Ayo pake tangan kirimu

Heee…jangan pake tangan kiri, begitu biasanya kalo liat ananda pake tangan kiri buat memegang suatu barang apalagi kalo makan. Jangan pake tangan jelek…pake tangan bagus… kenapa kok ada tangan bagus dan ada yang jelek ? Kan sama sama buatan Tuhan, bentuknya juga sama……

Tuhan selalu menciptakan sesuatu dengan guna tertentu termasuk tangan kiri, semua ciptaan Tuhan termasuk tangan kiri adalah hal yang baik ….hanya penggunaannya berbeda – beda. Otak manusia berkembang pesat sejak lahir sampe umur 3 tahun, yang biasanya disebut masa emas, pada masa itu pembelajaran dan stimulasi pada otak sangat penting. Otak terdiri dari belahan otak kanan dan kiri, dengan masing masing tugasnya.

Otak kiri yang juga menggerakkan tangan kanan mendominasi fungsi kecerdasan umum dan intelegensia di mana segala urusan logika, matematis, rasional, hafalan dan sebab akibat. Sedangkan otak kanan yang juga menggerakkan tangan kiri mendominasi fungsi kreatifitas, berpikir bebas, imajinatif, mencoba dan mebuat sesuatu yang baru, pengaturan bentuk dan warna, membuat sajak, puisi serta musik. Juga ada pengaturan emosional di mana terdapat pengendalian diri, kasih sayang, tenggang rasa, empati sensitif, tanggung jawab, kerja keras serta daya tahan. Eh ada yang ketinggalan… hal spiritual seperti iman, ikhlas, budi pekerti, suara hati juga ada di otak kanan.

Melakukan berbagai eksplorasi termasuk mencoba memegang dan melakukan manipulasi benda dengan menggunakan tangan kiri adalah suatu bentuk usaha dari ananda unutk mengembangkan otak kanan mereka. Memang dalam norma dan agama diperintahkan unutk memakai tangan kanan namun itu diberlakukan pada orang dewasa. Pada anak pengertiian tetang baik buruk, benar salah baru bisa diajarkan dengan baik setelah umur 3 tahun di mana otak mereka sudah mencapai 80% orang dewasa.

Jadi saya sarankan biarkan ananda bereksplorasi dengan tangan kirinya, biarkan mereka belajar dan mengembangkan otak kanan agar menjadi kreatif dan imajinatif, setelah umur 3 tahun baru ajarkan konsep mana yang harus dipegang tangan kanan dan mana yang harus dipegang tangan kiri. Saat itu mereka sudah mulai mengerti bila diajarkan hal tersebut, jangan lupa ajarkan dengan kelembutan dan kasih sayang bukan dengan cara yang kasar dan memaksa.

Kadang ada ortu yang demikian inginnya mengajarkan ananda bahwa tangan kanan adalah tangan baik sehingga melarang memakai tangan kiri bahkan ada yang mengikat tangan mereka agar hanya terbiasa pake tangan kanan…. Kesian… mereka cuman anak yang sedang mengembangkan otak mereka, lagian kalo memang mereka kidal gak usah dihalangi, cukup diajarkan mana yang perlu dipegang tangan kanan dan mana yang kiri…. Bukannya yang membuat kidal juga Tuhan.

Kalo pernah dengar multiple intelligence maka itu merupakan suatu cara memadukan antara kemampuan otak kanan dengan otak kiri sehingga kemampuan ananda jadi lebih baik. Selain pandai dalam hal matematika, hafalan, logika namun juga punya budi pekerti, empati, kasih sayang dan kedekatan spiritual.

Semoga dengan membaca tulisan ini bisa membuat mengerti kenapa anak sebelum 3 tahun suka memakai tangan kiri padahal mereka tidak kidal…… ayo anak anak latih otak kananmu ….. pake tangan kirimu :D

About these ads

38 Tanggapan to “Ayo pake tangan kirimu”

  1. evi Says:

    persis, anak saya suka sekali pake tangan kiri. :)
    cuma kadang risih juga kalo menerima pemberian orang lain suka pake tangan kiri, terpaksa saya bilang ‘ayo Nak pake tangan kanan’

  2. rara Says:

    saya tidak melarang anak saya untuk memakai tangan kirinya, sekalipun saat memberikan sesuatu pada orang lain. walaupun sering diprotes oleh
    mbah utinya he..he…

  3. dokterearekcilik Says:

    @evi
    he..he..he yang penting ngasih tahunya kan gak pake marah :D

    @rara
    Urusan dengan keluarga besar selalu rumit, tapi dengan menerangkan baik baik semoga akan diterima.

  4. djjar Says:

    iya…, biar seimbang perkembangan otak kanan dan kirinya ya.

    “Pada anak pengertiian tetang baik buruk, benar salah baru bisa diajarkan dengan baik setelah umur 3 tahun di mana otak mereka sudah mencapai 80% orang dewasa”

    so setelah 3 tahun baru deh… dijelskan ma anak norma n tuntunan yang berlaku…. wah agree bgt…

  5. tiko Says:

    dok, ijin mo buat kliping keluarga dari artikel dokter, boleh ya?!!!
    pliz…
    trims

  6. dokterearekcilik Says:

    @djjar
    Thanks udah mampir

    @tiko
    Silahkan di kliping

  7. mei Says:

    yup setuju banget cak, dan karena tangan kiri kurang terlatih sedari kecil, akhirnya juga kagok kalau mau ngapa2in…

  8. yulita Says:

    bahasan dokter sangat berguna sekali utk kami yg masih punya anak batita. selama ini bpk dan eyang2nya selalu heboh kalo ananda pake tangan kiri. semoga dgn artikel ini akan lebih memberikan pengertian buat kami semua. tks

  9. dokterearekcilik Says:

    @mei
    Saya juga kagok, tapi selalu coba digunakan biar gak kagok. Biarpun udah tua kali masih bisa dilatih :D

    @yulita
    merubah sesuatu gak mesti langsung, setidaknya dengan wacana ini bisa berguna di masa datang

  10. Gustin Says:

    salam kenal dok, mau ikutan komen nih,
    > gimana kaitannya dengan pembiasaan? anak diarahkan sejak dini menggunakan tangan kanan untuk makan, memberikan / menerima sesuatu dr orang lain agar terbiasa. baru setelah 3 tahun dipahamkan maksudnya & tentang norma.
    > juga tentang tangan kidal, apakah itu sebabnya bukan karena kebiasaan? anak terbiasa menngunakan tangan kiri, sehingga motorik tangan kanan lebih lemah.
    > untuk menyeimbangkan otak kanan & kiri bisa digunakan latihan / aktifitas2 lain yang tidak berkaitan dengan norma. gimana dok?

  11. Abu Hasan Says:

    Hanya saja klo memasukkan makanan ke mulut jangan pakai tangan kiri,karena Rosululloh SAW bersabda kpd Umar bin Salamah: ‘wahai anak,sebutlah nama Alloh dan makanlah dg tangan kananmu dan makanlah apa yg di depanmu’ (Muttafaq’alaih),walaupun anak blm tahu benar/salah,setidaknya ini adalah bagian pendidikan akhlaq bg anak,khususnya anak2 yg beragama Islam

  12. dokterearekcilik Says:

    @Gustin
    Setuju, ilmu boleh selangit tapi agama dan norma tetap harus lebih diutamakan

    @Abu Hasan
    Yup setuju, saya juga tahu hadits itu. selanjutnya idem dengan komen @Gustin

  13. Astri Says:

    Duh kasian amat sih Norma, lidahnya pasti kegigit-gigit :-p

  14. dani Says:

    utk motorik, saya cenderung ngebebasin si kecil
    biar imbang
    utk si norma, masi prioritas tangan kanan sih… :)

    tp buat bapaknya, maaf, tangan kiri ngemil, tangan kanan bs di touchpad, hp, pulpen..kebiasaan mungkin..

  15. soyjoy76 Says:

    Makasih pencerahannya Dok… Anak saya juga cenderung ngapa-ngapain pake tangan kiri.. Ntar kalo dah agak gedean baru saya usahain ngasih pengarahan. Mudah2an belum jadi kebiasaan…

  16. dokterearekcilik Says:

    @astri :mrgreen:

    @dani
    Hayo pake tangan kanan makannya :shock:

    @soyjoy76
    Semoga jadi anak yang baik, Amin

  17. aRuL Says:

    gara2 aktif tangan kiri, sy jadi kidal nih :D hehehe

  18. farida Says:

    anak saya sering menggunakan tangan kiri. Mungkin karena ia sering digendong di sebelah kiri. Otomatis, tangan kanannya kejepit tangan yang gendong. Apa nantinya tidak menjadi kebiasaan dan menjadikan tangan kiri lebih dominan? Thanks, dok..

  19. dokterearekcilik Says:

    @farida
    kayaknya bukan itu yg jadi penyebab, namun bisa jadi menambah kebiasaan ananda…. yang penting saat umur 3 tahun udah benar benar diajarkan pake tangan kanan untuk kegiatan X dan pake tangan kiri untuk kegiatan Y….. semoga bisa membantu

  20. anisa rachma Says:

    dok, apa kalo tangan kiri kurang dipergunakan, bisa berakibat fungsi2 yang diemban otak kanan kurang maksimal dan berfungsi, misalnya seseorang jadi kurang kreatif, atau kurang dari sisi emosionil (kurang empati, kasih sayang dll), dan kurang budi pekerti?
    btw, trims dok, tulisannya menambah pengetahuan buat bekal mendidik anak2ku..

  21. Sibagariang Says:

    Memang benar y dikatakan dokterearekcilik, terdapat perbedaan fungsi antara otak kiri dan kanan. Semua tergantung orang tua bagaimana menilai sisi baiknya atau normanya. kenapa tangan kanan dibuat untuk makan? Itu semua karena udah kebiasaan kita dari jaman dolo tentang etika, dan tangan kiri digunakan untuk cebok.. Hehehe.. Maaf.. Seandainya jaman dulu dibalikkan gimana yah? Hehehe.. Tetapi apakah penggunaan tangan kiri atau kidal ada hubungannya dengan IQ? apakah orang y kidal kemampuan logika atau y disebutkan diatas dibawah kemampuan y sering menggunakan tangn kanan? Hehehe..

  22. dokterearekcilik Says:

    @anisa rahmad
    Iya , teorinya begitu…. tapi kan itu hanya satu sisi, bukan hanya krn arang pke tangan kiri terus jadi gak beretika atau sama sekali gak kreatif, hanya saja bila semua dijalankan dengan baik maka hasilnya dihaapkan lebih optimal…. makanya disarankan mengaktifkan tangan kiri

    @Sibagariang
    Trims buat komennya

  23. InDi Says:

    Hi.. Om,, Lam kenal yaa..
    HeHe.. Mampir jalan2,,aduh..yg læn koq pada mama-mama..Hehe..
    Jd g enk..
    Gt yaa om,, emg q jg sering dger pentingnyaa keseimbgan otk knan-kiri..
    Cnthnyaa aq d skul d kelas yg ankx n0tabene jebolan olmpiade,,tp da jga yg jwr mtematika intrnsi0nal tp kmampuan otak knanx ga jelaas.. G bsa nymbung laa,om kL bareng yg lain.. Pdhl pntr bgt matmatikanyaa..
    Gt yaa kL g imbang,,om?Hehe
    kL uda rmaja msh pnting g c,om nglth gtuan? KL q c srg dgrin atau main musik,,gt d smpg belajar rumus yg tuntutan skul biar ga stres sebelah, hehe
    Kpn2 de kL ngtik sms pk tgan kiri. . Hehe

  24. dokterearekcilik Says:

    @InDi
    Belum ada kepastian ttg gunanya saat remaja atau dewasa, tapi ada teori brain plasticity yg berpendapat selama masih hidup tetap ada bagian otak yg bisa dikembangkan dengan latihan… contoh ekstrim orang kena stroke… biarpun udah tuir tp kalo mau berlatih sebagian besar kemampuannya bisa kembali…. so selamat mencoba dan jangan makan pake tangan kiri :grin:

  25. necel Says:

    Kalo kita sering mempergunakan tangan kiri berarti diharapkan akan meningkatkan kemampuan otak kanan. Trus ada pengaruhnya ga dengan kemampuan otak kiri yang sudah ada, apa jadi berkurang (ibarat timbangan gitu, kalo kiri naik kanan turun dan sebaliknya). Mohon penjelasan. Khawatir nanti jadi bodo

  26. dokterearekcilik Says:

    @necel
    Kok sampe sekarang gak ada teori ttg model timbangan gitu…. yg sudah berkembang ya tetep aja…. sedangkan yg belum berkembang dilatih untuk berkembang… sama sama maju

  27. MR.PUFF Says:

    tangan kiri juga ada gunanya kow……..
    malahan setiap pagi selalu digunakan sama banyk orang
    biasanya kan setiap pagi tangan kiri selalu digunakan oleh orang untuk membersihkan……………………………..????????????

    tau sendiri lach…..
    orang setiap pagi selalu dilakuin…
    hik..hik..hik..

  28. Olivia Jaflaun Says:

    Dok.. artikelnya bagus niy.. ijin untuk copas yaa… Thanks

  29. dokterearekcilik Says:

    Oke……… silahkan

  30. lezdye Says:

    aku suka tangan kiri.
    alx org kidal is very creatif………….

  31. mama bintang Says:

    dok..mkasih banyak ya..artikelnya sangat membantu..justru ini yg sering jd perdebatan antara saya dan suami..karena suami saya sering menegur saya jika saya melarang anak balita kami untuk menggunakan tangan kirinya.(.suami sy bilang untuk keseimbangan otak kanan dan kirinya..)sedangkan sy yang org awam jg blm pernah baca referensi ttg penggunaan tangan kiri…nah sekarang sdh benar2 terjawab..dan sy jg bs sharing hal ini dgn teman2 sy…makasih ya dok..

  32. montokd2p Says:

    Dok, klo anakku (4 thn peyempuan) kanan kiri kyaknya imbang tuch (apalagi klo lg nonjok, berasa bo).

    Cm mslahnya Ga ngerti dgn kata “jangan ato ga boleh”
    Contoh ” jgn ke teras dulu ya mbak, bibi lg nyepel, lantainya kan licin nanti mbak jatuh”

    Blum ada 1 menit dibilangin bgitu, udah dger aja suaranya nangis (jatuh kepeleset)

    Jujur aja kita (ortunya) jd agak binggung, apa yg kita larang sepertinya “malah nyuruh”, begitu kita suruh ya “nambah”
    Trus gmn dok?

    Cm dr ke 3 anak (calon 4), yg no.3 ini kyknya paling wah,
    Ya wah pinternya,cerdiknya,ngomongnya,dll. (boong jg ding)

    Anak ke 1 ( laki ) : klas 6,
    Anak ke 2 (perempuan) : klas 2 Anak ke 3 (perempuan) : Paud, Calon anak ke 4 : di kandungan ( 7 bln ). Bnyak banget, tape dach.

    Makasih infonya, o ya lam kenal dok….hehehe….

  33. montokd2p Says:

    Ya di cuekin dech

    “ulet…ulet……bulu…..bulu….
    Kepompong kupu-kupu kasian dech lu”

  34. Rebecca Says:

    saya setuju dgn hal ini =) krn saya termasuk orang kidal
    dan apa yang dikatakan disaini betul adany

  35. Winarto Says:

    Kebetulan anak saya Kembar Dok, sekarang 8 thn. Yang satu Kidal. Dan saya memang senang anak saya kidal sehingga sejak masuk TK pun saya melarang sekolah untuk merubah kebiasaan dia yang Kidal. Sekarang saya ingin dia belajar membedakan kapan penggunaan tangan kanan atau tangan kirinya. Cuma saya agak khawatir kalau terjadi problem secara psikologis. Artinya anak nantinya jadi canggung dan ada proses diinternal pikiran dia selalu ngambang. Mohon pencerahan. Terima kasih

  36. fatkhur Says:

    ajaran agama islam tdk ada yg merugikan umatnya,jadi jangan sekali kali membuat aturan sendiri menurut kemauan hawa nafsu yg menerjang aturan agama.
    anak harus di didik semenjak ia dilahirkan walau hanya dg memberikan contoh.
    belajarlah agama islam dg kaffah..

  37. anang1985 Says:

    lakukan kebaikan dengan tangan kananmu……..agama islam mengajarkan hal tersebut,,,

  38. Suci Nurhayati Says:

    Kalau saya sekarang kasih pengertian,ade tangan kanan itu kan buat makan,kalau tangan kiri kotor kan suka buat bersihin kotoran…kalau kadang lagi kesel suka marah juga,agak keras gitu…tp anak saya malah ikutan balik marah ma saya…

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 96 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: