Enterobacter sakazakii………….siapa sih lu ???

Hasil penelitian dari IPB yg menyatakan 22 susu formula dan 13 bubur bayi mengandung Enterobacter sakazakii (E. sakazakii), hal ini tentunya mengagetkan banyak pihak termasuk para ibu yg selalu memberi susu formula pada ananda yg tercinta. Ada kuman di susu kaleng………lha itu kuman apa sih kok udah ribut duluan ??? apa bahaya ? apa berakibat fatal ?

Kuman ini termasuk gram negatif, tidak membentuk spora dan masuk famili enterobacteriaceae…….. walah jadi bingung ya…..pokoke yg jelas bukan famili saya 😀 . Kuman ini sudah ngetop agak lama di luar negeri mulai Amrik, Haiti dll, dan sebagian besar yang jadi masalah ya sama karena ditemukan dari susu formula. Cuman kalo di negara maju cara nemunya beda, caranya gini: ada bayi sakit infeksi yg berat lalu dibiakkan kumannya dari darah ternyata hasilnya E. sakazakii. Karena ada dana jadi dicari kenapa kok ada kuman yg tidak lazim didalam darah bayi, cari keliling mulai dari air, lingkungan…..eeeeh ketemunya dari susu formula dan terbukti dari biakan kuman. Susu yg bersangkutan dihentikan penggunaannya oleh RS tersebut….. naaaah beda kan dengan kita yg “kebetulan” ada yg neliti terus hasilnya gini

Kuman ini sering menimbulkan kesakitan dan kematian terutama pada bayi prematur, ada juga laporan pada bayi cukup bulan tapi biasanya pada bayi yg mengalami kecacatan bawaan. Pada orang dewasa yg terkena tapi sangat jarang, ada juga laporan yg menemukan kuman ini di vagina …… Beberapa website yg penulisnya gak jelas mengatakan ini merupakan kuman yg bisa ada di usus hewan maupun manusia. Apa kuman yg di susu formula sudah ada sejak di sapinya ??? gak jelas juga. Angka kematian bila terkena infeksi E. sakazakii mencapai 50%, maksudnya setengah pasien yg kena infeksi ini meninggal, tapi ada pula referensi yg menyatakan bila diketahui sejak dini bisa diturunkan sampai 20%. Akibat yg terjadi bila kena kuman ini adalah sepsis (infeksi di seluruh tubuh), meningitis (radang selaput otak), cerebritis (infeksi pada otak kecil) …bukan celebritis lho….. dan necrotizing enterocolitis (infeksi pada usus yg biasanya berakibat rusaknya usus tsb)

Namun pada penelitian juga didapatkan bayi yg minum susu formula tsb dan pada tubuhnya terdapat kuman E. sakazakii tapi tidak mengalami sakit sama sekali, sampai sekarang belum diketahui secara pasti faktor apa yg menjadi penyebab seseorang jadi sakit atau tdak padahal sama sama terinfeksi E. sakazakii….. Namun diperkirakan bayi lebih rentan terena terutama karena keasaman lambung bayi yg lebih rendah dibanding orang dewasa sehingga saat kuman E. sakazakii masuk tidak dapat dimatikan oleh asam lambung. Asam lambung pada bayi prematur lebih rendah keasamannya dibanding bayi normal sehingga ini juga berakibat bayi prematur lebih sering terkena.

Banyak dokter yg juga belum banyak tahu tentang masalah ini … termasuk saya yg baru belajar setelah ada berita….karena pada kenyatannya para dokter lebih banyak dibebani fungsi pelayanan,sedangkan dana untuk penelitian dan pengembangan diri tidak menjadi prioritas. Jadi saya masih terus baca penelitian tentang masalah E. sakazakii dan sebenarnya saat ini masih banyak yg perlu saya baca, tapi kalo kelamaan baca ….lha kapan postingnya 😀 Paling tidak ini sekelumit apa yg saya ketahui tentang E. sakazakii ……. Kalo dapet pengetahuan yg baru nanti saya posting lagi.

Iklan

21 Tanggapan to “Enterobacter sakazakii………….siapa sih lu ???”

  1. hori Says:

    nanti kalo udah ngak sekelumit lagi tentang topik ini,, boleh ngak dikirim ke email saya horimudhaffar@yahoo.co.uk

    thnaks

  2. mei Says:

    aku juga mau, tulung kirim k meilinpruwita@gmail.com yo pak…

  3. umi aya Says:

    mau juga dok, thanks….

    rencana mo ngasih selingan bubur instan ke anak,
    tapi ditunda dulu nunggu masalahe jelas…

  4. dani Says:

    jd memang mesti ada medical googlers vs medical bloggers 🙂
    yg pelayanan silakan..

    makasi infonya ya dok

    jadi susunya merk apa ya.. 🙂

  5. Landy Says:

    makasih infonya mas

  6. dokterearekcilik Says:

    @semuanya
    ntar kalo udah lengkap aku kirim, masih klenger baca referensi segitu banyak 🙂 sebenernya dalam jurnal tersebut disebut nama susu + pabriknya, tapi susu itu tidak beredar di Indonesia……….tapi pabrik susu tsb mengedarkan juga susu di Indonesia. Saya tidak menyebut karena belum tentu susu yg diedarkan pabrik tsb di Indonesia juga tercemar. Nunggu berita pemerintah aja deh. Tapi kalo ada yg berminat baca tentang outbreak di Amrik tahun 2001 bisa aku kirim, tapi pasti aku kirim dalam bentuk pdf dan tidak ada komentar dari saya sama sekali.

  7. nanakiqu Says:

    dok klo yg minum susu ibu hamil apa bakteri itu juga ada si sus untuk ibu2 hamil..dok..??

  8. Susu Formula dan Enterobacter sakazakii » Dani Iswara .Net » Medical Doctor on the Blog Says:

    […] juga: Enterobacter sakazakii, siapa sih lu? Susu Formula itu kini Bermasalah Share : These icons link to social bookmarking sites where […]

  9. devi Says:

    dok, mau juga dong ..butuh info banget neh, walaupun anak saya ASI tapi mau disapih, jd siap2 pilih susu . kirim ke email saya deviariefiani@yahoo.com. makasih ya dok

  10. almascatie Says:

    waaaaaaaaaaaaahhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhh
    *lidah lelet*

  11. habibie arifianto Says:

    Wah kalo ada berita gini ni bukan cuma pemerintah aja ya yang kebingungan didemo sana sini buat membuka rahasia nama pabrikan susu yang bermasalah, dokter anak yo mumet ya, hehehe… yah itung-itung demi pelayanan pak..
    apa mungkin E sakazakii ada baiknya juga ya buat keseimbangan Th1-Th2, biar anak jadi gak gampang sakit besoknya, hehehe… ilmu gelap.. Tapi kok belum ada laporan out break di Indonesia ya pak, apa mungkin under reporting?!

  12. sibermedik Says:

    Buat BPOM..”Mana Ekspresinya!!!!!!”

    Btw mampir sini dok, maklum menghilang dari peredaran *nyari dana*
    http://sibermedik.wordpress.com/2008/03/04/oleh-oleh-dari-stroma1/

  13. dokterearekcilik Says:

    @nanakiqu
    kumannya ya bisa ada di usus kalo diminum tapi yg penting daya tubuh baik atau tidak. Dengan daya tahan tubuh yg baik maka kuman itu mati.

    @dani iswara
    udah aku bezuk postingan yg di ping 🙂

    @devi
    wah makin banyak yg minta dikirim email……oke deh

    @almascatie
    wweeeeeeeeeeeeeeeeh

    @habibie arifianto
    pasti underreporting karena cara penemuan kuman beda, di Indonesia “kebetulan” ada yg neliti. Kalo di sono, ada yg sakit dilacak kumannya ternyata ketemu E. sakazakii, ditelusuri terus sampe ketemu outbreak. kita masih jauuuuuuh banget dari hal hal spt itu 😦

    @sibermedik
    Akhirnya kamu muncul lagi 😀 aku udah mampir

  14. poce Says:

    iya … siapa si dia??

    salam knalll ,,

  15. arx Says:

    menarik jg nih dok, kalo bisa saya jg mo dikirimin info ttg produsen mana saja yang pernah dicurigai/divonis tercemar e.sakazakii ini, untuk prefentif aja. email ke arxdj@yahoo.co.id , makasih sebelumnya nih dok.

  16. konsultasikesehatan Says:

    Mantab Dok,
    semakin belajar semakin merasa kurang.
    jadi lecut buat yang muda-muda.

  17. binchoutan Says:

    HOOO saya tahu… pasti aktor dari Jepang…

    dari namanya, sepertinya Sakazakii-san blasteran 😆

    *lagi error* :mrgreen:

  18. dokterearekcilik Says:

    @poce
    Salam kenal juga

    @arx
    🙂

    @konsultasikesehata
    jedeeeer……….dilecut 😀

    @binchoutan
    haik…..arigato husaimas……… 😛

  19. fetro Says:

    kok udah ditunggu sekian lama, gak keluar juga merk susu yang tercemar.
    biasanya BPOM reaksinya cepat. ada apa ya dok? khawatir juga nih

  20. dokterearekcilik Says:

    @fetro
    iya, janji janji terus gak ada juntrungnya 🙂

  21. syarip Says:

    http://antisusu.blogspot.com/2008/05/susu-formula-dan-bakteri-enterobacter.html

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: