Siapa yang gak kenal puyer, apalagi kalo ke dokter spesialis anak…………..kalo udah ditanya…bisa minum puyer…waaah pasti mau dikasih obat puyer nih. Bentuk puyer dapat diberikan langsung tapi juga bisa dimasukkan dalam kapsul, biasanya bentuk yg dimasukkan kapsul lebih banyak digunakan pada anak yg besar juga digunakan pada pasien pasien dewasa. Sebenarnya puyer ini hanya ada di negara berkembang bahkan ada yg bilang hanya ada di Indonesia….maaf karena saya belum keliling seluruh negara ASEAN apalagi Asia….yang jelas saat di Singapura nggak ada, di negara maju dari cerita temen temen ditambah internet kayaknya juga nggak ada. Lalu kenapa di Indonesia masih banyak dipakai termasuk para praktisi kesehatan di Indonesia ??? ………….
Puyer dibuat dengan dasar pemikiran bahwa obat paten yg ada di pasaran tidak sesuai dengan kemauan dokter sehingga dokter memiih untuk meracik sendiri. Selain itu ada juga pemikiran bahwa pasien akan mendapat obat dengan harga lebih murah + manjur…………. Tapi sekarang bukannya sudah banyak obat paten, selain itu banyak obat berarti lebih banyak efek samping, dan lagi…..masih ada puyer yg ternyata harganya selangit….sooooooooo ???
Dokter atau praktisi kesehatan negara lain kalo datang ke Indonesia terus liat pembuatan puyer mereka terheran heran, yang paling membelalakkan mata mereka karena penimbangan tidak pernah dilakukan jadi membagi puyer yg sudah diracik dengan……mata, dibagi tumpukannya kira – kira pas atau tidak …gitu aja. Timbangan di apotik biasanya hanya jadi “pajangan” jaga – jaga kalo ada peninjauan, padahal membuat obat dosisnya harus tepat apalagi buat anak – anak. Belum lagi apoteker tidak ….. atau bisa dibilang sangat jarang hadir saat pembuatan puyer tersebut. Jadi kalo racikan tidak rata, obat tidak sesuai, dll………yaaaa gitu deeeeh
Merubah perilaku pemberian resep puyer juga tidak mudah, mulai dari pengajaran saat kuliah di FK, bagian farmasi harus dilibatkan….. saat saya sekolah di FK pelajaran membuat puyer merupakan salah satu mata kuliah farmasi, gak tahu sekarang gimana??? Kemudian para guru dan guru besar yg mengajar di FK maupun Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS) mesti juga memberi contoh, agar generasi penerus lebih baik.
Membuat teori jadi kenyataan di lapangan bukan hal yg mudah, kalo pasiennya mau ngerti…bahasa kerennya well educated, lha kalo pasiennya orang awam sekali…..membuat mereka ngerti kan butuh waktu yg panjang. Belum lagi kalo pasien askeskin atau jamkesmas yg hanya dapet jatah obat “sangat terbatas” dan kurang memberikan perhatian pada obat anak sehingga hanya ada tablet untuk dewasa yg akhirnya dipuyerkan agar sesuai untuk anak. Paket obat anti tuberkulosa (TBC) untuk anak juga tidak memberi jatah yg cukup untuk masyarakat, OAT yg bentuk sirup atau tablet untuk anak harganya mahal dan……..tidak ada di askeskin.
Jujur aja saya masih menggunakan puyer pada sebagian pasien saya, namun paradigma baru pemberian obat dalam bentuk yg lebih baik pelan – pelan akan meberi angin baru dalam memberikan pelayanan kesehatan. Sambil merubah diri juga memberi info agar para pasien juga siap dengan perubahan ini, memang langkah saya masih merupakan langkah kecil namun langkah kecil yg dilakukan berulang – ulang akan membuat seseorang semakin dekat dengan tujuannya.
April 21, 2008 pukul 5:30 am |
Matur nuwun, dok, topiknya bermanfaat banget.
Salut dng kejujuran dokter, tp lbh salut lg dgn keinginan dokter yg ingin merubah & memberi info pada para konsumen medis mengenai puyer ini. Memang tdk mudah merubah mindset yg sdh bertahun2 terbentuk di masyarakat. Tp Insya Allah, dgn niat yg tulus, perubahan ini bisa diterima dgn baik. Agar ke depannya bisa berjalan bersama dan do the Tango dgn para konsumen medis ya, dok….
Sekali lg matur nuwun artikelnya, dok. Jadi tau sekarang, ternyata puyer itu msk dlm pelajaran di FK (mata kuliah Farmasi) ya? Puyer yg dimaksud disini artinya mencampur bbrp obat yg digerus trus dibagi dgn mata telanjang gitu, dok?? Nuwun sewu, itu ada dasar perhitungannya jugakah? Trus, reaksi antar obat satu dgn yg lainnya, gmn ya dok dari segi safety-nya? Mohon maaf klo kurang berkenan. Soalnya bingung juga, di kampung malah ada bidan yg juga memberi puyer (biasanya terdiri dari 3 obat : paracetamol, antihistamin & AB, amoxilyn) utk peresepan atas keluhan batuk pilek yg dialami balita (selain puyer, diberi sirup batuk plus vitamin biasanya). Berarti pemberian puyer itu memang ada dasarnya ya, dok (guidelines)? Atau ini cuma terjadi di Indonesia tercinta saja?? Mohon penjelasannya, ya dok…..
Terima kasih,
pj
April 21, 2008 pukul 8:20 am |
ndak semua tidak ditimbang. barusan aku tanya ibuk, apotik di nganjuk selalu menimbang pas peracikan.. tapi aku dulu lbi suka pil drpd puyer yg pahit pol-polan.
April 21, 2008 pukul 12:03 pm |
Menurutku puyer merupakan salah satu solusi bagi pasien yang tidak dapat menelan atau makan obat dalam bentuk pil atau kapsul jadi bisa lebih efisien meskipun rasanya itu yang pahit yang bikin ga tahan.
April 21, 2008 pukul 12:04 pm |
Menurutku puyer merupakan salah satu solusi bagi pasien yang tidak dapat menelan atau makan obat dalam bentuk pil atau kapsul jadi bisa lebih efisien meskipun rasanya itu yang pahit yang bikin ga tahan akan rasanya Si puyer.
April 21, 2008 pukul 11:09 pm |
Bagaimanapusn, kebudayaan juga mempengaruhi metode pengobatan, lha fitofarmaka aja ada yang dari serbuk jamu jadi pil bahkan sachet?
Tetep dong ngeresepi MFLA (Misce Flag Lege Artis)…ayooo!!!
April 22, 2008 pukul 3:44 am |
@sibercuti
meluruskan yang salah itu memang susah, apalagi kalau sudah membudaya, tapi perbaikan tetap harus dilakukan
@dokterearekcilik
just want to drop by and say hi!!! tetap semangat ya
April 23, 2008 pukul 1:55 pm |
kalo gak ada puyer ntar mau di kemanain tuh petugas yg bikin puyernya…ntar pengangguran tambah banyak…..
April 25, 2008 pukul 10:04 am |
@mbokne bagas
Ya, emang diajarkan dan cara pembuatannya mestinya ditimbang, emang ini masih dianggap salah satu pilihan dalam pemberian obat di indonesia, sedangkan para bidan biasanya niru aja. Bidan pada pendidikannya tidak ada mata kuliah farmasi apalagi interaksi obat, jadi biasanya pencampuran atas dasar……hati nurani ….. Que sera sera …… gitu deh
@ndop
Emang yg lebih jadi masalah puyer yang polifarmasi, maksudnya banyak jenis obat kemudian dicampur jadi satu tanpa melihat interaksi serta efek samping yg mungkin terjadi. Sedangkan kalo obat tunggal dengan tujuan memudahkan pemberian lebih mudah asal dosis ditimbang dengan bener lebih dapat diterima.
@don45
Iya, saya masih punya pasien yg mintanya dikasih obat dalam bentuk puyer, karena kalo pake sirup malah muntah, pil atau kapsul belum bisa. Gak dikasih obat ….. lha emang lagi perlu obat….jadi ……
@sibercuti
Emang merubah paradigma susah, pasti ditolak dulu. Paradigma yg diberikan dosen kita tidak semuanya benar, mesti mau berbesar hati membuka pikiran dan wawasan agar kita mempunyai cakrawala yg lebih luas.
@Astri
Thanks
@ruhyana
Enggak ah, di luar negeri nyatanya mereka tetep ada kerjanya kok. Memberitahu cara minum obat dengan benar, memberitahu efek samping yg mungkin muncul. Juga memberitahu cara minum obat yg benar, yang selama ini tidak pernah dilakukan
Mei 2, 2008 pukul 6:00 pm |
Puyer bukan masalah kebudayaan yang salah. Puyer juga sah-sah saja. Negara maju tidak selalu benar. negara kita tidak selalu salah…jangan terjebak dalam inferior komplek, seolah-olah kita/indonesia semua salah. Untuk merubahnya…ya harus ada EBMnya…
Mei 2, 2008 pukul 9:50 pm |
@fauzin
Nah masalah EBM ini yg susah, puyer juga gak ada EBM nya, cuman katanya, bukunya juga gak jelas. Btw ini bukan masalah negara maju atau bukan, India bahkan Bangladesh tidak mengenal puyer…..Yg penting kita membuka wawasan bahwa ada pandangan seperti itu.
Mei 3, 2008 pukul 9:00 am |
puyer yg harganya selangit itu gemana om dok..
kl nunggu diracikin puyer di apotek (apalagi di sekitarnya ada praktik dokter anak..kan banyak puyer tuh
)..hrs sabar..maklum..kan mesti [bener2] ditimbang dl..
Mei 4, 2008 pukul 12:09 am |
@dani
He….he…..he welcome to ancient “puyer” country ….. Indonesia
Mei 4, 2008 pukul 3:24 am |
[...] Puyer pasti berlalu. Ditulis oleh dokter anak M. Rizal Altway (terima kasih dok). [...]
Mei 6, 2008 pukul 7:06 am |
saya setuju dengan mas dani, puyer obat adalah gambaran dari praktisi kesehatan yang berfikir instan dan asal meniru (nyuri liat,nyuri dengar saja), di negara yang maju ke arah modernisasi pelayanan kesehatan, puyer sudah lama ditinggalkan, di indonesia mungkin karena kita menganggap puyer = jamu, cara pikir bahwa fungsi jamu = fungsi obat puyer harus ditinggalkan
Mei 6, 2008 pukul 2:06 pm |
[...] Para Member TPC mari kita bersama-sama menghadiri JMP ini. Blogger juga butuh kesehatan jasmani untuk bisa menulis. Sembari Berolahraga, [...]
Mei 9, 2008 pukul 8:09 am |
@budi
Iya….semoga usaha memperbaiki keadaan ini segera tercapai
@JMP SessionIII
diusahakan dateng ahhhh
Mei 9, 2008 pukul 2:07 pm |
Wahhh… informasi yang menarik nihh… sampe saat ini anakku klo ke dokter anak juga sering diberi puyer.
Mei 9, 2008 pukul 2:51 pm |
Tul dok, emang di lapangan melakukan penimbangan itu diangap bikin ribet alias tidak efektif dan bikin susah saja.Toh kalopun dikira2 selisihnya gak jauh2 amat… > gitu mungkin pandangan para pekerja apotik.
Selisih takaran yang 0,.. sekian itu bagi mereka dianggap enteng dan nggak ngefek. Padahal kan objeknya sistem tubuh manusia,apalagi anak2, reaksinya tentu lebih sensitif.
BTW mungkin bisa jadi bahan cerpen saya di http://istanacerpen.co.cc
Kali aja edukasi lewat cerita bisa lebih diterima masyarakat
Mei 9, 2008 pukul 4:49 pm |
@bloGEsam
emang kita masih dalam usaha membuat agar puyer bukan jadi pengobatan yang lazim spt sekarang……..doakan berhasil
@RetnoWi
Heee…he… aku udah pernah mampir…..bagus juga…..kayaknya ide itu menarik dan aku bisa pake juga tuh. Thanks buat masukannya
Mei 12, 2008 pukul 7:17 am |
Memang masalah puyer bikin pusing.
Ga mau puyer tapi dokter masih suka ngasih, alasannya adaaa…aja.
Padahal ga ada keuntungannya puyer, dah rasanya pahit pula… (inget jaman masih kecil selalu dicekokin puyer…yakkkss…)
Mudah2an nanti kondisi industri kesehatan bisa menjadi lebih baik.
Say no to puyer….
Mei 12, 2008 pukul 12:32 pm |
Cuma masih banyak ortu pasien yang ngotot minta puyer… Sampe capek berdebat…
Mei 14, 2008 pukul 10:44 am |
Dari kecil saya penggemar puyer..sekarang punya anak ..tak kasih puyer juga..tambah madu:)
Mei 22, 2008 pukul 3:12 pm |
@Kurnia
Emang gak bisa langsung, tapi kalo udah bersatu kayaknya semua urusan jadi enteng
@Marsaid
Belajar jadi penggemar non puyer aja nantinya
Juni 19, 2008 pukul 3:28 pm |
Somehow i missed the point. Probably lost in translation
Anyway … nice blog to visit.
cheers, Sis!
Juni 20, 2008 pukul 10:14 pm |
@Sis
At least you visit here
Juni 26, 2008 pukul 3:12 pm |
masalah puyer semakin rame di dunia maya, tapi di dunia nyata masih tenang-tenang saja. Info yang berkembang: betapa menakutkannya tuh puyer!! kayaknya kita sebagai dokter(anak) jadi punya dosa besar…kenyataannya: belum ada (saya belum dengar) laporan kejadian fatal akibat puyer, (apalagi EBM) salah penimbangan, interaksi obat dll… Tanggung jawab dokter kepada pasien juga tidak putus begitu saja setelah pasien menutup pintu tempat praktek…tapi sampai pasien minum obat dan sembuh. Kalau terjadi apa2 setelah minum obat pasien pasti/seharusnya kembali/ komplen/ menanyakan/ protes/ apresiatif ke dokter yang memberi obat(puyer)….salam hormat
Juli 1, 2008 pukul 9:47 am |
@Fauzin
He he he emang iya, tapi diskusi ini sebaiknya bisa membuka wawasan dokter tentang bagaimana pasien memandang kita. Kalo sebagian besar negara melarang puyer lalu kita sendiri tidak…maka ada 2 pilihan: pertama menganggap kita paling benar diantara dokter di belahan dunia lain sehingga kita memutuskan untuk tetap menjalankan kebenaran menurut nafsu kita. Kedua membuka wawasan agar lebih banyak belajar bagaimana dokter negara lain bisa mengobati tanpa menggunakan puyer. Tentang EBM, baik penggunaan puyer maupun belum ada metaanalisis …. tapi kenapa WHO kok melarang??? Mungkin ada referensi atau buku yang terlewat belum kita baca. Yang penting kita selalu belajar memperbaiki diri dan ilmu sepanjang hayat…… Amin
Juli 6, 2008 pukul 1:53 pm |
hahahaha, saya ngumpulin bahan mo nulis yang beginian, maju mundur karena ada sedikit rasa sungkan.
Tapi demi penyebar luasan informasi yang benar dan upaya meluruskan yang kurang benar (baca:salah..nekat mode:on), saya sokong dan dukung Mas Rizal… Saya pernah baca bahwa Resep puyer di negara maju hanya 1 %, lha di negeri ini piro yo ?
Sekedar bocoran, posting yang saya siapkan berjudul: ” Apa benar Obat Racikan lebih manjur ? ” … yaoooo, kalo ada wangsit lain gak jauh dari itu kali.
Juli 6, 2008 pukul 4:18 pm |
Semoga tulisannya segera muncul di blog, biar saya ada temennya. Ngomong puyer sering merasa sendiri…lha wong yang lain gak mau berusaha berpaling dari puyer.
Juli 9, 2008 pukul 3:28 pm |
Tadi siang udah siap upload gak taunya kabel optik di Samarinda terendam banjir, pantesan speedy gak mau konek … hehehe, saya mau nulis masalah inii mikirnya puanjaaaang…
Juli 10, 2008 pukul 3:30 pm |
@cakmoki
Mulai aja cak, emang tidak mudah, termasuk buat diri kita sendiri yang udah terlajur di ajari saat di FK bahwa memakai puyer itu gak apa apa. merubah paradigma diri sendiri aja butuh perjuangan apalagi saat diterapkan pada kegiatan kita sehari hari. tapi seribu langkah hanya bisa dilakukan bila dimulai dengan satu langkah dulu.
Juli 17, 2008 pukul 1:11 am |
solusi buat selain puyer itu menurut dokter gimana? kita kan bikin puyer karena pengen dapat dosis yang pas dan mudah ditelan sama anak-anak. Nah, kalau kita mau pakai syrup, belum tentu komposisinya seperti yang kita inginkan. Kalau kita pakai tablet, dosisnya terlalu besar buat anak-anak dan susah ditelan. Jadi bagusnya gimana ya? kalau di luar negeri emang gimana?
Agustus 22, 2008 pukul 10:43 pm |
Setuju… Emang susah juga ngitung2 berat badan anak, usia dll… Selama ada yg bentuk syrup, mending saya pake yg praktis aja…
Lagian kasian yg jaga apotek hehehe….
Agustus 25, 2008 pukul 5:17 pm |
@Tika
Tidak semua sirup juga sesuai, perlu pembelajaran agar masyarakat ngerti mana obat yang bener mana yang asal laku. Kalo yang jaga apotik…ya emang tugasnya
September 20, 2008 pukul 11:51 am |
Alhamdulillah….
Akhirnya sedikit demi sedikit sudah banyak dokter yang sadar….
Semoga saja kesadarannya senantiasa bisa istiqomah.amiiin
wassalam,
bapakeghozan
September 22, 2008 pukul 4:43 am |
@bapakeghozan
terima kasih, memang tidak semudah membalik telapak tangan, apalagi saya bekerja di instansi pemerintah. Padahal anggota dan dokter di milis sehat sebagian besar bekerja di sektor swata sehingga mungkin jarang berhubungan dengan askeskin, jamkesmas, Astek, dll. Hal itu membuat keadaan tidak semudah yang diceritakan di milis, namun sampe saat ini saya selalu berusaha sebaik mungkin.
September 26, 2008 pukul 6:10 pm |
Dok,sy krj di puskes yg mana jatah sirup amat minim.bhkn bbrp bln ini AB yg msh melimpah cm tetra n kloramfnkl.lha kl mau gak pk puyer,piye carane dok?klpun diresepin utk beli obt sirup di luar,pasien pkm kan rata2 gak mampu.i don’t have any other choice.gmn dong dok?
September 27, 2008 pukul 5:18 am |
@yaya
memang sulit buat kita yang kerja di instansi pemerintah karena para pejabat kita belum faham masalah Rasional Use of Drug (RUD), saya juga alami hal yg sama di tempat kerja terutama bila berhubungan dengan askes atau askeskin/jamkesmas. Prinsipnya kita berusaha sebaik mungkin sambil memberi informasi bahwa hal ini penting, buat yang kondisi sekarang di PKM kalo memang tidak ada pilihan ya gimana lagi. Cuman kita perlu membatasi diri dalam penggunaan AB, penyakit yg memang gak perlu AB seperti flu, demam berdarah tidak perlu diberikan AB.
Oktober 23, 2008 pukul 12:46 pm |
dokter anak yg langganan anak saya selalu kasih sirup. Sirupnya diracik di apotek miliknya sendiri. Beliau namanya : dr. Nurrachim, SpA (K) ,
praktek dan tinggal (dan punya apotek) di Jl. Purwakarta – Antapani – Bandung.
Beliau orangnya care, komunikatif, suka ngelucu. dan ….semua pasien dipukul rata harga konsultasinya , yaitu : Rp 70.000,- ( saat ini Okt 2008).
semuaaanya di tarif segitu. Dan…..semuanya sudah include sekitar 2 atau 3 botol sirup obatnya.
Nggak heran, tempat praktek si dokter selalu …setiap hari ( kec. hari tgl merah) selaluuu spt ada “pesta ulang tahun anak2″.
Soalnya pasiennya shft pagi suka 180 orang, shift sore s/d malam juga 150 an anak.
Bayangkan!
Oktober 25, 2008 pukul 5:25 am |
@Hilda Purnamasai
Membayangkan
Nopember 5, 2008 pukul 10:27 pm |
apa ada keputusan idai gitu ?
Nopember 9, 2008 pukul 3:35 pm |
@draguscn
Belum, nanti saya kirimi artikel lewat email
Nopember 10, 2008 pukul 4:50 pm |
Sangat menarik membaca tulisan Anda, apalagi komentar2 dari teman sejawat Bung Dokter. Selamat berjuang ya Dok, saya doakan semoga suatu saat nanti “Puyer Pasti Berlalu”.
Ada hal lain yg saya harapkan dari para teman sejawat Dokter.
Mari yuk kita ber ijtihad, iqro lagi, ada apa dibalik ‘comfort zone’ peresepan puyer ini, adakah masalah yg timbul dari interaksi antar obat, toksisitasnya, efektifitas dilihat dari farmakokinetiknya, lama waktu yg dibutuhkan untuk meraciknya? dll dll….
Secara logika WHO dan 90% negara2 di dunia (sudah) melarang peresepan obat racika (puyer), harusnya kita semua, tenaga medis dan non-medis berfikir, apakah puyer tidak lebih mudharat dibandingkan segala keyakinan utk justifikasi meresepkan puyer yg selama rekan sejawat Dokter lakukan? Khususnya @ Fauzin…
mohon pecerahannya Dok.
wass,
hafiizh
Januari 6, 2009 pukul 2:04 pm |
[...] http://dokterearekcilik.wordpress.com/2008/04/20/badai-puyer-pasti-berlalu/ [...]
Januari 25, 2009 pukul 12:32 pm |
puyer merupakan obat yang tidak rasional, coba lihat dalam puyer ada berapa macam obat? kalo dokter seh tahu jenis obat apa ajah yang diraciknya, trus orang awam? belum tentu..kalo pun ditanya belum banyak dokter yang mau jawab dengan jujur. Pengalaman saya, ada diantara racikan puyer obat yang sebenarnya tidak diperlukan.
saya salut dengan dokterarekcilik, sudah berani terbuka. budaya puyer menurut saya harus dihapuskan, ini karena efeknya pasti besar, bahan kimia, racun yang terserap pada tubuh pasti punya efek negatif pada tubuh, terutama anak-anak. kalo ada yang bilang belum ada kasus, apa kita musti tunggu ada kasus? khas indonesia banget.
ingat, obat itu tetaplah racun buat tubuh, jadi harus bijak dalam penggunaannya. Kalau anak sakit, seperti flu atau pilek biasa, menurut saya kalau memang tidak terlalu berbahaya biarkan saja sembuh sendiri, lah wong anak demam itu kan berarti tubuhnya sedang menyembuhkan dirinya sendiri. ada kalanya dokter menuliskan resep puyer atau antibiotik, karena tidak tahu sebenarnya pasiennya sakit apa, jadi biar gampang kasih ajah puyer atau antibiotik.
Januari 28, 2009 pukul 2:35 pm |
kalo puyer nanti berlalu, masa kecil akan lebih bahagia. pait banget bos… kebawa sampe gede rasanya.
Januari 28, 2009 pukul 7:37 pm |
Pil pun masih terasa pahit… apalagi puyer dan kehidupan
Januari 29, 2009 pukul 5:07 am |
@jim
Thanks for your comment, tapi dalam kehidupan nyata tidak sesederhana gitu. Banyak alasan yg membuat dokter mengambil cara pengobatan dengan puyer. Anyway sebaiknya diskusikan dengan baik agar terjalin komunikasi antar dokter dan pasien.
@the.light.bearer
Semoga akan terwjud suatu waktu
@Astri
Februari 13, 2009 pukul 1:58 pm |
puyer adalah bagian kecil dari RUM
biarlah masyarakat yg menentukan.
SAYUR (SAY no to puYeR)
wassalam,
bapakeghozan
Februari 13, 2009 pukul 5:04 pm |
Seneng rasanya menyadari bahwa banyak dokter dan tenaga kesehatan lain yang terus menerus mengevaluasi diri…untuk menuju kepada kebaikan…
Sukses terus Dok…
Februari 13, 2009 pukul 5:50 pm |
Thanks dok … I get a new information from your explanation. But why other doctor try to ask the media stopping this information. even he wants other doctors not to inform to public or mass media without early internal discussion between doctors.
mm, anywei doc … wanna send me email … for references
Februari 14, 2009 pukul 12:18 am |
@bapakeghozan
Sayur ketupat eeeh… thanks udah mampir
@Sandhy ED
Thanks Shandy, sukses juga buat kamu
@Novi Okezone
akan saya kontak lewat email juga cuman ingetin kalo lama nggak kontak karena pelupa .. maklum
He…he.. tahu juga lu kalo ada “internal discussion between doctors” , orang yang mengatakan bahwa sarung tangan penting unutk mencegah penularan penyakit dan kebersihan ditentang habis habisan di zamannya. 100 tahun setelah itu baru pendapatnya terbukti benar dan dipake sampe sekarang. So apa yang diperjuangkan sekarang belum tentu berbuah sekarang mungkin untuk zaman anak cucu kita
Februari 14, 2009 pukul 11:35 am |
“Beri saya satu tuas dan satu tempat berdiri yang kokoh, saya pun akan menggerakkan bumi.”Archimedes
Sekecil apapun dukungan Anda, akan sangat berarti buat Rakyat Indonesia.
Mungkin Kita tidak akan pernah merasakannya, namun anak, cucu dan cicit Kita semoga bisa merasakannya.
Petisi : Say No To Puyer
http://petisi.org/node/13
Terima kasih
Senyum Indonesia,
Rakyat Indonesia yang mendambakan kesehatan
Februari 16, 2009 pukul 9:46 am |
Jazakallah dok infonya, bagi kami selaku konsumen bentuk obat merupakan bentuk apresiasi kami kepada para tenaga medis yang sudah ada. Untuk itu perlu ada kerjasama yang baik dan bijak antara dokter dan apoteker dalam pelayanan dan pengabdiannya pada konsumen. Jadi biar tidak ada misskomunikasi antar keduanya yang ujung-ujungnya DOKTER dan APOTIK nye untung sedangkan konsumen MALAH BUNTUNG akibat salah memberi resep. KAPAN TEMAN-TEMAN IDI DAN IDAI SIAP “BERCERAI DG PUYER”?
Februari 17, 2009 pukul 1:10 pm |
[...] Sumber : Dokterarekcilik [...]
Februari 17, 2009 pukul 1:13 pm |
[...] tebal untuk memberikan pemahaman yang benar kepada kita semua seputar obat racikan melalui posting puyer pasti berlalu. *hehehe…koyok lagu [...]
Februari 17, 2009 pukul 5:33 pm |
Permasalahan kesehatan di negeri kita ini kompleks sekali, memperdebatkan puyer sebenarnya hanya bagian yang sangat kecil, tapi tidak apalah karena niatan untuk memperbaiki diri.
Hal lain yang sangat perlu direspon adalah bagaimana dengan tenaga lain (perawat dan bidan bahkan beberapa toko obat) yang tanpa bekal ilmu Farmakologi dan Farmasi melakukan praktek pengobatan yang diantaranya juga membuat puyer.
Dan kelihatannya arah kebijakan/pembangunan kesehatan juga kurang sinkron kaitan dengan pengobatan yang rasional, coba lihat program Ibu menkes kita, toko obat dijadikan apotik rakyat (tanpa apoteker), melalui program DESA SIAGA bidan diharapkan / diperkenankan melakukan pengobatan. Di sisi lain telah dibuat per-UU-annya yang konteksnya kebijakan di atas itu justru melanggar UU yang telah dibuat.
Soooo PUSINGGGGGGGGGGGGG
Februari 18, 2009 pukul 11:13 pm |
@Zuhri
Iya betul, permasalahan peredaran obat yang tidak terkendali juga masalah besar yang gak ada solusinya sampe sekarang. Pemerintah belum mikir sampe sedeetail itu ….. masih ngurusin apa bisa menjabat lagi setelah pemilu tahun 2009
Februari 19, 2009 pukul 6:27 pm |
kalo puyer bermasalah,pake aja sirup kan lebih uenaaak,ndak pahiiiiiit,so pasti anak2 pada demen,githcu aja………gimana pak dokter….?????
Februari 24, 2009 pukul 11:22 pm |
@yani
Setujuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuu !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!