BBM turun harga….vaksin juga

Gak mau kalah dengan BBM, ada juga vaksin yang turun harga….Apa ada hubungan antara BBM dengan vaksin ? kok turunnya bareng ???

Pada saat BBM turun ternyata vaksin Human Papiloma Virus (HPV) juga turun. Dari yang harganya 1,3 – 1,5 juta an jadi sekitar 600 – 750 rb…. Lumayan tuh 50%….. kenapa kok turun ? Yang jelas tidak ada hubungannya dengan penurunan BBM kok. Walaupun harga minyak dunia menurun tapi bukan itu sebab turunnya vaksin HPV tersebut.

Sebagaimana diketahui bahwa virus HPV merupakan sebab utama terjadinya kanker serviks alias kanker leher rahim, sehingga pencegahan dengan menggunakan vaksin yang menimbulkan antibodi terhadap virus HPV tentunya akan berdampak menurunnya angka kejadian kaker serviks yang masih bertengger jadi kanker terbanyak di Indonesia bahkan di dunia.

Eh kenapa kok turun ? Konon ceritanya ada pertemuan antara produsen vaksin dengan Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) dan Persatuan Obstetri Ginekologi Indonesia (POGI) alias persatuan dokter kebidanan dan kandungan. Juga instansi terkait dilibatkan kemudian mereka rapat….. kalo saya bayangkan kira kira begini jalannya rapat:

IDAI & POGI : Eh produsen vaksin (PV) harga vaksin itu kemahalan, apa gak bisa diturunkan ? Kasian kan rakyat Indonesia pengen sehat aja kok mahal

PV : Lha kita bikin vaksin penelitian dan pembuatan kan pake ongkos, gede lagi biayanya. Kalo digratiskan saya kan rugi

IDAI & POGI : Ya kalo gitu turun harga aja, paling tidak supaya terjangkau, kan juga biar angka kejadian kanker serviks pada rakyat Indonesia menurun

Instansi terkait : Setujuuuuuuuuuuuuuuuu………………

PV : Sebentar saya hitung dulu …. Tik tuk tuk tuk

IDAI & POGI : Ayo cepetan ngitungnya……….. kita mau praktek nih

PV : Ya wis saya turunkan 50%……semoga bisa membantu

IDAI & POGI + Instansi terkait : Horrreeeeeeeeee……

Ya mendinglah masih bisa turun….. biarpun masih mahal, tapi jadinya lebih banyak yang bisa menjangkau. Bagi yang pros & cons salah satu merek vaksin gak usah komentar panjang atau saling menjatuhakan, postingan ini info buat masyarakat, bukan sarana adu antar PV.

Semoga masyarakat Indonesia bisa lebih sehat

46 Tanggapan to “BBM turun harga….vaksin juga”

  1. mila Says:

    efektivitas vaksinnya katanya sudah berkurang bagi wanita yang sudah menikah, dok. bener ga dok? katanya lagi, sebenernya vaksin ini ditujukan untuk remaja mulai umur 17-an dan yang belum pernah berhubungan seks. mohon penjelasannya..

  2. woro Says:

    kyknya bagi sayah masih nggak terjangkau deh..

  3. dokterearekcilik Says:

    @mila
    Prinsipnya kao udah pernah terpapar virus HPV maka efektifitas vaksin berkurang. Lebih muda maka efektifitas lebih baik

    @woro
    Semoga bisa turun lagi…. kayak BBM

  4. mei Says:

    mahalll dok, mending buat bayar sekolah anak..hehe

  5. bloGEsam Says:

    lumayan dehhh kalo semuanya ikut turun…. bisa sedikit napaasss… 😀

  6. budhe Says:

    senang menikmati infonya Dok… makasih..

  7. juliach Says:

    Di Perancis, vaksin Gardasil (lihat: http://www.gardasil.fr) gratis. Malah digembor-gemborkan di iklan termasuk TV.

    Vaksin-vaksin yang pokok: dari bayi lahir-sampai dewasa biasanya gratis kecuali yang penyakitnya tidak ada di Eropa, atau bagi mereka yang mo bepergian.

  8. dokterearekcilik Says:

    @mei
    Tapi ada juga pemikiran, daripada jadi sakit biayanya lebih mahal. Tapi tiap orang berhak punya pendapat sendiri 🙂

    @bloGEsam
    Napas nih…….. wuuuuuush 😀

    @budhe
    Sama sama, salam ama pakde …*sok akrab*

    @juliach
    Selalu sedih kalo denger juliach komen ttg vaksin di Perancis semua gratis….mbayangin kapaaaaaan kita di Indonesia bisa kayak gitu. Seneng kan kalo semua anak dapet perlindungan tanpa harus bayar

  9. Ummu Zahra Says:

    Iya, Dok, di Qatar juga vaksin gratiz. Mudah-mudahan Indonesia juga bakalan gitu someday. Amiiin (ayo, semuanya bilang, “Amiiiin…”). 🙂

  10. dokterearekcilik Says:

    @Ummu Zahra
    Amiiiiiiiiiiiiiiiiin 🙂

  11. om ibud Says:

    ya..mudah-mudahan harga vaksin yang lain juga ikutan turun.

  12. dokterearekcilik Says:

    @om ibud
    Semoga aja bisa sampe kayak di negara lain yg semua vaksinnya gratis, amin

  13. dita Says:

    dimana sih bisa memperoleh vaksin hpv? disetiap rumah sakit bisa ya? atau harus memperoleh rujukan dari ginekolog dulu?

  14. dokterearekcilik Says:

    Dimana aja bisa asal menyediakan vaksin….. sebaiknya periksa dulu biar pas…. tidak harus dpt rujukan dari ginekolog kok

  15. dwie Says:

    Dok…
    kalo sudah vaksin hpv,masih perlu cek pap smear rutin ga?thank ya dok…

  16. dokterearekcilik Says:

    @dwiePap smear tetap dilakukan untuk pemantauan, namanya juga vaksin buatan manusia gak mungkin ada proteksi 100%.. biasanya 95-98% aja.

  17. dokterearekcilik Says:

    @dwie
    Pap smear tetap dilakukan untuk pemantauan, namanya juga vaksin buatan manusia gak mungkin ada proteksi 100%.. biasanya 95-98% aja.

  18. Ria - Solo Says:

    Siang cak Dokter…

    Kalo mau vaccine HPV itu dimana yah..? di Obgyn atau Lab..??? sampe sekarang apa masih segitu ya harganya..? Untuk pencegahan,baik juga yaa ( betulkah 03X shoot..? )

    setidaknya kalau ada teman yg jualan “Pembalut anti kanker” (spt yg saat ini sedang marak), yang katanya ( yg tanpa Evidence based medicine samasekali ) bilang bahwa pembalut yg dia jual bisa menghindarkan kita dari cervical cancer,saya bisa menepis dong yah.. ” Aku wis vaccine HPV, itu lebih mantab proteksinya daripada pake pembalut yg kamu jual”…

    Matur nuwun infonya,
    Salam SEHAT..!!

  19. Astri Says:

    di dr Obgyn atau di dr Anak

  20. dokterearekcilik Says:

    @Ria-Solo
    Bener Astri 🙂

  21. alies Says:

    Tanya dunk Om dokter……
    sebelum vaksin apakah wajib ada pemeriksaan pendahuluan or pap smear, kmaren dah tanya ke RS deket rmh dan di haruskan PS dulu….kalo misal nggak pake PS apa pengaruhnya???
    terima kasih

    • dokterearekcilik Says:

      Kalo udah nikah maka dikuatirkan udah ada paparan virus HPV dan bahkan bila sudah pada stadium terkena kanker serviks. Krn vaksin ini untuk mencegah infeksi virus HPV yg nantinya akan berakibat jadi kanker maka bila sudah terjangkit vaksin tidak bisa memberikan perlindungan. Kuatirnya udah bayar mahal tp tidak memberi efek proteksi. Makanya dipastikan dulu dgn PS.

  22. alies Says:

    Thanks Dok langsung dpt jawaban.
    iya….saya memang dah berbuntut 2 tp blom pernah PS, maksud hati gak mau PS makanya vaksin aja, ternyata hrs punya keberanian untuk menghilangakan rasa malu (maaf) diobok2……

    Dok, boleh tanya lagi ttg imunisasi anak, kebetulan anak 7th dan 5th lahir gak disini, dpt imunisasi BCG, DPT, Polio(2x saja), Rubella, Measles saja, apakah masih boleh/ wajib dpt imunisasi2 lain yg ada di sini???

    matursuwun sanget

    • dokterearekcilik Says:

      Semoga baik2 aja … Kalo mau lebih pasti bisa dilakukan tes HPV DNA untuk memastikan pernah terpapar virus HPV atau belum.
      Mengenai imunisasi anak, yg penting belum kena sakit yg akan dicegah dgn vaksin tsb ya perlu. Paling tidak dpt vaksin Hepatitis B krn di Indonesia termasuk endemis shg masuk vaksin wajib pemerintah. Polio bisa ditambahkan sehingga pemberian sampai 5 kali. Bisa liat di halaman download ada jadwal imunisasi Indonesia.

  23. wiwin Says:

    dok, saya mau tanya kalau mau vaksin hpv itu harus 3 kali (satu paket gt) dalam waktu yang berdekatan bener ga? harus yah

  24. Yuan Says:

    Dok, harga vaksinya masih 600-750ribu atau sudah naik lagi?

  25. zeinitza Says:

    hore harganya turun.. udah niat pengen vaksin dari lama.

    tapi dok, katanya bisa saja seorang wanita ada kemungkinan sudah terpapar virus ini tapi tidak merasakan gejala sama sekali

    kalau misalnya yang sudah terpapar virus berarti nga bisa vaksin dong?
    atau bisa tapi nunggu sembuh dulu?

    terus efektivitasnya kira-kira berapa persen untuk yang sudah pernah terpapar?

    dijawab yah…

  26. zeinitza Says:

    oh gituh ya dok.. berarti emang lebih baik vaksin ya dok abis barusan baca di blog lain katanya HPV ada banyak jenisnya. Lah kalo sembuh satu kena yang lain ka berabe mending vaksin aja biar nggak kena tendem he he he

  27. juno Says:

    Yth Dr..
    pemberian vaksin HPV itu dimana dok? di lengan atas ya? kalo saya blm menikah dan blm sexually active gak usa pap smear dong?? thx

  28. hanny Says:

    di mana dok vaksin nya???

  29. firsty Says:

    dok,,
    tmn sy nawarin vaksin yg sdh terlanjur dia beli tp tdk jd digunakan (dia beli 2paket, tadinya 1pkt utk dia pakai, 1 lg utk ibunya, belakangan dia dberi tahu bahwa utk umur 50thn tdk perlu vaksin lg krn akan menopouse. jd vaksin yg tdnya utk ibunya itulah yg akan dijual ke saya).
    pertanyaannya, apa saja yg hrs saya cek nanti sehubungan dgn vaksinnya?
    krn saya sama sekali blm prnh melihat bentuknya..
    thx dok..

  30. cha Says:

    vaksin hpv apa hnya untuk kaum hawa dok…? soalnya aku permah baca klo laki2 bisa terserang hpv ,alias ditumbuhi kutil kelamin jg…. thx ya dok…

  31. tintin rachmawati Says:

    dok….saya mo tanya klo test HPV DNA itu berapa ya harganya ?

  32. yuna Says:

    kalau di makassar,dimn sy bs mendapatkan vaksin HPV??sekarng biaya buat vaksinnya berp yah???soalnya dari garis keturunan ibu sy uda positif terkena kanker serviks, n kemungkinan sy jg bs terkena khan???

  33. uminya aryawan muhammad Says:

    dok, bahas ttg vaksin untuk balita dunk, kan ada yg pro n kontra tuh. gimana ni solusinya?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: