Archive for November, 2007

Perhatikan juga anak HIV/AIDS

November 30, 2007

Dalam rangka menyambut hari AIDS sedunia 1 Desember

Dengan semakin banyaknya para orangtua yang terkena HIV/AIDS serta berkembangnya pengobatan anti retroviral (ARV) yang membuat kualitas hidup semakin meningkat menjadikan kualitas reproduksi meningkat sehingga kemungkinan maupun keinginan untuk mendapat keturunan menjadi suatu hal yang dimungkinkan. Yang mulai terjadi saat ini adalah mulai meningkatnya jumlah anak anak dengan HIV/AIDS, dengan penanganan yang baik dan kerjasama orangtua serta semua pihak terkait angka penularan pada anak memang bisa diturunkan. Namun itu perlu usaha yang cukup bersemangat dari semua pihak agar hal ini dapat terwujud. Waaah lagi serius nih

Iklan

Batuk kok dilawan

November 23, 2007

Batuk adalah fenomena sehari hari yang sangat akrab dengan kita semua. Batuk merupakan pengalaman universal yang biasa dialami semua orang, batuk juga merupakan salah satu keluhan klinis yang membawa pasien mencari pertolongan medis karena orang tua kuatir bila ananda batuk batuk *dokter ketawa ketawa*. Masyarakat sering mengobati gejala batuk dengan obat obat bebas atau over the counter (OTC) …… yang pada bungkus obatnya selalu tertulis: bila sakit berlanjut hubungi doktere arek cilik. Batuk itu kok selalu dilawan ya………… yuuuuuuuuuuk

Buat ortu yang suka nakutin anak

November 16, 2007

Tidak pernah sekalipun setiap hari saya berada di rumah sakit lepas dari pembicaraan di samping atau di belakang saya ….. lha itu pak dokter datang, entar kamu disuntik kalo nakal. Kadang anak itu lagi nangis ya tambah nangis, ada yang lagi diam tahu tahu ditakutin kayak gitu terus jadi mengkerut. Pembicaraan yang sama juga muncul bila ada perawat datang…. Naaah ini bu suster, suntik aja anak ini biar kapok…… kenapa sih kok gitu ???

Penyakit 3 huruf

November 12, 2007

Tuberkulosa sering disingkat TBC (karena ada yang ngeri menyebut TBC kadang disebut penyakit tiga huruf) merupakan penyakit yang sudah sangat lama dikenal manusia…. Temen lama…atau musuh lama ??? Pada peninggalan Mesir kuno sudah digambarkan bagaimana seorang kena TBC tulang belakang. Kuman penyebab TBC ditemukan oleh Robert Koch sekitar 100 tahun yang lalu, namun sampai sekarang penyakit ini masih menjadi masalah terutama di negara berkembang. Indonesia merupakan peringkat ketiga sebagai penyumbang kasus TBC terbanyak di dunia…..giliran nyumbang …. penyakit yang disumbangin 🙂 TBC pada anak berbeda dengan orang dewasa …… karena…..

Hipotesis Higiene

November 2, 2007

Aslinya bernama Hygiene Hypothesis, tapi saya maksa diterjemahkan jadi Hipotesis Higiene. Gak tahu bener atau tidak, kalo ada ahli bahasa yang baca tolong perbaiki terjemahannya 🙂  please. Hipotesis ini ramai dibicarakan sejak tahun 1990 an, tapi ini masih hipotesis lho, belum jadi teori. Jadi ini merupakan upaya manusia mencari akar suatu masalah, makanya jangan dipake sebagai patokan tapi ambillah sebagai pengetahuan tentang perkembangan dibidang kesehatan …..inilah…………. Hipotesis Higiene