Penyakit Kawasaki … jangan dibawa ke bengkel ya..

Denger namanya aja mungkin langsung berpikir ke arah sepeda motor …. Terus apa gak ada merek penyakit yang lain 🙂 Penyakit ini awalnya disebut mucocutaneous lymph syndrome, karena ditemukan Tomisaku Kawasaki pada tahun 1967 maka kemudian disebut Penyakit Kawasaki. Ini asli penyakit masusia dan tidak ada hubungan dengan sepeda motor, jadi jangan dibawa ke bengkel kalo tahu ada yang sakit gini…..

Penyakit Kawasaki 80% terjadi pada balita, jarang pada usia di bawah 3 bulan atau di atas 8 tahun, 50% kasus terjadi pada usia 1-2 tahun. Penyakit ini merupakan penyakit yang dipicu oleh infeksi namun akibat yang terjadi lebih diakibatkan respon tubuh yang tidak sesuai, penyakit ini menimbulkan keradangan berat pada pembuluh darah dengan predileksi pada arteri koroner di jantung. Pembuluh darah yang terkena akan menjadi dilatasi (melebar) dan aneurisma (menggembung pada tempat tertentu). Penyakit yang tidak terdiagnosa akan menyebabkan kerusakan pada arteri koroner jantung yang berpotensi menjadi penyakit jantung koroner pada usia muda.

Ada 6 gejala yang terjadi pada fase akut (10 hari pertama sakit) :

1. Penyakit ini timbul mendadak dengan gejala awal demam tinggi yang dapat mencapai 41°C dan bersifat hilang timbul. Demam ini tidak respon terhadap pemberian antibiotik. Pada kasus yang tidak diobati, demam dapat berlangsung selama 1-2 mnggu, bahkan bisa 3-4 minggu. Dalam 2-5 hari setelah demam, gejala akan muncul.

2. Konjungtivitis (radang pada mata dengan tanda kemerahan pada mata) kedua mata tanpa ada kotoran mata.

3. Perubahan pada mulut: bibir yang merah terang yang kemudian menjadi pecah & berdarah, lidah merah (strawberry tongue) dan kemerahan yang rata pada mulut dan faring.

4. Perubahan pada tangan & kaki: bengkak dan kemerahan pada pada telapak tangan & kaki.

5. Berbagai bentuk perubahan di kulit yang warna kemerahan. Distribusi bervariasi, dapat di wajah, badan atau tangan & kaki. Sering menyerupai biduran dan gatal, bercak kemerahan dapat pula menyerupai campak. Perubahan pada kulit ini dapat hilang di satu tempat kemudian muncul di tempat lain. Kelaina jarang yang berbentuk benjolan berisi cairan atau nanah. Kadang dapat dijumpai kemerahan disekitar mulut.

6. Pembesaran kelenjar getah bening leher, namun hanya dijumpai pada sekitar 50% pederita. Lebih sering pada 1 sisi dan berukuran > 1,5 cm.

Hampir semua anak dengan Penyakit Kawasaki menunjukkan gejala gelisah, rewel serta emosi yag labil. Pada awal sakit pada bekas parut BCG ditemukan reaksi kemerahan. Kelaina arteri koroner jantung mulai timbul pada akhir minggu pertama higga minggu kedua dan dapat berlangsung terus selama penyakit masih aktif.

Pada fase subakut (hari 11-25)

1. Pengelupasan pada kulit ujung jari tangn dan kaki.

2. Kemerahan pada kulit, demam serta pembesaran kelenjar getah bening enghilang.

3. Perubahan jantung semakin nyata.

4. Kadar trombosit meningkat

Fase Penyembuhan (6-8 minggu dari awal sakit), pada fase ini hasil pemeriksaan darah kembali normal, meskipun anak tampak baik namun kelainan jantung dapat terus berlangsung.

Pengobatan harus dilakukan dengan memberikan asetil salisilat (aspirin) dosis tinggi serta Imunoglobulin intravena (IGIV)…. Aspirin nya sih murah…di Askeskin aja ada… nah yang IGIV ini yang mahal, 1 botol harganya 1,2-1,7 juta, padahal kebutuhan untuk anak 10 kg aja kira kira 10 botol…wooow … bisa 12 sampai 17 juta. Lha kalo anaknya 20 kg waah hitung sendiri ya… IGIV ini penting untuk mencegah terjadinya kelainan pada arteri koroner jantung.

Semoga tulisan ini berguna ….. paling tidak untuk, menambah wawasan supaya gak bingung kalo ada yang kena Penyakit Kawasaki …. gak dibawa ke bengkel motor 🙂

Iklan

31 Tanggapan to “Penyakit Kawasaki … jangan dibawa ke bengkel ya..”

  1. imcw Says:

    penampilan team kawasaki musim ini sangat luar biasa…duet west dan randy de puniet sungguh sungguh diluar dugaan…beberapa kali mereka merepotkan team team yang telah lebih dulu mapan…upsss…nggak nyambung ya…:)

  2. dokterearekcilik Says:

    @imcw
    emang sirkuit juga menentukan, apalagi kalo arah angin gak pas bisa kacau….. gak nyambung juga ya 🙂

  3. dewo Says:

    Wah, penyakit yang menyeramkan, apalagi kenanya pada balita. Kasihan balitanya.

    Salam kenal.

  4. Bachtiar Says:

    wah info bagus.

  5. Agam Says:

    Ini motornya yg niru nama penyakit, apa penyakitnya yg tiru2 nama motor 🙂
    hehehe..
    btw, makasih infonya ya..

  6. almascatie Says:

    belom tau sih
    *save as aja ah buat persiapan taon depan*
    😆

  7. dokterearekcilik Says:

    @dewo
    Iya kasian..salam kenal juga

    @Bachtiaar
    thanks

    @Agam
    Kayaknya pemilik motor ama penemu penyakit bersaudara kali ya, 🙂

    @almascatie
    Jadi acaranya taon depan ???? kirain tahun ini 🙂

  8. sibermedik Says:

    pas bgt kemaren mbantu ngerjain REFRAT (tugas dr dosen) Ko Ass ttg Kawasaki disease…
    lha prevalensi di INA brp?itu kn JPN?
    bisa dkonversi g namanya?
    mungkin penyakit N-250 disease…he5x..

  9. Astri Says:

    @sibermedik
    pemberian nama Kawasaki adalah penghargaan bagi Tomisaku Kawasaki yang menemukan penyakit ini pertama kali. Kalo kita asal ganti nama gak beda jauh dong ama Malaysia yang ngembat Rasa Sayange…

  10. dokterearekcilik Says:

    @sibermedik
    prevalensi di Indonesia belum diketahui, penelitian tentang prevalensi penyakit tidak berkembang baik di negara kita. Padahal penting lho..selain untuk data juga untuk perhitungan statistik. kalo soal nama itu terserah yang mau nyebut, Tomisaku Kawasaki sendiri tidak menyebut penyakit itu penyakit Kawasaki tapi adalah penghargaan bagi Tomisaku Kawasaki yang menemukan penyakit ini pertama kali.

  11. sibermedik Says:

    ntar ICD-10 masukin SIBERMEDIK DISEASE
    Sign: – Terdapat Kantung Mata
    – jari2 tabuh (kebanyakan nge-kklik mouse & mencet keyboard he..he.)
    Symptom: -Katatonik depan Laptop/PC.
    -Hiperaktivitas pada jari2 ektremitas superior
    -Gampang laper..

    He..he..bilang aja maniak ngenet…

    Btw, perlu Kongres khusus yg mbahas penyakit “import”, coz penatalaksanaan kadang2 terlambat..ex:HIV-AIDS yg diketahui setelah di BALI pada tahun 70-80 an klo g salah…

  12. cakmoki Says:

    prognosa untuk kelainan cardivascular-nya gimana Mas ?
    Ada kemungkinan reversibel gak ? *nawar*… IGIV-nya mahal soalnya … hehehe.

  13. dokterearekcilik Says:

    @sibermedik
    ICD 10 udah dicetak, ntar ICD 11 aja 🙂 daripada dipake mbahas nama penyakit mending uangnya buat menyembuhkan penyakit aja, lebih manfaat

    @cakmoki
    Angka kematian 1-5%, Aneurisma koroner 15-25%, sekitar 5% jadi infark miokard. &0% infark miokard terjadi pada tahun pertama setelah timbul penyakit. kadang diobati dengan salisilat dosis tinggi respon bagus…cuman kalo tanpa kombinasi dengan IGIV komplikasi pada jantung tetep tinggi.

  14. dani iswara Says:

    jd plg tdk pd fase akut itu, perlu diwaspadai demamnya + tanda2 pd kulit, mukosa, kelenjar getah bening.. (plg ngga ada 3[?] tanda lainnya itu ya..)

  15. syamsyah Says:

    Pak dokter… anakku mempunyai gejala2 hampir seperti penyakit kawasaki dan pernah oleh dokternya dikira suspect. Tapi saat ini anaku udah sehat dan aktif kembali, cuman 2 hari ini kulit ujung jarinya mulai mengelupas… apakah bisa terkena penyakit kawasaki padahal kalo sekarang dilihat secara fisik tidak tampak sakit.

    Untuk kronologi sakitnya ada di blogku… mohon dibaca pak dokter… apakah anakku terkena penyakit kawasaki ? dan pencegahannya seperti apa ?

  16. SyamSyah Says:

    Maaf td sedang login… addressnya jadi gak kelihatan… sekarang blog addresnya pasti muncul 🙂

  17. dokterearekcilik Says:

    @syamsyah
    saya udah mampir ke blog syamsyah, kalo ama dokter dinyatakan bukan kawasaki kayaknya gak apa2. Untuk penyakit kawasaki sulit dicegah karena dipicu infeksi tapi tergantung reaksi dari masing masing individu tsb yg juga dipengaruhi oleh genetik apakah timbul reaksi atau tidak. Pemantauan terhadap kelainan jantung emang perlu kalo bener kena peny kawasaki.

  18. SyamSyah Says:

    Terima kasih pak dokter… contoh atau tanda-tanda kelainan jantung itu seperti apa dok ??? buat nambah ilmu aja…

  19. Vita Says:

    Mau share juga nih ke yang lain…
    Anakku juga sempat kena penyakit ini tapi alhamdulillah skrg udah pulang dr RS. Gejalanya panas tinggi s/d 40 derajat celcius, keluar bintik2 merah seperti campak, lidah dan bibir warnanya merah seperti strawberry tapi anakku matanya ngga merah dan kulitnya jg tdk mengelupas dan pada bekas suntikan BCG-nya memerah.
    Be aware aja kalo punya anak ato ponakan panas tinggi tapi dalam kurun waktu 4-5 hari ngga turun jg panasnya, mesti kontrol lagi ke dokter. Terima kasih, semoga bermanfaat.

  20. dokterearekcilik Says:

    @Vita
    Thanks atas perhatiannya, emang tidak semua gejala mesti muncul. Semoga ananda selalu sehat

  21. syamsyah Says:

    @Vita Repot juga ya penyakit kawasaki ini… ciri2nya menyerupai penyakit lain dan hal ini bikin orangtua jadi bingung… persis seperti yg aku alami… bahkan saat itu terkadang punya pikiran jelek… untuk pak Dokter… informasi yg bagus sekali T.O.P 🙂

  22. dokterearekcilik Says:

    @Syamsyah
    terima kasih juga udah mampir ….lagi 🙂

  23. Prunella Says:

    HI,Anak saya lagi mengalami sendiri penyakit KD ini.Dia anak kami yg pertama berumur 4,5 thn.Ini hari ke 4 kita berada di rumah sakit.Kl demamnya sendiri sih sudah seminggu yg lalu.Semua sympthomsnya ada di anak saya.Dari panas tinggi,lidah metan,bibir merah n pecah2,muntah2,bercak2 di tubuh termasuk di daerah sekitar kelamin,bengkak di leher seperti gondongan,mata merah tanpa belekan semuanya ada dalam diri anak saya.Makanya padah hari ke tiga setelah panas tinggi dokter keluarga saya menyuruh langsung ke rumah sakit dengan catatan dari lab kl dia terkena infeksi.Sehari sebelumnya dokter menyuruh unutk ambil darah.
    Katanya dokter hari ini karena penyakitnya diketahui dini dan langsung di kasih sel darah putih itu (susah namanya hehehheheh) 2 hari yg lalu maka kemungkinan kena ke jantung sedikit sekali kemungkinannya.Tetapi liver n ginjalnya sudah terkena(yg mana seperti kata dokter ga usah terlalu di khawatirkan karena nanti bisa diobatin n sembuh sendiri) Mereka lagi menjaga2 supaya tidak sampai ke jantung.Minggu depan anak saya akan di scan jantungnya.Karena terjangkit atau tidaknya ke jantung akan terlihat minggu2 depan ini.
    Untung saja kita tinggal di New Zealand (Lowerhutt).Jd semua ongkos perawatan untuk anak saya gratis.Alhamdulillah.Yg dipusingin hanya perihal sehari2 saja karena saya juga masih mempunyai bayi,yg seperti diketahui hidup disini ga pake pembantu ga kaya di jkt yaaa sememtara suami kerja dan saya kerja di shift malem(bukan berarti wanita malam loh ) heheheheh.
    Loh kok jadi malahan curhat ni….
    Mudah2an anak saya bisa sembuh total yaa n ga lama2 di rumah terlihat tambah..soalnya keadaannya sekarang agak membaik sedikit karena dia sudah mau minum walaupun cuman sedikit saja.

    Minta doanya yaaa

  24. dokterearekcilik Says:

    Semoga ananda segera sembuh dan tanpa komplikasi apapun…..selamanya….amin

  25. Lin Says:

    Imunoglobulin intravena (IGIV) itu ada efek sampingnya ngak dok?

  26. dokterearekcilik Says:

    Namanya obat dan buatan manusia ya pasti ada efek sampingnya. Mulai dari alergi yang berakibat gatal gatal sampai syok. Juga nyeri kepala, nyeri punggung , demam, nausea, muntah, diare…. bisa juga lebih buruk. Efek samping tidak 100% terjadi, jadi hanya muncul pada sekitar 10-20% orang yang mendapat pengobatan.

  27. Okan Bawavie Says:

    Salam kenal,

    Dok gimana cara terapi pasca penyembuhan penyakit ini. apakah bisa kambuh lagi?

  28. dokterearekcilik Says:

    @Okan Bawavie
    Kambuh emang jarang, tapi yg selalu dikuatirkan efeknya pada jantung. Apalagi kalo gak pake imunoglobulin, bisa aja komplikasinya pada jantung terjadi baik cepat maupun lambat. Pemantauan terhadap keadaan jantung dengan echocardiografi disarakan setiap 6 bulan, kalo udah 2 – 3 tahun dan stabil mungkin bisa 1 tahun sekali.

  29. Innalillahi wainnailaihi rajiun… « QueenAmanda’s Weblog Says:

    […] browsing dan tanya sanasini, baru ketauan kalo ezzra kena penyakit KAWASAKI. Unfortunatelly, pak dokternya salah diagnosa dari awal (bahkan sampe akhir dokternya ga bisa […]

  30. Nur Tejo Says:

    aku ki bingung apa to hubungan antara merah – merah pada kulit sama penyakit jantung akibat kawasaki 110 cc ini dok ?

  31. Anonim Says:

    Dua balan yg lewat anak saya mnderita penyakit kawasaki , saya sangat takut dan hanya meninta sama allah semoga anak saya cepat sembuh , allam dulilah sekarang anak saya dah bisah sekolah dan bermain lg , tapi masih dalam pngawasaan , setiap blan kami bwak kontrol , skrang pmbekaan pada anak kmi dah mulae mngecil , kontrol nya pun skrang 3 blan skali , jngan perna itu terulang lg berikan lah ksmbuan pada anak kami ya , allah aminn
    Dan jangan perna anak yg lain dapat penyakit virus kawasaki

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: