Tidurlah anakku

Si ibu kesal melihat ananda yang berumur 5 tahun membandel saat disuruh tidur siang…..  Ini pak  dokter, anak saya susah sekali disuruh tidur siang. Emang anak ibu kenapa harus tidur siang ? Lha saya diajarkan ortu saya kalo anak kecil itu wajib tidur siang jadi ya anak saya harus tidur siang juga. Masalah seperti ini sering muncul di tempat praktek maupun saat ngobrol diluar praktek. Tapi apakah ananda memang wajib tidur siang ? Kenapa harus tidur ?   

Tidur adalah bagian dari kehidupan manusia, seberapa banyak kita tidur ? Itu pertanyaan yang selalu menggelitik. Anak selalu disuruh ortu tidur malam awal agar lama waktu tidur sehingga gak capek esok harinya. Siang hari juga disuruh tidur biar gak capek. Lha kalo disuruh tidur terus kapan main dan belajarnya ? 🙂

Kehadiran bayi kecil ditengah keluarga tentu menjadi  suatu  keadaan yang membahagiakan….. namun beberapa hari kemudian muncul masalah…… si kecil mulai berulah, waktunya orang pada tidur dia bangun. Datanglah mereka ke dokterearekcilik untuk mencari solusi masalah tersebut. Mulai yang mencari keterangan sampe ada juga yang bilang…. Dokter apa bisa anak saya dikasih obat tidur supaya bisa tidur pas semua orang tidur, soalnya kita capek  ngurus dia jam tidurnya gak sama dengan kita…. Waduh….. bisa bahaya itu buat si kecil

Marilah kita liat grafik kebutuhan tidur anak, dimana yg warna biru muda menggambarkan kebutuhan tidur malam sedangkan biru tua menggambarkan kebutuhan tidur siang. Kalo mau gambar grafik kebutuhan tidur dalam bentuk pdf dapat diunduh di halaman downloadgrafik-kebutuhan-tidur-anak2

Tampak pada grafik ananda perlu tidur siang pada umur 0-3 tahun, setelah itu kebutuhan tidur siang tidak ada lagi, jadi kalo ananda umur 5 tahun tidak mau tidur siang dia bukan karena anak itu yg bandel tapi karena kebutuhan tidur siang udah gak ada. Pada bayi selain kebutuhan tidur masih banyak juga belum bisa membedakan siang dengan malam. Jam biologis bayi belum seperti orang dewasa sehinga sering dia bangun saat jam tidur orang dewasa dan tidur saat jam bangun orang dewasa. Yang mengalah kan orang dewasa …… jangan saya diminta ngasih obat tidur buat bayi supaya ortu bisa tidur juga …..yg bener aja 😦

Maka kenali yuk kebutuhan tidur ananda, jangan dia divonis nakal karena gak mau tidur siang, sedangkan ananda yang masih bayi dia juga butuh penyesuaian agar menjadi lebih matang sehingga jam biologis bisa seperti orang dewasa. Selamat tidur…..mimpi indah 😀

37 Tanggapan to “Tidurlah anakku”

  1. nararya Says:

    duluuuuu saya dicap anak bandel oleh tetangga karena ga pernah tidur siang. Saya dibiarkan bermain sesuka hati oleh ortu sementara anak lain seusia saya (dipaksa) tidur siang. Sering juga diusir secara halus kala sedang numpang main dirumah tetangga, Mana bisa anaknya diajak tidur siang kalo saya lagi asik+berisik bermain 😉

  2. dokterearekcilik Says:

    @nararya
    Ha….ha….ha. jadi “korban” juga 😀

  3. brillie Says:

    hikss… kalo bayi umur 21 tahun masih normal nggak ya utuk tidur siang :p

  4. om ibud Says:

    wah… sekarang ga lagi dech maksa anak suruh tidur siang wong usianya dah 6tahun, percuma sampai berbusa-busa nich mulut, anakku ga bakalan mau tidur.

  5. evi Says:

    biasanya anak saya 3 thn rutin tidur siang waktunya antar jam 1-3 siang. suatu saat pulang sekolah tidak tidur, malamnya sama aja tidurnya jam 10 jadi tidur siang atau tidak sama aja, tidurnya malam2 juga… 🙂

  6. dokterearekcilik Says:

    @brillie
    Kalo 21 tahun susah banguninnya …… apalagi kalo abis begadang 😀

    @om ibud
    Ya emang si doi udah gak butuh tidur siang 🙂

    @evi
    He…he… cuman ibunda gak bisa istirahat kalo ananda gak tidur juga. Tapi gak masalah ananda akan senang bisa bermain dengan ibunda lebh lama.

  7. juliach Says:

    Supaya anakku 2th mau tidur siang (biar ibunya bisa nge-blog), maka aku ajak bermain yang capek-capek. Kadang aku bawa ke kolam renang.

    Lalu anakku mau tidur siang? Tetep aja enggak, malah ngajak bermain lagi, tapi dia sendiri akan ngajak tidur jam 9 malam.
    Kadang-kadang saja tidur jam 3 sore, bangun jam 5 sore. Kalau sudah gitu, harus diajak main terus biar bisa tidur jam 9 malam.

  8. theKRY™ Says:

    Biasanya anak yang terlalu capek, suruh mandi, makan, minum susu, cepet banget tidur nya…..saya aja dulu diabiasakan tidur jam 8 malam, tapi itu dulu,…dan nggak ngaruh dengan pola anak2 modern jaman sekarang, perioritas tidur sepertinya nomor sekian, bobo siang apa nggak?mending diajak main dah….biar malam dia pulas dan tidak mengganggu nyokap bokapnya tidur. Kalo diganggu kan repot.

  9. doctorgrow Says:

    ga sengaja nemu blognya doktere arek cilik. ternyata isine ga cilik malah gede banget. jadi semangat untuk ngapdet ilmu ke PPDS I Pediatry. anyway, gimana sih doc masukkan blog saya http://dokterkeluarga.blogsome.com ke bloglineskesehatan?. kalau ada waktu mampir dan link blog saya ya doc? thanks’s

  10. dokterearekcilik Says:

    @juliach
    Wakakak… anak sekarang ternyata pinter pinter ya 😀

    @theKRY
    Biar sempat nge blog ortunya 😀

    @doctorgrow
    saya nulis aja gak pernah ikut bloglines kesehatan, sa udah mampir dan akan saya link. Thanks

  11. osteoporosis Says:

    Dok, sambang maneh,
    Tapi, anak2ku wis biasa turu awan je, jadi abis tidur, belajarnya bisa seger, piye? ora masalah kan Dok?
    Menawi mboten sibuk (halah…bosone..)sambang blog-ku yo Dok, Salam untuk Alpi kalo ketemu dia.
    Antin.

  12. dokterearekcilik Says:

    Ya kalo udah kebiasan jangan terlalu dipaksakan berhenti. Santai aja, dalam perkembangan yang santai dan tidak diaksakan akan muncul hasil yang menyenangkan dan megejutkan kita, dibanding pemaksaan. Kalo ktemu alpi saya salamkan. Saya udah mampir tapi belum komen …jadi malu

  13. ndop Says:

    sama ini, ponakanku juga susah tidurnya, badanya jadi kurang segar dipandang…

  14. dokterearekcilik Says:

    @ndop
    Hmmm…gitu ya

  15. Yudhi Gejali Says:

    Daripada dipaksa tidur siang, tapi ga bisa tidur. Suruh main aja deh..
    Kan kebutuhan main anak-anak lebih besar. Untuk Pertumbuhan

  16. dokterearekcilik Says:

    @Yudhi Gejali
    Yup, betul sekali

  17. Juliet Says:

    Pantesan anak sy sulit banget disuruh tidur siangnya sejak umur 8 tahun nan gitu…

  18. Gerda Says:

    masalahnya dok, anak saya (4 tahun) terbiasa tidur pukul 21.00 malam, dan bangun pukul 06.00 untuk sekolah. jadi tidur memang masih dibutuhkan karena baru 9 jam waktu tidur malamnya. dia biasa tidur 1.5 – 2 jam. terkadang dia yang minta tidur siang sendiri, terkadang dia mau tidur setelah 1/2 jam main di tempat tidur.

  19. nuniek Says:

    dok,mo tanya,apa bener anak yg msh asi susah makannya,anak saya 15bln bb 9,5m makannya sussssah kdg2 sy sampe tobat kl lg nyuapain,masuk 5 suap aja udh ajaib bgt,mohon solosinya dok, trus apa asi nya di hentikan aja spy mau mkn bnyk?

  20. dokterearekcilik Says:

    @Juliet
    He…he..he

    @Gerda
    Kalo kemauan sendiri ya gak apa apa kok

    @nuniek
    ASI terus aja sampe 2 tahun juga gak apa apa, gak ada hub dengan nafsu makan. BB ananda dalam batas normal jadi ya tenang aja, kecuali BB menurun. Pada masa pertumbuhan melambat maka nafsu makan ikut menurun. Gak perlu maksa ananda makan banyak, jadi gemuk….. ananda udah normal 🙂

  21. meilinpruwita Says:

    hmm sebenarnya mungkin masalahnya lebih ke arah karena maknya ngantuk mau bobo siang(mumpung liburan) sedang anak khok matanya masih menteling dan malah ngajak main..gitu lo dok..haha

  22. Astri Says:

    hehehe.. kayaknya akur ma meilinpruwita… jam istirahat anak gak sama ama pengasuhnya. jadinya pada komplain aja 🙂 Peace!!

  23. dokterearekcilik Says:

    @meilinpruwita & Astri
    Maksud saya juga gitu 😀

  24. the.light.bearer Says:

    mama ga pernah suruh kami tidur siang lho, kak ijang! terima kasih ya artikelnya, ini menjawab pertanyaanku. udah lama aku nonton Nanny 911, di mana kebanyakan orang tua amerika kewalahan nyuruh anak2nya tidur siang… aku juga bertanya2, emang perlu? hidup mama!

  25. Regina Says:

    Salam Kenal! Mo nanya donk… aku selalu ngerasa babyku kurang tidur nih… Harusnya kan umur 10.5 bln masih butuh total 14 jam bobok dalam sehari yah?? Nah dia bobok siang 2X sehari, masing2 biasanya gak sampai 2 jam. Kalau malam juga sometimes gak sampai 10 jam (jam 8 lewat, bangun jam 6 kurang).

    Trus, gak papa gak sih kalo babyku boboknya musti nenen dulu (most of the time), aku blkgan ini baca kalo bahaya buat giginya, jadi setelah nenen aku paksa minum air putih (gak selalu mau sih). Oh ya, dari segi kebiasaan juga apa gak bagus yah? Sampai skrg dia jarang sekali bisa tidur sendiri (digeletakin di boxnya masih terjaga trus tidur sendiri, pernah sih tapi hitungan jari deh… biasanya harus nenen sampe bobok atau digendong 😦 apa sampai besar dia akan kayak gini yah??)

  26. fauziah Says:

    wah..bahasannya bagus ni dok…kebetulan banget….
    anak saya usianya 25 bulan, BBnya sekitar 10kg TB 80an, normal g dok?
    trus…klo siang msh suka bobo 1 x…sering skitar 1-2,5jam….tp pernah jg dok smp 4 jam……nah yg sering bikin puyeng klo malem dok…..akhir2 ini tidurny malem banget…..jam 9 tuh palg cpt….jarang tu jg……seringny jm 10…td malem malah hampir jam 11 br bs tdr….maunya maeeeeeeeeeeeen aja…pdhl emak bapaknya dah teler dok….bangunnya jg g ksiangan…..cm emg skrg jarang bangun sblm subuh….palg siang jam 6an…dphl ada anak tetangga,,,usianya lebih tua dikit dr anak saya…jam 8 br bangun……
    sy sih lbh sneng dia bangun pagi….cm tdur malemny itu dok…..gmn? gpp klo kmaleman gitu?

  27. dokterearekcilik Says:

    @fauziah
    Ananda masih dalam batas normal, pake growth chart WHO. Ananda menyesuaikan jam tidurnya dengan kondisi tubuh, dan masih normal gak apa apa kok. Soal ortu teler nah itu saya gak bisa jawab…

  28. irma Says:

    salam kenal dok….
    thanks banget loh dok, dengan adanya blog ini dan blog2 lain tentang kesehatan…jadinya bisa konsul gratisan..hehe..
    skrg sesudah baca artikel ini,.. baru deh saya ngerti kalo kebutuhan tidur siang anak itu hanya sampai umur 3 tahun.. anak2 saya umurnya 5,5 tahun dan 4 tahun. Kemaren2 sih sy selalu menyuruh mrk tidur siang, sampe kadang2 agak maksa… anak sy yg 5 tahun itu yg paling susah tidur, kalo yg adik sih biar ndak disuruh jg tidur sendiri.
    makasih ya dok atas infonya 🙂

  29. dhani Says:

    Kalau anak saya tidur siang bukan karena “sejarah” masa kecil tapi lebih karena pertimbangan kesehatan. Saya biasakan anak2 tidur siang karena saya berpikir manfaatnya, bukan serta merta saya memerintahkan mereka tidur siang tanpa sesuatu yg jelas. Setelah saya mengamati bahwa bila anak2 saya tidak tidur siang dalam 3 hari berturut, daya tahan tubuh mereka turun dan jadinya malah sakit. Tapi saya memberikan kelonggaran apabila hari Sabtu mereka bebas tidak tidur siang karena Minggu kan sekolah libur. Jadi tidur siang bukanlah momok yang menakutkan asal kita memberikan penjelasan yg menyenangkan pada mereka tentang manfaat tidur siang.

  30. sondang Says:

    Dok, bayi saya usia 9 bln. Selama ini tdurnya cukup n sesuai bt usianya. Cuma belakangan sejak dia mulai aktif merangkak n manjat2 bt belajar berdiri, tidur malam jd kurang pulas,agk gelisah dan hampir tiap jam bangun.setelah dikasi asi bru bobo lg.
    Trus ad teman yg nyaranin agar si bayi di urut sama dukun bayi,katanya krn bayinya aktif jd mgkn bnyk urat2 yg bergeser.tar setelah di urut bobonya bisa pulas katanya.
    Nah yg mw saya tanyain apa iyah bener urat2 bisa bergeser krn bayi aktif dan amankah apabila bayi 9bulan di urut?

    Maksih yah dok buat jawabannya.

  31. dokterearekcilik Says:

    @dhani
    Sikap yg baik buat ananda, yg penting tidak mengasuh dengan pemaksaan

    @sondang
    Pijat bayi sekarang sudah masuk ranah ilmiah yg banyak diteliti para pakar. Secara umum keperluan pijat bukan karena otot bergeser namun karena kerja otot lebih keras sehingga ada penumpukan zat tertentu yg menyebabkan otot jadi lebih kaku. Pemijatan merupakan salah satu jalan keluarnya, sekarang pemijata juga dipake buat membantu pertumbuhan & perkembangan bayi. Selama pemijatan dilakukan dengan lembut dan tidak ngawur maka itu aman kok

  32. farida Says:

    Dok, anak saya 6 bulan. Tidur siangnya nggak tentu. Kadang kalo ada yang ngelonin, bisa sampe 2 jam-an. Dalam sehari, tidur siang (atau pagi?) 2 kali. Pertama jam 7.30an sampai jam 9an. Trus jam 1an sampai jam 3an. Di kisaran jam-jam itulah. Trus akhir2 ini, karena (mungkin) aktifitasnya sudah banyak, kalo malam (biasanya dia tidur setelah maghrib), dia terbangun lagi. Padahal dulu-dulu tidak begitu. Bangun sekitar jam 19.30, trus tidur lagi lumayan larut, jam 21.30an. Bahkan pernah jam 23.30 baru tidur. Terakhir, waktu tidur, kok tampaknya nggak terlalu nyenyak ya?! Sering usek-usek, istilahnya. Sekedar informasi, anak saya ini suka nggak tahan udara panas. Berhubung tidak ada AC, saya pake kipas angin, tapi diputerin, biar tidak melulu mengarah ke dia (bahaya, nggak, dok?). Yang saya kuatirkan kualitas tidurnya. Jangan-jangan karena itu BBnya nggak naik dg pesat, ya, dok? BB lahirnya 3,4kg. 5 bulan BB-nya 6,4. Padahal harusnya 2x lipat ya?! Dan padahal tahun pertama itu harusnya BBnya naik pesat kan, dok?! Terima kasih banyak sebelumnya atas pertanyaan saya yang kompleks banget.

  33. dokterearekcilik Says:

    @farida
    BB ananda dalam batas normal bila memakai grafik WHO mapupun CDC, patokan 2 kali BB lahir itu secar kasar dan tidak harus pas persis, Lebih baik pake patokan grafik pertumbuhan. Pada anak 6 bulan memang jadwal tidur belum seperti dewasa namun bila menginginkan jadwal tdur ananda baik yg penting adalah kosistensi dalam hal menidurkan ananda. Kipas angin tidak jadi masalah

  34. uchi Says:

    Nih pak dokter hebat banget dalam menulis apapun. Very interesting!!!☃⌣♥♏@n†AÞ♥⌣
    Smua istilah ksehatan yang biasanya jlimet jd bs dicerna dgn mudah.Terus berkarya ‎​Чα”̮ dok, tak tunggu edisi2 berikutnya

  35. luplisa Says:

    wah.. iya ya pak dokter… skrg ankku 5th. tadinya selalu tak wajibkan tdr siang… tapi akhir2 ini saya beri kelonggaran tuk ga tidur siang. yo wes mulai skrg,terserah si ank aj deh, mo tdr siang ato nggak.trims infonya pak dokter

  36. Nita Tata Says:

    Dok,ank sy usia 2th.sngat jrng sekali tidur siang,,,pdahal sepupunya yg seumuran selalu tidur siang bisa 2-4 jam dan anknya sgt pintar dan pemberani.ank sy lbih ska tidur sblum magrib dan tengah mlm pasti bngun 1-2 jam br dia tdur lg.berpengaruh g dok intensitas kurangnya tidur anak pd perkembangan kecerdasan otak anak? trima kasih…

  37. rosita Says:

    Dok anak saya umur 1thun stngah,dia kalo tdur cma skali ja.dr jm 11 kdang smpe am 1,dsuruh tdur lg g mau.smpe nanti jm 8.tu gpp dok?

Tinggalkan Balasan

