Batuk kok dilawan

Batuk adalah fenomena sehari hari yang sangat akrab dengan kita semua. Batuk merupakan pengalaman universal yang biasa dialami semua orang, batuk juga merupakan salah satu keluhan klinis yang membawa pasien mencari pertolongan medis karena orang tua kuatir bila ananda batuk batuk *dokter ketawa ketawa*. Masyarakat sering mengobati gejala batuk dengan obat obat bebas atau over the counter (OTC) …… yang pada bungkus obatnya selalu tertulis: bila sakit berlanjut hubungi doktere arek cilik. Batuk itu kok selalu dilawan ya…………Batuk adalah merupakan mekanisme pertahanan tubuh, saluran napas manusia adalah salah satu organ tersibuk yang harus menyeleksi udara yang masuk setiap detik. Setelah bulu hidung, udara berlanjut ke saluran napas yang lebih bawah di mana di sana kuman, kumin, kumon dll ditangkap cairan yang ada di saluran napas tersebut. Hasil tangkapan digiring oleh ban berjalan pernapasan secara estafet dari saluran paling bawah menuju keluar. Setelah mencapai trakea atau laring bila tidak terlalu besar volumenya maka oleh ananda ditelan, dan bila lebih besar akan merangsang reseptor batuk.

Pada orang dewasa batuk dapat membuat arus udara berkecepatan 500 mil/jam, sama dengan 85% kecepatan suara atau hampir 2 kali kecepatan mobil balap formula 1. Bayangin aja percikan ludah orang sakit yang berisi kuman atau virus kalo dia pas batuk di depan orang lain dan orang itu lagi mangap waaaah percikan ludah dengan kecepatan hampir dua kali mobil balap formula 1 masuk ke mulut…… iiiihhh jorok. Makanya kalo batuk ditutup biar gak nyemprot ke orang lain. Tapi emang itu yang terjadi dan merupakan cara penularan yang selalu terjadi.

Batuk tidak selalu abnormal, ada seorang peneliti yg menurut saya bener bener kurang kerjaan memantau batuk pada anak sehat dan mendapatkan hasil anak sehat rata rata batuk 10 kali sehari dan sebagian besar terjadi pada siang hari. Biasanya batuk yang normal ini tidak menjadi keluhan karena tidak disadari keberadaannya, dan dengan sendirinya tidak mengganggu pasien maupun orangtuanya. Jadi batuk itu kawan atau lawan sih ??? sebenarnya sih kawan tapi kalo udah nglunjak ya jadi lawan…..kira kira gitu deh

Pada saat mengikuti seminar tentang batuk pada anak terjadi diskusi yang menarik tentang bagaimana menghadapi pasien batuk yang sebenarnya tidak perlu diobati tersebut.

Saya jadi membayangkan yang rekaannya kira kira :

Ibu : Anak saya batuk dokter

Setelah dokter memeriksa

Dokter : ooo itu batuk karena flu, jadi batuknya tidak usah diberi obat, nanti hilang sendiri

Ibu : Lha saya dateng sini untuk ngobati batuk anak saya kok malah disuruh pelihara batuk ?!

Dokter : Menurut seminar terbaru batuk itu tidak mesti diobati, karena merupakan pertahanan tubuh

Ibu : terus saya ngapain ke dokter kalo gak dikasih obat ???

Dokter : Ya supaya tahu bahwa batuknya tidak bahaya, tidak perlu obat dan…..setor duit buat saya

Ibu : Huh pindah dokter lain aja, dateng ke dokter ini gak dikasih obat

*ngomel setelah keluar dari ruang praktek*

Batuk seperti pisau bermata dua, sama halnya seperti air yang kalo kebanyakan jadi banjir kalo secukupnya jadi enak dipake mandi, api yang berguna dipake masak tapi kalo kebakaran bikin panik.

Lha jadi bingung jadinya batuk yang gimana yang mesti dobati dan mana yang tidak perlu diobati ??? Bila batuk sudah menimbulkan rasa lelah, gangguan tidur, perubahan pola hidup, nyeri pada otot, suara serak, keringat berlebihan atau sampai ngompol naaaah itu perlu diobati segera. Namun yang diobati penyakit dasarnya , karena batuk hanya suatu gejala.Pokoknya secara prinsip obat penekan batuk tidak boleh diberikan kepada anak secara rutin, harus dengan pertimbangan yang baik. Sulitnya karena obat flu yang dijual over the counter (OTC) juga mengandung obat penekan batuk, jadi gak matching antara ilmu kedokteran dengan kenyataan di dunia nyata…. Gak tahu gimana jalan keluarnya kalo urusan peredaran obat di Indonesia ini, karena udah keterlaluan kacaunya😦

34 Tanggapan to “Batuk kok dilawan”

  1. Edi Psw Says:

    Pak Dokter, saya ini termasuk orang yang alergi debu.
    Udara kotor sedikit, langsung kena flu
    Ujung-ujungnya ya kena batuk

    Biasanya saya atasi dengan obat batuk Wood, langsung sembuh.
    Tapi sekarang ini tidak bisa sembuh bahkan tidak ada efeknya.

    Memang ada perubahan kemasan obat Wood
    yang dulunya terbuat dari beling dan sekarang ganti
    plastik

  2. almascatie Says:

    sorry OOT :
    bro tulis tentang migren bisa ga? hehehhe

  3. dokterearekcilik Says:

    @Edi Psw
    Kalo alergi yang penting eliminaasi bahan alergen, kalo alergi debu usahakan kamar tanpa karpet. Terus peerabot di lap dengan lap basah, kamar tidak susah disapu, langsung dipel aja. Semua itu tujuannya supaya debu gak beterbangan, yg bisa jadi alergen kuat biasanya debu rumah. Fyi ada varian obat batuk wood’s yang mengandung alkohol >1%.

    @almascatie🙂 bisa aja tapi tidak dalam waktu dekat ya soalnya emang kasus migren pada anak tidak banyak, tapi ada kok

  4. Anas Says:

    Dok, klasifikasi atau kriteria batuk yang dapat dianggap bahaya tu gmn?

  5. sibermedik Says:

    Tolong posting cem-macem batuk dok…
    biar ndak salah sangka masyarakat…sepertu batuk pertusis dikira TBC

  6. sibermedik Says:

    Tolong posting cem-macem batuk dok…
    biar ndak salah sangka masyarakat…sepertu batuk pertusis dikira TBC

  7. masnyuss Says:

    Kalo di tenggorokan selalu terasa gatal itu knapa dok?

  8. alief Says:

    ada gak obat batuk yang gak bikin kantuk?

  9. Bunda Shafiya Says:

    Pak Dokter..aku kalau lagi Morning Report terus ditanyai senior killer kok watuk2 yaaa…apa perlu dikasih obat tuh pak :))

    Jilbab..jilbab..sayang istri….:)) http://www.galeri-bunda.com

  10. cakmoki Says:

    Repotnya lagi, iklan obat batuk yg mengandung penekan batuk marak di TV, malah sekali minum digambarkan langsung waras … bla bla bla …
    Menurut saya yg beginian ini bikin binun khalayak dan ada kecenderungan ke arah pembohongan
    Koq diloloskan ya … *prihatin campus gemessss*

  11. mei Says:

    actived hijau..manjur untuk batuk dan pilek pada anak anda..hahahaha(iklan bangeddd)

  12. dokterearekcilik Says:

    @Anas
    Pokoknya kalo batuk sudah menimbulkan rasa lelah, gangguan tidur, perubahan pola hidup, nyeri pada otot, suara serak, keringat berlebihan atau sampai ngompol naaaah itu perlu diobati segera. Yang perlu dicari sebabnya bukan sekedar menekan batuk.

    @Sibermedik
    Nanti aku tirukan berbagai jenis batuk terus tak posting🙂

    @masnyuss
    Bisa macem macem sebabnya mulai dari alergi sampe infeksi, mesti dicari sebabnya dulu.

    @alief
    biasanya obat penekan batuk menyebabkan ngantuk, karena menekan batuk di daerah otak

    @Bunda Shafiya
    Itu batuk karena pusat batuk di otak terpicu oleh ketegangan menjelang dimarahi, obatnya kabur aja😀 . Jilbab beli 5 tapi nyicil 2 tahun😀 Eh aku kok gak bisa daftar blogfam kenapa ?

    @cakmoki
    cubit aja cak kalo gemes, terutama bintang filmnya yang cantik itu… cubit aja😀

    @mei
    manjur …. dan gak ada penekan batuknya, wah nambahin iklan….he GSK bayar gue dong karena iklan ini😀

  13. sibermedik Says:

    Wis..mBoyo’ne kumat

  14. Tien Says:

    Saya penderita DM, sudah 2 minggu ini batuk tak biarin, soale anak2 kalo batuk juga gak pernah dikasih obat. tapi lama2 saya terganggu juga.

    Pengen ngobat(in batuk) tapi gak tau obat batuk yang tepat (takut ada kontra terhadap Dm saya), sedangkan jadwal kontrol ke dokter baru 2 minggu lagi.

    Gimana ya, Dok? terimakasih ;o)

  15. dokterearekcilik Says:

    Mesti dicari sebabnya dulu, yang dihilangkan sumber utamanya. Kalo cuman ditekan batuknya kan gak bener. apalagi punya penyakit DM. Bukan tidak mau ngasih tahu obatnya tapi gak bener kalo saya ngasih obat tapi tidak tahu kondisi Tien yanng sebenernya. Maaf ya…BTW DM tipe 1 atau tipe 2 ???

  16. evelyn pratiwi yusuf Says:

    Aku sering batuk lho…
    Itu penyakit langganan, jadi harusnya dilawan dong🙂

  17. Tien Says:

    Saya penderita DM tipe 2…
    Tidak mengkonsumsi obat, karena setiap obat yang dikasih ke saya membuat saya buang2 air ;(

    Saya mengurangi nasi, gak ngemil, masih minum kopi sehari 2x dengan gula buatan, olahraga (jalan pagi) 3-4 x seminggu.

    Batuk (berdahak) ini tertular anak saya, 3.5 tahun, sekarang dia sudah sembuh, saya khawatir karena masih batuk malah menular lagi ke anak2. Terimakasih, Dok.

  18. bejom Says:

    dok, kalo anak saya (4 th) batuk, kok suka pake muntah2 ya. apalagi kalo malam lagi tidur.
    itu gimana tuh, musti diobatin ga? anak saya itu emang orgnya gampang banget “kepancing” muntahnya. misalnya kl hbs makan kenyang trus loncat2 atau nangis2, suka muntah tuh.
    pdhal kan seharusnya emang batuk itu ga perlu diobatin…..

  19. dokterearekcilik Says:

    @bejom
    ada anak tertentu yg katup penahan pada lambung bagian atas emang lemah, anak seperti ini lebih sering muntah. Pada anak seperti ini biasanya dengan bertambahnya umur maka katup akan semakin kuat dan akan sembuh sendiri. Sangat jarang yang bertahan sampai besar apalagi dewasa. Selain itu anak lebih sering menelan dahak dibanding meludahkannya, ini juga bisa jadi pemicu karena jumlah dahak yg berlebihan mengisi lambung kalo ditambah minum apalagi dengan jumlah banyak akan jadi muntah. semoga Ananda segera sembuh

  20. mama azka Says:

    dok…anak saya azka usia 3,5 th dengan bb 20 kg kurang lebih 1 bulan terakhir ini suaranya serak. Saya rasa tiba-tiba maksudnya tidak disertai batuk atau pilek. Sudah saya bawa ke DSA dan juga THT. Tapi koq tetap aja serak. Terakhir ke THT katanya tidak ada hal yang mencurigakan. Pertama ke THT diberi obat Lasome dll, yang ke-2 kemarin diperiksa la gi tapi katanya juga tidak ada masalah, makanya tidak diberi obat. kemungkinan hanya alergi dan juga karena anak saya hobby sekali teriak-teriak yang sekenceng-kencengnya. Tapi apa bener seperti itu ya dok? Sebenarnya saya masih ragu-ragu tapi kata THT nya untuk pemeriksaan pita suara sangat menyiksa karena masih kecil.
    Saya buka-buka artikel di internet koq kayaknya banyak hal yang menyebabkan suara serak terutama pada anak….ngeri-ngeri dok. Sya jadi merinding kalau bacanya.
    Dok…. bahayakah suara serak pada anak seusia anak saya ya?
    Napas tidak sesak dan juga tidak ngorok..
    saya tunggu jawaban dokter secepatnya yach dok….makasih

  21. mama azka Says:

    Pagi dok…
    maaf pagi-pagi sudah banyak bertanya ke dokter…
    Dok seminggu yang lalu anak saya panas, 38C terus saya beri panadol… panas langsung turun….tapi karena ada bakat kejang makanya saya bawa saja ke DSA yang dekat rumah. Diberi puyer 2 macam yang katanya ada anti kejangnya dan juga katanya ada radang makany diberi sirup untuk radangnya. Azka bisa tidur dok…tapi jam 4 pagi panas lagi 37,7 langsung saja saya beri puyer yang bila panas dari dr. Tidur lagi dan bangun jam 6 dengan suhu yang berkisar 37,4. Tapi setelah itu anaknya aktif luar biasa ngak mau tidur dan lari -lari terus. tidak seperti biasanya dok….makanya malam langsung saya bawa ke DSA langganan dok. Sampai sana disuruh mondok. Kemarin sore saya baru pulang dari RS. Waktu di RS azka diambil darah untuk pemeriksaan IGg dan IGm dok. Hasilnya dua2nya negatif. DSA nya bilang berarti aman…. tapi jujur sya kurang paham apa itu IGg dan IGm dok…dan untuk apa itu dilakukan. DSA nya sdh menjelaskan tapi sya hanya menerima sekilas2…mgkn krn kurang paham ditambah azka agak rewel jd ngak konsentrasi. apakah ada kaitannya juga dengan suara serak azka dok ?? makasih dok dan sya tunggu infonya ya dok

  22. dokterearekcilik Says:

    @mama azka
    Ig adalah imunoglobulin yaitu zat kekebalan dalam tubuh, IgM adalah jenis kekebalan pada penyakit yang sedang berlangsung alias sedang sakit sekarang. IgG adalah hasil kekebalan di masa lampau, jadi kena penyakitnya udah lama tapi kekbalannya masih ada sampe sekarang. Ada banyak jenis IgM dan IgG, ada IgM/IgG untuk demam berdarah, toksoplasama, sitomegalovirus dll. Perlu ditanyakan secara jelas IgM/IgG untuk penyakit apa supaya tahu yang ingin diketahui itu penyakit apa. Bila negatif berarti aman dari penyakit apa, semoga ananda selalu sehat.

  23. Natsh'z Says:

    Dok .. saya batuk batuk dah lama tapi enggak sembuh sembuh [kurang lebih 5 bulanan] dan saya dah minum macem macem obat batuk dan antibiotik tapi enggak ilang juga.
    Batuknya sangat mengganggu karena enggak jarang temggorokan saya sampai sakit dan muntah, kadang juga sampai bikin kepala saya sakit.
    kira kira obat apa yang bisa buat ngilangin batuknya
    makasih sebelumnya ya dok…

  24. dokterearekcilik Says:

    @Natsh’z
    Kalo batuknya udah lama yg dicari penyebab utama batuknya, kalo cuman ngilangin batuknya itu tidak menyelesaikan masalah. Sebaiknya periksa ke dokter unutk mengertahui secara jelas penyebab batuk anda. Semoga cepat sembuh

  25. evi Says:

    Halo dok, tolong dibantu ya, anak saya 11 bulan, sekarang ini lagi batuk pilek, awalnya panas tinggi dua harian gitu, lalu panasnya ilang timbul bintik-bintik merah di tangan dan paha, kayak bentol2 kecil gitu, tapi banyak, setelah bentol2nya ilang timbul pilek lalu sekarang batuk, saya kasih obat batuk cap ibu dan anak, yang katanya obat herbal china, jadi ga ada alkoholnya hanya dari madu dan mint. Saya baca batuk tidak perlu diobati, cuman saya suka kasian karena kalo malam tidurnya terganggu, gelisah terus. Kalo saya minumkan obat batuk tadi setidaknya dia tidak sering terbangun. Baiknya gimana ya dok, makasih sebelumnya

  26. shanti Says:

    Dok, mau nanya, batuk yang macam gimana yang perlu diberi obat? soalnya bayi saya (11 mos), sejak winter ini batuk mulu, sampe kadang sesak nafas. Ada dahak jadi nafasnya berat. Sama dokter langganan kami, Latifah kadang di “nebulize”, dan diberi Bronchophane 2.5 ml tiap 8 jam, dan diberi Ventolin Spray tiap 8 jam. Tapi kok batuknya come and go. Lama-lama takut juga ngasi obat terus-terusan.

  27. dokterearekcilik Says:

    @evi
    Batuk itu refleks tubuh unutk menghilangkan lendir, tapi bila dirasakan mengganggu bisa dikonsultasikan ke dokter. Tidak bisa sama penanganan batuk tiap anak, pada anak yg asma gejalanya juga bisa batuk, bronkopnemonia juga batuk. jadi perlu dicari masalah utamanya, bukan terfokus hanya pada batuknya karena batuk hanyalah suatu gejala.

    @shanti
    Kalo batuk karena flu, gak masalah, biasanya sembuh sendiri. Pemberian nebulize cukup aman karena dosisnya jauh lebih kecil dibanding obat minum. Bila batuk dan flu sering timbul atau menimbulkan masalah maka konsultasi ke dokter apakah ananda perlu diberi vaksinansi influenza supaya gak sering kambuh.

  28. Surya Says:

    Dok, boleh bertanya kan ?
    Anak saya 5,5 tahun, berat 19 Kg, tinggi normal, aktivitas keseharian dan tidur juga normal
    Masalahnya, dia selalu batuk keras 2 atau 3 kali di pagi hari, kadang-kadang sampai mukanya merah
    Mulutnya juga berbau di pagi hari
    Kalau siang hingga tidur malam jarang batuk dan mulut tidak berbau

    Menurut hasil bacaan saya, ini karena asam lambungnya yang mungkin lewat ke saluran cerna diatasnya

    Apa benar begitu dok ?
    Apakah ini penyakit atau karena belum sempurnanya sistem tubuh ?

    Mohon jawaban ya Dok
    Terimakasih

  29. aNik Says:

    dok anak kedua sy baru 2minggu 3hr, tertular flu dr kakaknya yg batuk flu 2thn 9bln dan sy mamany, hehe.. Baikny gimana y ngobatin flu bwt yg bayi, suka gelagepan gitu krn hidung trsumbat, nangis suara agak serak, tp tdk batuk, srng brsin, ingus kdng kental, kdng cair, paling ngebantunya sy sedot.. Tp sy jg pilek, ga sembuh2 deh;p klo utk sy ibu menyusui apa y obat flunya, atau minum anget2 aja? Klo kakaknya,obat prtolongan prtama baiknya apa y? nah yg terutama bwt si bayi, gmn nih nanganinnya dok? Makasiiih y dok.. Mohon info..

    • dokterearekcilik Says:

      Kalo buat yg bayi krn masalah utamanya hidungnya yg tersumbat jd bisa pake tetes hidung NaCl 0,9%, bisa 4-5 kali sehari 2-3 tts, kalo yg brmerek Breathy. Aman buat bayi, selama anak gak panas dan tdk ada tanda infeksi bakteri maka gak usah pake antibiotik. Untuk yg dewasa & anak asal gak ada keluhan yg mengganggu sekali cukup pake paracetamol aja kalo panas. Kalo hidung sangat tersumbat ibu bs pake Rhinofed sedangkan anak bisa pake obat flu ringan spt triaminic dll. Prinsipnya gak usah pake obat kalo bisa, kalo sangat mengganggu cukup obat untuk meredakan ggn itu saja.

  30. Bundanya Jendra Says:

    Dok, anak saya 12 bln lebih 3 minggu…batu n pilek…uda ke dokter dikasi antibiotik dan syrup obat batuk.Agak sembuh siy…tinggal pileknya aj..koq g’sembuh2….skrg panas jg…uda sy kasi penurun panas puyer yg dari dokter turun tp tiap sore panas lagi mpe 38C.Dan itu terjadi uda 2 hari ini.Minum susuny jg berkurang.Saya jd bingung apa karena susunya dari tahap 2 ke tahap 1+ ya dok…??(Padahal merknya sama) Mohon bantuan penjelasan dr dokter…Terima kasih

  31. AHMADA Says:

    Dokter anak saya batuk asma syrup apa yg cocok utk dia

  32. hendriyani sudarto Says:

    dok, anak kedua saya umur 7 tahun. sudah seminggu pilek dan batuk berdahak..sy kasi obat bodrex flu batuk berdahak setengah tablet. batuknya mulai ilang sekarang suaranya serak. apakah masih berhubungan flu batuk itu ya? tolong dok gimana cara penangannya..oya dok, di kanan kiri telinganya ada benjolan kecil yang kalo di pegang sedikit sakit. kata orang antibodi ya? benjolannya timbul di saat anak saya pilek ato batuk.

  33. joni Says:

    Dok, anak saya 18mo, cewe. Pernah ngalamin OMA 3 bulanan yg lalu, sampe keluar ingus dari telinga, tapi skrang ini lubangnya dah nutup. Nah, dah 4 harian ini batuk berdahak dan pilek meler, kadang putih kadang ijo, karena istri khawatir Otitis nya, jd tadi dibawa ke dokter, dan dikasih rhinofed syr + vectrine dry syr + cefixine 100mg. Saya kudu ngapain ya dok?

Tinggalkan Balasan

