Jadwal imunisasi 2008

Gak banyak komen cuman sekedar mau kasih tahu jadwal imunisasi 2008 dari Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) versi 2008, semoga berguna. Yang mau mengunduh…kayak mangga aja 😀 ada di halaman download blog ini.

Jadwal Imunisasi IDAI versi 2008

46 Tanggapan to “Jadwal imunisasi 2008”

  1. mazrali Says:

    thanks dok atas jadwalnya… aku save

  2. dokterearekcilik Says:

    @marzali
    sama sama…..silahkan di save

  3. Immunisasi di Jepang « Rumahku Sorgaku Says:

    […] Imunisasi Indonesia […]

  4. awalia Says:

    thanks ya dok atas jadwal imunisasinya yang terbaru…

  5. dokterearekcilik Says:

    @rumahku sorgaku
    udah aku besuk tentang imunisasi di jepang 😀 bagus postingannya

    @awalia
    Sama sama

  6. Istim@niez Says:

    Matur suwun sanget yah Dok!!!!….Dah saya dompleng!!!

  7. dokterearekcilik Says:

    @Istim@niez
    Sama sama

  8. roy Says:

    makasih.
    sangat membantu

    regards,

  9. dokterearekcilik Says:

    @roy
    sama sama

  10. dr. Aisyah Says:

    thanks berat atas jadwal imunisasinya

  11. dokterearekcilik Says:

    @dr. Aisyah
    Sama sama bu dokter 🙂

  12. Abah umar Says:

    makasi banyak pak dokter…
    berguna sekali buat anak saya yang baru lahir

    Kalau untuk imunisasi dewasa ada jadwalnya juga ga?
    Thanks

  13. dokterearekcilik Says:

    @Abah umar
    Gak ada yang dalam bentuk tabel kayak punya IDAI, tapi kapan kapan coba saya cari atau bikin. Berguna juga kok. Thx

  14. Vera Says:

    dok, tanya, apa benar imunisasi HIB bisa menyebabkan autis pada anak? makasih.

  15. dokterearekcilik Says:

    @Vera
    yang dicurigai jadi penyebab autis adalah vaksin MMR, tapi sampe sekarang belum ada bukti secara ilmiah dan Satgas Imunisasi IDAI masih menyatakan belum ada penelitian yang mendukung.

  16. Yuli Says:

    dok, anak saya usia 5 bln sudah 5 kali vaksin polio…mo nanya ada efek sampingnya ga yah kalo sudah vaksin polio kebanyakan & kecepetan seperti anak saya? kata dsa saya…..seumur hidup manusia min 6 kali vaksin polio…..semakin banyak semakin bagus….apa benar?

  17. dokterearekcilik Says:

    @Yuli
    Bukan semakin banyak semakin baik, tapi dengan 6 kali udah cukup dan bila diberikan lebih tidak ada peningkatan imunitas yg terlalu signifikan jadi cukup 6 kali aja dan bila kelebihan gak apa apa tapi tidak semakin bagus.

  18. sari Says:

    DeaR Dok,

    Saya mau tanya..anak saya lahir tanggal 05 Feb kemarin, sejak lahir sampai pulang sama dsanya blm diberikan imunisasi apapun, sampai dua minggu setelah pulang dan kontrol masih juga belum diberikan imunisasi, alasannya masih melihat kenaikan berat badan, BB lahir anak saya 3,3 kg, BB pulang 3,1 dan pas kontrol 2 minngu naik lagi jadi 3,3, dsa anak sya baru menjadwalkan imunisasi untuk kontrol 2 minggu kemudian. Akhirnya saya ganti dsa, dan dsa yang baru lsg memberikan imunisasi Polio-1 dan Hep.B, menurut dokter apakah imunisasi yang diberikan terlambat mengingat di Jadwal Imunisasi IDAI harusnya sejak lahir dan diberikan Polio 0, lsg polio 1 ga papa dok? terima kasih.

  19. dokterearekcilik Says:

    @sari
    tidak ada terlambat untuk imunisasi, yang penting sekarang udah dikasih imunisasi. Bisa dikonsultasikan dengan DSA agar agar dibikinkan jadwal untuk imunisasi selanjutnya biar labih siap dan mengerti jadwal dan jenis imunisasi yg akan diberikan. Jangan lupa minta info tentang kegunaan imuniasai tsb atao cari di internet juga banyak info kok

  20. sarisyafaat2110 Says:

    terima kasih dok…lega saya… 🙂

  21. dwi lestari Says:

    dok, melihat dan membaca beberapa pengalaman mengenai imunisasi dan ternyata ada beberapa kasus yg menyebabkan seorang anak terkena autis, saya sebagai orang tua sangat khawatir mengenai hal tersebut. saat ini anak saya berusia 9 bln dan sudah imunisasi campak,dsa yang selama ini menangani anak saya menganjurkan program imunisasi non PPI,seberapa penting sih dok imunisasi ini, jika anak saya tidak mengikuti program tersebut dampak apa yg ditimbulkan terhadap kesehatan anak saya, sudah cukupkah jika anak saya hanya mengikuti progaram imunisasi yg diwajibkan saja?

  22. dokterearekcilik Says:

    @dwi lestari
    Semua yang dibuat manusia prinsipnya bisa menimbulkan efek samping, termask imunisasi. Di negara maju semua imunisasi diwajibkan krn pemerintah mereka mampu bayarin vaksin buat masyarakat. Imunisasi melindungi anak dari penyakit dan sangat berguna, dan kalo dihtung cukup murah bila dibandingkan bila penyakitnya benar benar menyerang. Bila mampu sebaiknya dilakukan imunisasi non PPI, tentunya bila tidak ada masalah atau kontra indikasi.

  23. sondang Says:

    Dok, anak saya usianya 8m3w, selama ini cm ikut imunisasi yg diwajibkan, pas kontrol ke dsa bln lalu krn sakit batuk pilek, dsanya nyaranin buat imunisasi Hib.
    Pertanyaan saya bolehkan vaksin Hib diberikan pertama kali pada usia 8bln? Karna di jdwal imunisasi seharusnya diberikan pd usia 2,4 dan 6 bulan.

  24. dokterearekcilik Says:

    @sondang
    Dalam jadwal imunisasi ada yg disebut jadwal kejar, bukan dikejar kejar karena taku imunisasi 😀 maaf nglantur. Maksudnya umur berapa aja ada cara untuk melakukan imunisasi, kalo Hib umur 8bulan maka dilakukan 2 kali saja, kalo kurang jelas bisa tanya DSA setempat untuk atur jadwal kejar imunisasi.

  25. yuli Says:

    Dok, ada jadwal imunisasi terbaru gak (tahun 2009)? Biasanya kapan jadwal imunisasi diperbaharui? thanks.

  26. yuli Says:

    Dok, Adakah jadwal imunisasi periode 2009? kapankah jadwal imunisasi diperbaharui? Thanks.

  27. dokterearekcilik Says:

    @yuli
    Gak tahu ya, kadang setiap 2 tahun, tergantung ada perubahan yg mendasar atau tidak. Tapi saya akan cari tahu

  28. cynthia Says:

    makasih dok..berguna banget

  29. dwie Says:

    Dok…bln ini anak saya disarankan vaksin IPD sama DSA nya.menurut dokter perlu ga?ada efek samping nya kah?trims dok…

  30. dokterearekcilik Says:

    @cynthia
    sama sama

    @dwie
    Kalo perlunya sih perlu… cuman emang harganya mahal dan penelitian tentang peta kuman Pnemokokus di Indonesia belum jadi. jadi…Efek samping demam ringan

  31. dwie Says:

    jadi…?nanggung sekali kalimat nya:-)jd ga divaksin jg gpp ya dok,he he:-)

  32. sondang Says:

    dok, anak saya usia 1 thn 2 minggu, pas usia 11 bln dia kena cacar air, nah sekarang dia masih perlu divaksin cacar air lagi lgi ngga yah??
    sama kalo gigi keropos pada bayi apa penyebabnya kekurangan kalsium ato karna asi tengah malam? makasih ya dok

  33. dokterearekcilik Says:

    @Dwie
    Gak masalah di vaksin… sebagian negara maju sudah memasukkan IPD sebagai vaksin wajib… cuman di negara berkembang ada masalah finansial… selalin itu OK kok

    @sondang
    Kalo udah pernah kena cacar air ya gak usah divaksin.. gak berguna, sudah cukup kekebalan yang muncul saat sakit lebih kuat dibanding vaksin. Bukan dua2nya, itu karena pembersihan gigi kurag baik, bisa dilakukan pembersihan gigi secara teratut untuk mencegah keropos gigi

  34. Putri Says:

    Saya dokter ptt di desa di sumsel. bisa minta bantuannya imunisasi kejar untuk anak 18 bulan? Belum imunisasi sama sekali.
    Kalo bisa minta tolong buatkan jadwalnya. Terimakasih banyak ya dok.
    minta tolong di email ya. Thx.
    ahsan_feyzal@yahoo.com

  35. ibunya fais Says:

    hai dok..anakku fais(11bln)jg kna cacar air..apa perlu dibw k dsa y?fais jd rwl n ga mau maem..tlg sarannya ya dok..

  36. mama aji Says:

    dok, anak saya imunisasi combo 1 waktu umur 6 minggu lebih sehari, padahal dijadwal umur 2 bulan, apakah ga apa2 dok? trus combo tu terdiri dari imnisasi apa aja? ga dijelasin soalnya dok….thanks dok

    • dokterearekcilik Says:

      DAC ans: Combo itu artinya gabungan bbrp jenis vaksin, harus jelas combo yg mana. Yg ada di Indonesia combo DPT + Hepatitis B, DPT + HiB. Kalo DPT bisa diberikan dgn aman paling tidak umur 6 minggu, cuman untuk mempermudah dlm paksanaan sehari2 dijadwalkan saat umur 2 bulan.

  37. sondang Says:

    dok, anak saya skrg umurnya 15 bln,berarti jadwalnya vaksin MMR kan??
    tapi terus terang saya masih agak ragu2 karena issue yg beredar soal vaksin ini, bener ngga sih dan apakah vaksin MMR ini bener2 diperlukan???
    makasih yah dok sebelumnya…

  38. Dhiyah Says:

    Dok, tlg bantu saya. anak saya umur 7 thn. tapi lum bisa ngapain, masih baring aja, lum bisa semuanya.dulu umur seminggu pernah step. tapi setelah itu bisa sehat kayak bayi lain. tapi umur 8bln pernah jatuh dr ayunan ke kasur. sayangnya gak nangis, sejak itu perkembangan sgt lambat. pernah di eeg hasilnya epilepsi. sampai skrg masih minum obat kontrol diazepam dan phenitoin. apa yg hrs saya lakukan, saya juga bgn dari kesehatan. tlglah saya dok. makasih sebelumnya mohon balas ke email saya.

  39. yudith Says:

    terimakasih dok,saya seorang mahasiswi kebidanan,sekarang tahu tentang jadwal imunisasi.

  40. workingmomsite Says:

    thanks ya dah diposting jadwal ini..
    minta ijin copy paste ya..
    thanks

  41. Esti Says:

    Dok saya mo nanya, untuk imunisasi BCG setiap KMS berbeda ada yang 0-1 bulan ada juga yang 0-2 bulan. Tetapi ada satu bidan yang mengatakan bahwa informasi terbaru untuk BCG dapat diberikan pada usia 0-11 bulan. Benarkah? mohon pendapatnya. Tks

  42. desi Says:

    dok anak saya umur 9 bln blm imunisasi dpt2-3. gimana apa masih boleh diimunisasi?

  43. Anonim Says:

    dok kenapa kita wajim memberikan imunisasi

  44. canra rolinson Says:

    Dok, apa bedanya Imunisasi di puskesmas/ bidand dengan Sp.A? dan kenapa biayanya mahal di SP.A ?

Tinggalkan Balasan

