Anak adalah…….

Udah posting tentang masalah anak tapi keterangan mengenai sebenarnya anak itu siapa, gimana definisinya malah belum pernah dibahas 🙂 . Tiap instansi, bidang ilmu, hukum punya definisi sendiri sendiri tentang anak, sampe jadi bingung yang baca. Jangankan anak anak….yang dewasa aja juga bingung. Tapi dalam kebingungan kita tidak perlu panik, percayai apa yang sesuai dengan pemikiran, situasi dan kondisi anda bahwa anak adalah…………..

Pokoknya kecil ya anak,…. sekecil apa? Janin disebut anak juga? Pokoknya besar bukan anak, lha anak sekarang besar besar?! Jadi batasan anak apa??? Kalo berdasarkan ilmu kesehatan anak yang disebut anak itu mulai dari konsepsi sampai berumur 18 tahun, kenapa kok milih 18 tahun? Gak 12 atau 21 tahun? Prinsip pada ilmu kesehatan anak bahwa anak adalah manusia yang sedang tumbuh dan berkembang maka karena sebagian besar manusia selesai masa pertumbuhan dan perkembangannya pada usia 18 tahun…. Sehingga batasan anak menurut ilmu kesehatan anak ya sampe 18 tahun

Sedangkan menurut hukum seperti UU RI nomor 23 Tahun 2002 Tentang Perlindungan Anak pada Pasal 1 dikatakan: Dalam undang-undang ini yang dimaksud dengan : Anak adalah seseorang yang belum berusia 18 (delapan belas) tahun, termasuk anak yang masih dalam kandungan. Sedangkan pada Pasal 8 dikatakan: Setiap anak berhak memperoleh pelayanan kesehatan dan jaminan sosial sesuai dengan kebutuhan fisik, mental, spiritual, dan sosial. Jadi udah jelas juga secara hukum batasannya

Wacana ini di luar negeri udah basi, namanya anak ya mulai 0 sampe 18 tahun tapi di Indonesia lain….Indonesia emang selalu lain daripada yang lain 🙂 … hampir semua RS maupun pelayanan kesehatan di Indonesia memberikan batas 13 s/d 14 tahun untuk pelayanan anak, sedangkan diatas 14 tahun maka dianggap dewasa. Gak tahu kenapa kok gitu ya, saya pernah protes saat masih bekerja pada salah satu RS terbesar di Indonesia timur karena tidak memakai batasan 18 tahun untuk anak, tapi gak ada jalan keluar….. tetep aja ketentuan lama itu berlaku. Dengan alasan tidak cukup ruangan untuk membuat ruangan perawatan khusus untuk remaja. Memang ruangan untuk remaja tidak bisa disatukan dengan anak anak karena mereka sudah mendekati dewasa sehingga perlu dipisah antara laki laki dan perempuan. Selain itu sesuai dengan seperti UU RI nomor 23 Tahun 2002 Tentang Perlindungan Anak pada pasal 8 mestinya anak mendapat pelayanan kesehatan sesuai dengan kodratnya sebagai anak….jadi mestinya gak boleh anak diberi pelayanan seperti dewasa saat umur 15tahun karena alasan ruangan gak ada …… heeeeeh cape deh

Pada saat diskusi dengan beberapa teman ada salah satu yang berkomentar…. Hati-hati karena getol memberikan wacana tentang batasan umur anak bisa bisa dikira mau mengambil “lahan” orang lain. Saya sempat tercenung juga mendengar komentar itu…. Tapi kemudian terlintas….lha ini lahan saya mau saya ambil kok gak boleh, halah kok jadi belok keurusan materi, padahal awal diskusi maunya cuman menyuarakan kebenaran. Emang sulit di Indonesia menyuarakan kebenaran….. Munir aja mati karena menyuarakan kebenaran 😦 …. Tapi sesuatu yang benar harus selalu diungkapkan, walaupun dapat halangan dan cercaan….. mempertahankan kesalahan hanya membutuhkan orang yg mendukung kesalahan dan orang yang tahu kebenaran ….tapi diam. Jadi ngelantur kemana mana…ini pasti pemikiran orang lagi ngantuk tapi ngotot posting 😀 kayak saya ini he…he…he

Pokoknya anak adalah seseorang yang berumur 0 sampe 18tahun, kalo ada yang bikin perkecualian ya…. terserah aja…….

9 Tanggapan to “Anak adalah…….”

  1. andi bagus Says:

    cempluk berarti udah gak anak lagi y om..tapi klo ketemu orang, ohh,,km tuh anak nya pak xxx..nah loh..bingung juga kata anak ini digunakan..

  2. aRuL Says:

    bagi saya cempluk masih anak2.. hahahhaa 😀 masih imut soalnya 😀
    *ditabok cempluk 😀 *

  3. mei Says:

    mungkin d indonesia anak usia 14 sudah bukan d anggap lagi anak dan di amsukkan k bangsal dewasa karena di Indonesia di beberapa daerah usia segitu sudah kawin. iya khan??bahkan ada ayng sudah punya anak. kalau gak salah juga pengertian anak itu 0-18tahun bila belum menikah(ralat bila salah)

  4. herru Says:

    kalau umur 17 tahun udah bikin anak, jadi anak bikin anak dong dok 🙂

  5. Watuitem Says:

    Anakku adalah anakku
    Anakku tetap anakku
    Anakku selalu anakku
    Cahaya hatiku
    Kupu-kupu kecilku
    Pelebur lara hatiku
    Pencerah sedihku
    Peluntur amarahku
    Sumber bahagiaku
    Inspirasi hidupku
    Segalanya bagiku.

  6. Watuitem Says:

    Sampe lupa,
    Minta ijin link ya mas

  7. dokterearekcilik Says:

    @andi bagus
    kalo anaknya pak xxx sampek tuwek ya tetep aja 🙂

    @aRul
    ikut nabok ah 😀

    @mei
    beberapa negara termasuk emang ada anak <18th yg udah nikah, tapi dalam ilmu kesehatan masih termasuk anak, bahkan termasuk anak dengan permasalahan khusus karena dalam masa pertumbuhan sudah menikah. WHO punya pembahasan khusus juga tentang masalah ini. Kalo diangap dewasa sehingga bisa ikut pemilu, bisa punya KTP dll …. itu kan politis aja….tapi secara keilmuan dia masih tetep anak.

    @herru
    itu namanya kecil kecil udah bisa bikin nak kecil….. itu jadi masalah juga kok….lengkapnya liat komentar @mei

    @Watuitem
    emang anak itu luar biasa, capek kerja jadi ilang liat anak. Silahkan di link anakku eeee salah …….temanku

  8. lenny Says:

    hahaha …artikelnya lucu juga, menarik … 😄

  9. dokterearekcilik Says:

    @lenny
    Trims atas mampir dan komennya 😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: