… pokoke ruwet…. trims buat info dan support nya

    @peyek
    ya prosedur itu yang mau saya usulkan, karena selama ini setiap kasus ditangani dengan cara yg bermacam macam. Btw saya PNS tulen…. tapi pofesional rek….. asli gak korupsi

    @Mrs.Neo Fortynine
    mungkin bener… semangkin banyak karena TV

    @mei
    wah ya jangan dong kalo melegalkan aborsi :(

    @evi
    Gitu deh manusia….susah syukur

    @sibermedik
    namanya juga coba coba..harapannya gak berhasil…tahu tahu…mbrojol

    @venus
    Lha bikinnya enak lho…. sampe lupa efek sampingnya…eeeh efek depan yang cocok ya :D

  15. mei Says:

    @pak dokter

    lha timbang mbuak mbuak anak gt???

  16. Astri Says:

    Setuju aborsi legal :)

  17. dokterearekcilik Says:

    @mei + astri
    selama agama masih melarang pembunuhan …….. sebaiknya tidak aborsi. kecuali udah tidak ada agama…… Alloh menciptakan manusia dengan segala kebesaranNya….kalo manusia membunuh berarti menentang Tuhan karena merasa bisa bersikap seperti Tuhan, berarti menyombongkan diri pada Tuhan karena berusaha menentang kehendakNya. Setidaknya itu pendapat saya.

  18. Juliach Says:

    Salam kenal,

    Saya punya teman Sam & Delphine pasangan suami/istri yang sudah lama mendambakan anak. Namun sayang sampai kini belum dianugerahi. Mereka sudah mencoba banyak alternatif tentatif inseminasi buatan, tapi tidak berhasil.

    Harapan satu-satunya adalah adopsi anak. Adopsi anak di Perancis sangat jarang. Jadi satu-satunya jalan adopsi anak secara international yang tidak mudah procedurnya. Mereka akan mengadopsi anak laki-laki dari Thailand. Sebetulnya si Istri maunya anak perempuan dulu baru adopsi kedua anak laki, maklum bayi perempuan lebih lucu seperti boneka. Tetapi di Thailand anak perempuan yg menjadi ahli waris, jadi mereka pegang anak perempuan dan melepas anak laki.

    Itupun masih harus menunggu 2-3 tahun untuk mendapatkan anak dan tidak bisa mengadopsi anak 1th karena harus menunggu berbagai test kesehatan.

    Saya pernah cerita pada mereka kalau di Indonesia banyak anak di tinggal di RS atau malah dibuang di tempat sampah. Lalu dengan cerita saya ini, mereka berinisiatif untuk adopsi anak Indonesia (mereka pikir dari Indonesia lebih cepat dari Thailand procesnya), tapi sayang organisasi adopsi anak international mengatakan tidak ada adopsi anak dari Indonesia. Pemerintah Indonesia melarang adopsi anak international.

  19. dokterearekcilik Says:

    @Juliach
    Sayang ya…padahal di Indonesia banyak yang perlu diadopsi. Tapi info dari Juliach membuat saya jadi pengen belajar banyak tentang aturan adopsi anak baik di Indonesia maupun Internasional. Salam kenal juga dan terima kasih untuk infonya

  20. Astri Says:

    Legal buatku bukan berarti semua orang boleh melakukan by request kok. Tapi dimungkinkan buat kasus2 tertentu, dan tidak khusus buat orang ‘kecelakaan’ lho kok malah melenceng jadi aborsi :)
    Disambung di tempat lain aja ah :D

  21. poce Says:

    boleh bayinya buat saya satuu… biar dosa yang buang jadi nambah.. hehehehehe …

    salam kenall

  22. dokterearekcilik Says:

    @poce
    salam kenal……seandainya bayinya bisa aku kirim on line :D

  23. wisnuponco Says:

    bikinnya susah e udah jadi dibuang buang.
    bikinkan kaos aja di http://www.pabrikkaos.wordpress.com dikasih tulisan ” Gue hanyalah seorang Bayi yang tak berdosa “

  24. dokterearekcilik Says:

    @wisnuponco
    ukurannya ada nggak :D terima kasih atas komennya, salam kenal, siapa tahu kapan kapan saya butuh pesen kaos.

  25. Titah Says:

    beberapa waktu lalu ada juga bayi ditinggal di puskesmas dekat rumah saya, alasannya ya gitu: gak mampu bayar biaya persalinan (n memberi makan). pada hari ketiga keluarganya datang bersama pak RT yang dikatakan akan mengadopsi & membayar lunas biaya persalinan. setelah surat2 ditandatangani ibu si bayi boleh pulang. gak lama kemudian pak RT-nya pamit pulang berdalih ngambil uang, gak taunya nggak balik lagi. setelah ditlusur2, ealah… ternyata Pak RT-nya orang gak mampu juga. terpaksa… staf puskesmas cari orang yg bersedia mengadopsi bayi itu.

  26. dokterearekcilik Says:

    @Titah
    waaa rumit juga ya…….. ditempat kerjaku juga masih ada 1 bayi yg gak jelas sampe sekarang ………… diadopsi gak bisa, diambil gak bisa……….jadi dirawat aja rame rame oleh para pegawai RS

  27. Di^_~ Says:

    Saya hampir saja menjadi orang tua….sudah senang2 tapi tiba2 pagi ini bidan yang merawat si baby telpon aku bilang bahwa sudah ada yang mau ambil. Sudah OK, nama baby ada, tiket pesawat dipesan (Jkt-Smarang-Jkt) dan perlengkapan baby disiapkan ternyata gak jadi. Mungkin belum jodoh ya gak apa…tetep semangat bikin anak sendiri ajah dulu hehehhee…(hus!)

    Btw, sekarang ini mmg banyak sekali ya orang tua yang meninggalkan bayinya begitu saja. kasihan…di daerah Srengseng Sawah Depok ada sebuah Panti Asuhan yang sering kami kunjungii…disitu isinya balita, 94 anak…bayangkan saja banyak sekali…lucu kalao mereka ngumpul rame banget. Mereka gak bisa di adopsi karena aturannya disitu mereka dititipkan oleh para orang tua tak mampu.

    Aku dan suami kepingin banget berbagi kasih sayang dengan kehadiran salah satu bayi itu di rumah tangga kami, tapi gak ngerti harus cari kemana ya? Kalo ada info2 bisa adopt baby secara legal dimana tolong hubungi aku. thanx

  28. dokterearekcilik Says:

    @Di^_~
    Kalo ada info akan saya kabari

  29. susriati Says:

    membaca artikel di atas saya pingin sekali adopsi anak berhubung saya sdh 8 th nikah belum di kasih anak.bisa tahu engga rumah sakit mana yg sering ada bayi yg ditinggal ortunya. dan saya bisa menguhubungi dengan siapa di rumah sakit tersebut. besar sekali keinginan saya u/ dapat mengadopsi anak jadi sekali lagi mohon kiranya bisa membantu saya. bila perlu lewat email saya bisa.saya sangat berterimakasih sebelumnya.susriati_acc@rajabusana.com.

  30. dokterearekcilik Says:

    @susriati
    Wah lha kok kayak jadi tempat pesenan bayi gini ??? Ya saya kabari tapi urusan birokrasi silahkan berhubungan sandiri dengan pihak Dinsos. Thanks

  31. Bagaimana cara Adopsi Anak « Says:

    […] Pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana penerapan hukum adopsi di Indonesia ?  Ternyata masih terjadi proses yang tidak teliti dalam pengadilan yang memutuskan suatu adopsi diizinkan atau tidak. Beritanya dapat anda lihat di sini. Masih juga terjadi kebingungan di rumah sakit bersalin bagi orang tua yang tidak bertanggungjawab meninggalkan bayi yang dilahirkan di rumah bersalin, lalu didatangi oleh orang-orang yang mau mengadopsi (baca di sini). […]

  32. Pipit Says:

    aku da 8 thn menikah kl ada info bayi yg ditinggalkan di puskesmas atau RS kasih tahu biar aku tebus biayanya ya…aku da pernah dikasih bayi jagain 1 bulan dah lengkap alat2nya..g tidur2….da sayang bgt..eeee diambil lg ama keluarganya…blm jodoh kali ya…..mohon info…aku mau ngobatin rasa kangenku pada bayi yg diambil lagi….

  33. Pipit Says:

    aku da 8 thn menikah kl ada info bayi yg ditinggalkan di puskesmas atau RS kasih tahu biar aku tebus biayanya ya…aku da pernah dikasih bayi jagain 1 bulan dah lengkap alat2nya..g tidur2….da sayang bgt..eeee diambil lg ama keluarganya…blm jodoh kali ya…..mohon info…aku mau ngobatin rasa kangenku pada bayi yg diambil lagi….ht.vivi@yahoo.co.id , 081386110359

  34. Pipit Says:

    aku mau banget…….kl ada bayi yang gak diakui or apapun namanya….kira2 g ditebus di RS, or dari pada dibuang…aduuuh…aku mau banget dari ras and suku apapun…..g peduli cewek or cowok…yang ptg sehat….mau aku bikin anak tunggal aku…..dah 8 thn gt…………kemarin untung aku gak stres…ada orang mau buang bayi krn gak diakui suaminya (suami dah 3 istri, anak ke 8 dari total 3 istri)…kerja bpknya ‘supir’…ibunya yg memar kiri – kanan (sering digebukin) menyerahkan anaknya….cuma baju dibadan…..eeeh…dah g sayanggggg….da lengkap alat2 perl bayi…bpknya nuntut istrinya dgn tuduhan jual bayi….g balikin tapi sediiihhhhhhhh bgt…dedeknya dah gemuk….waktu serahin 1 mgu and kurus bgt…

  35. dokterearekcilik Says:

    @pipit
    Aku udah jawab lewat email ya. Kalo gak sampe tolong diulang alamat emailnya kali salah.

  36. Wulan Says:

    Aku karyawati swasta dan suamiku seorang pns,kami hampir 9 tahun menikah dan blm dikaruniai anak,jika ada orang tua yg ingin mempercayakan bayinya pada kami,kami bersedia mengadopsi asalkan ia brjeniskelamin perempuan dan sehat.jika ada info mhon hub kami di 0294 5743259.terima kasih.

  37. dokterearekcilik Says:

    @Wulan
    Semoga segera dapet momongan, Amin

  38. Iqbillo Says:

    Bos, saya siap menerima dan mengasuh manakala ada baby yang ditinggalkan orang tua yang tak bertanggungjawab itu. Just send an email and I will call you.

  39. Iqbillo Says:

    Bos, atau bisa call 085647020566, iqbillo@yahoo.com

  40. dokterearekcilik Says:

    @Iqbillo
    Akan saya email

  41. Iqbillo Says:

    Dok, ma’afkan kami
    Setelah pulang dari rumah sakit tempat anda bekerja dg bayi2 itu, kami berdua (dg istri) berdiskusi lama tentang adopsi baik dari aspek sosial, keluarga, maupun agama. Di aspek yg terahir ini kami sampai-sampai harus membuka kitab dan diskusi dg alim ulama. Benang merahnya, kami ketakutan sendiri dg “ancaman Tuhan” karena jika kami sampai “berusaha” atau “telah” menghilangkan nasab si bayi maka bukan termasuk umat Muhammad SAW. Sedangkan proses formalnya mengindikasikan bahwa kami harus atau akan berjalan ke arah tersebut.
    Akhirnya kami putuskan untuk menunda dulu, sampai kami yakin dengan mekanisme yang harus kami jalani tidak mengandung unsur yg dilarang Tuhan. Atau kalau ada bayi yang sengaja diserahkan oleh keluarganya dan kami dapat mengenal mereka hingga bila si kecil telah besar kami dapat mempertemukan dg keluarganya, kami akan mengasuh si kecil tersebut. Jika ada yang seperti itu mohon diinfokan kepada kami.
    Thanks ya dok.

  42. dokterearekcilik Says:

    @Iqbillo
    Iya, memang kadang hukum agama dan hukum negara tidak sejalan, tapi keputusan memlilih jalan tersebut saya dukung dan saya hargai, bila ada info akan saya kontak. Setidaknya kita bisa kenalan. Thanks

  43. sasha Says:

    anak sy meninggal karena terinveksi virus rubella dan cmv yg saya derita..sy sgt senang bila ada bayi yang mau diadopsi akan sy terima dengan bahagia.sy tinggal di makassar..tolong hubungi sy di : sweetshaniezt@yahoo.com apabila ada bayi yg terlantar dan butuh orang tua angkat..terima kasih!

  44. dokterearekcilik Says:

    @sasha
    ok

  45. Aty Says:

    jika memang bayi itu bisa aku di adopsi…aku mau…kebetulan aku blm punya anak…

  46. Aty Says:

    aku bisa di hubungi di 081807287299 ..aku ingin bayi perempuan & sehat..tak perlu gemuk atau apapun deh asal lengkap organ tubuhnya. tolong ya dok..aku sudah 11 tahun menikah, saat ini saya sudah seperti di ujung jurang perasaannya menunggu buah hati, untung kami berdua selalu diberi ketabahan.

  47. dokterearekcilik Says:

    @Aty
    Saat ini tinggal 1 bayi yg ada, tapi tidak sehat. Sampe saat ini udah umur 6 bulan. Kalo ada akan saya kabari

  48. cadelora Says:

    saya tertarik dan sangat mendambakan untuk mengangkat anak mungkin kita bisa berbagi…..pengalaman, informasi

    mohon mail

  49. dokterearekcilik Says:

    @cadelora
    udah saya jawab lewat email

  50. Ahmad Syafiq Says:

    Saya sudah nitip pesan kemana-mana, bertahun-tahun tapi hasilnya tetap nihil belum dapet juga anak yang bisa diadospi. Mohon bantuannya. Trimakasih
    Alamaut email saya : sya_fic@yahoo.com
    Mobile : 0816408523

  51. dokterearekcilik Says:

    @Ahmad Syafiq
    udah saya email

  52. eva Says:

    Salam….kenalkan saya Eva. kami sudah menikah selama 5 tahun tapi masih beum diberi momongan. Bruntung ada orang yang gak bisa merawat anaknya ingin saya dan sumi yang merawat serta mendidik anak itu.
    Insya Allah anak akan lahir Bulan Juli nanti. Si orang tua bener2 ingin memberikan anaknya tanpa embel embel, karna dia bilang kalaupu saya gak ambil anaknya dia akan tetap tinggalkan anaknya di RS.
    Ada sedikit kebingungan, ibunya ingin nama saya dan nama suami yang ada dalam akte kelahiran anak, dia dianggap gak pernah melhirkan anak.
    So bagaimana menurut dokter?
    mengingat saya adalah PNS, apakah status anak itu adalah anak kandung atau anak angkat? karna aktenya atas nama saya dan suami

  53. eva Says:

    dokter boleh lansung balas ke email saya ya ke evayanti_ss@yahoo.com

    terima kasih

  54. dokterearekcilik Says:

    @eva
    udah dijawab lewat email

  55. Cut Farrina Says:

    Saya Mau Tau Diamana Alamat tempat doktere arek kecil saya pingin bgt punya bayi saya dah menikah tapi lom dikasih anak

  56. dokterearekcilik Says:

    @Cut Farrina
    Sekarang kami sudah berkembang lebih maju dengan bekerjasama dengan Depsos, panti Depsos propinsi jawa timur ada di Sidoarjo sehingga semua bayi yang sudah stabil bisa diasuh di sana. Tempatnya di jl. Monginsidi no.12. Ada perawat dan pengasuh di tempat itu… mungkin bisa dilihat di sana

  57. raudhotul hasanah Says:

    assalam………
    saya sudah lama menikah tapi belum dapat anak,karena ada beberapa hal yang buat saya tidak bisa hamil. jadi saya ingin adopsi bayi yang baru lahir yah usia 07hari. tolong kabari saya secepatnya. hub saya di no 081336397689. trims
    wassalam………..

  58. raudhotul hasanah Says:

    assalamualaikum………
    alhamdulillah, berkat forum ini saya telah mendapatkan bayi……………….

  59. dokterearekcilik Says:

    @raudhotul hasanah
    Alhamduillah

  60. Aldry84 Says:

    Apa aja sih syarat2 adopsi bayi? Apa harus yg udah bkeluarga aja yg bs ngadopsi?

  61. Aldry84 Says:

    Kalo masi lajang trus pengen adopsi bayi bisa tidak ya??
    tolong dong di jawab…..thx

    • dokterearekcilik Says:

      Saya gak tahu pasti ttg itu, karena kalo ada bayi yg dibuang urusan adopsi diurus oleh pihak dinas sosial, mungkin lebih jelas bs tanya ke petugas dinsos atau pengadilan. Kalo saya ada info nanti saya kabari

  62. lili Says:

    Saya seorng ibu yang ingin mengadospi bayi baru lahir yang berjenis kelamin perempuan.bagi yang mau memberi saya,hub saya di 08138085882.saya tunggu ya infony

  63. lili Says:

    Saya seorang ibu yang menikah sudah cukup lama,saya dan suami ingin memiliki momongan dalam rmh tangga kami,tp sampai saat ini blm ada tangisan baby didlm rmh tngga kami.bagi ibu ibu yang ingin babyny kami rawat dengan kasih sayang kami sepenuhny dan kami anggap sebagai anak kandung kami sendiri.kami menginginkan baby perempuan.bila ibu yakin kami merawatny hub saya di 081385085882 segera.saya tunggu ya babyny.

  64. lisabeth Says:

    sy seorg ibu yg sudah menikah 5 thn..sy n suami ingin memiliki anak perempuan..jika ada bayi perempuan yg bersedia kami adopsi, dgn senang hati akan akmi adopsi n kami rawat dgn baik. hub sy di 021-45758559. trimakasi..

  65. jessen Says:

    nice article..

  66. Winnie Says:

    Kalo ada info ttg bayi laki-laki baru lahir, sehat, suku & ras apapun, yg bisa kami adopsi, boleh tlg info ke saya yah…
    Saya udah 6 thn menikah, tp belum dikaruniai anak..
    Email: win_winhoy@yahoo.com.
    Mohon infonya kalo ada…Tq

  67. Julia Says:

    kami pasutri kristen chinesse ingin mengadopsi bayi laki-laki / perempuan berkulit putih, ket chinese/menado/blasteran. kami sudah bertahun-tahun susah memiliki anak, terakhir pada bulan desember bayi kami meninggal di persalinan (blm cukup bulan), dikarenakan rahim saya tidak kuat. dan sampai sekarang sulit hamil. kami mengambil keputusan untuk mengadopsi bayi ntuk dijadikan seperti anak kandung kami sendiri. tolong infonya kalo ada bayi yang ditinggalkan orang tua atau dari keluarga tidak mampu. terima kasih. e-mail: wuyouya@yahoo.com

  68. Yoga Says:

    saya mau di adopsi olewh siapapun, tp sy gak bayi lagi….
    di jamin sy gak bakalan nyusahin,,,,,
    coba ada yang Mau yah,,,,,? heee…..

  69. Endah P Says:

    Kami sudah menikah 9 th lebih dan sangat merindukan hadirnya anak. kami sudah menghubungi dan mendatangi beberapa panti asuhan yang bisa mengadopsi anak secara legal dan saat ini kami sedang mengurus dokumen -dokumen sabagai syarat untuk pengadopsian anak ( dokumen yang disiapkan cukup banyak ) . Masalah yang saya hadapi adalah anak yang harus saya adopsi menurut ketentuan yang berlaku, agama anak harus sesuai agama yg saya anut yaitu kristiani, padahal dari beberapa panti yg saya datangi tersebut sangat jarang sekali tersedia anak yang beragama kristiani ( agama anak yg dipanti mengikuti agama ortu kandung/bila tdk diketahui ortunya maka ikut agama mayoritas),saya diminta untuk menunggu sampai tersedia bayi yg beragama kristiani itupun tidak secara otomatis saya bisa langsung mengadopsinya karena prosesnya setelah penyerahan dokumen masih sangat panjang dan belum tentu . Mohon bantuan apabila ada informasi bayi yg tidak diinginkan dari keluarga kristiani bisa menghubungi saya, saya akan mengadopsinya secara legal.terimakasih

  70. arizain Says:

    Pernahkah berpikir demikian :
    Bbrp bayi yg ditinggalkn di RS, ada yg bukan krn ortunya tdk sayang. ttp krn ortu benar” kesulitan biaya RS selama persalinan shg tdk bs mengambil bua hatinya sendiri dr RS (jd si bayi ditahan oleh RS krn ortu tdk bs bayar).
    Takdirnya org hamil, kan tidak pilih” kondisi finansial si ortu.
    Lalu…, krn smp berbulan” rejeki harian blm sanggup utk melunasi biaya RS, sdkn cari pinjaman sulit krn tdk ada yg bisa dijadikn jaminan, akhirnya ortu memasrahkn si baby pd RS.
    Nah lo…, kalo gini gimana???
    (Hal ini sempat tjd pd kenalan sy. Untungnya bayinya hny ditahan bbrp hari di RS, krn dia masih bisa dapat pinjaman).
    Makanya RS juga tidak boleh mahal” dunk…
    Kesehatan kan bukan hak orang kaya saja…

  71. Klo ada info bayi dari keluarga kristen yg bisa diadopsi tolong hub email : Martasgl@yahoo.com. Kami tinggal di Bengkulu dah hmpr 4 thn menikah blm punya anak. Trims tuk infonya. Says:

    kami keluarga kristen menikah hmpr 4 thn blm dapat momongan. Klo ada info bayi yg bisa kami adopsi mohon hub email kami: martasgl@yahoo.com. Terima kasih.

  72. henny Says:

    saya sdh menikah 10 thn blm dikasih anak, saya dah pernah cb mau adopsi lewat panti ..wah ribet banget yak….ujung2nya duit juga, ga ada bedanya jual beli anak…… kl ada yg dari rmh sakit…saya mau banget asal administrasinya ga ribet…..intinya dari pada ditinggal dan tdk jelas…….kl memang diijinkan pihak RS dengan senang hati kami akan merawatnya mhn utk menghubungi 081319213408

  73. henny Says:

    ini aja d tokoanda47@yahoo.co.id

  74. novri_yanti (@nineaulia) Says:

    subhanallah..
    byk bersyukur stl mmbaca artikel dokter beserta komen2nya. bersyukur dikaruniai anak yg sehat,bersyukur diberi rizki shg mampu melunasi biaya RS,bersyukur mampu merawat dan membesarkan anak2.. dan msh byk lg..
    untuk yg mnghrpkn momongan, smg segera dikabulkan keinginannya, yg ingin mengadopsi mdhn segera berjodoh dpt anak dan dimudahkan segala proses2nya..
    @dokter, salam kenal dan sukses sll

  75. keket Says:

    Kalo memang bener aja terutama masih bayi,saya dn suami saya siapp merawatnya,karna kami sudah 5tahun blm mempunyai ketururaan.tolong berbagi informasinya

  76. ristiananarnoiana Says:

    boleh gak ya aku adopsi bayi cewek,meskipun aku dah punya 2 anak laki2, Dok

  77. umiivana Says:

    dok,bantu sy dong unk adopsi bayi cewe,sy sdh 7th mnikah,5x keguguran,sy pnya ACA.sy sdh sgt mrindukan unk mmiliki ank,suami dan klrg jg mndukung

  78. arnie Says:

    Klo ada bayi perempuan biar kurs yg penting sehat yg ditinggal ibunya saya siap memelihara sya seorang pns di wikayah kaltim, klo ada tlg hub sya ya..

  79. nina Says:

    kami udah 10 th menikah, dan saat ini pengen banget adopsi anak, tapi baca2 artikel di internet koq ribet banget. klo prosedurnya ngga ribet insyaAllah kami mau.. bayi di bawah 1 bulan… kalau ada yg cowok

  80. Wong Deso Tlogomulyo Balerejo Says:

    lebih setuju adopsi elegal kalau ada bayi yang terlantar bisa kirim pada kami,kami siap menampung berapapun banyak nya ap lagi anak yatim

  81. Wong Deso Tlogomulyo Balerejo Says:

    kalw mw nitp jariah bisa kirim lewat BANK BRI (6160-01-010499-53-6 a/n PANTI ASUHAN MIFTAKHUL HUDA) semoga amal ibadah kita ditrima disisi allah

  82. Anonymous Says:

    bodo amirrrlahhh….

  83. Ally Ann Says:

    Hello, kami di Surabaya, saya Lin Ai Lian 28 tahun, n suami Agung Sutanto 35 tahun. Menikah 3 tahun n blm dikaruniai anak.

    Sudah pergi ke dokter banyak , tpi blm berhasil. Uang sudah habis banyak, dan saya sudah semakin gemuk krn hormon program dr dokter.

    Mau adopt anak dr yayasan,tapi bnyk persyaratanya, mgk jg belum cukup umur prnikahan, persyaratan berbelit, and sepertinya yayasan2 agak money oriented.Diinternet saya baca, adopt parents diharuskan menyumbang kepada panti selama beberapa tahun, anak tetap di panti asuhan, kita seperti memelihara , menyediakan segalanya untuk anak adopsi-namun anak tidak bisa tinggal dirumah kita dulu. Kalau kangen, kita yang kesana.Setelah brp tahun baru bisa-kalau kita dinilai sayang sama si anak oleh panti asuhan.Sangat tidak adil..!

    Jika DokterArekCilik ada info about baby yg tidak diinginkan, dengan persyratan yang tidak merepotkan kami, tolong hubungi saya di email lin_ally_ann@yahoo.com. Or sms to my phone: 081 252 330088. Thankyou.

  84. veiren Says:

    sayasgt ingin pny anak,saya ud lama menikah bkm ada anak,klu ad info dgn syarat yg tdk sulit,tolng hubungi saya y…085318467772

  85. Anonymous Says:

    Kenapa ya skrang ini byk yg ningalin bayi nya dirumah sakit, ad bayi yg dibuang,ada bayi yg dibunuh,kenapa tega padahal di luar banyak yg menginginkan buah hati,sampai usaha kemana mana demi mendapatkan buah hati,sampai menangis batin.daripada ditinggal dirmh sakit,dibuang atau dibunuh,lebih baik dikasihkan keorang

    • Anonymous Says:

      Saya ingin memgabdosikan calon ank sya….
      Seriius dan usia kndungan saya sdah 6bln jln 7…
      Klu ad yg brminat bisa langsung hub saya :085204980635

  86. een Says:

    saya inin sekali menadopsi bayi ,kamu menika uda ampir 4 t..blm jua dikarunia seoran momonan …jika ada info yan inin adopsi bayinya moon email kesaya…en.kusnul@gmail.com

  87. Anonymous Says:

    saya ingin sekali adopsi bayi. saya domisili di jogja, kalau ada anak nya yg mau diadopt tolong infokan ke saya lewat email solafides_girl@yahoo.com atau 085643799939 ya dok. kami sudah rindu saura tangisan bayi. banyak usaha yg kami lakukan untuk hamil. tp sy msh saja ttp infertil.

  88. ulmi Says:

    andai ku bisa ngerawat bayi tak berdosa itu??

  89. eri Says:

    Maaf, saya mohon bantuannya jika ada bayi keturunan bule, saya ingin mengadopsinya. Terima Kasih
    Dimas 08175496969

  90. ulmi Says:

    Saya seorang ibu yang menikah sudah cukup lama,saya dan suami ingin memiliki momongan dalam rmh tangga kami,tp sampai saat ini blm ada tangisan baby didlm rmh tngga kami.bagi ibu ibu yang ingin babyny kami rawat dengan kasih sayang kami sepenuhny dan kami anggap sebagai anak kandung kami sendiri.bila ibu yakin kami merawatnya hub saya di 085259760434 atau bs di email ulmiimoet@yahoo.com

  91. edi julianto Says:

    Sy mw adopsi bayi laki2,yg pnting sehat jasmani dan rohani. Sdh 4 thn nkh.tlg informasi94036451.

  92. Anonymous Says:

    Dok kalo ada bayinya buat saya satu, serius, kalo suruh ngambil ntr tak ambil. email saya deve_sharkrain99@yahoo.com

  93. devi Says:

    dok..sy udh menikah 5 th lebih smpai sekarang belum lagi dpt momongan setelah anak pertama kami keguguran pd bln juni 2012 lalu.sy berminat untuk mengadopsi salah satu bayi yg ada di sana..kalau bisa yg berkulit putih menimbang kami berdua berkulit putih jg.email sy devi.taufik85@gmail.com. no sy 083838404288.terima kasih

  94. inem Says:

    kalau ada balita baru lahir saya dan kluarga saya mau adopsi.
    Hbungi saya di 085933797844

  95. Mijaya Cell Says:

    nama saya ibu suparmi,saya sdh menikah 11thn tpi blum di karuniai momongan,saya dan suami saya sdh sepakat untuk adopsi anak,tolong kalo ada info mhn hbgi kami ke nohp085641121171

  96. Lailil Musyarofah Says:

    Assalammu’alaikum..Saya ibu Adi, Alhamdulillah saya 5 th udah nikah.n 3 kali keguguran.saya n suami sepakat adopsi balita yang baru lahir.kalo ada info mohon hubungi kami ke no 085746606067.Trims..wasalam..

  97. Deibie.M.Maindoka Says:

    Mlm Dok,, saya ibu Debby udah berumah tangga selama 7thn belum dikarunaikan seorang anak, saya & suami sedang mencari seorang anak bayi perempuan baru lahir s/d usia 3thn kalau bisa bayinya cantik & kulitnya putih / bersih. kalo ada info mohon hubungi kami ke no 085717773930, no. pin bb : 75151E7F. Trim’s,,,,,

  98. Deea Anggitta Says:

    malem dok , saya Deea ..baru nikah 6bulan , saya sudah susah payah cari bayi ntuk di adopsi tolong kalau ada bayi yg perempuan baru lahir yg ditinggalkan orang tuanya mohon hubungi saya ya ke alamat email ini deeamazing46@gmail.com atau nomer 081945558200

  99. lastiti aprilia Says:

    Slmt pagi..sy menikah dgn suami sy sdh 4th tapi blm dikaruniai anak karna suami sy diabetes tinggi & sy 2th yg lalu hbs operasi kista dkt rahim sblh kanan ternyata stelah 3 blnn dicek kembali sy msh ada kista sblh kiri..sy sdh punya anak laki yg ckp tampan dr suami sy pertama org bule..skg sdh usia 12th..suami sy skg kerja sbagi GM batu bara.kami tinggal d samarinda.kami ingin skli adopsi anak perempuan usia 0-3 bln..jika di rmh sakit ini ada bayi perempuan sy mau adopsi utk menjadi anak angkat kami..jika ada bs hub kami 082143430689..smoga Tuhan berkenhendak

  100. intan lestari Says:

    aku mau ambil anak..akan akj sayangin dia sepenuh hati ku aku udh nikah 1 tahun lebih yah allah sekitarnya enk kasih akan aku cinta dn sayang pada nya

  101. Anonymous Says:

    selamat malam….bagi ada yg mau mengadopsi bayi laki2 bisa hub no ini. 085201030902 khusus area jogjakarta

  102. Anonymous Says:

    yang punya niat buang bayinya sayangkan dri pada di buang hubungi no aq aj nnti aq yg rawat dri pda d buang’ aq senang sma anak2,in no aq y 081239656882

  103. Anonymous Says:

    Ass, selamat berkah…kebetulan bget, sy buka blog ini…sy kepengeeeen bget dpt bayi cowok,…kalo memang ada yg tinggalin di rumah sakit sy kepngeeen dong, sepenuh tanggung jwb sy, insya allah…sy mengharapkan anak laki2…

  104. hasta febiola nagata Says:

    Ass, selamat berkah…kebetulan bget, sy buka blog ini…sy kepengeeeen bget dpt bayi cowok,…kalo memang ada yg tinggalin di rumah sakit sy kepngeeen dong, sepenuh tanggung jwb sy, insya allah…sy mengharapkan anak laki2…

Berikan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 96 pengikut lainnya.

