Flu babi… apalagi sih ?

Lagi rame di media tentang flu babi… kok muncul terus berbagai macam flu ya ??? :sad:…. Flu burung, flu babi, flu Singapur… Hmmmm jadi bikin bingung😐  tapi kita tetap mesti belajar tentang masalah flu ini karena udah teranjur ada di sekitar kita….. sehingga kita punya  pengetahuan ttg masalah flu itu ….

Influenza Babi atau Flu Babi atau Flu Mexico atau Influenza H1N1 Amerika Utara, Flu baru H1N1 (strain Mexico) atau Influenza H1N1 – 2009, merupakan nama yang telah diberikan/diusulkan oleh berbagai pihak terhadap wabah influenza yang terjadi pada akhir Maret 2009 dengan Mexico dan atau California sebagai titik awal penyebaran ke seluruh penjuru dunia. Di Indonesia melalui Keputusan Menteri Kesehatan RI Nomor 311/Menkes/SK/V/2009, telah menetapkan penyakit ini dengan istilah“Penyakit Flu Baru H1N1 (Strain Mexico)” … juga menentukan flu ini sebagai penyakit yang dapat menimbulkan wabah…. Disebut flu babi karena mirip dengan virus flu yg biasanya terjadi pada babi.

Sejak 11 Juni 2009 WHO menetapkan bahwa flu baru H1N1 ini merupakan  pandemi fase ke 6 … artinya: sudah muncul Kejadian luar Biasa (KLB) di lebih dari satu negara  pada masing masing area negara berdasar pembagian WHO… bingung ya…😳 … saya juga rada bingung :mrgreen:  … Pokoknya ini merupakan fase tertinggi dan akan  mencapai pandemi global… kok jadi ngeri ya😯 … tapi ada kabar (agak) baiknya yaitu case fatality rate alias angka kemungkinan jadi fatal bahkan sampe meninggal pada flu baru H1N1 ini relatif rendah… sekitar < 1%… dibanding dengan flu burung yang mencapai 14 – 33%. Namun ini juga jangan membuat kita tidak waspada 🙄 karena kemungkinan jadi kasus yang fatal kan tetep ada biar sedikit.

Karena  bisa menular dari manusia ke manusia maka penyebaran jauh lebih cepat dibanding flu burung yg tidak menular antar manusia tapi lewat unggas….

Gejala yang muncul sama dengan flu yang lain yaitu demam, batuk, sakit tenggorokan, beringus , badan sakit semua… bila kontak dengan orang yg dicurigai sakit flu baru H1N1 atau kontak dengan babi bisa jadi petunjuk untuk lebih mengarah ke diagnosa… sebelum diagnosa ditegakkan maka penderita disebut suspect flu babi alias orang yg dicurigai menderita flu babi…. Jadi belum tentu dia terjangkit.

Yang paling penting adalah hasil isolasi virus atau pemeriksaan PCR untuk menentukan apakah penderita benar benar terjangkit flu baru H1N1 atau tidak. Karena itu perlu waktu hingga diketahui jenisnya dan juga pemeriksaannya hanya ada di kota besar maka selama belum ada kepastian pederita yg dicurigai tetap di karantina.

Pencegahan sebetulnya mudah, sama dengan pecegahan penyakit secara umum seperti mencuci tangan karena virus mati bila terkena sabun. Pake masker gunanya buat yg sakit biar gak nularin yg sehat sedangkan yg sehat gak ketularan dari yg  sakit

Secara umum perlu menjaga kondisi tubuh secara baik, yaitu tidur yang cukup, nutrisi/gizi yang baik denqan selalu menjaga aktivitas tubuh. Jika ada anggota keluarga yang sakit, maka sebaiknya untuk sementara yang sakit ditempatkan pada kamar yang berbeda. Jika merasa terinfeksi flu sebaiknya tinggal di  rumah, menghindari kontak dengan orang banyak, tempat kerja, sekolah dll. Bila gejala tidak menghilang dalan 2-3 hari, demam semakin tinggi, disertai sesak napas maka sebaiknya segera ke sarana pelayanan kesehatan untuk mendapat pemeriksaan.  Ini ada poster ttg cara pencegahan flu

Dapat juga digunakan obat anti virus  seperti oseltamivir dan zanamivir untuk mengobati virus Influenza, termasuk flu baru H1N1… kayaknya kalo pake  Bitfender, Karspersky atau PCMAV  gak mempan deh😀 kqkqkq….cuman tidak disarankan semua orang minum obat ini, hanya yg tersangka kena flu baru H1N1 atau yang pasti terkena. Bila semua orang diberi obat ini akan menimbulkan resistensi sehingga obat ini jadi tidak efektif lagi. Sudah ada  kasus yg terdeteksi resisten dengan obat antivirus ini jadi mesti lebih hati hati dalam memberikan obat ini

Kemarin liat di running text metroTV: Flu Babi sudah jadi pandemic global, saran WHO pemberian vaksin… cuman gak jelas vaksin apa ? Jadi googling … hasilnya ada  rekomendasi WHO tentang pemberian vaksin ……..Karena vaksin  flu baru H1N1 belum jadi sedangkan pandemi global sudah terjadi maka disarankan untuk vaksin flu biasa dulu, yang dipake adalah vaksin flu yang  periode 2009-2010 …. Denger denger katanya vaksin yg spesifik akan diluncurkan sekitar oktober 2009… semoga cepet aja biar gak tambah nyebar ….

So be careful semuanya… sambil berusaha kita berdoa agar pandemi flu ini segera hilang… Amin

9 Tanggapan to “Flu babi… apalagi sih ?”

  1. fahmi! Says:

    aku ini awam soal medis, nggak ngira kalo yg namanya “flu” aja bisa seserius itu ya. lha biasane flu yg aku kenal kan dikasih biogesic ato obat semacem itu ae beres. virus2 baru ini tambah canggih aja.

  2. woro Says:

    flu hasil rekayasa untuk senjata kimia bukan ya?

  3. annisa Says:

    TFS. Artikel yg sangat bagus =) Saya ingin tanya dok, gimana beda pastinya antara flu babi & yg bukan ya? Akhir2 ini banyak orang yg terkena flu, mereka selalu parno dengan flu babi, karena ada beberapa yg contact dgn orang luar negeri. Trims.

  4. Lex dePraxis Says:

    Mungkinkah parno mengubah flu biasa jadi flu babi? Maksudnya… sugesti gitu.😀

    Lex dePraxis
    Romantic Renaissance

  5. dokterearekcilik Says:

    @fahmi
    Virus kan punya kemampuan bertahan hidup jadi dia selalu berupaya mencegah dirinya punah

    @woro
    kayaknya kok belum kepikir sampe segitu, apalagi gak ada bukti. Rekayasa atau tidak bisa diliat dari sequence genetik pada saat pemeriksaan DNA virus… tp penelitian sampe sekarang kok tidak menunjukkan hasil bahwa itu rekayasa

    @annisa
    Secara klinis sulit dibedakan, hanya dengan memastikan jenis virus baru bisa. Bila flu, disertai demam, sesak ya periksa untuk mendapat penanganan

    @Lex
    Enggak lah ….😆

  6. omibud Says:

    Wah, trim’s dok infonya, sekarang lagi jadi tren nih flu babi ini, soalnya sekarang kan musimnya( kayak buah aja: kt dokter sih…) flu dan batuk, ga tahu itu apa flu biasa ato flu babi. kalo kata p. Ustads sih…flu ini flu yang diharamkan karena mengandung babi. he..he…

  7. dokterearekcilik Says:

    @omibud
    he…he

  8. Sewa Projector Murah Says:

    Maka dari itu kita harus selalu hidup sehat dan lingkungan yang bersih

  9. herbal pelangsing super Says:

    kedepannya ada flu apa lagi ya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: