Cegah kanker serviks yuk

Akhir akhir ini marak muncul berita yang membahas tentang imunisasi yang dapat mencegah kanker serviks (leher rahim), berbagai seminar baik antar komunitas medis maupun masyarakat awam . Organisasi profesi para dokter kebidanan dan kandungan (POGI) maupun dokter anak (IDAI) juga ikut memberikan dukungan untuk pelaksanaan vaksinasi ini. Sebenernya vaksin apa sih itu???………apa bener khasiatnya sehebat beritanya ???

Sebanyak apa sih cewek yang kena kanker serviks ??? katanya statistik sih setiap 2 menit, ada satu wanita meninggal karena kanker serviks di seluruh dunia. Di Asia Pasifik setiap 4 menit, ada satu wanita meninggal karena kanker serviks dan sekitar 80% kematian terjadi di negara berkembang. Btw kita ini berada di negara berkembang ya L Sedangkan di Indonesia kanker serviks adalah kanker no. 1 dengan perkiraan setiap 1 jam seorang wanita meninggal karena kanker serviks …………..tidakkkkkkkkk sungguh mengerikan…………mesti dilakukan upaya supaya gak kayak gini……..tapi apa???

Nah ternyata yang jadi salah satu penyebab kanker ini adalah infeksi Human Papiloma Virus (HPV), virus HPV yang bersifat onkogenik (berpotensi jd penyebab kanker) merupakan penyebab utama dari sekitar 80 % kasus kanker serviks. Jadi kanker serviks dipicu terjadinya infeksi HPV, infeksi ini berpotensi menyebabkan kanker tersebut, makanya diberikan imunisasi untuk mencegah infeksi HPV.

Vaksin direkomendasikan sejak wanita berumur 9 tahun sampai 26 tahun, namun bisa saja diberikan pada umur di atas 26 tahun namun efek proteksi yang dihasilkan tidak sebaik bila diberikan pada umur < 26 tahun. Lha kenapa kok anak kecil dilibatkan dalam urusan vaksinasi ini ??? Kan belum mengerti “apa apa”. Nah itu kalo di sini, kalo di sono kan anak kecil udah ngerti “apa apa” jadi sedini mungkin dilakukan proteksi. Selain itu juga ada transmisi HPV yang tidak melalui hubungan seksual jadi tetap lebih baik diberikan sejak dini.

Masalah………………mesti ada aja masalah………….mahaaaaaaaaal booooo……………vaksinasi mesti dilakukan 3 kali dan biayanya……………..hmmmmmmmmm……….sekitar 1,3 juta rupiah sekali suntik…..kali 3= 3,9 juta. Tapi jangan buru buru bilang mahal, coba kita lihat dari sisi lain, bila udah terkena kanker serviks berapa coba biaya yang harus dikeluarkan. Belum lagi rasa sakit yang harus dialami selama sakit kanker baik rasa sakit karena kankernya maupun bila dilakukan kemoterapi serta radiasi……pokoke sakit lah.

Dengan ilmu pengetahuan di bidang yang berkembang diharapkan bisa membantu kita melakukan pencegahan terhadap berbagai penyakit, dalam hal ini infeksi HPV, semoga dimasa depan pemerintah kita bisa lebih menyadari bahwa pencegahan infeksi HPV ini begitu penting untuk menurunkan angka kejadian kanker serviks…………. dan vaksin HPV dimasukkan dalam program pemerintah imunisasi………. Mimpi deh…….namanya juga berdoa…………..semoga dikabulkan…………………Amin

 

152 Tanggapan to “Cegah kanker serviks yuk”

  1. asuka17 Says:

    Tulisan artikel di blog Anda bagus-bagus. Agar lebih bermanfaat lagi, Anda bisa lebih mempromosikan dan mempopulerkan artikel Anda di infoGue.com ke semua pembaca di seluruh Indonesia. Salam Blogger!

    http://www.infogue.com/

    http://www.infogue.com/kesehatan/cegah_kanker_serviks_yuk/

  2. peyek Says:

    3,9 juta? Hm….

  3. Astri Says:

    3,9 juta itu gak ada apa2nya dibandingkan kena kanker serviks

  4. dokterearekcilik Says:

    @peyek
    kanker serviks? Hmmmmmmmmm……………….

  5. dokterearekcilik Says:

    @asuka17
    Thanks, salam blogger

  6. mei Says:

    penyebab infeksi HPV sendiri kenapa nggak di bahas dok??kalau sudah di atas usia 26 apa perlu musti suntik vaksin??dan masalah biaya juga lumanyan euy..apa nggak ada hal lain yang bisa d lakukan selain HARUS vaksin???yang free ditu dok=)

  7. don45 Says:

    Sekarang apa dgn ilmu pengobatan yang dimiliki indonesia tu bisa mengobati atau mencegah terjadinya kanker serviks ??
    Kunjungi don45.wordpress.com

  8. dokterearekcilik Says:

    @mei
    Kalo selain vaksin ya kayak biasanya gitu, jangan gonta ganti pasangan, menjaga kebersihan, jangan merokok, pap smear secara berkala. Biaya memang euy…….. tapi hasilnya euy juga :)

    @don45
    ya bisa dicegah, ini kan ceritanya di indonesia…… Btw aku udah mampir ke blogmu

  9. sibermedik Says:

    repot…
    Banyak anak malah resiko Ca Servik
    Belum punya anak malah takut Mioma

    Ya ntar diresepi aja:
    R/ S Anak Prn
    ——————
    Prn=Pro Renata (Nggawe sak cukup’e :p)

  10. dokterearekcilik Says:

    @sibermedik
    Bagaimanapun anak adalah anugrah dari Alloh, gak usah dibikin repot. Yang penting keikhlasan kita dalam mengasuh anak.

  11. ndop Says:

    di acaranya tukul pnah dibahas ini.. yg jadi dutanya itu irawibowo..

  12. dokterearekcilik Says:

    @ndop
    wah saya gak nonton pas itu :)

  13. yoeltie Says:

    kalo >26 tahun masih bisa vaksinasi? Dmana ya ?

  14. juliach Says:

    Di Perancis, sudah diiklankan tiap hari nama vaksinnya “GARDASIL”, vaksin ini gratis tinggal menghubungi dokter umum saja. Jika orang tua lupa, pasti akan diingatkan oleh dokter sekolah.

  15. Astri Says:

    Kalo di sini ada 2 yang beredar, tapi dua-duanya bayar :(

  16. dokterearekcilik Says:

    @Juliach
    Gratissssss ………………. kapan disini bisa gitu ??? :(

  17. mdevna Says:

    dok, imunisasinya itu 3 kali seumur hidup atau setahun 3 kali yang berarti setiap tahun seumur hidup kita kudu imunisasi terus?

  18. dokterearekcilik Says:

    @mdevna
    ya 3 kali seumur hidup lah……..

  19. binchoutan Says:

    ooowww baru tahu ada vaksinasinya.. dan sepertinya *memang* saya belum
    thankQ dok infonya..

    btw caranya hanya lewat disuntik ya? oouch.. nggak bisa tetes aja kayak waktu SD dulu ya? :roll:

  20. dokterearekcilik Says:

    @binchoutan
    he….he…. belum ada yang tetes……… suntik di bahu ….. gak terlalu sakit kok, apalagi dibanding hasil yang didapat …

  21. brace Says:

    hi good banget infonya

  22. brian Says:

    @dokterarecilik
    thanks good banget infonya emang sekarang ini para wanita terutama di indonesia sedang menghadapi masalah kanker serviks dan tidak bisa dianggap enteng.

    Tapi untuk mencegahnya ada alternatif lain yang jauh lebih murah yaitu melalui pembalut, saya mau sharing sedikit saja, sejak istri saya memakai pembalut yang katanya bisa mencegah kanker serviks, tadinya saya tidak percaya sama sekali, tetapi setelah dijelaskan ternyata semuanya masuk akal sekali. saya yakin semua perempuan yang dengar penjelasan tersebut pasti akan lebih berhati-hati dalam memilih pembalut.

    bagi siapa saja yang mau mendengar penjelasan itu secara detail, saya bersedia sharing dengan anda, email saya saja di f_ryan_k2002@yahoo.com

  23. Lita Says:

    @F_ryan_k@yahoo.com

    saya mao dong denger penjelasannya, saya tertarik tuh dengan pembalut yang untuk mencegah kanker serviks.
    selama ini kan tidak pernah ada yang ajarin bagaimana cara memilih pembalut. email saya ke felizfung@yahoo.com

  24. cindy Says:

    @brian
    wah kaloo ada alternatif lain sih mau banget nih.tolong yah mas brian email ke saya cindy.maulana@gmail.com

    saya juga mau menambahkan mengenai pembalut, emang bener sekali sih saya lama di america, dan selama disana saya pake pembalut ga ada masalah, tapi pas balik ke jakarta gak tau yah saya gak bisa pake pembalut disini saya rasanya panas, gatel , juga jadi keputihan banyak dan iritasi

    emang sih kaget baget soalnya pembalut di indo murah bgt dibandingin di sana. apa jangan2 kualitasnya kali yah, tolong yah email saya secepatnya soalnya dah ke dokter tapi asal obat abis kambuh lagi.

  25. brian Says:

    @lita dan cindy

    ok, tunggu aja ntar saya kirimin pasti detailnya

    ;p

  26. brian Says:

    http://febrian-winalite.blogs.friendster.com/my_blog/

    mau info lengkap silahkan lihat disini

  27. dokterearekcilik Says:

    @brace
    terima kasih udah mampir…..

    @buat brian, lita dan cindy
    karena saya dokter jadi apa yang saya utarakan harus berdasarkan evidence based medicine alias kedokteran berbasis bukti, biasanya kita konfirmasi dari penelitian medis dari majalah kedokteran atau meta analisis yang yang dilakukan pihak yang netral dan berkompeten. So karena saya belum pernah denger penelitian itu yg mungkin karena keterbatasan saya mohon dasar penelitiannya bisa di email supaya bisa dibahas lebih lanjut. Anyway thanks atas jalan jalan dan ngobrol di blog saya ini, semua pendapat diterima untuk kita bahas lebih lanjut …..

  28. brian Says:

    @dokter

    bener dok emang semua bener butuh penelitian medis, no offence tapi saya lebih melihat kenyataan yang terjadi dibanding dengan teori. saya juga gak percaya bahwa kanker serviks bisa disebabkan dari pembalut yang tidak berkualitas. tapi pas di kasih lihat bahan2nya yang biasa perempuan pake di indonesia…….semua jadi masuk akal, bahwa kemungkinan itu besar sekali.

  29. brian Says:

    kaloo dokter gak keberatan, saya bersedia ketemu dengan dokter, untuk berdiskusi tentang hal ini. mungkin dokter harus lihat sendiri baru bisa percaya.

  30. dokterearekcilik Says:

    @brian
    Yang saya maksud bukan teori tapi penelitian yang berdasarkan fakta, pengalaman sesorang tidak bisa jadi dasar untuk membuat kesimpulan bahkan pendapat ahli saat ini hanya mendapat tempat paling rendah dalam kedokteran berbasis bukti apabila tidak didukung penelitian yang randomized control trial. Saya gak keberatan berdiskusi asal referensi yang dibawa juga berkualitas. Saya tunggu kapan, nanti kita sesuaikan jadwal agar bisa ketemu.

  31. brian Says:

    Boleh sekali dok, yah sekalian minta pendapat dokter. Dokter bisa menghubungi saya di 0878.8888.0025, btw lokasi saya di jakarta, nanti saya coba bawa referensi yang saya punya.
    tahnks,

  32. dokterearekcilik Says:

    Insya Allah saya hubungi kalau saya ke Jakarta

  33. mbokne bagas Says:

    Mo nyampein dikit yg terlintas di kepala..boleh ya, dok…:-)

    Soal hubungan kanker serviks dgn pembalut yg direkomendasikan Brian..maaf, bukan menyangkal, cuma menyampaikan yg terlintas di kepala itu tadi. Kalo memang terbukti (secara kliniskah or empiris aja??), mustinya sdh dijadikan salah satu jalan keluar oleh pihak medis utk mencegah terjadinya kanker serviks ini. Lah iya toh? Daripada kudu divaksin yg harganya gak bisa dibilah murah??
    Tp apa emang pembalut ini sdh direkomendasikan secara sah (ada EBMnya)?
    Soal bahan pembalut, saya gak tau apa pabrik yg satu dgn yg lainnya punya kompisisi yg sama/beda satu sama lain. Tp soal gatel, panas klo pake pembalut di Indonesia drpd di Amrik, logika saya lgsg mengacu ke iklim aja secara di sini beriklim tropis, beda dgn disono.
    Maaf klo kurang berkenan.

    Dok, klo udah diskusi dgn Brian, tlg saya diinfo soal hasilnya ya….
    Nanti pas kopdar rutin, boleh tuh dishare…hehehe…
    Kali ini saya emoh dijewer ya, dok….:-)

  34. brian Says:

    @mbokne bagas
    kaloo lokasi kamu di jakarta, kenapa enggak kamu aja yang diskusi langsung dengan saya. untuk dokter saya mesti tunggu dia ke jakarta.
    yah itung2 nambah2 informasi kan gak salah……….

  35. Astri Says:

    @Brian
    Diskusi masalah kesehatan baru akan berjalan kalau berdasarkan Evidence Based Medicine. Kalau hanya berdasarkan pengalaman pribadi, mohon maaf belum ada nilainya. Pendapat ahli saja jadi poin terendah, apalagi cuma pengalaman pribadi. Beda2 tipis ama tukang obat pinggir jalan ;)
    Lain kalo sudah jadi terbukti melalui penelitian seperti halnya vaksinasi HPV ini.
    Dokterearekcilik, Mbokne Bagas, saya ada di Surabaya. Diskusi via e-mail aja supaya lebih efisien.

  36. dokterearekcilik Says:

    @mbokne bagas
    Thanks udah mampir dan komen walaupun gak mau dijewer …wakakakak

    @brian
    Bisa kirim referensi lewat email kalo emang berminat diskusi. Semua pendapat dan info diterima untuk dipelajari lebih lanjut. Thanks 4 your attention

  37. mbokne bagas Says:

    Buat Brian…

    Kalo gitu gimana klo dibalik aja? Klo kamu lg ke surabaya, ketemu aja ama kita2…:-D…sorry, kidding deng.
    OK deh, nanti klo saya “pulang Kota” (bukan kampung ya, soale Jakarta sih), saya hubungi kamu deh. Udah lama juga gak nyambangi tanah kelahiran (dari lahir ceprot ampe skolah/kuliah trus gawe pertama disono).

    Hv a nice weekend buat semua ya…

  38. brian Says:

    dokter, mbokne dan astri, salah satu partner saya nanti akan pergi ke surabaya, sekitar tanggal 16/17 nanti saya confirm. saya akan kasih anda no hpnya silahkan contact dia saja, secara knowledge dia jauh lebih banyak daripada saya.

  39. brian Says:

    @ astri
    saya sama sekali tidak meragukan vaksin HPV tersebut, memang baik sekali, tetapi saya cuma sekedar menambahkan, ternyata pembalut yang tidak berkualitas juga salah satu penyebabnya. Mau tahu logikanya seperti apa?nanti biar partner saya yang akan jelaskan ke anda.

  40. mamalila Says:

    Hmm.. Iya ya.. Klo memang pembalutnya terbukti bisa mencegah kanker serviks, pasti udah direkomendasikan oleh badan2 kesehatan dunia. Yg ini gimana?
    Btw, pembalutnya ion2an yg dipasarkan secara MLM itu kah Mas Brian?
    Moga2 g senasib ama salah satu MLM “kesehatan” yang ternyata di-warning oleh FDA ya hehehe..

  41. brian Says:

    @mamalia

    bukan cara pemasarannya yang sedang kita diskusikan disini, tetapi benarkah pembalut tsb bisa mencegah kanker cervix.
    saya yakin anda pun cuma dengar dan dengan logika anda buat asumsi sendiri. sekali lagi, masalah mau pakai atau tidak yah terserah masing2 yg penting anda lihat dulu.
    mana mungkin anda berkomentar tentang gajah kaloo lihat sendiri aja belum pernah…..

  42. Astri Says:

    @mamalia, brian
    Berarti MLM beneran dong ;) ealah…

  43. mamalila Says:

    @Mas Brian

    Pernah liat sih pernah, pernah dijelaskan sih pernah, hehehe.. Kebetulan ada temen kantor yg jualan pembalut yg katanya bisa mencegah kanker serviks (klo emang sama dengan pembalutnya Mas Brian lho hehehe..)
    Btw, klo memang pembalutnya benar2 terbukti bisa mencegah kanker serviks, pasti udah direkomendasikan oleh badan2 kesehatan dunia. Klo pembalut ini gimana?

    @Dr. Astri
    Hehehe..

  44. qnaimommies Says:

    dear Brian..
    seru juga ya bahas kanker serviks,btw kapan nih assistennya dateng ke sby buat presentasi hebatnya si pembalut,kalo benar bisa mencegah kanker serviks napa ga di laporin ke IDI buat di teliti, lumayan bisa hemat biaya daripada di vaksin..monggo kalo dateng saya juga mau ikutan pengen tahu, asal ga di paksa ikut MLM ya ( alergi ), btw dok apa bener ada penelitian kalo bahan yang terkandung di pembalut yang ada di indonesia bisa menyebabkan kanker serviks,secara gitu loh kalo iya berarti banyak wanita indonesia yang kena dong, mungkin nih yee ( mungkin ya..:) bukan karena pembalutnya, tapi karena orangnya yg jorok pake pembalut seharian kagak di ganti..hii.. lagian semua hal yang masuk akal belum tentu bener kan.. tetep base on nya harus EBM,ngomonginnya kesehatan gitu loh.. sama kayak straples yang bisa ngecilin perut kalo di pakenya kenceng ya perutnya jadi kecil begitu di buka ya jemblung lagi, masuk akal kan, tapi secara EBM nya kalo mau perutnya kecil ya olah raga dan atur makan.. maaf yee.. monggo brian kita tunggu kehadirannya.. ( wah udah jadi artis ya.. di tunggu-tunggu penggemarnya.. )..cilukba.. maap yaa.. bye..bye

  45. sibermedik Says:

    *ngliat orang debat pembalut vis avis ca.cervix*

  46. mbokne bagas Says:

    * mringis *
    Maaf, ya dokter, mgkn gara2 komentar saya nih, jadi banyak yg tersulut. Maaf klo ” cyber home”nya jadi kurang nyaman. Gak lagi2 deh…

    Buat Brian, maaf ya, sekali lg bukannya ingin menyangkal apa yang kamu yakini. Tp setidaknya dari bbrp respon yg masuk, kita bisa tau bahwa sbg konsumen, kita dituntut utk berpikir secara rasional. Apalagi rujukannya ke dunia medis (yg menuntut adanya EBM dlm panduan mengkonsumsi produk2 kesehatan). Saya rasa Brian juga tau aturan mainnya.

    Have a nice weekend to all of you… ;)

  47. brian Says:

    saya kesian sekali sama org yg menutup otaknya gara2 denger MLM, konotasinya negatif banget. Pikirin deh MLM tuh cuma another way of distribution. Dan kaloo dibilang maksa2 org, sorry aja yah……emang ada comment gw yg nyuruh anda2 utk beli barang.
    kaloo emang mau nambah info, yah tunggu dan lihat saja deh…… setelah itu baru terserah mau percaya syukur enggak juga gak apa2.

  48. brian Says:

    minta maaf dok, jadi isinya debat kusir begini
    intinya, saya gak mau berdebat lagi disini. Pendistribusian memang secara MLM, bagi yang mau berkonotasi negatif yah silahkan. karena dulu saya juga anti dengan yg namanya MLM, tapi terbuka sekali ketika melihat sendiri pembalut yg dipakai sehari2 terbuat dari apa.dan apa yg dapat membuat mencegah kanker serviks.
    Untuk anda yang ingin tahu, tolong email saya ke f_ryan_k2002@yahoo.com, nanti ketika leader saya ke sby saya akan memberitahu anda semua.krn saya tidak mau mempublish contact no dia disini.

    Leader saya sudah pernah mendemokan ini ke dokter2 di jkt dan rata2 mereka semua kaget melihatnya.Dan bagi anda yg byk pertanyaan nanti silahkan tanyakan saja, gak perlu kita berdebat disini.

    Sekali lagi tidak ada paksaan untuk beli produknya atau masuk MLMnya itu semua pilihan anda, yg penting anda lihat saja………toh itung2 juga nambah2 info, gak ada ruginya kan.

    jadwal yang kemarin di cancel, saya baru diberitahu bahwa mungkin leader saya akan kesana sekitar tgl 23 dan 24, nanti biar saya update.

  49. titah Says:

    wah, ternyata diskusinya malah lebih seru dari artikelnya (sorry dok, hehe…) sehingga saya pun ikut2an pengin tau pembalutnya itu.

    @ brian
    berhubung banyak “fans” yang pengin tau, daripada ngemail satu2, apa nggak sebaiknya dibeber di sini aja sekalian tentang pembalut itu, misal spesifikasinya, bahan2nya apa saja, komposisi/”dosis”-nya gimana/seberapa, cara pakainya bagaimana, gimana cara kerjanya mencegah kanker serviks, gimana ceritanya kok bisa sampai pada kesimpulan pembalut itu bisa mencegah ca serviks, dll. kan bisa jadi bahan diskusi yang sehat dan mencerdaskan tuh.

    kalau doktere arek cilik keberatan memuat, saya bersedia upload artikel anda tentang hal ini di rumahkanker.com, tentunya setelah saya timbang-timbang dulu dan memang layak muat. anda bisa hubungi saya lewat rumahkanker.com

  50. titah Says:

    apa tulisan mbak lita ini bisa menjawab rasa penasaran kita pada pembalut brian ya? atau malah nambah rasa penasaran? http://lita.inirumahku.com/health/lita/mitos-ion-negatif-dan-pembalut-sehat/

  51. sibermedik Says:

    @BRIAN
    kesal dgn MLM? wew..saya LEBIH KESAL LAGI KALO DENGER MLM! pengalaman brharga awal2 kuliah ‘dijebak’ teman ikut MLM T**S*I, (saat itu saya masih ‘lugu’ masalah bgtuan,g nyangka org2 MLM bnyak yg RAJATEGA)

  52. dokterearekcilik Says:

    @brian
    Alangkah bijaksana apabila anda tidak berjualan di blog saya, lepas dari ini MLM atau bukan saya tidak suka ada promosi lewat blog ini. Teman anda yang akan datang ke Surabaya akan saya tunggu di Food court Royal Plaza jam 15:00 atau tempat lain yang penting ada internetnya sehingga bisa di cek lewat internet langsung. Saya sangat berharap anda atau teman anda membawa referensi yang berkualitas. Hasil pertemuan akan saya posting lewat blog ini termasuk referensi yang anda pake, setelah itu saya berharap anda tidak berjualan lewat blog saya lagi. Harap anda mengerti.

    @Untuk yang lainnya
    terima lasih atas semua komentarnya yang seru dan sangat menghibur.

  53. brian Says:

    dok, partner saya tanggal 9/7 sudah confirm akan ke surabaya, sorry info yang waktu itu saya cuma dengar tapi belum confirm.
    Saya cuma ingin tanya 1 pertanyaan dan tolong jawab dengan jujur pertanyaan saya. “seandainya vaksin HPV yang dokter bahas di blog ini di distribusikan melalui MLM, apakah dokter akan masih merekomendasikannya kepada orang lain?”
    thanks

  54. dokterearekcilik Says:

    @brian
    Asal evidence based medicine nya jelas ya gak apa apa. Patokannya bukan cara penjualan tapi kebenaran dari guna suatu bahan atau barang terhadap manusia. Tanggal 9 Juli saya masih ada Kongres Nasional Ilmu Kesehatan Anak, bisa temui saya di hotel Shangri La Surabaya antara jam 12:00 sampai jam 16:00. Wifi di Lobby hotel Shangri La gratis kok, dan juga ada 2500 dokter spesialis anak se Indonesia lagi kumpul. Teman anda bisa saya usahakan bertemu dengan para pakar dan professor ahli di bidang Evidence Based Medicine se Indonesia disana. Semoga anda membawa referensi yang sesuai dengan EBM tersebut. No hp saya akan saya kirim lewat email anda. Sampai jumpa di hotel Shangri la Surabaya. Bagi teman teman yang mau ikutan silahkan datang ke lobi hotel Shangri La pada hari Rabu 9 Juli 2008 antara jam 12:00 sampai jam 16:00, kita bisa diskusi lebih ramai disana. Saya juga akan hubungi perusahaan produsen vaksin HPV agar bisa menyaksikan pertemuan kita karena kebetulan ada juga. Sampai ketemu.

  55. titah Says:

    gimana hasil diskusi EBM-nya dok? kemarin saya diundang juga oleh brian, tapi pas ke luar kota, bahkan emailnya aja terlambat saya baca :)

  56. dokterearekcilik Says:

    Saya tunggu 3 setengah jam di lobi Shangri La tapi rekan brian terlalu sibuk sehingga tidak bisa menemui saya. besoknya beliau telpon saat saya sedang rapat, dan saat selesai rapat saya kontak balik beliau sudah menjelang naik pesawat. EBM sampe sekarang belum tahu karena belum dikasih referensinya.

  57. atie Says:

    Dok, saya usia 29 tahun.hasil papsmear OK.trus divaksin buat kanker serviks bulan juni kemarin. kira2 efektif ga dok?ulangannya bulan agustus nanti.pendapat dokter gimana

  58. Imas Says:

    Dok, ciri-ciri yang menunjukkan seseorang terkena kanker serviks apa seeh…makasih pisan nya DOK….

  59. dokterearekcilik Says:

    @atie
    kalo pake yang merek Gar****l jadwalnya 0,2, dan 6 bulan, kalo pake yang Cer****x jadwalnya 0,1 dan 6 bulan. Kalo efektifnya asal penyuntikannya benar ya efektif sih.

    @Imas
    Biasanya pada keadaan yang sudah lanjut terjadi perdarahan lewat vagina, kadang keluar cairan putih kental, pada kondisi yang lanjut bisa terjadi penyebaran ke organ lain seperti paru, tulang dll. Agar ketahuan sebelum parah dilakukan pap smear setiap tahun bila sudah berumur diatas 40 tahun.

  60. dodo Says:

    vaksin kanker leher rahim bernama CERVARIX produksi GSK, Vaksin tersebut dapat di berikan pada wanita usia 10 – 55 th, memang benar angka kejadian Ca servick sangat tingi termasuk di indonesia. Sudah sewajaranya para wanita mendapatkan proteksi CA Cervix Dengan Imunisasi Cervarix. CROS OUT CERVICAL CANCER

  61. dokterearekcilik Says:

    @dodo
    Ya bener, ada juga merek selain itu, Kalo di luar negeri lebih ngetop yang GAR***IL. Yang penting imunisasi supaya nggak terkena kanker servik.

  62. fran Says:

    Saya liat di journal yang dipublikasikan di british journal cancer. Disana dapat dilihat perbedaan antara Gardasil dan cervarix. Kalau dilihat ditabel hal 2, ada perbedaan mencolok :

    Vaccine name Gardasil® Cervarix®

    Efficacy HPV 16 or 18 CIN 2+ Proven Proven
    Efficacy HPV 16 CIN 2+ Proven Proven
    Efficacy HPV 18 CIN 2+ Proven Not yet proven
    Efficacy 16 or 18 CIN 2 Proven Proven
    Efficacy 16 or 18 CIN 3 Proven Not yet proven

    Therapeutic efficacy None None
    Efficacy on VIN 2/3 Proven Not yet reported
    Efficacy on VAIN 2/3 Proven Not yet reported
    Efficacy on genital warts Proven Not in target

    Cross protection (lesions) Reported Not yet reported
    Duration of protectiond 5–6 years 5–6 years
    Immunogenicity in preadolescents Proven Proven
    Immunogenicity in older women Proven Proven
    Immune memory at 6 years Proven Not yet reported

    bisa dilihat :

    http://www.nature.com/bjc/journal/v98/n1/pdf/6604146a.pdf

    kalau dari data berdasal kan trial fase 3 dari kedua vaksin HPV dapat ambil kesimpulan bahwa ternyata vaksin Gardasil jauh lebih baik dari vaksin cervarix dilihat dari :
    •EFIKASI cervarix untuk HPV 18 CIN 2+ dan efikasi HPV 16atau 18 CIN 18 yang tidak terbukti serta Efficacy on VIN 2/3 (vaginal cancer) dan Efficacy on VAIN 2/3 (vulvar cancer) yang tidak ada laporannya, cervarik juga tidak memiliki efikasi untuk mencegah kondiloma (kutil pada kelamin)
    •IMMUNE MEMORI dari vaksin cervarik selama 6 tahun yang tidak ada laporannya sehingga sangat diragukan neuralizing antibody dapat bertahan lama dalam tubuh,
    •CROSS PROTECTION (perlindungan silang untuk tipe HPV lainnya) yang tidak dimiliki vaksin cervarix

    Dari informasi yang saya dapat, bahwa hanya Gardasil yang telah di Disetujui oleh FDA ( badan POM nya amerika) sedang kan servarix tidak disetujui FDA. dan ternyata harga mereka pun sama antara cervarik dan gardasil.
    Jadi dapat disimpulkan bahwa hanya Gardasil yang memberikan perlindungan lebih baik,jangka panjang (karna immune memori selama 6 tahun sudah terbukti), dan Lebih lengkap perlindungannya karena tidak hanya mencegah kanker serviks tapi juga kondiloma,vulvar cancer,vagina cancer. Bahkan data terbaru yang dirilis akhir 2007,menyatakan bahwa gardasil sudah biasa dipakai pada wanita sampai usia 45 tahun dan rekomendasi dari POGI sampai umur 55 tahun.

    Jadi tunggu apalagi segera lindungi diri anda, keluarga dan orang tersayang anda dari bahaya KANKER SERVIKS…

  63. dokterearekcilik Says:

    @fran
    Thanks buat postingannya :) thanks referensinya bagus, btw aku denger gardasil yang ada breakthrough di amerika, kalo dapet referensinya aku lasih tahu ya. Atau kalo kamu punya boleh juga kok. Btw obat dan vaksin keluaran amrik dan eropa sering saling menjatuhkan gitu…ujung ujungnya bisnis juga, maksudnya….duit :D

  64. fran Says:

    Aku baca berita di http://www.cbsnews.com/blogs/2008/07/08/couricandco/entry4240888.shtml
    The CDC says it is conducting its own analysis of Adverse Event Reports on Gardasil. Of 7,802 reports after Gardasil vaccination in the U.S. as of April 20, 2008, “Less than 7 percent reported adverse events were considered serious, about half of the average for vaccines overall. Again, a report to (the Vaccine Adverse Event Reporting System) does not mean there is a connection between the vaccine and the report. It means the event took place following vaccination.”

    The CDC has acknowledged fainting problems after Gardasil vaccination and has recommended that doctors keep vaccinated patients in the office for 15 minutes following the injection. You can see the CDC’s HPV VAERS reports.

    untuk masalah itu sebaiknya baca laporan dari CDC di http://www.cdc.gov/vaccinesafety/vaers/gardasil.htm

    semua jawaban nya ada disana,terima kasih

  65. dokterearekcilik Says:

    @fran
    Thanks atas infonya

  66. ctantia Says:

    Nice information.
    But, emang baeknya dilihat dari berbagai macam segi….klo itu murah siy..or cuma ratusan ribu mah..sok aja smuanya imunisasi, emang lebih baik dari pada nggaa……
    But…..pengertian imunisasi itu sendiri harus diluruskan..jadi imunisasi itu sendiri targetnya adalah kekebalan terhadap HPV (Human Papilloma Virus) yang emang klo berhasil akan mengurangi resiko kanker….tapi mesti diingat…kanker rahim bukan hanya disebabkan oleh HPV lho……..masih banyak faktor pencetus terjadinya kanker..salah satunya yang susah dicegah adalah mutasi gen..yang kadang ga ngerti dari mana asalnya….faktor keturunan juga ada peran kan…….
    Dan terkait pencegahan kanker yang disebabkan karena HPV ini…kita harus paham bahwa HPV ini ditularkan hampir selalu dari hubungan seksual…nah…kalau perilaku seks kita bersih…setia pada suami or istri kita…dan kita ga terinfeksi HPV dari manapun….kayanya kena HPVnya susah deh…dari mana coba?????????(kecuali yg suka selingkuh tuh……..)
    Bukannya saya apriori..bukan…tapi ya karena cost-nya begitu mahal…jangan sampai melakukan imunisasi dengan membabi buta karena ketakutan yg ga masuk akal..akhirnya utang2 sana sini wat imunisasi yang belum difahami betul…..pikirkan dengan bijaksana……mungkin ringkasan berikut ini bisa sdikit membantu…
    1. Imunisasi pencegahan kanker rahim itu adalah untuk kekebalan terhadap Virus HPV
    2. HPV sebagian besar ditularkan melalui hubungan seksual.
    3. Kanker leher rahim tidak hanya disebabkan oleh HPV
    4. Imunisasinya mahal lhooooo…..
    Nah…cobalah ditimbang sendiri..apakah anda termasuk orang yang rentan tertular HPV????klo menurut anda rentan…resiko tertularnya darimana coba????Klo untuk yang perilaku seksnya bebas siy….emang rentan banget……………atau yang pasanganya emang pernah atau udah kena HPV siy…emang perlu……..
    Gitu aja ya…..sekali lagi saya bukannya apriori…cuma ngasi sedikit masukan…semoga berguna ya…….

  67. astri Says:

    @ctantia
    emang diitung di atas kertas mahal banget mbak, paling nggak 3,9 juta. Tapi dibandingkan kalo kita sampai terkena Ca Cervix, biaya yang akan dikeluarkan akan jauh lebih besar, nggak terima utang aja, sampai rumahpun habis dijual. Belum lagi yang ngerasain sakit gak cuma pasiennya tapi sekeluarga akan ngerasain repot dan nggak enaknya.

  68. dokterearekcilik Says:

    @ctantia
    Ya, namanya manusia kan cuman usaha, tapi usaha dengan imunisasi ini emang mahal kalo di negara berkembang kayak indonesia. Di negara yang maju semua imunisasi digratiskan, sehingga semua tercakup imunisasi. Lagipula kalo dibilang membabi buta imunisasi ya …. masak saya mau maksa orang gak mampu imunisasi, lagian apa yang saya lakukan kan ada dasar penelitiannya gak ngawur kok. Soal mau atau tidak ya itu hak setiap orang. Btw saya link blognya kok error terus ?

  69. dodo Says:

    cervarix punya data titer anti body nyta lebih tinggi dibandingkan dengan gardasil..
    gardasil di luar negri sudah dianjurkan booster(suntikan tambahan) pada tahun ke 3-4,
    sedangkan cervarix sampai 65.5 th tidak perlu booster mas frans,,,,,,,dan ternyata gardasil pun belim aprovel fda weekkkkkkkkk
    pokoknya bravo CERVARIX

  70. dokterearekcilik Says:

    @dodo
    Namanya juga penelitian, nanti kan keluar lagi hasil penelitian baru. Di dunia kedokteran memang begitu, gak ada kebenaran abadi, semua penelitian berjalan menuju kebenaran yang hakiki, tapi kapan itu berhenti? Wallahu alam bisawab

  71. bunings Says:

    Bahas tuh kanker emang seru sihhh
    saya cuma mo kasih tambahan aja…..Slama ini wanita hanya membersihkan wajah dan V bagian luar saja.
    Pernahkah terpikir bagi kaum hawa untuk membersihkan rahimnya?????

    Apakah isi rahim wanita????
    Kalo di lihat ( dari wanita yg tlah menikah ni ya)..
    Adanya pengelupasan kulit rahim yg tidah keluar pada saat haid,dan di tambah lagi sperma suami yang terkadang berhari hari di dalam rahim. Hal tersebut bisa menjadi toxin lohhhh…

    Dan bila diihat dari letak lubang Vagina yang berdekatan dengan saluran air kencing dan anus,yg di ketahui banyak bakteri yg siap masuk ke lubang V.

    Selain itu kurngnya pengetahuan menjaga kebersihan vagina.

    Dari alasan ditas,pernahkah wanita berfikir utk membersihkan rahimnya???

    Aku pernah ikut seminar dan mencoba produknya.
    Hasil yg kuperoleh sangat sangat dan sangat mengagumkan…

    Aku jg baru tau,sebab kenapa saat haid hari pertama ,perut sakit luar biasa.

    produk ini juga bisa untuk wanita yg belum menikah / gadis lohhhh…
    Hanya saja cara pemakaian produk tersebut beda…Hasilnya bagus…

  72. Richheart Says:

    Maaf, ikut nimbrung. Semoga tman2 yg udah terinfeksi HPV bisa semakin sehat. Bagi yg udah di-vaksinasi, jaga baek2 tuh organ. Bukankah dari rahim wanita yg sehat akan muncul generasi yg sehat juga??? So, apakah menjaga tuh organ untuk ttp sehat hanya cukup dgn vaksinasi doang? I think every woman needs more than just a vaccine.

  73. dokterearekcilik Says:

    @bunings
    Pada dasarnya Yang Maha Kuasa sudah membuat cara membersihkan rahim dengan cara haid, apabila ada cara lain itu hanya tambahan yang tidak wajib dikerjakan. Lubang V emang punya kuman normal yang selalu harus di sana, gak perlu dibuat steril kuman. Yang penting adalah menjaga kebersihan secukupnya dan menghindari penyakit menular seksual.

    @Richheart
    Bener….. vaksin hanya sedikit cara buat menjaga. Thanks

  74. Tria Says:

    Aku udah pap test, dua kali malah. untuk 2nd opinion. bukan berarti gak percaya sama hasil pap konvensinal atau spogku. tapi untuk menghindari negatif palsu. dua test yang aku jalanin adalah pap konvensional dan thinprep pap. Gak sakit, cuma bentar, dan yang berasa cuma saat dipasang spekulum aja. hasilnya alhamdulillah dua-duanya normal. dan minggu ini baru habis vaksinasi gardasil, biayanya 1,5jt sekali vaksinasi (3x sekitar 4,5jt bersih including spog konsultasi). kalo sakitnya biasa lha, demam & pegal2 aja. cuma diingatkan sama spog ku kalau ada efek sampingnya pada beberapa orang akan spotting tapi its ok koq. gapapalah 4,5jt kalau sehat masih bisa nyari lagi. untuk gambaran biaya pap testnya yang konvensional sekitar 200rb (termasuk konsul spog), dan yang thinprep 300rb (biaya lab saja).

  75. dokterearekcilik Says:

    @Tria
    Thanks udah sharing :)

  76. fran Says:

    setahu saya dari paper penelitian yang saya baca,kalau ternyata efikasi cervarik hanya 91,4 % dan itu pun gabungan data untuk HVV 16 dan 18. jika dipecah lagi efikasi untuk tiap2 HPV jauh lebih rendah. Dan sampai saat ini CERVARIX belum di setujui FDA karna data keamanan yang belum lengkap terutama data keamanan jangka panjang karna menggunakan adjuvan baru dan metode produksi yang bnelum lengkap datanya. Cervarik juga hanya mengcover 2 tipe HPV, sedangkan Gardasil mengcover 4 tipe dengan harga yang sama. JADI SILAKAN PILIH MANA YANG MENURUT ANDA TERBAIK

  77. dokterearekcilik Says:

    @fran
    penelitian masih berlanjut, mau pake vaksin yang mana terserah pada user, gak usah ngotot. Btw anda bekerja untuk cervarix?

  78. afu Says:

    mau tanya donk siapa yan tau info mengenai dimana tempat untuk bisa suntik vaksin HPV nya yah??
    di rumah sakit mana yang recommended yah?? (di jakarta )
    trus apa yang harus dilakukan sebelum melakukan penyuntikan apakah harus cek apa gitu ??
    thanks

  79. dokterearekcilik Says:

    @afu
    Ke dokter ahli kandungan (Obsgyn), kalo RS mana wah saya kurang tahu kalo di jakarta. Sebaiknya konsultasi aja dulu dengan SpOG, apabila bisa dilakukan dicek apakah sudah terkena HPV atau belum.

  80. bogie Says:

    dok, saya ingin tanya. apa bener vaksin anti knk servik ini hanya bertahan sampai 5 tahun saja. jadi setelah itu harus di vaksin lagi. kebetulan istri saya ingin melakukan vaksinasi.
    jadi kalau begitu. untuk mencegah kanker ini minimal harus mengeluarkan biaya 1jt per tahun …. lumayan jg ya

  81. dokterearekcilik Says:

    @bogie
    Sampe saat ini ada 2 merek vaksin Cerva*** dan Garda***, masing masing mengklaim paling baik. Pada salah satu merek tersebut memang sudah diperlukan imunisasi ulangan, sedangkan merek lain mengklaim tidak perlu. Kalo masalah pencegahan sih gak mahal dibanding kalo udah sakit, itu prinsip ilmu kesehatan pencegahan lho, tapi dari ilmu ekonomi lain lagi kayaknya :D

  82. nissa Says:

    beberapa bulan yang lalu saya dianjurkan papsmear oleh dokter kandungan, dengan keluhan keputihan yang udah bertahun2 saya derita. eh,ternyata udah ada gejala ke kanker serviks. tapi masih belum terkena sih, cuma kalo dibiarkan beberapa tahun kemudian kemungkinan bisa kearah sana. kemarin udah disuruh terapi minum mengkudu. terus habis itu disarankan 3 bulan papsmear lagi dan kalo ada perbaikan disarankan untuk imunisasi. eh, lha kok ternyata mahal ya imunisasinya.

  83. M.irfan Says:

    Artikel anda sangat bagus sekaliiiiiiiiiiiii kalo bisa gambarnya juga dipasang dong,,,,,,,kan ini juga pendidikan trus kirim ke email saya donk,,
    alamatnya sbo_fans@telkom.net

  84. dokterearekcilik Says:

    @nissa
    Iya emang masih mahal di sini. Di negara maju sudah masuk imunisasi wajib sehingga digratiskan oleh pemerintahnya.

    @M.Irfan
    Kayaknya saya gak bisa pasang gambar pada posting ini, kalo mau cari bisa browsing di internet banyak kok gambar cervical cancer, bahkan ada yg sudah berupa ppt unutk presentasi. trima kasih atas kunjungannya

  85. riska Says:

    kanker serviks memang pembunuh nomor satu bagi perempuan. dan di Indonesia diagnosis dini masih sangat sedikit dan terbentur dengan tingkat pengetahuan masyarakat yan kurang tentang diagnosis dini kanker serviks. saya sedang meneliti tentang diagnosis dini dengan tingkat keganasan kanker serviks. tlong informasi yang banyak

  86. dokterearekcilik Says:

    @riska
    Wah bagus tuh, semoga penelitiannya cepat selesai dan kalo ada hasilnya bagi info buat kita semua ya :)

  87. Elsye Says:

    Hallo,

    Salam Kenal…..

    Maaf sebelumnya,
    Saya Elsye umur 27 thn,saya sedang konsen terhadap kesehatan vital wanita,lbh khususnya ttg penyakit kanker serviks/kanker mulut rahim…..

    Saya ada informasi bagaimana untuk mencegah kanker mulut rahim.Memang latar belakang saya bukan dokter,tapi saya peduli dgn penyakit yg mematikan ini.

    Tapi saya rasa lebih tepat kalau saya menyampaikan langsung.

    Pertanyaan saya:

    — Apakah ada respon positif dr email saya ini?

    Terima Kasih,

    Salam,

    Elsye Indrianie

    saints_elsye@yahoo.co.id

  88. Zahra Says:

    saya zahra,mau bertanya,apakah klo wanita usia di atas 30 thn dan belum menikah masih perlu melilndungi diri dengan vaksin HPV ,dan apa juga perlu papsmear juga ??? tolong bagi tau y… atau email ke fziera@yahoo.co.id . dan satu lagi Dok,jadi apa memang benar pembalut di Jakarta di ragukan kualitas kebersihannya dn sebagai salah satu pemicu kanker serviks ??? gimana y….. sy biasa pake pembalut jkt tu,spt merek charm … pa g amaan???

  89. dokterearekcilik Says:

    @Elsye
    Silahkan info ke email saya

    @Zahra
    Udah dijawab lewat email

  90. Zahra Says:

    tnx y Dok u/ penjelasan nya di email aku,seneng buanget dech langsung di respons ^_^ smg sy dapat segera melindungi diri dgn vaksin HPV nya… itungan kasar nya,sperti nya harus nyiapin budget 5 jt an dech…..wlo memang vaksin ini penting u/ para wanita sebagai proteksi diri,tp.. uwh… lumayan nguras kantong buat yg menengah ke bawah :P ,emang sehat itu yang paling nikmat dan berharga dr Allah swt
    hv a nice weekend semua nyaa………

  91. shanti Says:

    Kamis kemaren ke Obgyn nanyain vaksin ini, ternyata di Qatar belum ada. Ini 3 dose, diberikan setiap berapa bulan dok?

  92. dokterearekcilik Says:

    @Zahra
    Eh yang merek Cerva*** lagi turun harga lho, sekarang jadi 700rb an. Kalo yg merek Gard**** belum ada kabar turun harga. Tapi biasanya akan ikut turun juga, just wait and see dulu aja

    @shanti
    pertama pada bulan x, kedua bulan x+1 bulan, ketuga bulanx +5 bulan….kayak matematika aja, pokoknya bulan 1 terus bulan kedua dan yg terakhir 5 bulan setelah bulan kedua

  93. nissa Says:

    kemarin saya dikasih tahu sama dokter kandungan saya, harga vaksinnya dah turun jadi 550rb. syukurlah. bakal turun lagi ga ya. soalnya saya dah papsmear dan disarankan vaksin HPV.

  94. dokterearekcilik Says:

    @nissa
    Ya emang turun, ini mau posting tentang hal tsb :)

  95. antonio Says:

    tapi yang saya tau cervariks harga nya walau pun 550 rb, hanya mencegah kanker cerviks aja. g bisa mencegah kutil kelamin, vulvar ma vagina kanker. lagian mereka membuat vaksin dengan metode subtrat sel serangga ( NGERI….)

    maka nya sampai sekarang ga dapat persetujuan dari FDA. Info yang saya dapat mereka sedang bermasalah karna menglaim indikasi yang tidak benar (tidak sesuai dengan etiket /label yang ada divaksin, data penelitian yang ga jelas)

  96. dokterearekcilik Says:

    @antonio
    Penelitian masih berlangsung dan perkembangan selalu terjadi, produk yg disetujui FDA juga ternyata harus pake booster setelah 5 tahun. Tidak ada yg sempurna selama itu buatan manusia jadi janganlah saling mencaci.

  97. mamapris Says:

    Dok, umur saya sudah >32, menikah 2thn lebih, anak umur 11bln. Apakah cukup efektif jika divaksin utk kanker cerviks membaca tadi dokter blg lebih optimal kalau di usia <26 thn?

  98. dokterearekcilik Says:

    @mamapris
    Bila sudah menikah disarankan periksa dulu apakah sudah sudah tertular virus HPV atau tidak, karena bila sudah tertular virus tsb maka vaksinasi HPV tidak akan berguna

  99. mamapris Says:

    dokter, saya sudah papsmear dan hasilnya bagus (gak ada virus yg membahayakan).

  100. dokterearekcilik Says:

    @mamapris
    Syukur, jadi bisa vaksin dong :)

  101. lisa Says:

    dok, apakah wanita yg sedang hamil bisa terkena kanker serviks? karena saya sebelum hamil pernah beberapa kali mengalami pendarahan setelah berhubungan, begitu juga saat hamil. saat ini usia kehamilan saya 9 minggu.

  102. vevey Says:

    wah..ok juga tuw artikel nya, bwt nambah pengetahuab agar lbih berhati2 gitu…

  103. vevey Says:

    wah..ok juga tuw artikel nya, bwt nambah pengetahuan agar lbih berhati2 gitu…bagi para kaum wanita;-)

  104. Adena Yuska Nurahman Says:

    Buat bunda yang terkena virus kanker ini,yang rajin ya pap smear nya

  105. dokterearekcilik Says:

    haduh ternyata banyak yg belum kejawab :oops:
    @lisa
    Biasanya tidak saat hamil

    @vevey
    trims

    @adena
    Semoga selalu sehat

  106. sonia Says:

    dok,tolong cariin RS-nya…soalnya umur saya dah 12 thn ni…trus kakak saya umurnya dah 25…maksudnya yang cewek.tks dok

  107. sonia Says:

    oya dok..kalo mama saya kan umurnya 45 thn,msh perlu di vaksin g?

  108. dEe_tha Says:

    qlo seiring pRkmbangan zaman biayanya izha makien murah gag d0k???

    mkacieeeeeeee…

  109. dokterearekcilik Says:

    @sonia
    Kamu tinggal di mana ? kalo umur 45 mesti dipastikan dulu tidak pernah kena virus HPV dengan cara pemeriksaan khusus yg bisa dilakukan dr. Obsgyn… pemeriksaaannya namanya HPV DNA , bila pasti gak kena virus HPV baru di vaksin

    @dE_tha
    Harapannya makin murah … tapi bila dibandingkan dengan pengobatan maka pencegahan ini jauh lebih murah dan tidak menyakitkan

  110. Sibagariang Says:

    Wah..wah.. Hebat bgt nih blog,sgt brguna bg kita semua. Saya ingin menanyakan,apakah emang benar setiap 1jam wanita indonesia meninggal karena Ca-Cerviks?Soalnya selama gw tgl di t4 gua,selama lbh 20tahun,ga ada y meninggal karena ca-cerviks,padahal daerah permukiman saya tergolong ekonomi sedang-kebawah. Menurut saya wanita itu kena ca-cerviks dikarenakan : bergonta-ganti pasangan, tidak merawat v**i*anya dgn bersih. Jadi kalo para wanita tidak aneh2 atau mau mengikuti hal trsbt diatas ga perlu2 vaksinlah. Maaf kalo komentar saya salah,mohon diperbaiki.. mau saran nih biar blogger tambah keren.. Buat judul baru mengenai pengalaman2 dokter y aneh,lucu dan serem, sewaktu menghadapi pasien y rese’ atau tidak rese’. Baik selama ptt, maupun selama praktek diruang kerja. Maksud saya sharing.. Gitu loh.. Hehehe.. Terimakasih.

  111. dokterearekcilik Says:

    @Sibagariang
    ngitungnya kan di seluruh tempat di Indonesia, kadang ada daerah yg banyak angka kejadian Ca servik, namun ada rendah angka kejadiannya. jai kalo dibuat rata rata segitu…. usul yg bagus akan saya pertimbangkan

  112. Sibagariang Says:

    sebenarnya apa sih yang menyebabkan ca cerviks tersebut??? HPV terbanyak yah?? terus HPV itu darimana datangnya?? apakah ini y dikatakan PMS?? TORCH itu apa dokter?? terimakasih..

  113. she Says:

    maaf saya mau tanya, apakah virus kanker serviks bisa berkembang biak di dalam rahim kita?dan bisa menyebabkan kematian utk kita jika kita tdk menindaklanjuti pemeriksaan k dokter..saya belum menikah, apakah bisa memeriksa mulut rahim saya sedangkan jika kita memeriksa atau pap smear kita diharuskan sdh menikah..tolong di bantu..
    thx..

  114. lia Says:

    klo orang miskin kyk gw dpt duit dari mana segitu?????????

  115. januar Says:

    ap sih sbnr nya bilang kangker in menakutkan

  116. zhee Says:

    bener eg tuccccccccccccccchhhhhh………………….

  117. dokterearekcilik Says:

    @Sibagariang
    Penyebab kanker bisa macam2 namun dari penelitian terakhir didapatkan infeksi Human papilloma virus (HPV) dianggap jadi penyumbang terbesar, ebagian besar HPV terjadi akibat kontak seksual walaupun ada wacana bahwa bisa dengan cara lain tapi belum terbukti nyata. PMS= PENYAKIT MENULAR SEKSUAL, istilah untuk semua jenis penyakit yg bisa menular lewat kontak seksual. TORCH adalah singkatan dari Toxoplasma, Rubella, citomegalovirus serta Herpes… semua itu merupakan infeksi yg dapat berakibat kecacatan pada janin, disarankan sebelum menikah diperiksa TORCH agar tahu status kesehatannya.

    @she
    kalo b lum melakukan kontak seksual maka gak ush periksa pap smear

    @lia
    Iya itu memang masalahnya… di negara lain terutama negara maju semua vaksin gratiiiis, makanya pilih presiden yg peduli imunisasi ;D

    @januar
    banyak teori namun masih perlu diteliti lagi

    @zhee
    bener………..

  118. FUN Says:

    dok,
    apakah kalau belum pernah melakukan aktifitas seksual bisa terjangkit HPV? saya usia 22 thn, belum pernah melakukan aktifitas seksual ingin di vaksin, tapi takut jangan-jangan (amitamit) sudah terkena virus tapi nggak sadar.
    1. apakah mungkin kena virus meskipun masih virgin?
    2. kalau ternyata sudah kena virus/kenker, kemudian disuntik vaksin. apa efeknya? apakah virus tambah parah/tidak?
    3. bagaimana cara pengecekan untuk wanita yg masih virgin? (setau saya pap smear itu unutk yg sudah menikah?)

    makasih^^

  119. Anonymous Says:

    bgus tuh

  120. dokterearekcilik Says:

    @FUN
    Secara teori hanya bisa lewat aktivitas seksual walaupun akhir akhir ini ada wacana yg masih belum jelas katanya bisa lewat non seksual, tapi itu masih belum jelas.
    1. Sampe sekarang masih dikatakan hanya kontak seksual jd pd yg virgin tidak bisa kena
    2. Bila sudah kena kanker tidak akan bertambah parah tapi tidak punya efek
    3. pap smear harus sudah tdk virgin belum ada cara lain…

    @tanpa nama
    Trims

  121. dee Says:

    mau tanya dokter, sebelum papsmear kan belum tau tu kena pa gak. ciri2nya seperti apa seh dok sebelum kita mengetahui lewat papsmear. saya pernah baca, kalau habis berhubungan terjadi pendarahan. pendarahan yang seperti apa ( banyak, sedikit atau seperti apa ) atau langsung pendarahan. thank u.

  122. lusi Says:

    emang yg saya denger vaksinasi nya mahal bgt!!! Bagus buat orang yang punya uang, tapi gimana ya kalo orang ga punya alias miskin….mereka tetep ajah ga bisa bebas dari teror kanker serviks!!!

    Kesehatan kan bukan hanya milik orkay ajah…..kalo tindakan pemerintah tentang bahaya kanker serviks terutama untuk org miskin sudah dejauh apa ya?

  123. dokterearekcilik Says:

    @dee
    Perdarahan biasanya banyak, tapi biar jelas sebaiknya periksa aja karena kadang gejala gak bisa jadi patokan utama….

    @lusi
    Ya emang mahal… kalo di negara maju ya gratis. Makanya pilih pemimpin yg care terhadap kesehatan biar kita tambah sehat :D

  124. vara Says:

    wow ternyata kanker serviks ngeriiiii

  125. vara Says:

    bagi para kaum adam jangan meremehkan kaum hawa
    hormatilah kaum hawa ….dia adalah ibu dan istri bagi kamu…/
    hindari seks bebas

  126. dokterearekcilik Says:

    @vara
    Iya vara….. :neutral:

  127. sylvia Says:

    kankaer servik ngerii banget…..tapi yang genital wart jg sereem.ada lho vaksin yang lengkap 4 type virus yang dcover. namanya gardasil….aku malah sudah vaksin.

  128. herman Says:

    Ternyata virus HPV bisa juga terjadi pada lelaki lho….biasanya manifestasinya kutil kelamin.aku sudah pernah dnger juga ttg Gardasil,mmg lebih komplit pencegahanya.denger2 malah sekarang ada program……coba tanya ke dokternya…penting ituuu…

  129. deny Says:

    Dok saya sudah mendapatkan vaksin cevarix yg pertama dan ke 2.tp skr saya hamil 2 bln dan vaksin ketiga harusnya diberikan bln agustus,saat itu sy usia kehamilan sy 4,5bl.bolehkan vaksin itu tetap diberikan kpd saya?kalau ditunda sampai melahirkan apakah bs?apakan vaksin 1 dan 2 yg sudah dilakukan tetap bermanfaat atau bagaimana?terimakasih dok…

  130. dokterearekcilik Says:

    @sylvia
    Yup bener

    @Herman
    Tambah bener

    @deny
    Dari literatur dikatakan bahwa bila ibu hamil maka vaksin ditunda sampai melahirkan.Pada ibu menyusui dianggap aman walalupn penelitian hingga saat ini belum cukup sampel untuk menyimpulkan hal tsb, namun sampe saat ini gak ada kejadian atau masalah setelah diberikan pada ibu menyusui. Btw umumnya vaksin tidak harus diulang mulai awal…. tinggal meneruskan yg belum dilaksanakan… tidak usah mengukang dari awal

  131. ieda Says:

    tyus bagaimana sih cara pencegahan kanker serviks itu sendiri

  132. ariska Says:

    dok,,mau nanya nie..
    kalo yang umurnya dibawah 20 taon trz masih virgin ad kemungkinan kena Ca-Cervix ga dok…???
    abisnya,di iklan pemerintah itu kan ada yang usia 17 katanya bisa kena Ca-Cervix jg…
    jd takut….
    aq sekarang 17taon…

    trz katanya gejala Ca-Cervix tu ga keliatan,ga seperti kanker payudara…
    tolong penjelasannya ya dok…
    bwd jaga2 ajj..kan pencegahan jauh lebih baik daripada pengobatan…
    thx

  133. Astri Says:

    @Ariska
    selama belum pernah melakukan hubungan seksual gak mungkin kena Ca Cervix.
    Itu sebabnya kenapa vaksin ini direkomendasikan diberikan sedini mungkin sebelum terjadi kontak seksual.

  134. dokterearekcilik Says:

    @Ariska
    Sesuai ama komennya Astri

  135. Ying Says:

    Dok, klo di RSHS Bandung ada ga ya vaksin cervarix?

  136. dokterearekcilik Says:

    @Ying
    Wah gak tahu pasti, tapi mestinya ada

  137. ululd Says:

    kurang panjang n nggak di kasih tau sebabnya.

  138. Helmi Says:

    Dokter, istri saya berencana imunisasi ini, tapi masih menyusui anak saya yang berumur 15 bulan. Apa bisa sekarang atau menunggu sampai selesai menyusui dulu ya Dokter ?
    Thx b4.

  139. Helmi Says:

    Dokter, istri saya berencana imunisasi ini, tapi sekarang masih menyusui anak saya yang berumur 15 bulan. Apa bisa sekarang atau menunggu sampai selesai menyusui dulu ya Dokter ?
    Thx b4.

  140. archangel Says:

    Saya berumur 26th dan ingin melakukan pemeriksaan papsmear di jakarta.masalahnya, skr saya tinggal di daerah dan disini masih minim pengetahuan ttg kanker cerviks.
    Kalau bisa tolong rekomendasikan rumah sakitnya?dan nama dokternya?kalau ternyata hasilnya bagus,apa bs lsg diimunisasi di sana?
    Ini email saya, blueangelwings7@yahoo.com

  141. endah Says:

    Saya umur 33 tahun, ingin melakukan vaksin pencegahan kanker serviks tapi saya dalam program ingin punya anak apakah ada kontra indikasinya, terimakasih sebelumya

  142. reny Says:

    usia saya 23 thn,saya mau tanya dok, sudah 1 bulan ini saya mengalami keputihan yang berlebihan dimulai dengan warna kuning lalu sekarang berubah menjadi hijau dan menimbulkan gatal2 serta butira2 putih yg menyebabkan rasa gatal tersebut, mohon arahannya untuk menanggulangi keputihan yg saya alami..terimakasih

  143. shynta Says:

    aYoo,, seLamatKan diri kiTa sbgaI waNita iNdoNesia yg ciNta hiDup sehat.. jNgan sMpai trKna ca srViks…

  144. vivi Says:

    Bagaimana dgn ini?

    http://www.infowars.com/uncovered-fda-documents-reveal-26-more-gardasil-deaths/

    Apakah gardasil itu aman?

  145. Lilis Says:

    enggak nyampe 3,9an kok, di klinik aku cma 1,8juta…
    untuk vaksin servariks dan gardasil..

  146. nofridasst Says:

    Sebenarnya pencegahan yang paling jitu pada kasus CA. Servkis, adalah :
    1. setia pada pasangannya
    2. Menunda aktivitas seksual sampai usia 20 tahun
    3. Penggunaan kontrasepsi barier
    4. Skrening CA (Tes IVA/PAP Smear)
    5. Vaksinasi HPV.

  147. amounts of calcium magnesium zinc supplement Says:

    Instead, most products contain calcium carbonate (this includes coral calcium).

    Most diet plans mention and briefly tell people that they need to exercise but only give a little bit of information
    about the subject. We simply need to go to a health
    store, or a grocery store, and buy a good health supplement.

  148. Lastati Tati Says:

    dok saya suntik vaksin cervarix pertama bulan juli,ke dua bulan agustus,ke tiga kok disuruh kmbali bulan desember berarti interval ke dua dan ke tiga cm 4 bulan,harusnya kan 5 bulan.efektif ga ya dok…thx..

  149. Novita Says:

    Dokter anak saya usia 15 tahun tgl 12 juli 2014 sdh imunisasi gardasil yg pertama sebaiknya yang kedua kapan ya tepatnya tgl dan bulan berapa juga yg ketiga kapan terimakasih

Berikan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 96 pengikut lainnya.

