Anakku demam …. pak dokter

Telepon berdering di tengah malam, sambil ngantuk saya angkat telpon itu. Ibu seorang pasien dengan kebingungan karena anaknya demam, anakku demam….pak dokter, diapakan ini. Udah diukur suhunya bu, tanya saya, iya udah suhunya 36,7 derajat celcius…………….. toeng :0 . Lha kan itu suhu normal bu….

Itu adalah salah satu cerita yang mendorong saya menulis tentang demam. Suhu tubuh normal pada manusia 36,5 – 37,5 derajat celcius, memang dalam sehari suhu tidak pernah stabil.Selalu berubah tergantung kegiatan, suhu lingkungan, dll, tapi selama masih dalam batas normal ya gak apa-apa. Saat flu atau sakit kadang suhu bisa mencapai 37,8 derajat celcius.

Diobati enggak ??? Sebenarnya panas bukan musuh manusia, panas timbul sebagai usaha tubuh untuk menghilangkan penyakit dalam tubuh. Tapi jaman sekarang orang tua panik duluan kalo anaknya hangat aja (siapa yang enggak :p ) . Teorinya suhu badan tidak perlu diturunkan bila dibawah 39 derajat celcius, tapi …… takuuut…. Secara gampangnya di dunia nyata ( dunia muggle 🙂 ) kalo suhu diatas 38,5 derajat celcius dan meningkat terus boleh diberikan obat penurun panas. Kecuali bila si kecil punya riwayat kejang maka batas tersebut bisa diturunkan sampe 37,8 derajat celcius. Kompres dengan air masih efektif kok bila suhu dibawah 38,5 derajat celcius. Nah …. setelah tahu yang dimaksud demam kan lumayan, setelah ini akan saya sambung dengan obat penurun panas yang aman lagi halal 🙂 🙂 🙂

45 Tanggapan to “Anakku demam …. pak dokter”

  1. cakmoki Says:

    wah tulisannya enak dibaca, sangat friendly, enjoy … koyok ngobrol berhadapan, …..
    Kalo anak pertama lebih seru kali ya, hangat dikit panik, trus kalo anak nangis ibunya ikutan mbrebes mili.

  2. Lita Says:

    *ngacung* Saya ndak panik, dok :mrgreen:
    Untungnya krucils ngga punya riwayat kejang demam juga. Jadi ya… masih bisa kalem walau termometer kedip-kedip di angka 39,5 Celcius.
    Salam kenal, om dokter 🙂

  3. dokterearekcilik Says:

    @cakmoki
    Terima kasih udah di “besuk” 🙂 jadi terharu juga liat posting-an di blog cak moki. Tadi padahal bikin pagi-pagi sambil pake sarung, trus di update pas jalan-jalan. Sekarang udah dapat 5 komentar, lumayanlah untuk pemula 😀 Anyway thank you for your attention

    @lita
    Terima kasih juga udah di “besuk” :)aku liat blog nya lita udah bagus. Yang dibahas juga cukup detail. Salut deh…. Anyway thank you for your attention

  4. ndarualqaz Says:

    nice info, ntar kalo saya punya anak biar gak gampang panik kalo anget dikit anak saya….

  5. dani iswara Says:

    nah itu info obatnya bakalan menarik jg.. 😀

  6. wulan Says:

    Salam kenal pak Dokter, kayaknya saya bakalan jadi pengunjung setia blog ini, apalagi kalau bukan konsultasi 😀
    Walaupun udah punya 5 anak, tetep saja kalau anak demam saya ekstra waspada, gak panik2 amat sih, cuma sedikit meningkatkan kewaspadaan, mencari gejala-gejala lain yg menyertai panasnya.Ditunggu info kelanjutannya..

  7. samara Says:

    selamat dok, saya senang sekali, jadi bisa konsultasi jika ada kasus2 sulit…kalau baoleh… thanks

  8. almascatie Says:

    baca resensi di cakmoki ternyata josss
    baca tulisan diatas kok kaya ga baca resep dokter ya :mrgreen:
    *salam kenal bu*

  9. oRiDo Says:

    saya sih gak panik..
    karena mikirnya sih biar anak saya gak “lemah” nantinya..
    jd klo baru sakit sedikit aja gak terlalu di “heboh2″in..

    tapi kadang terlintas juga… klo yg namanya penyesalan itu datang klo udh kejadian..
    jadi ya pinter2 liat situasi kondisi si anak aja..
    😉

  10. LeftClick Says:

    jadi pengen punya anak 😀

  11. venus Says:

    asiiikkk, bisa ‘berobat gratis’ kalo precil saya batuk pilek 😀

    *tapi saya bukan muggle, dok. saya wizard, huehehe…

    selamat datang di dunia blog yang warna warni dan ajaib. mari kita kenalan, mari bersalaman. halah. pokoke slamat datang ajah!

  12. nailah zhufairah Says:

    melihat ciri2 di atas sepertinya saya juga agi demam, dok…

  13. dokterearekcilik Says:

    Selamat datang para tamu.. saya sampe kehabisan suguhan 🙂 Gak nyangka tamunya banyak. anyway jadi seneng banyak di besuk he…he…he… Semoga gak bosen namu di blog ini….. jangan lupa bawa oleh-oleh 🙂 )

  14. Nurdin Says:

    Tetap semangat….
    Semoga gak bosen…

  15. Anonim Says:

    muda mudahan tidak bosen jalan jalan kemana, mamper ya.

  16. penggalih Says:

    wahhahahaha..ha,, akhirnya cak moki punya rival

  17. astien Says:

    lam kenal dok…makasih infonya
    soale saya termasuk orang yang panikan kalo anak anget dikit aja…
    blognya boleh saya link dok…boleh ya

  18. dokterearekcilik Says:

    terima kasih mau namu di blog saya… di link atau lonk boleh kok, saya bukan rival cak moki cuman saingan biasa (guyon mode:ON). Penggalih juga calon saingan… cepet lulus yaaa….biar dapet sparing partner tambahan ha…ha..ha Astien jangan panik.. ambil napas…. selamat datang di blog ini

  19. nYam Says:

    *ikut Mbak Lita*

    saya juga ndak panik. eh yang demam bukan arek cilik, tapi calon bapak arek cilik. kompres wae….

  20. Ibu RaVid Says:

    Waktu anak pertama kalo anak demam gak panik, punya anak ke-2 Si Cewek Canteq ;p malah emaknya panik-an, abis kayaknya mas-nya lebih kuat & gak rewel kalo sakit ;o)

    Salam kenal, Dok…

  21. ibu marwan Says:

    apakabar dr riza n astri.lo pak dr kok suka empek empek kalau umi suka enakan rujak cengure. kalau jalan jala maper ya.tak sugui kopi arab korma sambosa duduk dikema dek tengae padang paser bakar ikan kambeng dimakan sama madu hadramaud wadi amed.oyo fesyi duwe blog

  22. dokterearekcilik Says:

    Enak lho empek-empek, fadhil & fadhilah yo doyan. Mene onok pameran rujak cingur nang suroboyo… rame. minggu ngarep deloken nang blog astri. Aku paling doyan madu hadramud….uenaaaak tenan, opo maneh teko wadi amid. Fesi gak duwe blog, males buka internet

  23. Lily Says:

    Nanya dunk Pak Dokter,
    klo ngompres itu baiknya pakai air hangat, biasa atau air es?
    Soalnya kemaren baru dapet info (entah benar atau gak..), klo ngompres pake air es bisa bikin masuk angin <— jadi inget postingan Cakmoki.. ;p

    Makasih sebelumnya ya! 🙂

  24. dokterearekcilik Says:

    maap baru jawab: kompres pake air biasa aja… kalo pake air es bukan jadi masuk angin karena dalam dunia kedokteran istilah masuk angin gak ada. yang dikuatirkan kalo pake air es… saat dikompres pembuluh darah jadi menyempit (vasokonstriksi) sehingga panas malah tersimpan dalam tubuh terus demam jadi sulit turun. Pake air hangat kadang berguna bila suhu tubuh terlalu tinggi karena…. bila panas tinggi terus telalu cepat dingin maka akan ada perbedaan antara suhu permukaan tubuh dengan dalam tubuh. Bila beda suhu permukaan tubuh dengan dalam tubuh >3 derajat C maka penderita akan menggigil. Menggigil meningkatkan metabolisme tubuh, menguras energi dan bisa membuat panas lagi. Jadi menurunkan demam secara bertahap lebih baik….gitu dehh (he…he ngaku yang terakhir copy paste dari jawaban lain..)

  25. mei Says:

    seng panik biasane pakne..mana pabakke itu obat minded banget..sithik2 obat..sithik2 obat..jan khok…

  26. mataharicinta Says:

    dok, mau nanya tentang tumor payudara boleh gak?
    apa iya umur 23 tumor itu bisa berubah jadi kanker payudara?
    soalnya yang saya baca tumor itu usianya dari 15-30. tapi kemaren ada temen yang kabari kalo temen kita meninggal di usia 23 karena kanker payudara itu.
    muhun penjelasannya ya pak dokter….

  27. dokterearekcilik Says:

    @mei
    Bapake…jangan cepet cepet kasih obat….nurut ama mei yaaa…:D

    @mataharicinta
    setiap tumor sebaiknya dilakukan pemeriksaan Patologi Anatomi..gampangnya diliat isinya ganas atau jinak. Supaya ketahuan sejak awal. Umumnya (80-90%) tumor pada umur muda termasuk jinak tapi bisa aja kanker terjadi pada umur muda…yang penting pemeriksaan secara berkala selalu dilakukan untuk memantau perkembangan tumor. kalo kurang jelas nanti bisa tanya lagi

  28. Dhani Says:

    Waduh enak tenan kl bs konsul sm pak dokter, abis ky orang lg ngobrol aja seh. Anakku (14 bln) jg lg sakit nih, demam sampe 39.5 blum turun² juga pdhl dah dikasi paracetamol. Kata dokterku kasi ibuprofen juga, jd diselang seling … walaah mesakake bocahe! Dah 2 hari ni, rencananya besok priksa darah. Doain ya bapak ibu sekalian anakku Pasha gak kena penyakit apapun juga yg serem² itu! Sampe ky zombie nih gak bisa tidur bundanya … hiks!

  29. dokterearekcilik Says:

    @Dhani
    Semoga ananda cepat sembuh, jangan lupa dikompres ya…:)

  30. Dhani Says:

    Halo pak dokter, ternyata anakku Pasha kena DB dan disusul campak juga, waduuh sampe pusing saya. Alhamdulillah sudah membaik keadaannya dan sudah mulai ngglithis lagi. Oya pak dokter, gimana ya caranya buat dia bisa makan nasi? sampe sekarang makannya msh nasi yg lembek gitu, abis kalo dikasi nasi yg biasa kita konsumsi suka blum bisa ngunyah sih jd suka oek oek sendiri … Tapi kalo roti sama krupuk bisa banget! Hehehe … suka aneh tu anak. Nuwun …

  31. dokterearekcilik Says:

    @Dhani
    Adaptasi ke makanan dewasa biasanya pada umur 12 bulan tapi emang ada sebagian anak yg adaptasi ke makanan dewasa agak sulit. Tidak usah terlalu kuatir, cuman perubahan dari nasi lembek ke nasi biasa tahapannya harus lebih pelan. Prinsipnya anak jangan dipaksa makan, usahakan menyediakan makanan dlm bentuk yg menarik biasanya itu lebih berhasil drpd rasa enak tapi bentuk gak karuan. Semoga ananda Pasha selalu sehat. Amin

  32. Bunda Sita Says:

    Kulo nuwun….
    Salam kenal Pak Dokter.
    Ikut baca2 ya, soalnya tulisan2 Pak Dokter banyak manfaatnya, terutama utk ibu baru spt saya.
    Matur nuwun…..

  33. dokterearekcilik Says:

    Salam kenal juga Bunda Sita……… 🙂

  34. lin Says:

    keponakan saya (15 bulan) mengalami demam seminggu yang lalu. 2 hari
    pertama demam, ibunya membawa dia ke dokter dan katanya keponakan
    saya mengalami “demam 5 hari”. tetapi setelah hari ke-4 demamnya
    tidak kunjung hilang. Lalu, ibunya pergi ke dokter lagi dan dokter
    mengatakan kalau setelah 5 hari masih demam, lebih baik dilakukan
    tes darah. Tetapi karena malamnya suhu menjadi 40 C, keesokan pagi
    ibunya pergi ke rumah sakit untuk melakukan tes darah kepada si
    bayi. Hasilnya negatif tifus atau demam berdarah. Lalu dilakukan
    tes urine dan hasilnya ia mengalami infeksi saluran kencing. dari
    hasil tes, sel darah putihnya sangat tinggi. Saya lupa berapa, tapi
    jauh diatas normal ( 5,000-15,000 ). Lalu ia dirawat inap pada hari
    ke-5 sampai hari ini (hari ke – 9) Ia di-infus dan pada hari ke 7 sel darah
    putihnya menjadi rendah (hanya 2000).

    Pada hari ke-8 kembali dilakukan tes darah, dan hasilnya positif tifus. dan dokter masih menggunakan anti boitik yang sama
    dengan yang dia berikan sebelum tifus itu terdeteksi. saya tidak tahu nama anti biotiknya (akan tanya malam ini).

    dokter itu juga mengatakan pada
    saat terjadinay tifus, akanada kemungkinan keponakan saya terkena
    virus kawasaki. apakah itu betul? katanya juga antibiotik harus di
    berikan (disuntik) selama 10 kali baru dapat dilihat hasil kerjanya.
    sampai kemarin malam, antibiotik itu sudah disuntik sebanyak 5 kali.
    berarti kami harus menunggu sekitar 2 hari lagi karena dalam 1 hari
    dokter menyuntikkan 2 kali antibiotik.

    anehnya, saya sama sekali tidak melihat efek dari obat itu. karena
    dari si kecil masuk rumah sakit sampai hari ini dia masih tetap
    demam. apakah memang harus menuggu sampai 10x suntik? apakah tidak
    akan terlihat perubahan sebelum 10x suntik?

    dan siang ini setelah dokter kembali melihat tidak adanya perubahan, ia menyarankan untuk dilakukan cek darah lagi dan sekaligus cek jantung dan THT. Jadi sebetulnya penyakit si kecil itu apa ya dok?

    Sekedar info, paman saya (dari mama) meninggal dunia di usia yang
    sangat muda karena kanker leukemia dan mama saya meninggal 2 bulan
    yang lalu karena septicemia. Asumsi saya, mungkin keluarga mama
    memiliki keturunan dengan ketahanan tubuh yang kurang. Kakak saya
    sendiri baru sembuh dari kanker limfa sekitar 2 tahun yang lalu.

    Saya takut ini terjadi pada keponakan saya. karena mama saya juga meninggal dengan gejala panas yang tidak
    kunjung hilang dan sampai akhirnya merusak semua organ tubuhnya.

    trimz.

  35. lin Says:

    maaf pak baru mulai ngepost uda paling panjang. maklum panik. tolong di bantu ya pak. trimz banyak.. 🙂

  36. dokterearekcilik Says:

    Saya gak liat langsung keponakan Iin jadi pendapat saya tidak bisa dijadikan pedoman karena ang paling tahu keadaa ananda adalah dokter ybs. Cuman sebagai informasi emang rata rata dokter melihat respon pengobatan setelah 3 – 4 hari karena biasanya kadar obat udah baik dan stabil sat itu, bila masih tidak ada respons harus mencari sebab lain dan mungkin perlu perubahan terapi. walaupn tidak mengikuti hukum mendel tapi memang ada kecenderungan kanker pada gen tertentu, tapi tidak bisa diartikan ortu kenker maka anak kanker. Panas pada penderita lekemia disebabkan karena infeksi yang tidak bisa diatasi oleh sel darah putih,ada baiknya Iin mendiskusikan juga hal ini dengan dokter yang memeriksa ananda. semoga keponakan Iin segera sembuh. Maafkan saya kalo tidak memuaskan dalam menjawab karena second opinion hanya berlaku bila kedua dokter sama sama memeriksa penderita.

  37. ANDI HURIANDI Says:

    Jangan lupa apabila anak demam berikan minum yg banyak supaya virusnya terbawa kencing…….Call me 0812-2015764

  38. dokterearekcilik Says:

    @Andi Huriandi
    kayaknya saya belum pernah denger tentang minum banyak bisa membuat virus terbawa kencing. Mungkin andi bisa kasih masukan dimana pernah baca itu

  39. ADI Says:

    DISAAT PAGI HARI KU MAU PERGI KULIAH KULIHAT TEMANKU ARI BELUM BANGUN TERUS SAYA SAMPERIN KE KAMARNYA SAYA TERKEJUT KETIKA MARABA DAHI ARI RUPANYNYA ARI DEMAM DENGAN CEPAT KU MENGAMBIL HANDUK KECIL DIKAMAR KU LALU KU AMBIL AIR ES UNTUK MENURUNKAN PANASNYA DENGAN SIGAP KU MASUK KE KAMARNYA LALU KU CELUPKAN HANDUK KECIL DITANGAN KU KE BASKOM YANG BERISI AIR ES LALU KU PERAS DAN KU TEMPELKAN DIDAHINYA

  40. dokterearekcilik Says:

    @ADI
    Salam kenal ADI, semoga temanmu cepat sembuh

  41. bunda syifa Says:

    Assalamualaikum dr..
    Anak saya syifa 4 bln dah 5 hari demam memang ga tinggi2 bgt 37.5 -38.5 dok?3 hari yg lalu ke DSA didx ISPA(ketularan ibunya) diberi obat renasistin drops 3×0.5,ottopan 4×0.6,neotriaminic 2×0.1,ozen 1×0,1 tp demam nya belum turun ke normal dok..ke DSA obat lanjutkan aja tp saya takut dok demam dah 5 hari..tolong saran ya dok ato obat yang mesti ditambah ato ditukar….

  42. dokterearekcilik Says:

    @bunda syifa
    Dituunggu aja, tapi kalo 2-3 kemudian belum sembuh sebaiknya kontrol ulang

  43. shanti Says:

    dokter yang baik,
    mau nanya nih….
    anak saya Sekar Wangi Indonesia, 8 bln sudah 3 hari ini batuk dan pilek. Oleh dokter, dua hari yll diberikan Nipe, dan Renasistin juga Vometa karena sempat muntah banyak, tapi hanya sekali (yang bikin kami panik dan langsung membawa ke klinik).
    Muntahnya sih berhenti. Tapi batuk pileknya masih,tidak berkurang. tidur jadi sangat terganggu, tidak mau makan, jadi asupan gizinya hanya tergantung dari ASI saja.
    Banyak artikel sudah sy baca mengenai batuk pilek ini. Tapi saya masih saja was was dan kalut, melihat batuk Nesia dan pileknya yang masih “mbeler” deras saja, encer dok.
    Mohon pendapat dokter, apakah benar obat yang sudah dikonsumsi itu? perlukah antibiotik utk anak batuk/pilek?
    Dok, saya tggu jawabannya ya….trims

    shanti
    di Bontang, Kaltim

  44. kimjan Says:

    Dok perkenalkan nama saya okta,putri saya umur 2,8th panas udah 9 hari kadang naik kadang turun, memang tdk terlalu tinggi hanya berkisar antara 37,5 – 38,5,saya kasih bodrexin dan panasnya langsung kembali normal,dan kembali panasnya tidak tentu kadang pagi,kadang malam,kata dokter pencernaan jd di kasih obat maag dan penurun panas krn inveksi, krn sekitar 10bln yg lalu anak saya pernah sakit yg sama, cuma tidak selama ini, hanya 4 hari,tapi obat kali ini tidak di minum krn anak saya paling takut minum obat masuk dan muntah lagi,jd obat maagnya terpaksa saya campur disusu,anak saya punya riwayat typhus juga dok.saya tipe org yg gampang stress dan panik dok,liat anak kaya gini ga bisa tidur kerjapun ga bisa tenang?kenapa ya dok kog panas sampe segitu lama?kenapa ya dok?tolong bantu ya dok,maaf terlalu panjang,many thank untuk pak dokter.

  45. cara menaikkan trombosit Says:

    mau berbag info dengan pembaca blog ini jika ada yang terkena DBD bisa mengkonsumsi susu powermix untuk menaikkan trombosit dan daya tahan tubuhnya

Tinggalkan Balasan

