Haji tanpa H

Para muslimin dan muslimah yang menjalankan ibadah haji mulai berdatangan, baik yang dengan ONH plus maupun ONH minus. Semua tidak ada bedanya kecuali ketakwaan serta keikhlasan mereka dalam menunaikan ibadah yang jadi pembeda. Ngelamun mode:ON Tak ketinggalan pak Simsalabim (nama ini fiktif, mohon maaf bila ada yg bernama sama) setelah pulang menjalankan ibadah haji beliau mengadakan syukuran di rumahnya dengan mengundang para tetangga…..
Salah satu tetangga bernama pak Rijjal datang membawa anaknya berumur 10 tahun bernama Zughur datang ke acara syukuran tersebut, karena acara belum dimulai mereka ngobrol seperti ini :
Zughur : kok di undangan dan spanduk nama pak Simsalabim ditambah H depannya ?
Rijjal : itu tandanya dia udah pernah berangkat haji, jadi namanya ditambah Haji disingkat H
Zughur : jadi orang ibadah harus ditulis bahwa dia pernah ibadah ? Kata Abi (panggilan Zughur untuk ayahnya) ibadah mesti ikhlas kalo ditulis jadinya gak ikhlas, kan supaya diliat orang bukan ikhlas lagi kan ???
Rijjal : Ya… gitu deh..bingung juga Abi
Zughur : mestinya ibadah yg lain ditulis juga biar adil, jadi gelarnya SSZPH, syahadat, sholat, zakat, puasa dan haji
Rijjal : Iya ya..
Pak Simsalabim keluar menyapa tamu, para tamu bersalaman mengucapkan selamat datang, tak terkecuali pak Rijjal dan Zughur…. saat bersalaman dengan Zughur si kecil berkata selamat datang dari haji Om Sim (karena dari dulu dia manggil Om Sim), wajah pak Simsalabim tampak berubah tidak senang, pak Rijjal yg mengetahui situasi tersebut langsung berbisik pada Zughur: panggil pak haji atau abah…..jangan banyak tanya, maka Zughur berkata lagi”eeeh pak haji…maaf”. Wajah pak Simsalabim kembali ceria dan melanjutkan salaman dengan para tamu.
Zughur : kenapa kok cuman ada pak haji, kok tidak ada pak syahadat, pak sholat, pak zakat, pak puasa ???
Rijjal : karena haji mahal mungkin ???
Zughur : jadi gak ikhlas ya Abi ???
Rijjal : gak tahu deh, nanti tanya ustadzmu di sekolah aja
Zughur : ustadz juga pake H di depan namanya setelah beliau haji
Rijjal : Udah ah dibahas nanti aja acara udah mau mulai nih…
Ngelamun mode:OFF

6 Tanggapan to “Haji tanpa H”

  1. Aprilia Gayatri Says:

    Huaaa repot juga kalo punya anak yg rasa ingin tahunya gede.. Sgala macem pasti ditanyain.. 😆

  2. sibermedik Says:

    ya sekalian aja dokter petugas haji pulang dapet gelar Sp.H (Sp.s.Haji)

  3. dokterearekcilik Says:

    @Aprilia Gayatri
    Emang tugas ortu nyari jawaban…kalo gak ketemu ngeles aja…cari alasan 🙂

    @Sibermedik
    Mesti didaftarkan ke IDI gelar itu 😀

  4. Marsahid Says:

    Nanti kalo saya jadi menteri agama atau presiden..titel yang seperti itu mau kuhilangkan..he3 biar negara ini semakin bener 🙂

  5. dokterearekcilik Says:

    @Marsahid
    Semoga terkabul …..amin

  6. draguscn Says:

    Haji tanpa H = aji .. *senyum*
    saya tinggal di ‘tapal kuda’ .. di tempat sy tugas kalo orang sudah haji nda dipanggil Ji atau bah.. jangan harap noleh .. Lucunya saya juga dipanggil Ji atau Bah sama mereka .. giliran saya yg ngga noleh .. habis ngga berasa ..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: