Merdeka !!!……dari pembajakan

Once upon a time aku membeli komputer (PC) dan minta penjualnya sekalian membelikan operating system yang asli (Wi****)…. Penjual dengan wajah keherananan bertanya …kok …minta yang asli? Ganti saya yang heran…emang kenapa? Kan mahal pak? Lho.. kalo mahal berarti kita boleh nyolong ??? Enggak ah mas kasih yang asli aja…. Beberapa waktu kemudian saya berniat beli MO 2007 original , nyari kemana-mana gak dapet. Akhirnya ke toko tempat beli komputer…. Barangnya ada…tapi penjual masih heran kenapa saya beli yang asli…..mbajak aja mas…gampang, murah lagi.

Penjual : untuk bapak pake kerja dimana

Pembeli : Ya di rumah…. Atau kerja

Penjual : Ngapain pake yang asli ???? Saya kasih bajakan… murah, ditanggung sama !!!

Pembeli : enggak mas …

Ternyata berbuat bener itu sulit, berbuat bener dianggap alien di Indonesia (atau cuman Surabaya aja kali ya 🙂 ) . Kalo semua orang di dunia berjama’ah mencuri bukan berarti hukum mencuri jadi halal… kan tetap haram. Dalam agama apapun mencuri kan haram. Ada teman yang komentar … kan mencuri dari orang Amerika dan Yahudi gak apa apa, mereka kan jahat. Lha yang jahat yang mana ??? Kalo tentara dan pemerintah Amerika atau Yahudi jahat, apa penjual di pasar Amerika atau Israel juga penjahat, terus layak dicuri barangnya ?. Kalo emang gitu berarti sama juga dengan tentara indonesia melanggar HAM di Timor Leste, semua orang Indonesia = jahat dan layak dijarah barangnya…..pemikiran yang aneh. Ini murni masalah jual beli, sederhana dan jelas hukumnya…. Membeli = halal , mencuri/ membajak (atau apapun sebutannya) = haram.

Dengan asumsi (yang semoga salah) 90% komputer di Indonesia memakai pake OS dan Office bajakan berarti dasarnya banyak orang yang udah suka mencuri…tinggal dikembangkan jadi koruptor… gak jauh beda dasarnya. Emang ada isu bahwa Micro**** sengaja masuk di negara yang banyak membajak produknya, supaya suatu waktu mudah merubah untuk beli yang asli karena udah tergantung. Katanya itu bagian dari model blue ocean strategy yang dikembangkan Micro****. Sedangkan di negara yang banyak memakai open source maka Micro**** tidak mau mengembangkan diri. Tapi semua itu tidak membuat mencuri mejadi halal.

Kita punya pilihan… bayar sebagai pembeli atau pake open source . Saya pernah nyoba komputer anak saya (umur 10 tahun) hanya diisi open office ternyata dalam waktu 1-2 hari dia udah lancar. Jadi sebetulnya tidak ada alasan untuk membajak dengan alasan sulit.

Ngelamun mode:ON

Di hari pengadilan terakhir… hisab berlangsung sampe urusan komputer….

Malaikat : Manusia X memakai komputer dengan OS & program program curian. Selama hidup …puluh tahun memasang komputer ….ribu kali, memakai program bajakan….. ribu kali, di klik ….juta kali, menekan keyboard ….. juta kali jadi semuanya di kalkulasi jadi…….. dosanya = …… Eeeh masih ada lagi…..ditambah menyuruh anak-anaknya memakai komputer dengan program bajakan jadi…..dosanya = ….. Ngelamun mode:OFF . Berhenti ah nglamunnya jadi ngeri bayangin itu. Apalagi bayangin pembuat virus perusak komputer dan bikinnya pake program bajakan. Atau penjual program bajakan. Bayangkan kalo kita membelikan komputer untuk anak kita, dengan program bajakan, apa bedanya dengan menyuruh mereka belajar dari buku yang didapat dengan mencuri.

