Vitamin ≠ penggemuk

Berbagai vitamin diperlukan oleh tubuh kita, pada sebagian anak yang bermasalah maka kebutuhan vitamin tidak dapat terpenuhi dari makanannya sehingga muncullah berbagai macam vitamin yang dibuat berbagai macam perusahaan dengan berbagai macam bentuk dan kemasan.Dalam perkembangannya terjadi persaingan dari produsen vitamin hingga banyak perusahaan yang mengklaim produknya bisa menambah nafsu makan……

Vitamin adalah bahan yang dibutuhkan oleh tubuh kita untuk membantu berbagai proses metabolisme agar berjalan dengan baik. Karena tidak diproduksi oleh tubuh maka kita harus selalu memasukkan vitamin tersebut dari luar tubuh dengan cara mengkonsumsi bahan yang mengandung vitamin. Bila yang kita konsumsi termasuk dalam 4 sehat 5 sempurna maka sebagian besar kebutuhan vitamin sudah terpenuhi. Sehingga yang jadi masalah adalah bila konsumsi tidak seimbang maka timbul defisiensi beberapa vitamin yang berakibat tidakbaik bagi tubuh.

Namun pada era sekarang vitamin seakan akan udah lekat dengan konotasi sebagai penambah nafsu makan, sehingga para ortu berlomba lomba memberikan vitamin buat anaknya, sampe kalo ke dokterearekcilik mesti muncul ucapan,”tolong dokter kasih vitamin buat nambah nafsu makan”…. Bukannya gak boleh ngasih vitamin pada ananda, cuman konotasi bahwa vitamin menambah nafsu makan itu yang mesti diubah, vitamin bisa diberikan untuk memperbaiki kondisi pasien pada keadaan tertentu, misalnya setelah sakit, kurang gizi.

Konotasi ini juga berpengaruh sampe tingkat pejabat sehingga beberapa waktu lalu saat saya mengusulkan pengadaan vitamin di askeskin agar pasien gizi buruk bisa dapet vitamin yang rada bagus …..ehhhh ditolak dengan alasan bukan obat penting karena cuman untuk menggemukkan badan aja….. capek deh

Nafsu makan ananda tidak ditentukan hanya kadar vitamin dalam tubuh, beberapa hal juga ikut berperan seperti tidak suka dengan makanan tertentu, cara penyajian yang tidak menarik, paksaan saat makan, kondisi tubuh yang sedang tidak sehat, dan masih banyak lagi. Biasanya ortu seorang anak dateng ke praktek dokterearekcilik kemudian dalam waktu 10 – 15 menit termasuk berbagai pemeriksaan lalu minta masalah nafsu makannya minta dibereskan , terus dikasih vitamin dan obat tertentu ……. Beres….. bulan depan udah gendut….:) Bisa saja dokterearekcilik melakukan hal ini, dan saya juga pernah melakukannya (ngaku salah :( ). Kalo bisa dilakukan juga pasti ada yg kurang yaitu akar permasalahan biasanya tidak diselesaikan dengan baik.

Perlu wawancara setidaknya setengah jam dan lebih baik satu jam untuk membicarakan secara tuntas masalah nafsu makan ananda, kadang tidak bisa sekali dateng. Masalah waktu juga masalah karena bayak dokter yg ogah luangkan sedemikian lama waktu,juga ortu maunya kasih vitamin atau obat apa aja pokoknya mau makan. Emang masalah sulit….saya juga lagi cari solusi yang baik buat semua pihak, semoga ada ide segar dari pada pembaca.

Tapi hal yg penting saya sampaikan pada posting ini adalah vitamin bukan bahan untuk menggemukkan atau untuk menambah nafsu makan, tapi bahan untuk membuat metabolisme tubuh ananda jadi baik. Btw pada posting kapan kapan akan saya bahas masalah dan solusi kesulitan makan pada anak, karena kalo di posting disini sekalian nanti kepanjangan dan tidak fokus.

About these ads

111 Tanggapan to “Vitamin ≠ penggemuk”

  1. dani iswara Says:

    pernah ngalamin kasus ini sewaktu si kecil jd pasien yg sulit maem..
    dpt dah tuh vitamin..tp rasanya gak disukai si kecil..

    sekalian aja dokterearekciliknya ditanyain:
    vitamin apa yg plg enak buat anak 2 tahun..gak pait2/asem2/kecut2 amat..tp jg gak terlalu manis.. [jika krg berkenan menyebutkan merk, bole via mail kok..] :)

    ada yg punya pengalaman lain..?

  2. herru Says:

    vitamin emang perlu ya dok? emak-emak kita dulu gak pake vitamin kok ya gemuk gemuk tuh hehehehe

  3. mei Says:

    menyoal vitamin dok, saya memang selalu mencari yang ada tulisannya menambah nafsu makan secara nafsu makan anak saya memang agak susah. tapi faktor yang mempengaruhi juga banyak sih dok. ning itu suka sayuran yang ada d sop kalau sopnya beli(misal d resto fast food-sayurannya pasti habis) tapi kalau di rumah, maunya nasi ma kuah doang..gimana gak pusing dok??mana buah maunya cuman mangga atau jeruk. alhasil dia kurang serat, dan pupnya jadi agak susah. untuk mengganti serat saya ganti dengan agar-agar. dan sayuran saya bikin keripik, misal keripik bayam. repot, tapi gakpapa untuk anak mah. ya karena itu dok, karena dia susah makan sayur dan buah akhirnya saya selalu memberi vitamin tiap hari satu kali sehari tiap habis sarapan. vitaminnya berganti ganti, tapi yang jelas selalu yang ada tulisan penambah nafsu makan=)

    btw dok, jaman saya dulu kecil itu saya susah maem trus sama simbah dicekoki temu ireng. itu bener atau nggak ya??tapi emang saya dan adik adik jadi enak makannya, cuman ya saya masih ingat sampe sekarang..gimana itu pahitnya temu ireng..mau nyobain ke anak, khok mesakke =(

  4. mei Says:

    @dani iswara,
    mungkin di coba curcuma plus emulsion(gapapa to nyebut merk??) . anak saya paling suka itu. manisnya pas, rasa jeruknya juga pas. gak ada pahit pahitnya

  5. zulharman Says:

    Menurut saya vitamin yang paling manjur adalah kasih sayang orangtua ke anaknya.

    Banyak orang tua yang memberi vitamin yang komplit dan mahal tetapi lupa mengingatkan jadwal makan sianaknya. Bagaimana sianak akan mau makan? Banyak ortu yang menganggap masalah kurang nafsu makan karena kurang vitamin. Hal ini harus diperbaiki.

  6. dokterearekcilik Says:

    @dani iswara
    rasa itu individual, ada g suka rasa ttt tp yg lain gak suka. Vitamain kayak growee, apialys kayaknya lumayan kok rasanya. Kalo vitamin yg ada mineralnya kayak zat besi, zink dll emang susah,rasanya gak bisa enak karena after tastenya selalu muncul

    @mei
    emang sebenernya vitamin bukan penambah nafsu makan secara langsung, makanya gak mesti berhasil. Soal temu ireng saya tidak punya referensi, tapi bahan seperti itu mestinya diteliti supaya bisa jadi lebih baik.

    @zulharman
    Iya betul sekali

  7. evi Says:

    sekarang anak saya kok sama sekali ga mau minum vitamin ya Dok? apa bosen ya…? saya tidak pernah ganti merk, selalu pake C***M karena menurut saya dia udah cocok. terbukti dgn minum rutin vitamin itu anak saya hampir tidak pernah pilek & batuk. berat badan standar, makan dari dulu emang mau, walau agak lama habisnya.

    jadi kenapa ya Dok anak saya tidak mau minum vitamin lagi? apakah harus ganti merk?

  8. dokterearekcilik Says:

    @evi
    bila kondisi tubuh optimal maka daya tahan membaik dan ananda tidak mudah sakit, tapi vitamin tidak menggemukkan. Makan agak lama tidak berhubungan dengan pemberian vitamin, kalo gak mau minum vitamin biasanya masalah rasa atau bosen, mungkin bila diganti merek lain dengan rasa yang lain mau lagi.

  9. ayahnya Akhtar dan Shifa Says:

    Waah.. ternyata Dokter punya Blog! saya nemu blog ini waktu waktu cari2 alamat praktek dokter Rizal.
    Terus.. kok kayaknya tulisan ini terinspirasi pada pertanyaan kami saat kami periksa 2 hari yang lalu saat dokter menggantikan dr. Yustina.. hehehe ( Geer sekalee )

    Oh..ya.. sekarang Shifa sudah membaik, sudah maen2 lagi tidak hanya tidur-tiduran. Tapi yang besar masih lemes.. tadi sudah masukin feses dan urine ke Lab.. hasilnya nanti malam. Nah rencananya nanti langsung mau di cek-kan ke dr Rizal, makanya saya cari alamat prakteknya dimana.

  10. dokterearekcilik Says:

    @ayahnya Akhtar dan Shifa
    Emang posting saya diilhami dari masalah pada pasien, semoga ananda cepat sembuh. Alamat praktek udah saya kirim lewat email.

  11. wulan Says:

    Ketika tinggal di Jpn,sempet minta vitamin ke dokter buat anak yg susah makan, eh..dokternya malah marah, dia bilang Ibu yg harus giat berusaha supaya anak mau makan, misalnya dg membuat variasi makanan yang menarik sehingga anak tertarik untuk makan.
    Begitu juga ketika ke toko obat, utk beli vitamin, dinasehatin sama apotekernya, bahwa lebih baik anak2 mendapat vitamin dari makanan, kalau gak mau makan coba dicarikan variasi makanan.

  12. dokterearekcilik Says:

    @wulan
    maaf 3 hari gak buka blog, lagi sibuk + teler, emang yang baik tidak harus dengan vitamin, namun kadang juga dibutuhkan bila pada kondisi tertentu tidak mendapat asupan yang cukup. Cuman emang vitamin bukan untuk menaikkan nafsu makan, itu paradigma yang sulit diubah karena terlalu mengakar di masyarakat.

  13. dani iswara Says:

    @mei & dokterearekcilik:
    memang walau tanpa vit, si kecil yg 21 bln kadang mkn sendiri pake sendok dgn lahapnya..
    tp kok ya pas nyoba2 vit, cocoknya ama curcuma plus rasa strawberry, yg jeruk sebenernya jg mau dia..jd vit ya buat tambahan aja..
    makasi :)

  14. bagos_adi@yahoo.com Says:

    dok kami punya kesulitan pada anak kami yg berumur 1 1/5 tahun susah makan gimana cara2 nay mengatasi masalah kami ni?
    terima kasi sebelumnya dok………

  15. dokterearekcilik Says:

    @dani iswara
    semoga si kecil selalu sehat

    @bagos_adi
    secara singkat aja ya: pada anak biasanya definisi susah makan harus dijelaskan dulu, karena sering orang tua memakai dirinya sebagai patokan. Padahal anak bukan miniatur otrang dewasa, mereka punya masalah adaptasi terhadapa makanan yg berbeda untuk setiap anak. Usahakan memberikan makanan dalam bentuk yg menarik, atau bujuk mereka dengan halus agar mau makan. Porsi mereka tidak perlu besar, paradigma makan banyak supaya sehat dan gemuk harus diubah menjadi makan yang cuup tapi bergizi. Panjangnya nanta kapan kapan saya akan posting tentang masalah makan pada anak.

  16. missglasses Says:

    trus apa dong yg bisa bikin gemuk? dr kecil sy udah k berbagai rumah sakit, dokter, n prof., tp ttp aja kurus gini. hikshiks. mohon bantuannya ^^

  17. dokterearekcilik Says:

    @misglasses
    banyak teori tentang bagaimana seseorang bisa gemuk dan yg lain tidak. Salah satu yg dibahas adalah masalah genetika, ya maksudnya dari sononya udah gak bisa gemuk. kalo bantuan ngasih resep atau obat itu tidak bisa dilakukan online. Jadi sarannya………makan yg banyak dan berlemak termasuk es krim…………enak kan, semoga cepat gemuk. Tapi nanti kalo udah gemuk nanti konsultasi lagi…………pengen kurus :D

  18. binchoutan Says:

    dulu saya waktu kecil susah makan.. trus entahlah dicekokin apa ya semacam jamu mungkin…wuuiidih paitnya minta ampun.. trus diminumin temulawak pula. HOOO masa kecil yang menyenangkan suram :lol:

    tapi sekarang… doyan banget makan & ngemil, baru stop kalo berat badan sudah diatas 55kg naik. :roll:

  19. dokterearekcilik Says:

    @binchoutan
    Hasil dari jamu jaman dulu itu ya :P

  20. mbokne bagas Says:

    Dokter Rizal,

    Vitamin yg dibicarakan ini vitamin buatan pabrik ya, dok?
    Yg alami bukannya lbh bagus to, dok? Jadi inget pelajaran SD dulu, wortel mengandung vit. A, pisang vit. B, jeruk vit. C, dsb, dsb. Selain lbh aman (asal dicuci dgb bersih & benar), lbh ekonomis, rasanyapun lbh enak…hehehe…
    Gak harus vitamin buatan pabrik to, dok?? Anakku seneng makan wortel (mentah ataupun mateng) buat camilannya. Manis ktnya….:-)

  21. Noora Says:

    ada bahayanya ga dok kalo minum vitamin (buatan) tiap hari buat bayi 11 bulan. Daya tahan tubuhnya bagus cuma memang penambahan BBnya dikit dan yah biasa maemnya lama maunya maem buah2.
    mama nayla (11bulan, 7.25kg/70cm, bb lahir 3.2kg)

  22. dokterearekcilik Says:

    @Naora
    maksudnya vitamin buatan gimana ? kalo buatan maksudnya puyer boleh boleh aja. Pada umumnya vitamin dibagi menjadi vitamin larut lemak dan larut air. Pada yg larut air relatif aman karena bila kebanyakan bisa langsung keluar lewat kencing, contoh vit B, C. Sedangkan vitamin larut lemak bila terlalu banyak akan sisimpan oleh tubuh dan dapat menimbulkan efek akumulasi contoh vit A,D,E,K.Kalo anak 11 bulan emang maemnya lama, kalo yg cepet ya ibunya :) kadang ananda berusaha mencerna dengan baik, tapi karena masa adapatasi dari makanan cair ke padat jadi dia perlu waktu untuk mencerna. Gak bisa cepet cepet, soal doyan makan buah kan bagus itu.

  23. Genx Says:

    Dok, kl vitamin penambah nafsu makan untuk org dewasa ada ga sih, maksudnya yang recommended gt

  24. dokterearekcilik Says:

    @Genx
    Prinsipnya gak ada vitamin yang berfungsi menggemukkan badan, vitamin itu hanya membantu proses metabolisme dalam tubuh dan bila kita makan dengan gizi yang cukup sebenarnya semua vitamin sudah terpenuhi dari makanan.

  25. mAmaTadza Says:

    salam kenal dok,

    anak saya jg mempunyai mslh yg sm,susah sekali klo makan pura2 dan di emut..klo sdh trllu lama akan mual,biasanya klo makan hanya 5 suap aja sudah mulai mau kluar lg.pdhl ya Itu Vitamin udh sy ksh dngn mksd menambah nafsu makan jg untuk krngnya asupan yg dia makan.selain itu anak sy tdk doyan ngemil apapun jenisnya biskuit,roti,wafer dan buah..tp klo buah dia mau hampir smua buah tp ga trrllu bnyk cuma sekedarnya aja.apa perlu sy ksh dia vitamn yg baru vegebeld21(maaf mnybtkan merk) krn ktanya di vitamin itu trdpt 21 jns sayuran..perlu ga ya dok..selain itu sy juga jarang masak dirumh trkdng beli yg sudh matang.anak sy skrng 3.5thn beratnya 13kg tingginya +- 92cm normal kah? ada jg yg blng genetika krn sy tidak trrllu besaar bdnnya,betul begitu?

    Trmksh

  26. Gunadi Arunanto Says:

    Salam Kenal Dok.

    Saya punya masalah makan dengan anak saya, Umurnya saat ini 1tahun 1bulan, Saya bingung Anak saya makannya sedikit sekali untuk ukuran dan seumuran dia Dok. Sudah berbagai cara kita coba Dok, Dan berbagai Varian makanan, dan celakanya lagi Susu tambahan juga tidak masuk. Saat ini memeng si kecil ASI-nya masih jalan Dok.

    Pertanyaan Saya :
    1. Apa yang harus saya lakukan Dok, agar selera dan nafsu makan anak saya kembali normal.

    2. Apakah faktor lingkungan mempengaruhi Dok. Kalau Iya sebaiknya seperti apa Dok?

    3. Dan apakah berat anak saya ideal Dok? Umur 1tahun 1bulan berat 7,8 kg

    Thx

  27. dokterearekcilik Says:

    @Gunandi Arunanto
    Salam kenal juga
    1. Kalo dia masih tumbuh dalam batas normal tidak usah memaksa makan sesuai dengan “keinginan” ortu. Biasanya ortu mengukur dengan patokan dirinya sendiri atau anak lain, padahal setiap anak memang gak sama. Yang penting pertumbuhannya baik.
    2. Faktor lingkungan besar pengaruhnya, ortu nyuruh makan tapi tidak kasih contoh juga berpengaruh. Ajak ananda makan bersama walaupun belepotan tapi dia akan merasa dihargai.
    3. kalo pake grafik WHO ananda masih dalam batas normal, bisa didonlod di halaman download blog ini.

  28. yessymuchtar Says:

    Dok,

    memang kalo saya liat di daftar berat dan tinggi badan normal..anak saya masih normal..umur mau 11 bulan tanggal 5 September ini, beratnya 8kg dan tingginya 73cm..cuma keliatan kurus sekali…

    saya ingin agak anak saya terlihat sedikit berisi..kalo masalah makan dan minum gak ada masalah dok, dia selera nya bagus..seharusnya saya tidak perlu khawatir kan ya dok?

    Lalu vitamin apakah yang baik untuk anak yang berumur di bawah 1 tahun, saya tidak pernah menggunakan vitamin sbelumnya..tapi saya rasa perlu juga untuk menambah daya tahan tubuhnya..bener gak si dok pendapat bahwa vitamin bisa menambah daya tahan tubuh?

    Vitamin apa yang tidak berbahaya..yang tidak menimbulkan dampak akumulasi seperti yang tadi dokter terangkan di atas?

    tahx ya dok

  29. dokterearekcilik Says:

    @yessymuchtar
    Selama ananda masih dalam batas normal gak usah kuatir, BB dan postur tubuh juga dipengaruhi oleh genetik, kalo genetik dia normal kurus ya emanng udah gitu adanya. Sebenarnya yang ada itu imunomodulator yaitu bahan yang dikatakan bisa menaikkan daya tahan tubuh, tapi itu hanya berguna bila daya tahan tubuh turun, itupun sebaiknya konsultasi dengan dokter karena ada penyakit tertentu yang malah harus dihindari pemberian imunomodulator itu. Vitamin yang relatif aman adalah vitamin yang mengandung vitamin B, C karena larut lemak sehingga mudah dibuang oleh tubuh bila kelebihan. Sedangkan Vitamin A,D, E, K merupakan vitamin larut lemak yang punya potensi disimpan dalam tubuh. Jarang eman samai keracunan tapi bila diberikan terlalu banyak bisa juga menimbulkan keracunan vitamin. Yang penting gizi dari makanan aja dicukupi supaya ananda selalu sehat.

  30. Nika Hanidhah Says:

    dok, saya nih barusan di”ceramahi” ortu, interlokal hanya mbahas knapa anakku gak mau makan…ujung2nya aku disuruh beli vitamin yang super bagus, agar si cucu ini mau makan. Aku sih emang berpendapat gak perlu vitamin tambahan, cukup dr makanan, lha ini makan aja gak mau, gimana terpenuhi ya vitaminnya? gimana nih?
    malah td aku disuruh nyatet vitamin yg diminum anak tetangga ibuku yg terbukti manjur bikin si anak itu lahap makan.
    gimana nih…
    emang sih, anakku habis pulang opname trombositnya turun di sambung batuk pilek ktularan tetangga yang menjenguk, sebel deh.
    aku udah ngasi curcuma dan imboost..apa itu kurang?

    susah deh..dilema
    kl gak kubelikan vitamin baru, ntar aku di cap anak yang gak patuh
    huuuu sedihnya…

    dok…balas ya…
    hiks.
    nikanikaikan@yahoo.com

  31. dokterearekcilik Says:

    @Nika Hanindhah
    sebagaimana dibahas memang tidak ada vitamin yang menggemukkan, jawaban selanjutnya aku kirim lewat email.

  32. amiq Says:

    dok.. maaf saya mau ikutan bertanya nih. ada gak vitamin buat orang dewasa/orang tua supaya mau makan & nafsu makan. masalah’y ibu mertua saya abis kena stroke, skrg lg dlm masa pemulihan tapi yg saya kasihani dia makan’y susah bgt…. sya harus gmn?? dia gak nafsu makan gitu dok. pokok’y asal mau disuapin udah gak mau aja kata’y gak nafsu makan gitu.. saya heran dan sedih dok, kira2 vitamin apa ya yg cocok dgn kondisi’y buat memicu ibu saya nafsu makan. tlg di balas ya dok via email di fajjinamiq@yahoo.com
    penting bgt nih dok….. Thanks be 4 dok.

  33. dokterearekcilik Says:

    @amiq
    udah saya jawab lewat email

  34. anina Says:

    siang dok,
    tanya dong,, anak saya skr 9bulan BB 8.4Kg, tinggi badan 72cm,lingkar kepala 44cm. so far napsu makan ga masalah, sehari 3x nasi tim, 1x buah dan biskuit bayi.
    kata dsa nya masih normal BBnya, tapi diresepkan vitamin dgn merk b*c*mbion drops 10 tetes/hari.
    saya pernah baca bayi ga perlu dikasi vitamin. apa bener gitu dok?
    saya ga pengen ngasi vit yang diresepkan itu, pengennya ngasi yg alami aja. mohon pencerahannya dok?.. thanks ya

  35. mamapris Says:

    Anakku 10.5 bln, org2 blg terlihat sehat, montok (dgn BB 10.5kg dan panjang 70cm) Sampai skrg masih ASI tanpa sufor dan home made solid food. Jarang sakit, mnrt aku sbg ibunya sih sehat, cerdas, perkembangan cukup bagus (melihat berbagai rujukan). Tapi seringkali orang2 sekitar kalo liat anak saya lucu dan lincah nanya “susunya apa?” vitaminnya apa? Terutama mami mertua, selalu kejar2 untuk kasih anakku vitamin, kalo aku blg sudah tercukupi dari gizi makanan dan ASInya dia gak percaya. Mnrt beliau aku terlalu banyak baca buku dan tidak percaya dokter. Di jaman dia dulu anak2nya selalu konsumsi vitamin dari sejak lahir, yang diresepkan dokter. yang jadi pertanyaan, salahkah pendirian saya dok kalau vitamin or suplemen gak tll penting utk kondisi anakku skrg yg sehat gak kekurangan apa2?

  36. dokterearekcilik Says:

    @anina
    Berat ananda dalam batas normal, jadi gak perlu pake vitamin. Cukup dengan pemberian makanan yang bergizi.

    @mamapris
    Mempertahankan kebenaran tidak mudah, tapi anda sudah benar dengan memberi ASI saja.

  37. nissa Says:

    dok,anak saya 2 th 2 bln BB 10,5kg TB 82cm. tampilan sih normal,tdk terlalu kurus dan tidak juga gemuk. masalahnya makannya susah bgt. maunya hanya makan yang kering2 aja, gak mau makan sayur. sudah coba saya masakin segalan macam model sayur,tetep aja gak mau. akhirnya daripada gak makan apa2,lagi2 akhirnya saya kasih nasi+telor/ayam/ikan+kecap. takut gizinya kurang aja dok. minum susunya juga sekitar 2 gelas/hari. tapi anaknya sih masih aktif bgt, ceria, cerewet, cepet nangkap segala stimulasi. cuma rambutnya kok agak2 merah gitu. vitamin sih ga pernah saya kasih,karena memang anaknya gak mau. capek juga kalo tiap hari ngejar2 anak ngasih vitamin. tolong sarannya ya dok… ohya, sebenarnya apa bahaya msg untuk anak2. tengkyu..

  38. dokterearekcilik Says:

    @nissa
    Lha kalo anaknya sehat ngapain harus dipaksa kasih vitamin, mending diajak mainan aja daripada kejar kejaran ngasih vitamin :D Apalagi ananda termasuk anak yang sehat dan ceria, soal selera makan kalo udah 2 tahun emang sudah bisa milih jadi jangan paksa dia mau makanan masakan kita tapi perlu diketahui dia suka apa. Pemberian MSG jangka panjang akan berakibat kerusakan pada daya tahan tubuh dan ginjal, sedangkan bila alergi atau gak tahan bisa menimbulkan gejala alergi atau keracunan yang disebut Chinese Restaurant Syndrome, pusing, mual, muntah-muntah, dan menimbulkan sakit pada daerah dada seperti yang terserang jantung.

  39. Anonymous Says:

    salam dok,
    anak saya usia 2 th 3 bln berat 11kg, sering sakit2an krn makan gak teratur. saya kasihan juga krn sering dikasih obat dr dokter. Saya bingung makannya gak banyak dan gak saya kasih jajan, paling saya beliian cemilan biskuit. susu juga jarang, baru hari ini saya coba kasih vitamin (cayla). Apakah vitamin itu bagus untuk anak ?

  40. caroline Says:

    mau tanya dok
    apa fungsi dari pyravit sirup?trus apa ada efek sampingnya?anak saya umur 13 bulan,bb cuma 7.8kg.padahal makan dan minum susunya kuat dok.tes mantoux negatif.hasil scan anak saya juga blm bisa dipastikan kalo anak saya kena flek paru.kmrn dsa nya nyaranin minum pyravit.kringat anak saya berlebih.apakah itu normal dok?kalo malam biasanya saya terpaksa ganti bajunya karena basah,padahal hawanya dingin dok.
    thx atas jawabannya dok

    • aira Says:

      Mbak caroline,anak saya juga sama seperti anak mbak keringat berlebih padahal cuaca dingin,skrg da 3 tahun lebih, keringatnya msh banyak beratnya 14 kg susah naik , umur 1 thn pernah kami rogsen hasilnya mengarah ke bronhitis, dia sering demam,batuk pilek ,tapi sejak usia 3 tahun ini da jarang sakit biasanya tiap bulan, kl anak mbak gmana?

  41. dokterearekcilik Says:

    Pyravit itu obat untuk TBC, efek samping kadang ggn liver, muncul ruam, rasa tidak enak di perut, namun dgn dosis yg tepat maka efek samping jarang muncul. Kalo dari gejala yg dceritakan memang mirip TBC, ada baiknya konfirmasi ke dokter ttg sakit ananda. Yg jelas pasti ada alasan dokter memberika obat tsb. TBC masih menjadi salah satu dari 5 penyakit utama di Indonesia dan gejala pd anak sering tidak jelas, shg tidak ada hasil lab yg bisa dijadikan penanda pasti, kondisi anak lebih informatif bagi petugas kesehatan. Semoga ananda selalu sehat

  42. lina Says:

    dok,mau tanya….kl pyravit itu boleh g dikonsumsi ma anak yg g TBC?masalahnya tetanggaku tdnya anaknya susah makan ma gampang bgt batuk pilek,setelah dikasih pyravit,jd mau mkn ma jarang sakit….efek sampingnya klo minum pryravit padahal g TBC gmn dok….?makasih…..

  43. dokterearekcilik Says:

    @lina
    Sebaiknya ya gak usah… kalo mau niru tetangganya ya saya tidak melarang tapi menurut ilmu medis sebaiknya tidak memberikan obat yg tidak perlu. Soal anak jadi suka makan belum tentu krn obat tsb semata

  44. dien Says:

    dok, saya mo nanya anakku dandy umur udah 13 bulan tapi berat badannya 9 kg, kurus banget dok, nggak mau makan nasi tetapi doyan makanan cemilan kayak kerupuk. saya bingung dok udah dikasih beberapa jenis makanan agar dia mau nafsu makan, tapi tetep aja nggak doyan makan dan sekarang aku kasih vitamin tapi masih aja berat badannya gitu-gitu aja, gimana dok caranya buat dia nafsu makan, thank’s sarannya.

  45. dokterearekcilik Says:

    @dien
    Ananda termasuk normal kalo dilihat pake grafik pertumbuhan WHO (bisa dilihat di halaman download di blog ini) bahkan pake grafik CDC yg lebih cocok untuk orang amrik ananda masuk normal… walaupun mepet :grin: tapi yang penting kondisi tubuh ananda baik baik aja, kalo membandingkannya dengan tetangga atau teman yang gemuk ya emang keliatan kurus, standar paling baik adalah grafik WHO atau KMS. Manmbah nafsu makan pada ananda lebih disarankan memberikan variasi makanan atau modifikasi makanan sehingga menarik buat ananda.Semoga berguna

  46. Maria Says:

    Dokter minta info vitamin penambah napsu makan dan aman untuk yg lg program hamil, wkt itu aku pernah mau coba minyak ikan tp ktnya penjaga toko obt ga baik untk wanita hamil..kirim k emailku ya..terima kasih untuk infonya

  47. dokterearekcilik Says:

    @Maria
    Kalo vitamin itu tidak sama dengan penambah nafsu makan, pd prinsipnya tidak ada vitamin yg bisa menambah nafsu makan. Hanya menambah kekurangan vitamin yg terjadi ditubuh, bila mau minum vitamin untuk ibu hamil usahakan yg ada zat besi dan asam folat. banyak kok yg beredar seperti Prenemia, dll.

  48. Anak Minum Susu Tinggi Lemak Punya Tubuh Lebih Kurus - Berita Top Indonesia Says:

    [...] dokterearekcilik.wordpress.com:Vitamin â [...]

  49. bunda bakhita Says:

    dok…
    mau tanya alamat praktek dokter dong…anak saya alya bakhita 1thn. sudah 4hari ini susah sekali makannya.bakhita masih minum asi dan tidak mau sufor. berat badannya 7,5kg. saya sudah mencoba beberapa kali mencoba dibawa ke dokter spesialis anak dan pernah beberapa kali dikasih vitamin yang berbeda tp tidak ada perubahan.sedih rasanya apalagi sepupunya yang hanya beda 3 hari sudah bisa lari dan tumbuh gigi sedangkan bakhita belum…mohon bantuan nya dok…

    • dokterearekcilik Says:

      Masalahnya perlu ditelaah dulu apakah ananda memang prtumbuhan trganggu atau tidak. Kalo hanya membandingkan dgn anak lain kadang2 bisa tidak akurat. Vitamin emang bukan jawaban dari masalah spt ini. Alamat praktek saya kirim lwt email aja ya. Thx

  50. linda Says:

    saya bunda dari Syifa 5,5 bulan, saya bingung kenapa berat badan susah sekali bertambah padahal makan dan minum susunya banyak. Mohon infonya

    • dokterearekcilik Says:

      Asal ananda masih dlm batas normal ya gak apa2, coba liat di grafik pertumbuhan WHO cocokkan antara umur dan berat badan atau umur dan tinggi badan, kalo masuk dlm batas ya gak apa2. Brarti anaknya normal

  51. chris Says:

    Kata teman saya yg sering konsul di dsa, sebaiknya anak tdk mengkonsumsi vitamin dg merk yg sama selama lbh dr 6 bulan krn bs ketergantungan pada merk tsb, trus daya tahan tubuh jd jelek saat tdk lg mengkonsumsi vitamin dg merk itu krn tubuh si anak manja tdk mau bekerja keras lg. Info itu bener ga sich ? Perlukah kita ganti2 vitamin ? Vitamin apa ya yg bagus u nambah tinggi + memperbaiki volume tulang ? Blh minta alamat praktek + no telp tempat praktek dokter, trims dok.

  52. Kaos Bali Says:

    saya suka yang alami dan gak mahal, ada gak ya?

  53. vinna Says:

    dok..maaf iktan tanya ne..ada ga vitamin pnambah nafsu mkn bwt org dewasa..5 thn yg lalu sy kena tifus..lalu brt bdn jd drop..dl 46 – 47 kg, jd 41 kg..trs smp skg ga prnh bs naik lg..dh berbagai vit sy coba tp ga ad hasilnya..oia sy 25 thn dok skg.
    kl ada vit bwt gemukin badan aja ya dok..coz dah putus asa ni..makasih sblumnya
    tlg dbls ke email sy aja ya dok : vinnalovely@rocketmail.com

  54. Reni Says:

    Dok…

    Anak suya umur 2 tahun 3 bulan dan yg kecil 1 tahuan 2 bulan tiap hari saya kasih mereka Vitamin VITAPLEKkarna memang makannya susah sekali..yg mau sya tanyakan bahaya gak dok ya tiap hari kasih anak vitamin?????

  55. herliena Says:

    Dok…
    saya punya anak usianya skrng 5 bulan. saat usia 2 bln lebih dan usia hampir 4 bulan mengalami pup diare dan pupnya ada darahnya. apakah itu tandanya kalau bayi saya punya alergi terhadap susu sapi?

  56. ika Says:

    salam kenal p,dok..mau nanya nich..anak saya umur 11 bulan beratnya 7,7kg..sudah 2 bulan ini batuk pilek ndak sembuh”..bolak balik ke dokter juga ndak hilang”..trus sekarang nafsu makannya agak berkurang…saya jadi bingung sendiri..gimana caranya agar batuk+pileknya bisa tuntas..tas..tas…terima kasih p’dok..

  57. @ tria Says:

    Malam dok, anak sy di vonis terkena TB dan slh satunya yg diberikan ada vitamin yg diracik sendiri oleh DSAnya ( sepertinya bbrp obat yg tertls di resep ) & dijdkn sirup, mslhnya rsnya pahit dok! sehari 3x lagi, anak sy blm 1 bln sdh trauma klo minum obat pdhl jg sy beri madu. Apa ada ya kr2 alternatif vitmn yg tdk pahit dok? mksh

  58. jenny cornelia Says:

    Dok anak saya 2 thn kemarin tgl 10 mei bb 9kg anak saya sudah saya berhentikan asinya, saya coba kasih susu formula tapi anak saya tidak suka dan setiap habis minum susu selalu mencret, dan hingga sekarang setiap habis makan ia selalu pup. Yang ingin saya tanyakan adalah ada susu formula yang tidak membuat anak pup dan kenapa anak saya setiap habis makan misalkan 3x ia makan, maka 3x ia pup

  59. tuti herawati Says:

    Dok.. anak saya 3 thn 5 bln dan sudah sekolah di play grop, saat ini berat badannya hanya 16 kg kurang apakah dengan usia segitu dia cukup edeal? krn sdh 1 bulan terakhir ini dia susah makan, kl diajak makan maunya minta makan mie instant, tapi susunya sehari dia bisa menghabiskan 10 botol dengan takaran 200 gram..apa yg harus sy lakukan supaya anak saya mau makan? dan vitamin apa yg cocok? terima kasih..

  60. iwan Says:

    malam dok.,sya mau tanya ,ada ga ya vit atau semacamnya untuk orang dewasa yg bagus buat penambah nafsu makan yg sesuai anjuran dokter..,,
    tolong bls ke alamat email saya
    chepi_one86@yahoo.com ..,,terimakasih sebelumnya.

  61. iwan Says:

    malam dok.,sya mau tanya ,ada ga ya vit atau semacamnya untuk orang dewasa yg bagus buat penambah nafsu makan yg sesuai anjuran dokter..,,umur saya 24 thn.,
    tolong bls ke alamat email saya
    chepi_one86@yahoo.com ..,,terimakasih sebelumnya.

  62. uti Says:

    malam dok,
    mau tanya nih, anak saya kan sekarang umurnya 12 bln. saya beri Apialys drops. setelah beberapa hari dia kelihatan lebih aktif, soalnya sebelumnya dia sakit batuk pilek. yg saya tanyakan, apakah dengan pemberian apialys dalam jangka waktu yg cukup lama bisa memberikan efek samping yg buruk terhadap anak saya? mungkin ketergantungan atau memberikan efek samping lainnya ? kalo memang ada efek sampingnya, sebaiknya anak saya harus di kasih suplemen atau vitamin apa?
    terima kasih sebelumnya.

  63. iand Says:

    dok
    cara cepetnya apa???

  64. heri Says:

    dok anak saya usia 11 bulan belum di imunisasi campak dikarnakan beberapa bulan ini anak saya mudah terserang flu beserta demam,

    kapan waktu untuk anak saya imunisasi campak…?

    vitamin apa yang cocok untuk meningkatkan kekebalan tubuhnya agar tidak sering terkena flu….?

    terimakasih.

  65. dyah Says:

    mlm dok,,
    saya tu pengen badan saya lebih berisi dr yg skrg,,dan makan saya jg g bs bnyak n lahap
    obat apa y yg bs nmbah nafsu makan n bs cpt gemuk??????????

  66. clara Says:

    dok , nama obat yg akurat gemukin badan apaan si ??
    saya udah coba berbagai obat , tapi lari nya malah k pipi yg gemuk ??

  67. infi Says:

    Anak saya(1.6th) tergolong agak gemuk. 12 Kg, 80 cmTapi saya tetap memberi vitamin karena takut kebutuhan vitamin nya kurang. apakah anak gemuk lebih kecil resiko kekurangan vitamin? masih perlukah anak saya di berikan vitamin? (Sekarang saya berikan curcuma plus emulsion)

  68. ika Says:

    dok, anak sy (3.5 bln, berat 6kg), kalau dikasi vitamin (apialys drops) selalu muntah. apa yg terjadi dng anak saya? masih perlukah anak saya diberi vitamin?

  69. cecep cianjur Says:

    dok anak saya umur 8 tahun tida suka daging dan ikan.telor badan nya kurus sekarang kepala nya sering pusing pitamin apa yang cocok untuk anak saya?

  70. intan Says:

    mlm dok, ank saya 17 bulan pas lahir 3,2 kg, sekarang 9,6 kg. apa kurang bgt ya BB nya? ga tau kenapa, 2 bulan belakangan ini dia ga mau makan sayur, padahal biasanya suka bgt gadoin wortel, buncis.. skg cuma brokoli yg masuk itupub hrss dihancurkan di kuah supnya. susah bgt makannya dok, sudah divariasiin sampe diajak jalan2, digendong.. tetep susah.. 1 hari paling cuma masuk 5 sendok makan bayi.. kalao disuapin bukia mulutnya pelit.. ujung sendok aja dimakan. anak sy masih ASI, ga pk formula. skg sy ksh tambahan vit cur plus emulsion.. walopun sy ga mau sbenernya ksh vitamin gituan.. tp gmn takut anak kurang gizi..
    anak saya aktif bgt, walopun susah makan. mohon pencerahannya ya dok..

  71. lsetiati76@gmail.com Says:

    Dok, saya Linda. Anak saya akhir bulan November 2010 in umurnya masuk 8 bulan. Beratnya sekatang 7,5 Kg. Makannya + susu formula ga susah dan minum vitamin merk curvit, tp kok nambah beratnya hanya 1 ons saja di umur 7 bulan ini, memang anaknya aktif sekali. Karena itu nanti umur 8 bulan, saya berencana untuk pakai vitamin apialys, dan untuk otaknya ganti dengan sevenseas.
    Saya tanyakan : apa ada efek samping jika anak kelebihan minum vitamin?

    Mohon jawabannya, terima kasih.
    Salam,
    Linda

  72. YULI Says:

    siang dok. anak saya cewek berumur 8,5 bulan bertanya cm 7 kg. termasuk kurus ya dok?? maemya susah banget n maunya cuma bubur susu aja itupun cm 3sendok makan. q coba buatin tim saring malah muntah. q belum pernah ngasih vitamin apa2 dok. mohon solusinya ya dok. mksh

  73. rizqialfa34@yahoo.co.id Says:

    siang dok,anak saya 2th,susah makan,susah bab,apa ada vimin yg membantu melancarkan bab?

  74. wijayanti Says:

    anak saya 2th minum susunya kuat banget,jadinya nggak doyan makan,sudah saya akali dg berbagai macam cara tapi tetep aja makannya sedikit,belakangan BAB-nya keras,sampai jerit-jerit kalau lg BAB,duh sedihnya. . .gimana ni dok,apa benar dg fruit18 jr bisa lancar BAB-nya?

  75. Yanti Says:

    Dok anak sy cow umur 8 bln, sebulan lalu BB-nya 7,3 kg…apa itu berat normal ( berat lahir 3,1 kg ) …memang mgkn dia nurun sy yg berbadan langsing, tp alhamdulilah daya tahan tubuhnya bgs bgt. Anak saya ngak suka minum susu pake dot… jd klo mnm susu pake gelas dan disendokin… itupun sehari paling byk dia mnm hanya 60 ml. makannya ngak da masalah, lahap.. ngemil jg doyan.. tp BB-nya ngak bs cpt nambah… ASI msh trs sampe skrg, alhamdulilah msh byk…apa anak sy butuh vitamin / suplemen makanan?

  76. fatimah Says:

    mengenai vitamin nafsu makan,,,
    aku dah cba berbagai vitamin,
    tp kok g da yg ngefek yah,,,
    vitamin pa yah yg bagus????

  77. fatimah Says:

    owh yah nie alamat e-mail aku,,,
    imah_cyk@yahoo.co.id

  78. yandri Says:

    dok yg baik.. sya mhn skli informasi bapak tentang anak saya. sekarang anak saya umur 5 thn 1 bln berat bdn 14 kg, akhir2 ini sering demam dam mls mkn nasi tpi makanan kerupuk, kue2 yg diwarung dia suka dan suka marah. pertanyaan saya
    1. apakah berat badan anak saya normal ?
    2. apa yg perlu saya lakukan untuk mslh mkn anak saya
    3. pemberian apa yg pantas untuk mengatasi semuanya ?
    trima kasih.

  79. agung Says:

    kenapa tidak disertai nama obat tersebut

  80. agung Says:

    kalau bisamah disertai nama obat bagi dewasa

  81. andi.noviana Says:

    dok,saya mohon sekali informasi dok tentang anak saya. sekarang anak saya umur 9 bulanberat badan hanya 5kg. dalam beberapa bulan ini dia sering demam,batuk dan malas makan.
    1.susu apakh yang baik untuknya…?
    2.pemberian apakah yang pantas untuk mengatasi semuanya? termasuk makannya.

  82. reza Says:

    anak saya punya masalah tentang kesehatannya, sekarang usianya beranjak 2,5 tahun sampai saat ini dia blum berjalan memang sih dia rambatan bisa sekarang masalahnya dia tidak bisa berdiri tegak saya mau tahu vitamin apkah yang cocok buat anak saya mohon dibantu ya pak trima kasih

  83. ana Says:

    dok, anak saya usianya 1 tahun 9 bulan tapi berta badan hanya 9,5 kg, minum susu mau2 aja sering tpi porsinya kecil, anaknya juga aktif… vitamin apa yg bisa saya berika untuk menambah berat badan skaligus untuk peninggi badan, mohon infonya… trima kasih

  84. ika Says:

    dok saya mau konsult anak saya..2tahun beratnya11 kg m 10,5kg kembar cowok,dia sering susah bab padahal tiap hari dah saya kasih sayur m buah2an tiap habis makan tp kok tetap agak susah babnya kalo saya kdokter saya selalu dksh obat pencahar saya takut ketergantungan

  85. ANANG Says:

    DOK
    UMUR SAYA 27 TH
    TINGGI BADAN 169 BERAT BADAN 45 KG,
    GMNA CARANYA MENAIKAN BERAT BADAN,VITAMIN TAU OBAT OBATAN APA SAJA YANG SAYA PERLUKAN,DAN MINTA MERK OBATNYA YA DOK,MURAH TAPI BAGUS DAN DIJUAL DIAPOTEK APOTEK
    CATATAN : SAYA PEROKOK
    BLS KE EMAIL SAYA YA, ANANG.SUPIAN@YAHOO.COM
    TRMS………..BALS YA

  86. lia Says:

    dok sya mau tnya, gmn cra gmukin bdan,
    umur sya 19 th, tinggi 150 dn bert badan 36,
    dg mkan yg bnyakpun sya sush gemuk, berat bdan yg ideal untuk tiggi 150 brp dok?
    klau mengkonsumsi obat kira2 obat ap yg bguz bwt dikonsumsi? tolong di kci tau merk.x.. :)
    tolong dbls yya dok.. mkasih:)

  87. Echa Arjun Says:

    anak sy 1;5thn dok.. berat 9kg…. susah sekali makan… sampai pusing tiap mau kasi makan….minta sarannya dok

  88. syafriandani Says:

    adik sy 2 thn dok
    kurus g’nafsu makan…….kira2 vit pa dok yg cocok di’berikn yach
    tolong donk kasi tw……………..

  89. Latifah Abas Says:

    Dok, anak saya sekarang umur 14 bulan dengan berat badan 13kg, cukup aktif dan nafsu makannya cukup bagus. Sebelum umur 1 thn dia bisa dibilang jarang sekali sakit. Tp belakangan ini sering sekali pilek dan batuk. Baru sembuh sehari atau dua hari udah pilek batuk lagi. Saya sudah konsultasi ke dokter untuk minta vitamin supaya gak gampang pilek batuk, tapi tdk di sarankan krn dengan alasan anak saya sudah cukup sehat.
    Mohon sarannya vitamin apa yang cocok untuk menambah daya tahan tubuh, karena kalau batuk, dia sampe muntah-muntah dan gak bisa tidur.
    Terima kasih atas sarannya

  90. sherly Says:

    sore dok,salam kenal dari saya mamahy rafa.saya mau tanya ne dok, anak saya kn dri lahiry di rmh sakit sudah di kasih vitamin apialys,dan skrng baru saya ksh lagi pada umur 4 bulanan pa tu tidak ada kndala dok.anak saya lahir dgan pb:42 bb:32 tpi dgan umur dya dgn skrng bb nya gak terllu gemuk dok.dan anjuran vitamin tu kan mulai dri umur 0-12 bulan s/d 1-3 tahun.apakh sya hrus mengikuti anjuran tersbut atau smpe umur brpakah anak sya di ksih vitamin terbut dok.tu saja dok,yang saya pertanyaakan semoga dok,mau partispasi buat sya membantu menemukan solusi yg baik sya tngu ya dok.trimaksih :)

  91. bunda athia Says:

    Malam dok. putri sy sekarang 14 bulan dg BB 8,6kg. sebulan yang lalu diopname karena diare. setelah pulang badannya lemes dan nafsu makannya bertambah. setelah 2 minggu nafsu makannya kembali normal (wajar sj kdg lahap, kdg susah). baru seminggu yang lalu sy beri vitamin apialys untk daya tahan tubuhnya dan nafsu makannya. apakah vitamin ini boleh sy berikan setiap hari ato pada saat tertentu sj? sbg informasi anak sy sukanya makan ikan tapi krg suka sayur, buahnya suka, suka ngemil yg gurih, msh asi, sufor krg suka hanya 90ml per hari.
    Terimakasih atas jawabannya dok

  92. dewi vitasari Says:

    Dok aku mo nanya nich anakku yg pertama 4th bb 15 kg,anak kedua 16 bln bb 8 kg,dua duanya sering sakit bapilnas kadang radang tenggorokan padhl sudah sy kasih vit imunos(maaf sebut merk) tp tetep aja sering sakit yg mo ku tanya vit apa yg bagus tuk daya tahan tubuh mereka biar tidak sering sakit?trus apa bb anak sy masih normal apa kurus ya dok? Mohon Blsannya di email saya dok.

  93. bunda ikram Says:

    dok, dikomposisi product vitamin penambah nafsu makan itu selain vitamin ada asam glutamatnya,. nah kata orang asam glutamat it u pengawet dan berbahaya bagaimana dok?

  94. wirdiana novita sari Says:

    dok?? saya mau tanya nih,emang salah satu penyebab orang kurus itu karna adanya faktor keturunan ya dok??

  95. rohman Says:

    ada g sih obat buat gemokkin badan…….?

  96. Jenny Mon's Says:

    dok, anak saya kan hbs opname kena flu singapore selama 4 hari,
    skg bb nya cm 8 kg. usia 1 thn tgl 26 kmren minta advisenya untuk naikin bb nya gimana ya soalnya mknnya susah banget susunya jg susah kl mlm asi dia kenceng dok.
    terima kasih

  97. mama alfa Says:

    Gmn si resep cara buwat anak cepet gemuk ko gak Ada yg manjur,tolonk donk saran yg lAen

  98. mudji Says:

    dok…anak saya umur 3 tahun dan bb nya 14 kg , dan tidak nafsu makan apa ada vit untuk nafsu makan untuk anak saya..tlg dibalas ya dok…..tks.

  99. shelvy Says:

    anak saya susah makan dok,ap lg berat badan’ny cuma 9kg umur 2th 6 bulan apa kah itu ideal atau kurang berat badan,tolong solusiny.trimakasih

  100. web page Says:

    Pretty great post. I simply stumbled upon your blog and wished to say that I’ve really loved surfing around your blog posts. After all I will be subscribing on your feed and I am hoping you write once more soon!

  101. monalisa Says:

    Malem dok, ingin tanya nih

  102. monalisa Says:

    Baby sy skr umur 9bln, udah 3minggu ini dia ndak mau asi sy, mau sih asi, tapi kalau posisi dia baru tidur alias merem, kalau posisi bangun atau sadar, dia sm skali tdk mau asi, maunya hanya air putih, dan nafsu makannya juga brkurang, selain itu udah 9bln kok blm bisa merangkak duduk and giginya blum kluar2 jg, cuman gusinya udah pd bengkak gtu, pdahal bayi seusia dia ditetangga sebelah udah punya gigi 4 and udh bs pada duduk bahkan merangkak gtu, nah prtanyaan sy, vitamin apa yg bisa sy pakai untuk dia, sekaligus agar bayi sy nafsu makannya bs kembali banyak lg.
    Makasih dok. :)

  103. Christine Says:

    Dok, ponakan sy cowok hmpir 2 th susah makan minta ampun, padahal sm mami nya sdh dibikinin makanan unik lucu macem2 deh, tp tetep ga mau makan. Tiap kali makan paling banter cuman masuk 3 sndok kecil itu pun lama banget proses nya.Rencana nya mau dikasih curcuma plus biar nafsu mkn nya brtambah tp ortu nya agak khawatir dengan kandungan pewarna dan pengawet nya. Bagaimana menurut dokter ? tolong beri kami saran, trm kasih.

  104. irfan Says:

    Dok, kenapa anak sy kalo mau makan slalu saja di suapin terus sdangkan umur ya sdh 1 thn 1/2 begitu pula sampai saat ini blum mau untuk brjalan, sdangkan untuk badan ya tidak ada prubahaan begitu2 aja… tolong dong dok, kasih saran untuk kami trm kasih.

  105. damiati Says:

    Saya seorang ibu yG mempunyAi 2 org anak’kedua anak saya tidak minum asi..karna air susu saya yang tidak laNcar.Dan lain2.anak kedua saya berumur 5bulan,saya ngiri ngeliat anak yang minum asi badannya besar2 tp anak saya kecil,tp sehat dok…..jadi saya selalu berfikir gii mana anak saya bisa gemuk…MKCH dok

  106. Anonymous Says:

    sore dok,,,

    sy mau nanya dok,,anak sy umurnya sdh 6th dgn berat badannya cm 15 kg,,sy binggun dok dia susah sekali utk makan nya,,sy minta solusi dong sm dokter kira2 vitamin apa ya yg bisa nambah nafsu makan anak saya,, terima kasih dokter

  107. keybundaifal Says:

    Mf donk,sy mau tny..bdn sya kurus bgt dok,,brt bdn’y cm 39 dok,,usia sy sdh28 dok

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 95 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: