Gigi ananda tumbuh …. So ?

Anak saya demam karena giginya tumbuh….. keluhan seperti ini sering muncul di tempat praktek maupun sarana kesehatan lain. Kepercayaan masyarakat kita bahwa tumbuh gigi menyebabkan berbagai kelainan pada bayi tampaknya cukup melekat. Tapi apa bener kepercayaan bahwa tumbuh gigi bisa berakibat demam, pilek bahkan ada yang bilang bisa membuat diare ??? Karena pengen tahu jadi saya kembali browsing setelah lama gak posting karena kesibukan di RS…..

Ternyata kepercayaan bahwa tumbuh gigi akan menimbulkan sakit bukan hanya di negara kita aja, bahkan negara maju sekalipun kepercayaan seperti ini juga merakyat. Bedanya para ilmuwan di sana bisa meneliti masalah gitu…..enaknya ya…..sedangkan kita jarang mau meneliti….karena dananya dipake jalan jalan ke LN ama para pejabat…atau emang dokternya yg kayak saya ini malesnya😀

Secara umum dikatakan bahwa gejala dari tumbuh gigi yang dalam bahasa inggris disebut teething atau tooth eruption ini mempunyai gejala yang bervariasi, namun dari gejala yang ada para peneliti mencoba mencari gejala yang memang berhubungan langsung dengan tumbuh gigi dan berusaha mengeliminasi gejala yang cuman kebetulan timbul bersamaan.….kayak acara idol aja pake eliminasi segala 😀

Sebagian besar penelitian berhasil menghubungkan tumbuh gigi dengan kebiasaan menggigit yang meningkat, ngiler alias berliur, menggosok gosok gusi, menghisap, rewel, nafsu makan menurun terhadap makanan padat, sering menggosok telinga. Beberapa penelitian yg berhasil menghubungkan tumbuh gigi dengan demam, namun rata rata demam yang terjadi suhunya dibawah 38°C alias demam ringan, sedangkan gejala lain seperti batuk, pilek, sulit tidur, apalagi diare secara umum tidak ditemukan hubungan.

Lha kalo ternyata ada ananda yang tumbuh gigi terus diare….nah itu kan terbukti….kalo cuma satu kasus tidak dapat dijadikan bukti ilmiah. Bisa aja itu kejadian kebetulan….atau kalo memang ananda yang sedang tumbuh gigi jadi sering menggosok gusi alias memasukkan tangan ke dalam mulut atau menghisap tangan padahal tangannya habis pegang mainan atau barang lain yg dihinggapi lalat maka sama aja kan seperti memasukkan kuman ke dalam mulut. Cuman dalam hal seperti ini diare bukan berhubungan langsung dengan tumbuh gigi…. tapi merupakan akibat ikutan yang tidak mesti terjadi karena bisa dicegah.

Sampai saat ini belum pernah ditemukan anak yang sakit berat karena tumbuh gigi. Jadi dengan tahu hal ini kayaknya bila ananda tumbuh gigi tenang tenang aja, bila demam kompres saja dengan air, bila ananda tampak kesakitan atau demam semakin tinggi cukup berikan parasetamol. Gak usah dikasih antibiotik, tidak akan ada infeksi di sekitar gusi karena tumbuh gigi sehingga tidak perlu diberikan antibiotik.

So ….. Selamat tumbuh gigi😀

39 Tanggapan to “Gigi ananda tumbuh …. So ?”

  1. dwie Says:

    Assalamu’alaikum pak dokter..
    trimakasih sebelumnya karena pertanyaan saya di tanya jawab sudah diberikan solusi. Dok, tumbuh gigi pada bayi biasanya usia berapa bulan ya?kalau 7 bulan belum tumbuh gigi masih normalkah?
    makasih ya dok buat infonya….

  2. draguscn Says:

    menggigit yang meningkat, ngiler alias berliur, menggosok gosok gusi, menghisap, rewel, nafsu makan menurun terhadap makanan padat, sering menggosok telinga

    buset persis semua mas sama anak saya yang ketiga ..

  3. nararya Says:

    Anak saya 10 bulan, giginya 2 (bawah aja). Gosok telinga, gosok gusi, menggigit segala benda, tapi kok ya ga nongol2 lagi ya giginya, masi dua melulu😉

  4. ndop Says:

    ponakan saya giginya ompong…

    iih, komennya asal…

  5. Hilda Purnamasari Says:

    makasih pak. Saya minta izin copy paste yg ini ke blog saya, diijinkan apa nggak?

  6. ibunya fauzan Says:

    Assalamualaikum dok , mau tanya umumnya umur anak mulai tumbuh gigi itu berapa bulan soalnya anak saya umur 8 bulan baru tumbuh giginya dok apakah itu bisa dikategorikan normal dok ? trus ada mitos dari orang jawa zaman baheula hehehhehe…. katanya kalo memendam tali pusar terlalu dalam giginya sulit tumbuh cepat ….. hehhehheh ….!!! ( saya kurang percaya sih dok ) kemudian kalo misalkan sudah tumbuh gigi di usia 8 bulan ini makanan yang baik apa ya dok , soalnya selama ini saya memberikan bubur saring jadi sayur ,ikan , dan bubur nasi saya blender trus saring gitu ( makanan tsb saya berikan ketika anak saya 6 bulan ) apakah tetap menggunakan makanan tersebut atau teksturnya dibuat agak kasar untuk melatih gigi yang lain agar tumbuh , makasih ya dokkk sebelum dan sesudahnya atas informasinya dan jawabannya nanti !!!

  7. dokterearekcilik Says:

    @dwie
    Masih dalam batas normal, ada variasi dalam setiap pertumbuhan anak, tidak harus sama dengan buku atau referensi lain.
    Ini kira kira jadwal tumbuh gigi ananda, gak harus seperti ini, variasi anak bisa bermacam macam
    Rahang Bawah :
    Jenis Gigi Waktu Erupsi
    Gigi seri pertama Usia 6-7 bulan
    Gigi seri kedua Usia 7-8 bulan
    Gigi taring Usia 9-11 bulan
    Gigi premolar (geraham kecil) satu Usia 10-12 bulan
    Gigi premolar dua Usia 11-12 bulan
    Gigi molar (geraham besar) satu Usia 6 tahun
    Gigi molar dua Usia 11-13 tahun

    Rahang atas :
    Jenis Gigi Waktu Erupsi
    Gigi seri pertama Usia 7-8 bulan
    Gigi seri kedua Usia 8-9 bulan
    Gigi taring Usia 11-12 bulan
    Gigi premolar satu Usia 10-11 bulan
    Gigi premolar dua Usia 10-12 bulan
    Gigi molar satu Usia 6 – 7 tahun
    Gigi molar dua Usia 12-13 tahun

    @draguscn
    Saya yang niru atau dia yang niru tulisan ini😀

    @nararya
    Masih normal kok, tapi bila sangat kuatir bisa konsultasi ke dokter gigi

    @ndop
    Saya kira ndop yg ompong😀

    @Hilda Purnamasari
    Silahkan di link, gak bayar kok🙂

    @ibunya fauzan
    Masih dalam batas normal kok, liat juga @dwie ada daftar urutan tumbuh gigi. Pada umur 6-8 bulan ananda diberi makanan pendamping ASI yaitu bubur halus sampe 8 bulan, setelah itu nasi tim saring sampe umur 10 bulan, setelah 10 bulan berikan makanan dengan tekstur lebih padat. pada umur 1 tahundiharapkan ananda sudah bisa makan seperti orang dewasa. Tidak harus persis sama tapi patokannya kira kira begitu.

  8. Mama Afla Says:

    Pak dokter, mau tanya…
    Anak saya 10 bulan, BB 7.5 kg. Dua minggu terakhir susah sekali makannya dan saya perhatikan sedang tumbuh gigi susu.
    Katanya kalau sudah ada gigi, ga boleh minum susu malam2 lagi ya dok?
    Padahal kalau sedang sulit makan seperti ini, saya selalu beri susu malam hari kalau ia terbangun dari tidur, maksudnya sih mengkompensasi makannya yang sedikit itu.
    Bagaimana baiknya ya?
    Lalu, apa boleh kalau anak sulit makan diberi vitamin tertentu agar nafsu makannya bertambah??
    Saya baca, kalau sedang tumbuh gigi kan memang nafsu makan menurun ya, biasanya sampai berapa lama ya dok?
    thanks infonya…

  9. cakmoki Says:

    Apalagi di ndeso ™ , sami mawon …tapi alhamdulillah kepercayaan semacam itu makin berkurang bahkan udah amat jarang.
    Malah ada anggapan kalo anak panas mesti cacingan atau keseleo … emange bal balan … hahaha
    Kadang doktrin guyonan bisa membuat masyarakat inget.. trus pelan-pelan ngerti kalo di kota gimana Mas?
    Kayaknya, tingkat pendidikan dengan keyakinan yang salah gak sepenuhnya benar ya… ato kita jajaran kesehatan kurang giat penyuluhan kali, kayak saya malesnya … *nge blog mulu sih*😛

  10. dokterearekcilik Says:

    @Mama Afla
    Memang kalo lagi tumbuh gigi makan jadi berkurang, minum susu boleh aja, apalgi ASI. Paling lama gak mau makan 4-5 hari. Anak yang gak mau makan gak usah dikasih vitamin untuk menambah nafsu makan. Vitamin bukan unutk menambah nafsu makan tapi memperbaiki metabolisme.

    @cakmoki
    Penyuluhan lewat blog *ngeles* ;D

  11. Juliet Says:

    Siang dok…
    Sebenarny yg mau ditanya bkn tentang tumbuh gigi tp tentang tanggalnya gigi susu tp jd binun coz postingan nya ttg ‘tumbuh gigi’…
    Btw, sampai umur berapa sih seorang anak bisa kita kategorikan anak2?? mksdny apa usia lbh dr 10 thn msh bisa di ajak berobat ke spesialis anak??

  12. dokterearekcilik Says:

    @Juliet
    Pada usia 6 tahun gigi susu anak mulai tanggal, sementara gigi tetapnya mulai erupsi atau muncul di permukaan gusi. Proses itu akan berakhir ketika si kecil berumur 13 tahun. Jadi, usia 6 sampai 13 tahun adalah periode gigi campur, yaitu masa peralihan saat tanggalnya gigi susu dan tumbuhnya gigi tetap. Walau demikian, pertumbuhan gigi setiap anak tidak dapat disamakan. Berbagai sumber pun menyebutkan rentang usia berbeda untuk periode gigi campur, yaitu antara usia 5,5-11 tahun, 6-12 tahun, atau 6-11 tahun. Ini juga saya ambil dari internet. Btw anak itu ketentuannya secara hukum dan ilmu kesehatan anak adalah sampai 18 tahun. Tapi banyak yang nggak tahu dan biasanya ananda juga malu kalo udah remaja dibawa ke dokter anak. Di negara negara maju mereka taat aturan jadi anak sampe 18 tahun masih dibawa ke dokter anak.

  13. Juliet Says:

    Thanks dok penjelasan nya tentang gigi… Sampai usia 10 thn skrg ini, klo sakit putri saya msh sy bawa ke dokter anak, cuma ada beberapa temen sering comment…..”lha wong sdh besar kok msh ke dokter anak aja sih mb…?” Hehe…kebetulan lg putri sy memang besar bdn nya. Btw dgn berat badan 53kg & tinggi bdn 122cm, diusia ny yg ke 10 thn ini, overweight nya berbahaya gak ya dok??

  14. dokterearekcilik Says:

    @juliet
    Dokter anak menangani pasien sampe umur 18 tahun karena secar hukum dan keilmuan yang dianggap anak sampe umur 18 tahun. Soal overwieight saya jawab di tanya jawab

  15. irma Says:

    naufal 6m4d sejak umur 5 bulan tidur malemnya rewel. bisa terbangun sampai 20x. mimpi buruk, nangis nangis. krn kurang tidur itu, berat badannya g naik. tetep 7,5 kg (BBL 3,2kg). konsultasi k dokter pertama, diresepkan diazepam (tidak saya tebus) konsultasi k dokter kedua diresepin cobazym (tidak saya tebus juga). karena 2 obat tersebut, menurut saya tidak relevan. lagipula diagnosa dokter naufal sehat dan baik baik saja. dan sampai sekarang naufal masih asi n mpasi homemade. pas 6 bulan kemarin, ternyata giginya tumbuh 1. dan kayaknya mo kluar 1 lagi. pertanyaannya, emg rewelnya itu karena mo tumbuh gigi, rewelnya sampai brapa lama.terimakasih

  16. dokterearekcilik Says:

    @irma
    Mungkin saja, karena gak liat langsung jadi gak berani pastikan. Kalo bener karena tumbuh gigi rewelnya bisa berkisar antara 3 hari sampe 1 minggu

  17. shanti Says:

    Halo dokter!! Seneng nih akhirnya nemu dokter yang tidak melulu kasih obat. Dok, di sini (Qatar), penggunaan paracetamol itu umum sekali, baik yang drop ato suppository . Apa itu aman buat bayi? Soalnya kalo bayi saya mengalami gejala teething saya beri paracetamol, menjadi “agak tenang”
    trimakasih..:)

    (aku link ya dok)

  18. dokterearekcilik Says:

    @shanti
    secara umum paracetamol cukup aman, batas keamanannya lebar, jarang menimbulkan efek samping. Makanya sering diberikan pada anak. Btw silahkan di link …. tambah seneng😀

  19. Miftahul Jannah, S.Psi Says:

    Seneng banget baca tulisan ini. Putri saya Zakhra sekarang delapan bulan, gigi susu pertamanya tumbuh waktu dia umur 7 bulan. Waktu itu saya gak nyangka kalau dia ternyata mau tumbuh gigi, soalnya dia gak pake ngiler/ngences/banyak ludah dan gak demam. memang agak susah makannya, dan suatu pagi saat saya mandikan dan mau bersihin gusinya ternyata udah ada yang bergerigi disana. Nah, saat ini Zakhra sedang demam,engga terlalu tinggi, engga ada gejala flu (bersin atau batuk). Saya liat gusi di sebelah giginya yang udah tumbuh membengkak dan ada bayang2 putih kayak waktu dia mau keluar gigi pertama. So far dia masih mau main, cuma agak manja dan kalau minum ASI jadi sering gigit puting susu saya. Saya masih ragu apakah boleh memastikan bahwa demamnya karena mau tumbuh gigi? Tadi saya sempat kasih dia paracetamol juga. Trims ya Dok…

  20. ade Says:

    Dok, ini maksudnya bulan bukan tahun kali ya..

    “Rahang Bawah :
    Jenis Gigi Waktu Erupsi
    Gigi seri pertama Usia 6-7 tahun
    Gigi seri kedua Usia 7-8 tahun
    ….dst”

  21. dokterearekcilik Says:

    Iya.. thanks … aku betulin sekalian…😳:mrgreen:

  22. sondang Says:

    Dok, anak saya 13 bulan dan sudah tumbuh 8 gigi, krn ada gigi atas yg keropos saya konsul ke dsa trus disuruh kasi elkana sirup stgah sdt tiap hari, krn kurang kalsium katanya. Sejak usia 12 bulan anak saya konsumsi minyak ikan jg.
    Apakah aman konsumsi elkana sirup setiap hari dibarengi minyak ikan?kalo elkana nya ngga saya kasi lg ke anak saya apa dampaknya ya dok pada gigi anak saya kelak? Maksaih dok…

  23. dokterearekcilik Says:

    @sondang
    Udah dijawab di hal tanya jawab

  24. lidya Says:

    dok mau tanya…?? anak saya umur 10bln gigi-nya cuma 1 dibawah aja.. normal gak ya dok?? bukannya harus tumbuh sepasang?? terimakasihhh…
    =)

  25. hanita Says:

    Malem Dok…anakku 7,5 bulan sedang mengalami erupsi gigi susu dan gejala diare berbarengan nih, tapi gak pake subfebris. Plus juga mungkin krn kami habis traveling nonstop 3 minggu ini dan sangat lelah, dia jd masuk angin deh. Aku beri lacto B di 3 hari pertama, terus mulai hari ke empat aku kasi kaopectate krn blm membaik. Makan masih banyak dan ASI jalan teruss. Alhamdulillah skrg konsistensi feses mulai memadat dan frekuensi berkurang. Bener juga ya Dok sepanik2nya dan seprihati2nya ortu kalo anak sakit, tetep aja ketenangan itu no 1. Penggunaan obat harus rasional, jadi jangan langsung hajar apa2 antibiotik, kasian nanti bisa staining di giginya. Oiya pengobatan simptomatik untuk tumbuh gigi juga bs pake salep anastesi topikal khusus bayi, tp biasanya mahal. Yg lebih mudah masukkan teether mainan anak anda yg sudah dicuci bersih ke dalam kulkas, lalu berikan untuk digigit2. Sensasi dingin konon berefek anastesi juga untuk menghilangkan nyeri, metode kuno jauh di masa lampau sebelum ampul lidocain ditemukan🙂 semoga membantu…

  26. fashion uni Says:

    perkenalkan dok nama saya herni , saya mau tanya? anak saya juga pernah mengalami mencret ketika umur kurang lebih 6 bulan.mencret berlangsung 2-3 mingguan. ketika dia akan merangkak. menurut warga sekitar tempat tinggalku kalo bayi mencret ialah tanda akan bisa melakukan sesuatu . apakah semua bayi mengalami hal seperti itu. oya satu lagi dok. bagaimana dokter mengupdate ilmu kedokterannya, karenakan selalu ada jenis jenis baru penyakit? contohnya penyakit cikungunya, dulunya tidak ada sekarang dikenal penyakit cikungunya?
    terima kasih.

  27. arbi Says:

    dokterarekcilik yth.
    anak saya usia 15 tahun, beberapa waktu yang lalu mengalami kecelakaan dan mengakibatkan tanggalnya beberapa gigi pada bagian depan atas. apakah tanggalnya gigi tersebut dapat tumbuh kembali ?

  28. dita Says:

    dok, saya termasuk ibu baru jd maaf klo dah pernah jwb p’tnyaan ini. anak sy usia 8 bln 1/2 smpi skrg blm tmbuh gigi, cuma skrg dia sdg aktif berdiri-jongkok/merambat. kt ibu sy mungkin jalan dulu br tmbh gigi, benar ga dok?? trus normal ga blm tmbh giginya?? thnk you di tunggu jwbnnya

  29. rio Says:

    apa usu

  30. rio Says:

    apa gigi bisa tumbu pada umur 15 tahun
    g

  31. yulida Says:

    sore dok,saya mau nanya gigi depan saya ini tanggahan nya bolong.
    pertanyaan saya,apa gigi yang bolong itu bisa kembali kesemula ?
    dan batas usia tumbuh nya gigi itu berapa ?

  32. yulida Says:

    sore dok,saya mau nanya gigi depan saya ini tanggahan nya bolong. di karena kan keselip tulang ayam,jadi saya ini bermaksud untuk mengelurkan tulang tersebut dari sela gigi sya. gatau nya gigi dpn sya bolong..
    pertanyaan saya,apa gigi yang bolong itu bisa kembali kesemula ?
    dan batas usia tumbuh nya gigi itu berapa ?
    sedang kan umur saya 15 tahun,saya takut nya gigi saya tidak dapat tumbuh seperti semula😦

  33. retna Says:

    mau nanya apa benar tumbuhnya gigi natal&neonatal itu karena ibunya kelebihan kalsium waktu hamil?
    mohon dijelaskan mengapa sewaktu gigi mau tumbuh, bisa terjadi demam?

  34. motiek Says:

    Ada ga salep pereda sakit nya?

  35. zeil Says:

    bgaimna klo anak perempuan udah 11 bulan blm tmbuh gigi?apa ada kelainan?mhn jwabannya ya

  36. yuniar Says:

    Dok mw tanya , anak saya pup sampai 5x sehari , usianya 4 bln dan masih asi, anaknya masih ceria, suka main, dan ga rewel, cuma kalau pup 5x sehari, pdhal biasanya 1 kali sehari. Itu gmn ya dok ? Apa termasuk diare atw bukan ? Karena anak saya tidak dikasih sufor atw makanan, masih asi . Terima kasih dok🙂

  37. iyang jaelani Says:

    apakah gigi yang ompong pada umur 15 akan tumbuh lagi ?

  38. Emma Says:

    Sore Dok.apakah elkana vitamin buat gigi?amankah diberikan ke bayi?

Tinggalkan Balasan

