Flu Singapura… apa bener bener flu ?

Hebohnya berita tentang flu singapura membuat saya jadi pengen nulis masalah ini…. Sebenernya ini Hand, Foot and Mouth Disease alias HMFD yaitu penyakit yg menyerang tangan, kaki dan mulut …. Gak ada komponen flu di penyakit ini… lha kok bisa jadi flu singapura di media ….

Saya pernah membuat tinjauan pustaka tentang penyakit ini saat saya masih sekolah spesialis…. Karena kuatir ilmunya sudah berubah jadi nyoba googling ke internet… dengan kata kunci Singapore Flu…. Ternyata gak muncul artikel ilmiah …. Hanya ada media dari Indonesia yg memberitakan hal tersebut. Jadinya berkesimpulan itu istilah dari media di Indonesia yg tidak punya dasar ilmiah sama sekali.

Penyakit ini memang awalnya ditengarai muncul di Singapura dan Malaysia kemudian dengan kelancaran sarana transportasi maka ikut ke Indonesia bersama pegunjung yg baru pulang dari sana. Artikel ilmiah tentang HMFD cukup banyak dan penyakit yg disebabkan virus Coxsackie A16 dan Enterovirus 71…. Dari kedua virus itu yg pertama lebih sering menyebabkan penyakit yg ringan sedangkan yang kedua kadang bisa berakibat fatal …. Komplikasi yg ditakutkan adalah radang paru dan radang otak yang berat.

Penularannya melalui kontak langsung dari orang ke orang yaitu melalui percikan air liur, pilek, tinja, cairan dari lepuhan yg terjadi pada kulit.

Gejala yang timbul demam ringan 2-3 hari, diikuti sakit leher, nafsu makan menurun, seperti pada umumnya penyakit yg disebabkan virus lainnyajuga ada gejala seperti flu ringan. Bentukan menonjol yg berisi cairan ….”bahasa kedokterannya vesikel tapi nyoba cari di segala kamus kok gak ada bahasa indonesianya… jadi aku sebut seperti maksudnya aja” :roll: …….dapat timbul di tangan kaki dengan tanda khas timbul juga di telapak tangan…. Ini berbeda dengan cacar air yg tidak pernah timbul di telapak tagan maupun kaki. Benjolan tersebut kemudian bisa pecah dan menjadi luka, betukan ini juga dapat timbul lidah, gusi, pipi sebelah dalam….. bayangkan sakitnya dan akan menimulkan rasa nyeri sehingga sukar untuk menelan. Umumnya penyakit ini membaik sendiri dalam 7-10 hari.

Tidak ada pengobatan spesifik untuk penyakit ini, hanya pengobatan suportif untuk mengurangi rasa nyeri dan ketidaknyamanan. Pada kasus yg berat dapat timbul infeksi di otak…. Dari beberapa penelitian didapatkan bahwa anak yang menderita infeksi otak sebelumnya mengalami mimpi buruk, sangat rewel pada malam hari… dikuti dengan demam tinggi, muntah dan kekakuan pada leher. Pada infeksi paru yg berat anak akan tampak sesak dan gelisah, bahkan ada yg batuk darah

Baca di koran dinamai flu singapura ya heran…. Mungkin ada sedikit gejala flu itu jadi dianggap flu … walaupun itu termasuk ngawur :oops::mrgreen: yang heran lagi ada mesin detektor flu Singapura di bandara…. Opo bener itu… lha wong virus harus diperiksa dengan cara khusus dan sampe saat ini belum sampe pada tahap bisa di scan langsung tahu virusnya…..kok tahu tahu ada mesin kayak gitu di sana….. ngakak juga liat nya :grin:

Apapun yg penting tahu ini penyakit apa dan jaga kesehatan jangan sampe terkena

About these ads

10 Tanggapan to “Flu Singapura… apa bener bener flu ?”

  1. fahmi! Says:

    kemaren mbada di detik.com ada lagi yg baru, flu babi. nah lo.

  2. omibud Says:

    takutnya ntar flu singapore ama flu babi berkolaborasi…. hiiiiii…. ngeri dok…..

  3. Djatmiko Tri S. Says:

    ada banyak macam istilah flu impor seperti..flu hongkong, flu singapore, flu burung dan terakir flu babi(meksiko), gimana ya..kalo flu impor atau flu indonesia…..dahsyattttttt

  4. dokterearekcilik Says:

    @fahmi
    Iya.. itu mengerikan

    @omibud
    Kayaknya niru koalisi para politisi :lol:

    @Djatmiko Tri S
    kekkekek :lol:

  5. How I Shed Thirty Póunds in Only a Month Says:

    Hi, interesting post. I have been thinking about this topic,so thanks for writing. I’ll probably be subscribing to your blog. Keep up the good work

  6. hikarianna Says:

    wahhhh :D

  7. hikmah abdat Says:

    apa kbr dktr..ini masalah saya sdri….asal muasalx anak2 sy sakit bergantian. tentux sy menjaga,yg akhirnya sy g tidur 3 hr.besok pagix lutut kanan sy bengkak.hampir g bs jln.d tmbh lg siangx sy pingsan.yg nolongin salah angkat,lutut yg bengkak d angkat,saking sakitx sy smpai g jd pingsan.setelah itu lutut sy tmbh bengkak.terapi d dktr fisioterapy d manyar tirtomoyo(d panasi,ultrasound,laser),5x terapi sy berhenti.dktr bilang cuma kecapean.itu dah sebln lalu. skrng k dua lutut sy sakit,terasa pns d dlm.tangan kanan br hr ini terasa dingin,napas terasa sesak(g ada sakit asma).seminggu yg lalu k dktr lain d bilang pengapuran.sebaikx k dktr ahli apa yg sesuai,usia sy 35thn.sakit apa yaa.apa bkn flu singapur. d tunggu jwban ya..thxs yaa dkter.

  8. SUDIR Says:

    NAMA DOKTERNA H1N1 YA

  9. Nining Azza Says:

    gimana kalo kita export flu indonesia…..biar orang asing ngrasain…

  10. Anonymous Says:

    makasih infony

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 96 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: