Vaksin diare……coming soon

Beritanya akan ada vaksin untuk diare…… apa bener ??? Kalo bener berarti tidak ada anak yang diare lagi….terus perusahaan oralit gimana ??? bisa bangkrut…..obat obat diare siapa yang beli ??? Dokterearekcilik bakal berkurang pasiennya ??? Ah mungkin hanya isu saja…….

Diare masih jadi salah satu penyebab kematian di dunia nyata….nggak ada yg diare di dunia maya :D…Menurut data Badan Kesehatan Dunia (WHO), diare masih jadi penyebab nomor satu kematian balita di seluruh dunia. Di Indonesia, diare adalah pembunuh balita nomor dua setelah ISPA (Infeksi Saluran Pernapasan Akut). Sementara UNICEF (Badan Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk urusan anak) memperkirakan bahwa, setiap 30 detik ada satu anak yang meninggal dunia karena diare. Di Indonesia, setiap tahun 100.000 balita meninggal karena diare…. Waah ngeri ya…. Jadi diare perlu diwaspadai

Penyebab diare bermacam macam antara lain: infeksi virus, bakteri, parasit juga bisa karena alergi namun dari semua penyebab yang paling sering adalah virus…..dari semua virus yang jadi penyebab diare ada satu yang paling sering yaitu rotavirus, sekitar 60% dari penyebab diare disebabkan oleh si virus yang namanya rota ini :)

Naah dalam waktu dekat…mungkin 3 – 4 bulan lagi di Indonesia akan ada vaksin untuk mencegah diare yang disebabkan rotavirus, sebenarnya di luar negeri udah lama ada tapi ya kayak biasa kita mesti belakangan…tapi gak apa apa biar tahu kalo ada efek samping gak kena kita duluan.*thinking positive*. Tapi ingat lho…ini hanya mencegah diare yang disebabkan rotavirus….lha kalo sebabnya virus lain atau bakteri…ya tetep aja kena diare. Tapi lumayan kok kalo bisa mencegah sekitar 60% diare kan bagus….hitungan kasarnya bisa mencegah 6 dari 10 kali diare kan lumayan sekali… atau mencegah 6 dari 10 anak diare secara epidemiologis kan berguna.

Berita buruknya….vaksin ini tidak termasuk dalam program pemerintah…jadi ya harus beli alias bayar sendiri….harganya sekitar 150-200ribu sekali vaksin *selentingan dari kasak kusuk yang belum tentu benar* J. Berita baiknya buat anak anak …. Ini gak disuntik tapi diteteskan ke mulut…. Horeee anak anak gak nangis….. tapi kantong ortu jadi agak tipis :( Vaksin ini diberikan pertama pada umur 6 -12 minggu dan yang kedua diberikan dengan interval 8 minggu. Sebaiknya tidak diberikan pada anak diatas 24 bulan tapi ada produk yang memakai batas 32 minggu. Ada 2 jenis vaksin rotavirus yaitu rotarix: diberikan 2 kali sedangkan rota teq: diberikan 3 kali. Kita tunggu aja mana yang duluan muncul.

Kejadian ikutan pasca imunisasi yang adalah diare, muntah dan dengan tapi semuanya sekitar 10% aja. Hal yang bisa mempengaruhi kekuatan vaksin antara lain: bila diberikan bersama vaksin polio yang tetes mulut, atau sedang ada infeksi pada usus ananda. Yaaa namanya juga buatan manusia gak aa yang sempurna tapi kita kan wajib berusaha.

Sampe saat ini belum beredar isunya karena nunggu persetujuan dari Badan POM dan instansi lain yang terkait…..biasa birokrasi….tapi gak apa apa demi keamanan kita semua juga sih.

Kalo mau yang murah ada juga…. ya jaga aja kebersihan dengan cara lama tapi masih sangat manjur :

1. Mencuci tangan pakai sabun dengan benar pada lima waktu penting:

a) sebelum makan

b) setelah buang air besar

c) sebelum memegang bayi

d) setelah menceboki anak dan

e) sebelum menyiapkan makanan

2. Meminum air minum sehat, atau air yang telah diolah, antara lain dengan cara merebus, pemanasan    dengan sinar matahari atau proses klorinasi

3. Pengelolaan sampah yang baik supaya makanan tidak tercemar serangga (lalat, kecoa, kutu, lipas, dll)

4. Membuang air besar dan air kecil pada tempatnya, sebaiknya menggunakan jamban dengan tangki septik.

Semoga ananda selalu sehat dan gak kena diare…… tapi dengan imunisasi penyakit bisa dicegah

About these ads

17 Tanggapan to “Vaksin diare……coming soon”

  1. sibermedik Says:

    yah berarti diare causa basiler dan amuba belum bisa dicegah via vaksin ya?

  2. mila Says:

    thanks infonya, dok! knp sebaiknya tidak untuk anak di atas 24 bulan ya? anakku udah umur 28 bulan, by the time vaksinnya masuk indonesia, anakku udah 32 bulan. gmn dok?

  3. Sir Arthur Moerz Says:

    nanti dikembangkan lagi kan…

  4. dokterearekcilik Says:

    @sibermedik
    Ya iya lah…. masak ya iya dong :D

    @mila
    saya belum bisa jawab dengan pasti, nanti tunggu vaksin launching aja, biasanya ada seminar + diskusi dengan pakar tentang masalah seoerti itu.

    @Sir Arthur Moerz
    Semoga…..:)

  5. aRuL Says:

    iyah yang penting jaga kesehatan aja dok yah :D

  6. wilis Says:

    Sebelumnya salam kenal Dok.
    Iya yang penting mencegah. Kalau sudah ada vaksin diare bagus juga kali yaa. Sayang mahal. Kasihan ibu-ibu di Posyandu. jadi kita ibu-ibu PKK giat kampanye handwashing with soap.
    Btw, Dok anak ke 2 saya suka pileg, ada sinus memang tapi masih ringan. Tapi tiba-tiba semalam nangis karena telinganya sakit…waduh kasihan sekali..bagaiana sih pertolongan pertamanya?
    Bar kenalan terus konsultasi.
    Maturnuwun Dkter.

  7. dokterearekcilik Says:

    @aRuL
    ya rul….. jangan cuci tangan rul kalo mau makan ikan bakar :D

    @wilis
    Salam kenal juga, cuci tangan gak kalah canggih kok asal dilakukan dengan baik dan benar :) Kalo sering pilek biasanya telinga tengah bisa sakit karena tekanan turun (hidrops) atau ada infeksi di telinga tengah. Pake obat tetes hidung, diteteskan pada sisi yang sakit kemudian miring ke sisi yang sakit selama 10-15 menit. Agar saluran antara hidung dan telinga terbuka, bila tidak membaik ya ke dokter THT biar dilihat apakah ada masalah lain. Yang paling dikuatirkan infeksi telinga tengah yg bisa membuat gendang telinga lubang, kalo lubang kesian nanti pendengarannya bisa berkurang. Semoga ananda segera sembuh.

  8. andy15 Says:

    waduh kalau diare bisa menyebabkan kematian yo? adik ku sering kena diare

  9. dokterearekcilik Says:

    @andy15
    Asal diatasi sejak dini gak masalah kok, yang bahaya kalo dibiarkan sampe kebablasan.

  10. shanti Says:

    Alhamdulillah sudah ada vaksinnya di Indo. Latifah waktu 10 bln sempat kena Rotavirus sehingga harus opname, kelupaan mo ngasi vaksin rotavirus karena tidak dicover asuransi jadi dokternya tidak menawarkan. Di sini kalo diare ga pernah dimampetin dok, jadi hanya diobservasi dan diberi oralit/infus. Apa memang benar begitu?

  11. dokterearekcilik Says:

    @shanti
    naaah itu yg bener….gak usah dimampetin, sering ibu pasien mintanya cepet mampet…..ya ditutup gabus aja :D

  12. mamapris Says:

    Dok, kebetulan babyku lahir di Australia. Disana ada vaccin namanya ROTAVIRUS (apa ini yg utk vaksin diare yah??) Nah sampai disini, aku minta DSA utk vaksin anakku itu. Tapi mnrt beliau, byk kejadian di Indonesia, anak2 dokter yang diberi vaksin rotavirus eh malah trouble, masuk RS. Katanya sih ususnya jadi lengket or kebelit (aku kurang jelas jg, lupa yahh pokoknya masalah deh). Jadi disarankan jangan katanya.
    Gimana tuh dok? apakah yg dimaksud di posting ini vaksin yg beda?

  13. dokterearekcilik Says:

    @mamapris
    Ya itu vaksin rotavirus, memang dulu ada kontaversi tentang efek samping rotavirus tsb. Namun sampe saat ini penelitian belum membuktikan bahwa efek samping tsb benar benar terjadi. Di luar negeri hal tsb sudah umum diterima namun di Indonesia belum. Bahkan badan POM juga kayaknya enggan ngasih ijin beredar vaksin ini, konon kabarnya vaksin tsb hanya tinggal tunggu acc BPOM .

  14. santi Says:

    dok, numpang nanya. anak saya dua2nya diare dan muntah-muntah. cuma dalam sehari belum begitu sering sih, ya, sekitar 4-5 kali sehari. dokternya bilang sih kena virus. mungkin virus rotavirus ini kali ya. anak-anak saya ini umurnya 4,7 dan 2,3…masih bisa nggak dikasih vaksin rotarix ini? makasih.

    • dokterearekcilik Says:

      Rotavirus mmg paling sering menyerang anak2, untuk rotarix sampe skrg blm disetujui BPOM. Saya gak tahu alasannya tp pasien saya yg pernah di luar negeri udah dpt umumnya. Rotarix itu blm direkomendasikan untuk anak besar, mungkin penelitiannya blm selesai.

  15. Yoan Says:

    Dok, pengen tanya … kalo usia anakku uda 8 bulan masi bisa vaksin rota nga ya ? hmm…soalnya saya baru2 ini tau soal vaksin rota… thanks ya dok ^^

  16. Anonymous Says:

    Assalammualaikum dok… Mf y dok sy mau nanya, kemarin keponakan sy mengalami diare sekarang sedang drawat d RS d pasang infus sm petugas perawat tetapi pemberian hcl na salah udah hbis 3 btol ternyata untk anak datas 2 thn sdangkan kponakan sy bru 15bln

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 96 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: