Mengapa bayi menangis saat dilahirkan ?

Berbagai jawaban pasti mucul… mulai yang konyol, mitos, mengira-ngira berusaha ilmiah dll. Ada yang bilang menangis karena melihat dunia penuh kemaksiatan dan dosa… ada yang bilang kaget liat dokter dan perawatnya ok gede gede… pokoknya macem macem lah jawabannya… tapi sekarang saya bahas dai sisi yang lain lagi….. sisi bayinya sendiri  :P

Selama 9 bulan mulai dari setitik air hingga menjadi janin bayi begitu dekat dengan ibunya, merasakan segala perasaan baik dan buruk dari ibunda, bisa mendengar suara dan musik yang ada dan didengarkan bersama ibunda. Teori bahwa mendengar lagu Mozart meningkatkan kecerdasan bayi tentunya berasal dari asumsi bahwa bayi dan ibu ikut mendengar lagu tersebut, merasakan keindahan bersama… menimbulkan ketenangan bersama hingga meningkatkan kinerja dan metabolisme sehingga perkembangan jadi baik…. Setiap waktu si bayi mendengarkan denyut jantung, suara napas ibunda, suatu hal yang menenangkan dia karena tahu ibunda selalu berada didekatnya. :cool:

So, sewaktu lahir ke dunia ini bayi harus bernapas sendiri ….pada bayi yg sehat tentunya…. Kemudian dia merasa dijauhkan dari ibunya… tidak ada denyut jantung yang menenangkan dia,  suara baru yg ramai mengagetkan bayi dan dia ingin segera dekat ibunda agar merasa aman. Makanya muncul cara baru yg disebut Inisiasi Munyusu Dini (IMD)… bukan menyusu pada mbak Dini :lol: …maaf buat yg bernama Dini kqkqkq… IMD merupakan cara mendekatkan diri bayi kepada ibu mengarah pada kodrat yg sebenarnya. Begitu lahir bayi diletakkan pada dada ibu agar dia mendengar kembali denyut jantung ibunda, setelah itu rangsang bau susu membuat dia secara naluri akan berusaha bergerak ke arah areola ibu untuk mulai menyusui… ini merupakan awal kehidupan yang baik

Namun teori ini tidak selalu disetujui… bahkan petugas kesehatan sekalipun… bagitu bayi lahir langsung dipindah ke ruangan lain yg berjauhan dengan ibunda, dengan alasan, agar bayinya lebih terpantau atau dihangatkan dulu atau ibunya lagi capek… pokoknya macam macam alasan buat memisahkan :sad: Lha ini ibu dan anak udah bersama sama selama 9 bulan… berdekatan tapi belum ketemu langsung… lha saat udah bisa ketemu kok malah dipisah … kasian :sad:

Kalo aja bayi bisa ngomong atau kita bisa baca pikirannya pasti dia bilang gini: hak saya untuk ketemu ibunda saya kok dirampas :!: … hak saya mendapat ASI kok dirampas :!: … emang cuman orang dewasa yang boleh punya HAM :!:… biar kecil saya ini manusia …. Jadi punya HAM juga :!: :mad: … Perlu diketahui bahwa menyusui pada anak adalah hak bayi… kewajiban ibu memenuhi hal itu dan tidak boleh seorangpun menghalanginya. Kalo dari sisi agama islam itu ada di Alquran… di pernyataan WHO juga ada…

Masih ada …(atau banyak ya)…Rumah Sakit (RS) yg merasa bahwa memisahkan bayi dari ibundanya adalah cara terbaik untuk merawat bayi, kalo ada oknum RS yg bilang… mulai jaman Belanda cara ini udah dipake… dan paling baik… :shock:  Grrrr :evil:… b*g* amat, itu duluuuuuu… di belanda sekarang udah IMD….. dasar dodol :mad: …. Sampe tahun 1960 an di Eropa dan negara maju lainnya hanya 1 dari 5 bayi yg pake ASI… sekarang terbalik dari 5 bayi..4 pake ASI…. Berarti keadaan  kita masih sama dengan mereka tahun 1960 an… makanya ayo maju… jangan mundur terus…. beri ASI pada anak2 kita …. jangan termakan iklan sufor

Karena itu masyarakat juga harus ikut meminta pada petugas kesehatan kalo melahirkan ananda langsung didekatkan dengan ibunda, agar cara ini semakin meluas dan diterima banyak pihak… diakhir posting ini saya menampilkan film tentang IMD yg dilakukan di Klaten… membuktikan bahwa orang Indonesia … juga bisa IMD…

50 Tanggapan to “Mengapa bayi menangis saat dilahirkan ?”

  1. nika Says:

    wa.. nice article. untungnya kemaren 3 juli 09 waktu lahiran di sakinah idaman udah paham betul IMD. walau tidak saya minta bayi langsung di tempelkan di dada. dan awal2 pun tidak diberikan sufor meski ASI saya belum keluar. mereka menyediakan sufor di ruang bayi tapi hanya untuk ibu yang meminta saja baru diberikan. kepada saya mereka menanyakan apakah diberi ASI? waktu saya jawab iya, sudah tidak dicekoki rayuan sufor seperti masih banyak RS atau klinik lain. recomended bgt buat yg di jogja kalau mau mencari tempat melahirka yg pro ASI.

    • bundanya Klayca Says:

      iiih sammma bu (tapi lain RSB ya bu)… kalyca ga langsung nempel ke dada saya (ndadak dibersihin dulu), perawate nanya mau dikasih sufor ga. jelas aja saya bilang ngga. trus langsung dikasih ke saya buat IMD. sampe sekarang maunya ASI terus (sekarang jadi binun nek nyapih ASI *2 th* nanti gimana)… hehehe

  2. Helman Says:

    Iya mas, secara natural ternyata bayi emang lebih tenang di tangan ibunya. Sayang emang, sosialisasi semacam ini masih jarang di RS-RS kita. Atau mungkin awareness emang masih perlu dibangun di kalangan para orangtua (dan calon ortu), sebagai pendidikan konsumen sebelum berhadapan dengan prosedur rumah sakit. Selama ini, banyak konsumen yang masih terlalu nurut ke RS karena ngga punya background valid untuk berargumen.

    Acara awareness-campaign IMD kaya kemarin yang diadain pak dokter terbukti sangat bermanfaat dan membuka wawasan.

    Keep on spreading valuable info ya mas…hehehehe…

  3. ratna Says:

    Siip..
    Setuju Dok..
    moga RS sdkt dmi sdkit bisa mlksnkan prgrm IMD y dok, dgn bgtu qta bisa memanusiakan bayi dan memberikan haknya mulai dari kecil :)
    Semoga bayi2 bisa lebih berkualitas dengan adanya IMD.. amiin.. ;)

  4. woro Says:

    waaahhh… waktu saya melahirkan, saya langsung dipisahkan oleh bayi saya. huhuhu. teganya ya pihak rumah sakit nya yang di beji itu…. dan akhirnya, bayi saya kenal sufor duluan deh dibanding ibunya. alhamdulillah, sekarang tetep lengket kok sama ibunya.. alias apa2 maunya sama umiiiii mulu….

    • Asay Kasih Says:

      sama.krn saya cecar jd baby langsung di pisahkan dr saya.br bsknya saya br belajar jalan dan saya bs menyusuinya.tp saya msh bersyukur baby msh bs liat saya dan merasakan ciuman hangat saya…………….tp skrg baby jg tetap dkt dgn saya kok apapun hny dgn mamanya………………..

  5. dokterearekcilik Says:

    @nika
    Ikut senang ada tempat melahirkan yg begitu… semoga yang lain nyusul

    @Helman
    Thanks… pokoknya saling memberi info agar semakin banyak yg tahu masalah ini

    @woro
    Asyiiik… semoga ananda selalu dekat ama Uminya

  6. irma-NTB Says:

    ijin copas lg dok :))

  7. Ria - Solo Says:

    Ijin copas juga ya pak doktere arek cilik….sekalian link kesini boleh yaa..semoga bisa menambah ilmu saya…..matur nuwun.Mungkin kalo punya baby nanti perlu ada PERJANJIAN TERTULIS sama pak dokter dan perawat bahwa ” SAYA MAU IMD” trus di cap jempol dan bermeterai…hehehe..

  8. dokterearekcilik Says:

    @Ria_Solo
    Silahkan di link, bbrp orang sudah menjalankan hal tsb saat akan melahirkan

    @irma-NTB
    Silahkan copas :grin:

    @ratna
    Setuju…. berjuang terus buat para bayi… :wink:

  9. SIBAGARIANG Says:

    izin copas dokter.. makasih..

  10. Lex dePraxis Says:

    Jadi jika dibalik, AMANKAH bila bayi lahir tanpa menangis-nangis?

    Lex dePraxis
    Romantic Renaissance

  11. dokterearekcilik Says:

    @SIBAGARIANG
    Silahkan di copas

    @Lex
    ya itu sih tergantung keadaan, pada bayi lahir bila tidak menangis harus ditentukan dia dalam kondisi kekurangan oksigen atau tidak. Bila kekurangan oksigen aias asfiksia maka harus diakukan resusitasi atau penyelamatan… sampe kondisi bayi stabil. Dalam kondisi seperti itu bayi dipantau dulu sebelum disusukan pada ibu

  12. Xell Says:

    Aku mau nanya aja Dok,anaku sariawan,ga mau makan ato su2,aku khawatir bgt,krn ga mau makannya ini,bagaimana baiknya ya?thx.

  13. dokterearekcilik Says:

    @Xell
    Coba minum sedikit2, kalo perlu disendokin. Makanan coba yg cair kalo perlu pake bubur halus dulu sementara. Kalo tetep gak ada perbaikan segera ke dokter untuk mengetahui masalahnya lebih jelas

  14. Dumdum Says:

    Bos dokter, bahas masalah vaksinasi MMR donks..please.

  15. dokterearekcilik Says:

    @Dumdum
    Usul diterima :D

  16. ruri-depok Says:

    hik sedih nih klo liat IMD gini :(. saya waktu lahiran anak pertama febuari kemaren gagal IMD, saya lahiran di salah satu RS gede di cinere, di RS itu poster2 IMD n ASIX lumayan banyak loh.
    emang waktu itu bayi langsung ditaro di dada, tapi cuman sebentar doang gak ada 5 mntan kali, trus diambil katanya mau dibersihin ntar keburu dingin, saya cmn bisa bengong, pdhl dokter obgyn saya termasuk dokter favorit yg pasiennya bnyak banget dan praktek di 3 RS, 2 diantaranya RS yg bisa dibilang mewah. dokternya kliatan buru2 gitu gak tau mau ngejar praktek lagi or gmn ndak ngerti deh :(
    kayanya IMD gini hrs lebih didengung2kan & dikampanyekan besar2an kali ya, trutama sama para pelayan kesehatan.
    RS besar, dokter top gak ngejamin.

  17. dokterearekcilik Says:

    @ruri-depok
    Ya emang sekarang lagi kampanye agar semua jajaran kesehatan mau mendukung IMD, gak mudah emang tapi kalo gak mulai sekarang kapan lagi…..

  18. Sewa Projector Murah Says:

    itu menandakan bayi yang dilahirkan sehat

  19. Kolonjono Says:

    Setuju IMD, tapi anak saya koq dari sejak lahir sama sekali gak mau nyusu ASI ya, padahal lahiran di RS bersalin yg support IMD, saya curiga mungkin dari hari pertama kelahiran sudah dikasih dot susu formula mungkin ya…

  20. Allamanda Syifa Says:

    Kalo menurut hadits sih, bayi nangis krn lambungnya ditusuk iblis (dlm tafsir ibnu katsir)
    tp namanya jg anak2, y nangislah.. Serem ngliat makhluk2 aneh mengelilinginya. Hik3

    eh cak, wong suroboyo tah?

  21. pitek Says:

    Haha jadi ingat dulu waktu IMD belum ngetop banget,pernah nyoba ke pasien, bayinya malah bobo di dada ibunya, sudah sejam kemudian dia baru bangun nyari2 puting ibunya. Bayi kecapekan juga kali ya…
    Ngelakuin IMD kudu SABAR.

  22. frezy Says:

    wah,, wah,, wah,,
    artikelnya bagus nih..
    lumayan buat pembelajaran buat calon istri saya kelak..
    meskipun masih lama sih..
    hehehe,,

  23. unga Says:

    assalamu alaykum
    mampir2 dok… ^^

  24. Ibu Nadine Says:

    Penjelasan yg logis, Dok. :)
    Dan rasanya benar juga kali ya, soale waktu anak saya lahir nuangis kenceng spontan (alhamdulillah) dan lsg cep tenang ketika ber-IMD-ria, padahal cuma ditempelin di dada emak’e :D

  25. Nizma Says:

    dok bagus banget videonya, duh bener2 tercekat aku dok. alhamdulillah anak ke2 dan ke3 bisa IMD. tapi IMDnya diarahkan untuk nyusu, bukan nyari sendiri. gpp deh yg penting moment pas bayinya ditaruh didada kita itu priceless banget….
    aku ijin share ya dok

  26. bundanya Klayca Says:

    wah pas lahir kalyca langsung dibersihin, setengah jam kemudian baru dikasih ke aku buat IMD… ga sempet protes… cebel deh aaah…

  27. masrizaql Says:

    ijin copas dok, makasih..:)

  28. masrizal Says:

    ijin copas dok, makasih…:)

  29. rini Says:

    asalamualaikum….jd sedih kl ingat hampir satu stengah th yg lalu ak melahirkan bayiku tp ak pegang dia pertama x stelah5 hr ak melahirkan.hr ke4ak cuma melihat dia.krn anakku msh bth perawatan.wkt itu ak lhrin sesar.ak plng dr rmh skt tanpa anakku.anakku msh di rmhskt.tp besokny,suami lngsng jemput bayiku dirmhskt

  30. ummi zaza Says:

    hmm…anak kedua ku nanti hrs IMD…!!!!
    pas lahiran anak pertama 4 bulan yang lalu maunya IMD tapi waktu aku mau meletakkan anakku ke dada malah dibilang ortu dan mertua blm boleh karena akunya amis habis melahirkan…gimana ya biar mereka ngerti soal IMD….

  31. kenny Says:

    Pak dokter, salut berat atas upaya reach out nya dengan artikel yang mudah dimengerti namun sarat informasi. Tetap menulis dok! Saya berkenalan dengan IMD ini untuk anak ke-2 oleh bidan di Yokohama. anak ke-1 sayangnya tidak dapat kesempatan emas itu.

  32. dokterearekcilik Says:

    terima kasih buat yg udah pada mampir biarpun blog ini sudah 9 bulan saya terlantarkan. semoga kunjungan teman2 bisa menambah semangat saya untuk kembali membenahi blog ini

  33. fauzi Says:

    Dok tanya diluar bahasan ya. Istri aku hamil 7 bulan. ni mau mudik ke LA (lamongan :) ). bahaya gak cak ? soale perjalanannya tu sekitar 4 s/d 5 jam. n jalan yang jombang babat tu lo om yang bikin ngeri. gronjal2. n aku rencananya naik bis umum bos. maklum… orang miskin. gimana dok? agak khawatir aku…. n apa ada tips biar aman? apa enaknya istriku g usah puasa ya dok? mohon pencerahan

  34. rina Says:

    Malam pak dokter, mau nanya tentang autisme, saya punya keponakan umur 8 bulan, entah kenapa saya merasa ada yang rada aneh dengan perkembangannya, (kalo dibandingkan dengan anak kecil yang lain). Misalnya:
    1. Wajahnya itu selalu sendu, gak ceria, kalo digoda (dikudang) sama sekali tidak ada ekspresi, padahal godanya juga cukup lama. dia hanya melihat yang menggoda tanpa senyum sedikitpun.
    2. Saat ini dia baru bisa tengkurap dan duduk, belum bisa merangkak. Bisa mengucap kata maem-maem berulang-ulang.
    3. Kalo diberi mainan dia kurang merespon, tapi kalo ada orang pegang hp langsung direbut.
    4. Kalo melihat orang yang tidak dikenal dia kadang menatap lama, kemudian langsung nangis. Nangisnya pun juga diawali dengan gerakan bibir berbentuk U terbalik, tersedu-sedu dan langsung tumpah air mata. wow. Kadang saya tertawa liat ekspresinya itu, tapi juga agak cemas dengan ekspresi yang lain.
    5. Pernah dia dipijat tapi tidak nangis sama sekali, hanya diam saja, begitu pula saat mandi, tidak ada reaksi sama sekali.

    Pertanyaan saya, apakah itu masih normal untuk anak seusia dia? saya cemas dia kena autis, meski mudah-mudahan itu tidak terjadi dan hanya keterlambatan bereaksi saja. Demikian, atas jawabannya saya ucapkan terima kasih.

  35. dewi berbudi Says:

    salam kenal dok
    cucok banget itu ulasan panjenengan yang di atas. saya pernah mengalami di sebuah rumah sakit di sby, waktu ngelahirin anak kedua. begitu lahir anak saya langsung dibersihin, tanpa ada penawaran IMD. trus beberapa saat kemudian, waktu keluar dari kamar bersalin menuju ke kamar rawat inap, si suster langsung nanya mau dikasi sufor apa. saya langsung mbatin “WTH!!” (cuma mbatin ;) ) alesannya si baby nangis terus dan kasian ibunya capek. Ya iyalah nangis terus, lha wong langsung diambil dan dimandiken gitu. saya aja kalo bangun tidur langsung dimandiken pastinya nangis juga at least ngamuk2, berhubung baby ngga bisa ngamuk2 jadinya ya nangis, ya ga dok? he3. saya sempet su’udhon juga apa perawatnya gak mau repot atau karena saya pasien askes jadi perlakuannya begitu, entahlah.

    alhamd anak ke3 saya (yang lahir di RS yang berbeda) sempat mengalami IMD meskipun gak terlalu sukses (babynya cuma diem aja, tengak-tengok dan gak mau nyusu). dan nggak tau apakah itu efek dari IMD, saya ngerasa kelekatan dengan saya lebih besar dibanding kakak2nya yang gak mengalami IMD.

    trims untuk infonya dok, semoga bmanfaat n barokah, amiin

  36. amim soeyadi Says:

    thanks atas infonya…sangat bermanfaat

  37. noya Says:

    salam kenal dok
    3th tinggal di sidoarjo, punya balita tp blm pernah kenalan sm dr rizal (kemana aja ya ^,^)
    lairan anak pertm,di RS delta surya sy ngg mikir IMD, krn nerves bgt ngadepin opr SC. lairan anak kedua di RS usada, walo SC sy minta IMD, tp malah diketawain sm perawat dan bidan RS,”ibu kan sc, ya ngg bs IMD” trus opr blm selesai, seingat sy, dsog sdh meninggalkan ruangan, mmg bayi sdh keluar,mgkn tinggal tugas2 asisten saja.apa mmg boleh bgitu dok?*curcol*
    terima kasih..

  38. Farid Omar Says:

    Sangat setujuuuuuuuuu….:)

  39. Imelda Hasibuan Simanjuntak Says:

    sukaaaaa banget dengan artikel ini…saya jg breatfeeding supporter..huehehe….jempol utk pak dokter..(sambil sok mikir seandeinya semua dokter dan tenaga medis punya pola yang sama seperti ini)…sukses buat pak dokter..!

  40. irfan Says:

    Stuju

  41. nora Says:

    salam pak dokter, saya mau tanya mslh imunisasi anak saya skrg dah usia 6 bln, pada usia 2 mggu di BCG tp sampai sekarang jaringan parutnya tdk tampak, apakah masih bisa diulang pd usia tersebut? tks

  42. sri ayu kartika sari Says:

    slam knal dok dok tlong tlis ttang btuk pda byi n flu trims oh ya saya mw nanya jg obt batuk dahan n plek apa x baik n bgus buat bby umur 4bln mksih y dok

  43. Uci Mansyur Says:

    salam kenal dok.. setuju bangetb ma dokter. n jempol deh wat artikelnya..

  44. siena Says:

    krn lewat sc,seharian aku baru liat mybaby…, tega ya dok.. padahal ASI udh deras lho… smg seluruh RS d ind bs sukseskan program IMD tsbt. dok, bayi nangis bukannya d tabok setan jd lupa ama janji sama ALLAH.. tu.. banyak kan yg lupa ibadah yg bener…

  45. obat mata minus ampuh Says:

    bayi menangis saat dilahirkan karena si bayi merasa akan banyak dosa-dosa yang akan dia perbuat kemudian…nebak

Tinggalkan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 94 pengikut lainnya.

