Es… es…. Minum es

Sudah kondang dimana mana ucapan,”kalo udah batuk pilek ya jangan minum es”….. mulai saya kecil udah kenal juga dengan ucapan,”…jangan minum es nanti batuk lho”. Saya selalu penasaran sejak lama tentang hal ini dan saat kuliah selalu gak puas dengan jawaban para dosen tentang masalah es ini…..sooooo dimulailah pencarian kebenaran ini

Pencarian di internet menunjukkan bahwa tidak ada jurnal kedokteran, makalah maupun referensi yang membahas masalah hubungan antara pemberian es, makanan dan minuman dingin sebagai penyebab dari flu, pilek atau batuk. Yang ada beberapa tulisan mengenai penanganan flu sehubungan dengan dairy product salah satunya es krim. Ada yang berpendapat bahwa susu dalam es krim dapat meningkatkan kekentalan lendir saat flu sehingga memperlambat penyembuhan namun tidak pernah dibicarakan sebagai penyebab flu. Pada akhir pencarian saya temukan suatu artikel ilmiah yang membantah bahwa bahan – bahan yang berbahan dasar susu tersebut dapat mengentalkan lendir atau dahak.

Jadi sebenarnya tidak ada bukti ilmiah yang menunjukkan bahwa minuman dingin atau es merupakan penyebab batuk atau flu, seperti yang sudah diketahui bersama bahwa penyebab flu adalah virus flu atau virus influenza. Tapi kayaknya di masyarakat udah teranjur berkembang mitos selama berpuluh tahun bahwa minuman dingin dan es bisa jadi penyebab batuk, pilek maupun flu. Kalo udah cerita mitos gitu….gak gampang ngilanginnya….pertama-tama pasti ditolak bila saya mengungkapkan hal ini. Para pembaca juga pasti tidak semua percaya dengan pernyataan saya ini.

Dari mana mitos itu berasal …..kurang jelas juga, yang pasti hampir semua lapisan masyarakat mempercayai bahwa es adalah penyebab flu dan batuk, bahkan tidak jarang para petugas kesehatan juga ikut menyarankan hal ini…lho saya kan juga petugas kesehatan….wah jadi terlibat nih 😦 . Emang kalo lagi flu dan batuk paling enak dan nyaman mengkonsumsi minuman makanan hangat….mau itu susu coklat hangat, sup ayam, teh hangat…wah enaknya. Tapi itu bukan berarti tidak boleh mengkonsumsi minuman dan makanan dingin.

Kalo di tempat praktek bilang ke ibu pasien “….bu ananda sakit batuk dan pilek ringan aja kok”…..ibundanya kadang langsung menoleh ke ananda dan bilang,”…naaaah makanya jangan minum es terus, ibu kan udah bilang”. Repotnya mau kasih tahu bahwa es tidak menyebabkan batuk dan pilek nanti kasihan ibunda dibantah di depan ananda jadi jatuh reputasinya, kalo gak kasih tahu juga…gimana ya? Biasanya saya ambil jalan tengah, dengan menerangkan sebab flu adalah virus, sebaiknya ananda banyak minum gitu aja. Nanti pada kunjungan mendatang pesan ditambah lebih detail sampai ibunda lebih ngerti.

Emang gak mudah, jangankan pada pasien …pada keluarga besar saya aja sering gak dipercaya. Repotnya mereka selalu bilang…lha kata petugas kesehatan di tempat saya gak boleh kok minum es. Waaah…..Jadi orang aneh lagi nih 😦 Β emang kadang menyatakan sesuatu yang tidak sama dengan pendapat orang kebanyakan harus ikhlas menerima bantahan dan tolakan dari mereka. Tapi kan emang itu kebenaran….. ya gimana lagi. Yang penting menyatakan kebenaran aja, kalo gak bilang malah jadi gak bener. Semoga kita bisa belajar bersama agar mengetahui kebenaran dalam segala hal termasuk masalah kesehatan. Amin

NB: Kalo ada yang punya referensi ilmiah yang menyatakan bahwa es atau makanan/minuman dingin adalah penyebab flu dan batuk jangan sungkan – sungkan membantah saya ya…..kita belajar bareng kok.

56 Tanggapan to “Es… es…. Minum es”

  1. ma2nn_smile Says:

    insya allah saya usahakan dok…….
    kalo kata bapak saya (dokter juga), juga gak ada hubungannya……

  2. dani Says:

    dl ada ortu yg nganter anaknya periksa ngelarang anaknya jgn maem es terus (ampe sakit) krn abis maem es itu jd susah makan.. πŸ˜€
    jd bukan krn es-nya πŸ™‚

  3. dokterearekcilik Says:

    @ma2nn_smile
    Thanks

    @dani
    He….he..he:D

  4. draguscn Says:

    Jangankan anak-anak .. saya aja kalo sekarang batuk-batuk pasti dimarahin istri “gara-gara minum es melulu tuh!!” hehehehe .. ternyata emang mitos yang melekat ..

  5. dokterearekcilik Says:

    @draguscn
    He….he….he emang susah ya ternyata menerapkan ilmu di dunia nyata πŸ˜€

  6. draguscn Says:

    Mas, saya buka layanan Klinik Tumbuh Kembang. Kalo saya buntu nanti dibantu ya .. trimakasih sebelumnya ..
    NB :
    maaf belum bisa menyediakan jasa konsultasi .. πŸ™‚

  7. tiko Says:

    klo makan gorengan (maksud e makanan yang digoreng) gimana dok, bikan batuk apa ndak??
    suwun

  8. Dr Luluch Says:

    Nek pake es batu mungkin es batunya ga bersih kali ya,maksudnya bikin es nya kdg ada yg pake aer mentah, bukan aer matang

  9. sibermedik Says:

    se7 ma mbak luluch, penggunaan es batu yg kurang higienis menyebabkn mikrorganisme menempel dan membeku dlm es. Ini mungkin (hipotesa) penyebab laringitis n pharyngtis pada anak2, tp saya belum nemu jurnal penelitiannya..mau neliti dok?

  10. aRuL Says:

    saya dengar juga kalo kebanyakan minum es setelah makan membuat perut buncit, apakah itu benar dok? πŸ˜€

  11. ndop Says:

    saya ndak doyan es, atau mentidakdoyankan es dengan paksa, karena hobi saya nyanyi, kalo nggak nyanyi saya stress. makanya ndak minum es…

  12. mbokne bagas Says:

    Dok, bisa jadi es-nya pake “biang gula”, bukan gula aseli. Jadi ada bbrp orang yg mgkn gak “tahan” thdp pemanis ini, trus alergi dlm bentuk batuk….hehe…maksa gak sih penjelasannya??

    Maaf, soale saya smp skrg yo blm nemu penjelasan ilmiahnya. Anak pertama saya, walopun lg batuk, klo dia minta es krim, yo ta’ kasih aja. Trus, minum susunya juga yg dingin (UHT yg disimpan di lemari es).

    Hehe…udah mulai di-cap jadi orang “aneh” to, dok? Sabar…kan katanya kita harus menyampaikan kebenaran walopun itu pahit adanya….:-) Ceileeeeeeeee…….

    Salam,
    mbokne B&D

  13. dokterearekcilik Says:

    @draguscn
    Waaah bagus, saya udah mampir. Itu impian saya sejak masih PPDS….tp belum kesampean karena urusan lain. Kayaknya saya seneng bisa bantu anda. Suatu waktu saya pengen bikin klinik kayak gitu di Sidoarjo or Surabaya.

    @tiko
    Ada referensi bahwa minyak yang tidak baru (bhs jawanya jelantah) itu bisa bereaksi di daerah leher dan menyebabkan rasa tidak enak. Kadang juga berakibat batuk karena batuk adalah reaksi tubuh untuk mengeluarkan zat yang merugikan tubuh. Tapi pasti bukan penyebab flu atau infeksi.

    @dr.Luluch & sibermedik
    Sepanjang pengetahuan saya infeksi di sal napas penularan lewat droplet bikan lewat saluran cerna. Kalo es dibuat dari air mentah efek yg mungkin timbul diare atau gangguan pencernaan lain. Kecuali ada patofisiologi baru yang belum saya baca. Soal meneliti itu menarik tapi harus diingat ini merupakan “common sense” jadi sulit dijadikan penelitian, lebih mudah memakai logika.Thanks

    @aRuL
    Gak bener, itu juga mitos yang gak jelas asalnya dari mana. menurut ilmu kedokteran juga belum ada penelitian serta secara alur perjalanan anatomo dan fisiologi gak nyambung.

    @ndop
    Wah asyik punya temen penyanyi…kapan kapan posting suara ndop pas nyanyi ya, biar kita bisa menikmati suara anda πŸ™‚

    @mbokne bagas
    Soal pemanis saya belum dapat referensi, tapi pada prinsipnya orang bisa alergi terhadap suatu bahan. Namun jumlah orang yang alergi itu sebenarnya sedikit, yang banyak “mang-alergi-kan” diri dengan “tuduhan” bahan tsb dianggap sbg penyebab batuk, pilek atau sakit yang lain.

  14. draguscn Says:

    wah kalo bisa diattached dengan taman bermain, tempat belanja mainan dan keperluan anak dll gitu asik banget, mas .. eh sebentar maksudnya klinik di alam beneran kan ?? hehehe πŸ™‚
    Bayangkan akan bisa bersaing dengan mitos SpOG yang sekarang ada .. pasien ngga sakit juga datang ..

  15. usetea Says:

    dok kalo BUTE (Ibu meneteki πŸ™‚ ) minum es trus anaknya jadi pilek itu juga ada hubungannya gak…? soalnya saya sering tuh dapet teguran….:-( anakknya pilek gara2 ibunya minum es…thanx dok

  16. sibermedik Says:

    kalau teori hipersekresi mukus pada mukosa tenggorokan karena suhu yang mendadak dingin dari es ?

  17. dokterearekcilik Says:

    @draguscn
    Iya di alam nyata, emang sampe segitu kok impian saya πŸ˜€ Doakan terwujud

    @usetea
    Anaknya pilek karena ketularan dari ibunya, bukan karena minum es. Lha kalo netek kan mesti menghadap ananda, sedikit banyak akan terjadi transmisi virus.

    @sibermedik
    He…he.. masih belum terima ya kalo es tidak menyebabkan batuk dan pilek πŸ˜€ Saya belum pernah dapet referensi teori hipersekresi mukus, apa sibermedik punya referensinya? kalo ada referensinya teori tersebut boleh kita diskusikan. Tapi saya cari di internet dan semua textbook kok gak dapet ya ? Btw sibermedik dapet dari mana teori tersebut ?

  18. draguscn Says:

    Ya Mas, Amiiin ..
    Sekarang Puskesmas juga mulai bikin klinik tumbuh kembang kecil-kecilan .. sekedar supaya bisa ikutan mewujudkan program pemerintah terhadap balita kita .. sambil berusaha meraih pasar menengah ke atas yang biasanya lebih ngeh dan mau bayar itu .. hehehehe ..
    Beberapa yang teknis sudah saya masukkan di blog sebelah itu .. semoga ngga bosen nengokin seraya menyempurnakan versi online .. matur nuwun sanget ..

  19. Nika Says:

    Setujuh bgt ma pak dokter. Secara saya demen bgt minum es. Dulu sy suka mdebat ibu sy yg blg kalo lg batuk pilek jg minum es. Trs sy jawab saya kalo dilarang bakal tertekan g boleh minum es jadinya gak sembuh2. Nyatanya kemaren kapan tuh tetep minum es malah cepet kok sembuhnya. Hahahaha.. Jgn ditiru ya sodara2. Yg pasti sudah lama sy tdk setuju dgn mitos itu.

  20. Fikri Says:

    Assalamu’alaikum

    Salam kenal dok.

    Jadi es itu bikin sakit karena sugesti. sugesti tsb membuat tubuh melemah sehingga virus influenzanya mudah mengalahkan “darah baik”. betul ga dok?
    maaf kalau salah, orang awam dok…

  21. mei Says:

    mungkin dulu pak mantri atau pak dokternya ingin menyarankan kalau pilek ya minumlah yang hangat hangat. cuman karena biasanya orang orang tua ndeso ndeso salah penggalih, akhirnya yang nyampe di pemikiran mereka mereka kalau batuk pilek jangan minum es..hihi

  22. dokterearekcilik Says:

    @draguscn
    Akan saya sambangi biar saya juga ikutan belajar lagi, barangkali ada ilmu baru yang berguna:)

    @Nika
    Emang tidak mudah menghilangkan mitos, bisa membutuhkan waktu satu generasi, setidaknya bisa dimulai dari generasi kita atau anak anak kita.

    @Fikri
    Wa’alikum salam. Salam kenal juga, emang ada yang berpendapat seperti itu, tapi sampe sekarang saya belum dapat referensi terhadap teori tersebut sehingga saya gak bisa bilang bener atau tidak. Itu masuk teori imunopsikoneurologi, belum pasti kebenarannya. Yang pasti untuk flu perlu virus flu, masalah hubungan flu dengan sugesti belum ada referensinya sampe sekarang.

    @mei
    Boleh juga penjelasannya πŸ™‚ Bisa jadi itu kebenarannya πŸ™‚

  23. Iqbillo Says:

    Bos, boleh tahu gak, ente itu posisinya dimana? Kok nama anda identik dengan jawa timur? “doktere kera licik” Maaf, yg terakhir Ngalaman.

  24. ariefdjβ„’ Says:

    Sekitar puluh thn lalu, aq dan pacar q yg dulu masih DM juga prnah ‘diskusi’ soal ini.. Saat itu aq katakan bhw ice cream gpp dikonsumsi oleh org yg flu/pilek, tp krn aq cuma scr logika aja, dia gak percaya, dia minta referensi..
    Jd sulit kebayang ekspresinya jk diskusi tsb dilanjutkan, dan kali ini aq ‘ditemani’ dgn googling utk referensi..

  25. dokterearekcilik Says:

    @Iqbillo
    Lahir Ngalam, ikisa langgit ngan Sidoarjo

    @ariefdj
    He…he… bisa dilanjut diskusinya setelah sekian puluh tahun πŸ˜€ tapi jangan sampe berantem gara gara postingan ini ya πŸ˜€

  26. deedee Says:

    hah… baru tau, ternyata ga ada hubungan nya yak…?
    kalo salah satu penyebab radang tenggorokan adalah kebanyakan minum es, bener ga dok…? soalnya saya langganan bgt sama yang namanya radang tenggorokan… lho kok jadi konsultasi…?

    btw, samal kenal dok… =)

  27. mia Says:

    saya pernah denger pendapat seorang dokter anak di TV dia punya slogan: “hangat lebih nikmat”. Menurut beliau, air dingin bisa menurunkan daya tahan tenggorokan, sehingga kuman yang terdapat di tenggorokan akan mudah menyerang dan akhirnya menyebabkan radang tenggorokan. Saya sendiri meraskaan hal itu, jika saya minum air es apalagi setelah makan makanan pedas, hampir dipastikan besoknya tenggorokan saya sakit. Jadi saya cukup percaya dengan mitos tsb. Beda dengan suami saya yang suka sekali minuman dingin..daya tahan tenggorokannya terhadap minuman dingin cukup kuat. Menurut dokter gimana?

  28. Antonius Says:

    Saya tak setuju apabila es jadi penyebab batuk,soalnya saya hampir tak pernah minum yang panas,tapi tak terjadi apa apa,saya tak pernah batuk karena minum es,tapi saya batuk setiap kali saya mengkonsumsi gorengan,nah saya jadi mau tahu apa benar gorengan menyebabkan batuk?dan juga setiap konsumsi permen pagoda,dan permen gholia saya jadi flu batuk,minta penjelasan ilmiahnya

  29. dokterearekcilik Says:

    @Antonius
    Bila alergi maka sangat mungkin itu terjadi, namun harus dipastikan bahwa saat alergi terjadi tidak sedang ada orang disekitar yg jadi sumber penularan flu. Bila ada sumber penularan flu maka lebih cenderung karena ketularan. angka kejadian alergi terhadap bahan tertentu tidak besar sehingga diagnosanya harus hati hati.

  30. Anonim Says:

    Jdi kalo bkan es penyebabnya apa?Dan kenapa kalo saya minum es terus lambat sembuhnya?

  31. dokterearekcilik Says:

    @Anonymous
    Ya virus influenza yg jadi penyebab. Mitos memang sulit dihilangkan, walaupun dengan alasan ilmiah. Pendapat pribadi tidak bisa jadi bahan argumen ilmiah.

  32. the.light.bearer Says:

    waktu kecil, papaku kasih kita es krim waktu kita batuk.

  33. dokterearekcilik Says:

    @the.light.bearer
    Berarti Papamu udah canggih mulai dulu πŸ˜€

  34. djjar Says:

    ya…ya..ya
    ilmu memnag selalu berkembang…bahkan mitos pun suatu saat bisa terbukti loooh πŸ™‚

    tapi kita kan berpijak pada evidence base yang sekarang to ya, bukan berdasar mitos,

    so jadinya saya ya ndak antipati ma mitos tapi juga (brusaha) ga menyarankan kalo ga ada evidencenya…
    n biasanya ambil jln tengah… (dan kadang melibatkan logika pribadi aja)

    kasuistik n individual bgt,
    misalnya kalo pasien biasanya serak/memburuk batuk pilekny dengan minum es ato gorengan ya ga usah minum dulu, kalo ga papa ya ga usah pantang, gitu aja…

    kalo pasien anak2, biasnya ibunya yang paling “niteni” karakter penyakit anaknya looh…

    “Boleh minum es tapi es batu-nya buat sendiri dengan air matang….hehehe”

    ya gitu deh…

  35. andiirma Says:

    Dok..saya baru tau kalo sakit ndak pa2 minum es,.. tapi kalo kita ke dokter spesialis pesannya juga jangan minum es dulu….trus kalo batuk, demam kan kadang badan rasanya kedinginan tuh,.. kalo minum es gimana? πŸ™‚
    Tapi anak saya pasti senang banget kalo tau bisa minum es walaupun lagi sakit, soalnya dia itu yg paling suka minuman dingin….
    kadang juga kita kalo batuk dilarang makan yg manis2 kalo emang ada hubungannya mungkin karena es krim itu khan manis jadi dilarang???

  36. prima Says:

    lahh,, malah banyak orang2 diskitar saya nyaranin saya ga boleh mimik es,, coz masi ngasi ASI,, katanya tar bikin flu si bebi,,

    dasarr sayanya yg badung,, kalo pengen yg seger2 yahh langsung buka kulkas,, air dingin pun disambarr,, gleg gleg gleg,, ahhhh,,

  37. fath Says:

    Oh iya Dok,sejak sepekan ini Paman saya yang perokok menginap dirumah trs saya langsung batuk2 mulai dr berdahak sampai kering tp blm sembuh2 juga sampai obat batuknya habis,kira2 apa asap rokok jg trut berpengaruh pada batuk yg saya alami..?? Thanks Dok!

  38. Helmi Says:

    Kalo minum es bisa menyebabkan radang tenggorokan dan amandel membesar gimana ya menurut Dokter? Soalnya anak saya yang pertama amandelnya sering membesar. Tapi kalo ke dokter selalu dibilang jangan minum es ya. Padahal dia jarang sekali minum es. Kalo saya perhatikan, amandelnya membesar selalu karena dia kecapekan.

  39. dokterearekcilik Says:

    @Helmi
    Infeksi itu penyebabnya virus atau bakteri, pembesaran amandel atau tonsil adalah akibat infeksi pd tonsil bukan krn es atau kecapekan. Pd umur 5-9 tahun tonsil cenderung membesar krn pertumbuhan sistem pertahanan tubuh sedang pesat. sehingga bila dilihat akan sering tampak membesar.

  40. badroe Says:

    sangat menarik diskusinya. Terima kasih dok

  41. Maya srg Says:

    Aslm dok…
    Wah…saya jadi yakin…klo es ga ada hubungannya ma batuk pilek…tp ibu saya yg alergi bgt ma udara dingin (sesak nafas) paling anti sama minum es…takut sesak nafasnya kambuh..gmn tuh dok?

  42. Angel Says:

    Well,I grew up believing that myth :p smp skrg pny anak pun msh penasaran antara hubungan minum es dg batuk,pilek,demam, dsb.

    Anak saya stp hbs minum es/dingin selalu batuk. Tp itu jg dibarengi dg kondisi dia yg lg susah makan dan ada yg flu di sekitarnya. Kl dia fit,gk ada virus beredar,makannya oke..minum es fine2 aj tuh..

    Repotnya,keluarga besar gk ada yg setuju saya mberikan air dingin/es ke anak saya. Tmsk bapaknya yg praktisi kesehatan alias dokter :p

  43. Anonim Says:

    sya penasrn bgt kenapa byk yg mengatkn es menyebabkan flu dan batuk tpi skrg dah ga lgi stelah kutemukan referensi ini.

  44. kaysha Says:

    trs gmn dgn makanan yang manis Dok…??knpa makanan manis dilarang bwt orang2 yang menderita batuk..??tlong dijelaskan y Dok..??

  45. kaysha Says:

    tlong dibalas y Dok..,soalnya penasaran bgt..,aku juga tenaga kesehatan..tapi petugas Gizinya…,

  46. rio yoga Says:

    setuju dok!
    ga papa, ttp beri tau benernya aja…mayoritas bukan berarti selalu benar. kita harus patahkan mitos yg salah ini!!!

  47. hetty Says:

    saya sih setuju minuman dingin bukan penyebab batuk pilek.tapi hanya membuat batuk dan pilek ga sembuh-2…

  48. nabil Says:

    dari yg saya dptkan di kuliah, waktu flu dilarang minum es karena es menyebabkan dinding pembuluh darah vasokonstriksi shg mekanisme yang seharusnya pembuluh darah dilatasi karena meradang menjadi terhambat. Nah proses radang ini kan disertai pengeluaran sel leukosit. jika vasokonstriksi, sel leukosit tsb tidak dpt keluar dr pembuluh darah shg sistem imun melemah. inilah yang mengakibatkan tubuh rentan terkena infeksi.
    mungkin itu dok

  49. mujianto2011 Says:

    Yang saya alami, jika sedang pilek:
    – kalo minum es, pileknya jadi lama sembuhnya
    – kalo minum aer anget, alhamdulillah jadi cepet sembuh

  50. bunda afiqa Says:

    Sya sgt stuju dn artikel ini..siip..lanjutkan.

  51. opi Says:

    jika batuk pilek sudah berlangsung,apakah masi boleh minum es ato minum minuman dingin dok?

  52. Pakde Ngatiman Says:

    kalo es krim puter bikin battuk ndak?? karena bahan dasarnya santan?

  53. renny Says:

    dr dulu jg saya meragukan klo es itu pnyebab batuk pilek..klo saya c brpikirnya es yg biasa anak2 minum itu umumnya es yg kurang bersih kualitas airnya..alias air yg jd bahan baku es bukan air mateng..otomatis bakteri virusnya ga akan mati..ya maka dr itu dikiranya yg buat batuk pilek karna es.. asumsi saya ya itu krna air mentah..

  54. Anonim Says:

    Brrt emng gk bkin pilek..
    Kalau bkiin pilek ntar klu beli es pada pilek smua dong..
    πŸ˜›

Tinggalkan Balasan