Pada hari kemerdekaan ini saya mengajak seluruh rakyat Indonesia (termasuk para blogger) membebaskan diri dari segala macam pembajakan. Buat diri kita menjadi manusia yang merdeka dari keburukan, bila kita membebaskan keluarga kita dari pembajakan berarti udah berjuang untuk agama, keluarga dan negara. Merdeka !!!

35 Tanggapan to “Merdeka !!!……dari pembajakan”

  1. sibermedik Says:

    di indonesia g ada copyright..yg ada right to copy boz

  2. dokterearekcilik Says:

    @sibermedik
    Emang di Indonesia banyak yang kidal, right diartikan left, lha yang left diartikan right. Ada juga yang netral… suasana right ikut right…suasana left ikut left….. apa itu istilahnya orang yang gitu ??? …oh ya ngathok, bunglon, plinplan, pengkhianat…. [astri] eeeeh udah stop…stop… bangun, nglindur kok gak karuan gitu ya…. [penulis] heee…..heee

  3. dani iswara Says:

    😀 susah jg ya dok..mari mulai dari sktr kita.. 🙂

  4. imcw Says:

    ngomongin ini tidak akan ada ujung dan pangkalnya…semua mempunyai pembenar masing masing…kembalikan ke hati nurani masing masing…

  5. almas Says:

    ada obat bajakan
    ada cd bajakan
    ada baju bajakan
    ada lagu bajakan

    kok ga ada sawah bajakan ya… itung2 swasembada beras lho
    :mrgreen:

  6. dokterearekcilik Says:

    @imcw
    semoga kita berada dijalan yang benar, dan kita memulai yang benar dari diri dan keluarga kita

    @almas
    kalo koruptor bajakan ??? gak tahu lah tambah bingung

  7. dwi Says:

    Kmren wi make xp bjkan, tp g nyman euy scra kl update kan ada genuine validation.
    Skr wi make vista yg genuine.
    Aman damai tentram 😉

  8. dokterearekcilik Says:

    @dwi
    Selamat hidup dalam kedamaian…..enak kok pake yang asli….

  9. cakmoki Says:

    Setuju Bos…
    Sak enak-enaknya yang bajakan lebih enak yang asli, … atau gratisan, open source, freeware … aman dan damai 🙂
    Merdeka !!!

  10. IsMa Says:

    di indonesia kebanyakan operating system yang ada memang bajakan (terutama MW). hanya sdikit yang menggunakan versi aslinya. Karena memang gratisan, ga perlu bayar ke perusahaan yang bikinnya. para mahasiswa juga (yang dibilang kaum intelek) tetep aja pakai bajakan.

    termasuk saya juga… 😦
    saya belom bisa pakai yang asli..ingin sih, tapi yang ngurusin kantor, jadi terima apa adanya saja dulu. mungkin nanti (semoga aja) bisa secepatnya memakai yang asli.

  11. hmcahyo Says:

    kalo untuk pribadi LINUX very GOOD.. tapi pas tak instal di kantor WAH pada protes… padahal udah tak kasih yang enak (KNOPPIX, SUSE & PCLINUXOS, KULIAX) jadi ya… bajakan lagi 😦

  12. mei Says:

    hmmm…kantorku pake bajakan gak ya??gak ngerti aku rek..hehe, lha cuman asal nggawe sih..

    tapi kalau masalah bajak membajak ya semuanya emang tergantung dari pribadi pak dokter. Lha sekarang masalahnya kalau mau beli asli ndak duwe duit piye jal??ya mbalik maning nang bajakan to =(

  13. Astri Says:

    @mei
    ada alternatif gak mbajak kok bu Mei. Pake freeware 😀 namanya aja freeware ya gak bayar, gak dosa, paling mesti belajar ekstra lagi dikit 😀 dan file extensions-nya bisa diubah menjadi kayak yang biasa dibajak sehingga filenya bisa dibaca di program yang sesuai.
    ada linknya kok di blog ini yang pake OO.

  14. dokterearekcilik Says:

    @cakmoki
    merdeka juga cak moki…..

    @IsMa
    Yang penting tahu dulu..setelah itu usaha….

    @hmcahyo
    aku pengen pake LINUX….. bosen pake Windows

    @mei
    Lha kalo semua barang mahal diperbolehkan dibajak & dicuri ….nanti mobil krn mahal boleh dicuri… TV yang mahal boleh dicuri karena mahal…. lagian astri bener…kalo ada yang freeware kenapa pake yg bajakan….

  15. vino Says:

    disini sudah MERDEKA lho
    buat ngebajak

    *begitu ??*

  16. dokterearekcilik Says:

    Ya itu kayak katanya sibermedik : ” di indonesia g ada copyright..yg ada right to copy boz” …………….. *nglirik ke komentar #1*

  17. Domba Garut! Says:

    perlu kerjasama dan pemahaman bersama akalu dengan adanya bajakan ini – ongkos harga yang asli jadi lebih mahal 😀

  18. Domba Garut! Says:

    perlu kerjasama dan pemahaman bersama kalau kedepannyadibearlakukan kebijakan anti-pembajakan, ya untukf software, danlain sebagainya – dengan adanya bajakan ini – ongkos harga yang asli jadi lebih mahal 😀

  19. metty Says:

    kalau text book buat kuliah gimana?
    kalau mesti beli yg asli, wah, gak pinter2 org indonesia nanti.

  20. dokterearekcilik Says:

    @domba garut
    MO 2007 home & student edition 1,3 jt…. standard edition US $300… edisi lain lebih mahal. Pake home & student edition cukup kok, udah ada word, excel, power point & one note. Kalo yg standar malah gak ada one note. Untuk institusi terutama pendidikan diskon bisa sampe 80%…kerjasama tetap diperlukan…kemauan juga….

    @metty
    itu jadi pemikiran saya juga, cuman hukum untuk mengkopi di Indonesia yg pernah saya baca ada kalimat :” diperbolehkan memperbanyak tanpa tujuan komersial…” mungkin maksudnya boleh ngopi tapi gak boleh dijual sebagai dagangan di toko… saya sedang belajar tentang hal tsb…kasih masukan yaaaaa.. thanks

  21. funkshit Says:

    saya sudah ada win ori tapi kok masih instal yang bajakan yach 😀
    entah kenaapa

  22. dokterearekcilik Says:

    @funkshit
    tinggal selangkah aja kok jadi ori….:D

  23. ndarualqaz Says:

    bajak …. ayo bajak sawah… eh…. kok malah mbajak sawah…

    soal pengalaman OS bajakan emang sangat mengerikan di indonesia. Saya main ke bandung, ke sebuah universitas besar, saya tanya soal serian number OS yang mereka pake, ternyata sama dengan serial number OS yang dipake di sebuah universitas di jawa tengah, dan sama pula dengan yang dipake di sebuah sma di madiun…… ribuan komputer kok serial numbernya cuma satu…???? jangan2 dulunya hanya ada satu orang indonesia ynag beli asli, kemudian tu dibajak dan di sebarin ke seluruh indonesia…????

  24. ndarualqaz Says:

    makanya…. untuk melawan pembajakan, dan juga tetap menjalankan penghematan…. GANTI OS DAN SOFTWARE ANDA DENGAN OS DAN SOFTWARE OPEN SOURCE…. HIDUP LINUX…. HIDUP UBUNTU…. HIDUP OPEN OFFICE….

    halah, ujung-ujungnya promosi……

  25. ndarualqaz Says:

    hehehe, sekalian hetriks…

  26. Kobal Sangaji Says:

    wah ya mending pake linux aja deh aman sentosa…..

  27. dokterearekcilik Says:

    @ndarualqaz
    Promosi open source halal kok ….mungkin malah berpahala…. 🙂

    @Kobal Sangaji
    Amaaaaaaaaaaaaan……Linuuuuuuuuuuuuuuux
    Btw ada cerita polisi pas nggrebek warnet yg pake linux, ternyata yg grebek tidak tahu kalo linux open source. Sempet ngotot mau ditangkep. Setelah pemilik warnet ngotot & polisi ngecek ke temennya yg ngerti komputer akhirnya …… bebas.

  28. marwan Says:

    aslkm..
    salam kenal..
    hmm bicara masalah bajakan mah indonesia nomor 1..
    jangankan program sekelak microsoft yang harga muahal banget.. kaset2 yang harganya 20rban ajah masih dibajak, bahkan bajak kuadrat (sudah bajakan, dibajak lg pula,,,)
    tp jujur seh, dilaptop gue ini, g ada 1 pun program yang asli..hihihi..
    peace yawh,,,
    wassalam

  29. dokterearekcilik Says:

    @marwan
    salam kenal… hmmm 🙂

  30. Agam Says:

    Ya, emang sih. Ada benernya juga.
    Tapi mo gimana lagi. Yg asli harganya selangit.
    Apalagi harga di Indonesia disamakan dng yg di luar, ya mana kita mampu. Penghasilan per kapitanya aja beda jauh. Ongkos hidupnya pun beda jauh.
    Contohnya nih. Internet. Kalo gak salah di Inggris harga per jamnya bisa sampe 90 ribu. Soalnya nilai tukar poundsterling lebih mahal. Kalo harga itu diterapin di Indonesia, pasti sedikit banget yg pake Internet. Ya, begitu pula dng software, dll.
    Akibatnya timbullah pembajakan. Itu udah hukum alam. Coba Microsoft mau bermurah hati menurunkan harga Windows untuk negara2 berkembang, pasti akan lebih laris, insyaAllah.

  31. dokterearekcilik Says:

    @Agam
    Namanya hukum islam tidak akan berubah dengan alasan apapun, harga mobil mahal …tapi kita tetap diharamkan mencuri mobil. Kita tidak boleh menggunakan agama hanya kalo sesuai selera kita, giliran tidak sesuai selera dan kantong eeeh nyuri deh, mengamalkan agama harus total. Kalo karena mahal mencuri jadi halal waaah repot dong. Lagi pula kalo kita sedunia mencuri Alloh tidak rugi…yang rugi kita sendiri. Lagian ada alternatif lain, misalnya pake Linux, kalo gak bisa pake Linux ya belajar. Office nya bisa pake open office, sama aja tuh. Anak saya aja bisa pake open office 🙂 diajarin sehari udah bisa ngetik pake open office…masak yang lebih pandai gak bisa ? Microsoft office yang home & student edition harganya 1,3 jutaan, lebih murah jauh dibanding yang standar atau bisnis. Lagi pula sekarang microsoft lagi ngasih diskon dengan merilis MICROSOFT OFFICE ULTIMATE suite, khusus untuk mahasiswa. harga untuk mahasiswa di luar US 18 euro, itu sekitar 234.000 dengan euro=Rp.13.000. Itu udah ada word, excel, power point, outlook, access, publisher, onenote, groove & infopath. Jadi mencuri tetep haram, pake bajakan tetep haram…yang membuat kita tetep memakai barang haram ya… nafsu kita… apalagi bulan puasa. Apa puasa kita diterima kalo puasa sambil mencuri ?????

  32. Anonim Says:

    SAY NO TO BAJAKAN! SAY YES TO BACK UP AN!

  33. dokterearekcilik Says:

    @anonim
    setuju pak…atau bu ???

  34. Alexwebmaster Says:

    Hello webmaster
    I would like to share with you a link to your site
    write me here preonrelt@mail.ru

  35. annisa Says:

    Saya pernah berpikir kalau di komputer ada fungsi copy paste, berarti apakah akan jadi muncul hak seseorang untuk mengCoPas data apapun di dalam komputer itu ke FD, CD, dll milik seseorang itu? Apa harus izin dulu ke orang yg punya data? Atau mungkin CoPas boleh2 saja, tapi jangan diperbanyak & diperjualbelikan? *sempat takut CoPas2 =_=*

    Oke tulisannya. TFS dok ^_^

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: