Setinggi dan seberapa besar kamu nanti anakku ?

Ilmu ramal jadi meriah di akhir tahun dan juga di awal tahun, pada awal tahun 2009 aja masih banyak orang yang meramal. Mulai meramal ekonomi 2009, kejadian yang akan terjadi tahun 2009, artis yg akan cerai dan bermasalah…. Pokoknya meriah ….. tapi apa bisa meramal nanti ananda jadi sebesar dan setinggi apa ? Btw saya tidak bermaksud berubah profesi jadi peramal, cuman berusaha mengajarkan cara meramal pada para ortu ….. jadi mohon para peramal gak usah kuatir tersaingi 😀

Yang diramal bukan nasib atau jodoh tapi seberapa besar dan seberapa tinggi ananda nantinya, dari yang simpel sampai yang rumit, namun saya akan menyampaikan yg paling mudah dan mendekati akurat. Jangan berharap kepastian dalam hal ramalan, banyak faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan ananda mulai dari genetik, lingkungan, gizi … jadi tetap saja meramal hanyalah memperkirakan bukan kepastian .

Kita mulai dari memperkirakan Berat Badan (BB) ananda secara mudah, contohnya: bila ada bayi lahir dengan Berat badan Lahir (BBL) normal sekitar 2,5kg sampe 3,5 kg maka dapat diperkirakan

BB menjadi 2 x BBL pada bayi umur 5 bulan

BB menjadi 3 x BBL pada bayi umur 1 tahun

BB menjadi 4 x BBL pada umur 2 tahun.

Nah dengan begitu kita udah bisa perkirakan, namun untuk lebih akurat tetap pake grafik pertumbuhan yang bisa dilihat di halaman download.

Sedangkan untuk tinggi badan (TB) bisa diperkirakan dengan cara:

1 tahun = 1,5 x TB lahir

4 tahun =        2 x TB lahir

6 tahun =       1,5 x TB setahun

13 tahun = 3 x TB lahir

Dewasa=       3,5 x TB lahir atau(2 x TB umur 2 tahun)

Ada lagi .. kalo ada yg tanya anak saya kalo besar setinggi apa saat dewasa? maka ini jawabnya

Rumus Prediksi tinggi akhir sesuai potensi genetik :

TB perempuan = [(TB ayah – 13 cm) + TB ibu] :2  ± 8,5 cm

TB laki-laki = [(TB ibu + 13 cm ) + TB ayah] :2 ± 8,5 cm

Maksud rumus ini, kalo punya anak bisa diperkirakan tinggi saat dewasa dengan cara ini, contoh: Ayahnya 170cm, Ibu 160cm, punya anak laki laki maka diperkirakan tinggi nantinya= 171,5 ± 8,5 cm. Jadi ananda bisa setinggi antara 163cm – 180cm. Tergantung dari gizi, lingkungan dll.

Tentunya rumus ini bisa melenceng bila terjadi mutasi genetik, misalnya terus jadi tinggi sekali seperti Yao Ming ….atau pendek sekali kayak….. kayak orang pendek pokoknya J Itu tidak bisa diperkirakan dengan rumus ini. Dan saya jangan dimarahi nantinya kalo ternyata ananda tingginya gak cocok dengan rumus rumus ini. Biar gimana manusia sulit diperkirakan dengan rumus ….. 😀

Iklan

17 Tanggapan to “Setinggi dan seberapa besar kamu nanti anakku ?”

  1. shanti Says:

    Hmm.. Latifah berarti kurang nih.. saat lahir BB 3.1kg, TB 51cm. Sekarang 11 bulan masi 8kg dan tinggi 71 cm. Tiap ke dokternya katanya fine.. tapi kalo dilihat di grafik kok kurang. Minumnya 1L tiap hari dan makan 3x, small amount. Gimana ya dok? apa perlu diberi susu penambah berat badan?

  2. dokterearekcilik Says:

    @shanti
    Pake grafik apa ? Saya coba plot di grafik WHO, baik yg BB maupun TB kok dalam batas normal ya. Kalo normal menurut saya ya gak usah panik, bener dokternya….fine. Gak usah pake susu penambah BB segala, 🙂

  3. woro Says:

    oh.. gitu ya cara ngitung perkiraan TB.. alhamdulillah anak saya masih dalam batas normal. waktu lahir BB 3 TB 50 cm… sekarang BB 9,5 TB kurleb 75 cm

  4. Juliet Says:

    Alhamdulillah…berarti anak sy masih dalam batas normal ya dok…
    Terlahir dengan BB 2,6kg & TB 50cm. Di usianya yang ke 10 ini, TB nya 152cm hanya saja BB nya sulit bgt dikontrol…saat ini mencapai 54kg dok..

  5. irma Says:

    saya copy lagi…. hihihi…. kecanduan artikelnya sampeyan nih

  6. budhe Says:

    Wah..sangat informatif artikelnya dan bahasanya lugas nyaman dinikmati..pengen dech..anak anak tumbuh sehat tambah pinter ..

    Numpang blajar disini ya Dok..boleh berlangganan ga’?…makasih jabat erat yach..

  7. juliach Says:

    Aku juga suka ngramal tinggi badan anak-anakku buat beli baju utk tahun depan/musim mendatang pada saat akhir bulan diskon ya.

    Tapi yang kecil meleset jauh. Umurnya tgl 18 jan besok: 2th. Tapi pakaian anak umur 2th, udah ngak cukup semua sejak awal desember lalu. Tangan cungklang, kaki juga.

    Sekarang udah aku pakaiin baju untuk anak 3th.

    Jadi aku sekarang takut, kalo besar nanti terlalu mentiung ketinggian. Kesian kalo pulang kampung. Ngak bisa naik angkot! Harus melungker.

  8. dokterearekcilik Says:

    @woro
    Alhamdulillah

    @Juliet
    Nah itu BB nya yang perlu disesuaikan 🙂

    @irma
    Monggo, silahkan 🙂

    @budhe
    Salam kenal, eh langganan…..sampe saat ini saya belum menentukan tarif berlangganan blog ini. Wah perlu dipertimbangkan tuh …….wakakakakak 😀

    @juliach
    Kalo gak bisa melungker di angkot terpaksa selonjor atau baring….halah .. 😀

  9. fahmi! Says:

    walah kira2 anakku jadi seberapa ya kalo betulan kawin sama pacarku ini hihihi… lha aku tinggi kurus, dia pendek lemu :mrgreen:

  10. dokterearekcilik Says:

    @fahmi!
    kawin aja, kalo udah ada hasilnya laporkan ke saya. kalo rumusnya gak sesuai bisa kita bikin rumus baru 😀 wakakakakak

  11. desy Says:

    dok,klo umur 10 thn, tinggi rata-rata berapa? pilihannya a)150, b)130, c)110, d)105, e)115, buat ujian psikotes niy…help, thx

  12. evi Says:

    tinggi rata2 anak berumur 10 tahun berapa dok?

  13. chris Says:

    Wah senengnya nemu pak dokter, anakku cowok lahir bulan mei 2007, berat lahir 2.7 panjang 47 cm. Skrng beratnya cm 11.2 kg, tinggi 87cm. Susah bgt naikin beratnya. Gmna ya caranya spy bs gemuk ?

    • dokterearekcilik Says:

      Yg penting itu sehat dan BB sesuai, jd untuk patokannya bisa liat di halaman download ada grafik pertumbuhan, bisa dicocokkan dengan kondisi ananda. Saat ini anak diharapkan ideal bukan gemuk, jd tidak perlu menaikkan BB ananda bila masih dalam batas normal.

  14. Denok Purnomo Says:

    Dok, anak saya lahir BB 3.25 kg, TB 54 cm. Sekarang udah sebulan, BB 4.8 kg. Dokternya bilang… waw! ini ntar jangkung loh… Tadi saya coba itung pake rumus hasilnya 189 cm, wah tinggi bwangets dong hehehe… Bayi lahir dg TB spt anak saya masih dlm batas normal kan? Trimakasih.

  15. Anonim Says:

    waktu dilahirkan 50 cm, setelah berumur 13 tahun tinggi 150 cm, berapakah rata rata pertumbuhan latifah setiap th??

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: