Apakah anak besar kepala ???

Kadang ada anak yang besar kepalanya, kayak sering disiarkan televisi …… anaknya gak bisa apa apa, semua orang juga tahu kalo itu ada kelainan atau kepala sangat kecil…. Ya pasti tahu kalo itu bermasalah. Tapi seberapa kepala bisa disebut besar dan seberapa disebut kecil, ukuran secara obyektif besar dan kecil itu gimana ??? Penting untuk tahu ukuran ini, terutama pada masa pertumbuhan anak….

Kenapa besar kecilnya kepala jadi masalah yang penting diketahui ??? Pada awal pertumbuhan besarnya kepala berhubungan dengan besar otak karena bentuk tulang kepala belum nyambung seluruhnya sehingga bila terjadi masalah pada otak maka bentuk kepala akan mengikuti bentuk otak tersebut. Contoh: bila ada masalah sehingga pertumbuhan otak mengecil maka bentuk kepala juga akan jadi kecil, juga bila ada penimbunan cairan yang berlebihan pada otak maka kepala akan ikut membesar.

Agar tahu secara dini maka perlu pemantauan lingkar kepala sejak lahir merupakan hal penting sehingga bila terjadi masalah maka akan dapat diketahui sejak dini. Pengetahuan ini penting diketahui semua orang terutama ibu agar mereka secara mandiri dapat melakukan pemantauan terhadap anak anak mereka secara berkesinambungan. Caranya mudah kok….. modalnya juga gak besar

Yang penting pertama adalah grafik pertumbuhan kepala, ada yang dari WHO, ada juga yang dari CDC. Yang keluaran WHO hanya sampai 5 tahun, sedangkan pada grafik CDC maka bisa dilakukan sampai umur 20 tahun. Sama masalahnya dengan grafik berat badan, punya WHO emang lebih akurat untuk semua anak di dunia dibanding CDC yang lebih akurat untuk anak di Amerika. Apapun tapi pake aja yang ada dulu sementara yang di Indonesia belum ada penelitian tentang besar kepala anak Indonesia. Eh , tentukan dulu pake grafik yang mana karena grafik dibedakan menurut gender.

Grafik yang dapat di donlod disini yang dari WHO sedangkan yang dari CDC bisa dilihat  disini.

Pakai alat pengukur kepala dengan menggunakan meteran kain yang lunak, harganya murah kok. Ada alat yang khusus untuk mengukur tapi mahal dan susah dicari…..pake yang murah aja. Pertama lepaskan dulu topi, hiasan rambut, jepit dll….kalo diukur sambil pake topi koboi nanti hasilnya pasti kebesaran🙂. Usahakan anak dalam keadaan nyaman, gak apa apa sambil dalam dekapan ibu. Ukur lingkaran kepala yang terbesar yaitu dimulai dari dahi di sebelah atas pertemuan kedua alis mata terus ke belakang kepala, kalo bahasa kedokterannya dari frontal ke occipital. Lakukan pembacaan dengan teliti, kemudian masukkan ke dalam grafik.

Plot umur yang sesuai dengan ananda kemudian tarik garis ke atas hingga sesuai dengan ukuran kepala ananda, bila berada dalam garis antara 3rd sampai 97th maka termasuk normal, sedangkan bila berada diluar garis normal maka itu tidak normal. Jangan terlalu cepat memberi vonis bila tidak normal, konsultasikan dengan dokter agar bisa mendapat informasi lebih jelas ……..karena pada manusia masih ada yang disebut variasi normal.

Semoga sedikit ilmu ini dapat berguna untuk membantu memantau perkembangan ananda.

7 Tanggapan to “Apakah anak besar kepala ???”

  1. sibermedik Says:

    Pertamax..
    thx infonya..jadi inget pas CO MUDA kemarin disuruh bawa meteran tukang jahit,eh ternyata buat ngukur lingkar kepala toh?

  2. ndop Says:

    besok, kalo sudah punya bayi. akan kubaca lagi postingan di atas..
    thanks alot bos…

  3. Dian Propa Says:

    dr. Rizal, keakuratan pengujiannya, apakah berpengaruh dengan umur..?? maksud saya, hasil pengujian ketika umur berapa tahun yang lebih akurat..??

  4. dokterearekcilik Says:

    @sibermedik
    Selamat jadi tukang ukur kepala😀

    @ndop
    semoga cepet terkabul🙂

    @Dian Propa
    pengujian dilakukan sesuai dengan umur ananda, semua relatif akurat.

  5. papario Says:

    Besar kepala itu sifat sombong … tapi kepala besar, itu yang perlu diperika pak Dokter…🙂

  6. mad man Says:

    saye udah tingkatan 5 tapi kepala saye besar dibelakang.lain daripada orang lain

  7. Greshendy Rama Chintya Putri Says:

    anak saya 15 bulan lingar kepalanya 48,5 takut cemas dll campur campur, soalnya ada teman anaknya kepala besar belum bisa jalan diusia 22 bulan ternyata tumor otak dan akhirnya meninggal setelah dioperasi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: