Musim demam berdarah…. Hiiiii hati hati

Mau dibilang musim kok kayak buah aja ya…. Tapi yg jelas emang akhir akhir ini terjadi peningkatan jumlah penderita demam berdarah di daerah Sidoarjo dan Surabaya. Dari cerita teman sejawat dan berita di koran kayaknya di daerah lain juga gitu…. Daripada hanya membayangkan ngerinya yuk belajar tentang masalah demam berdarah…..

Demam berdarah merupakan demam yg timbul mendadak selama 2 hingga 7 hari, disertai gejala berikut : nyeri kepala, , nyeri otot, nyeri persendian. Selain itu juga karena namanya demam berdarah jadi bisa juga menimbulkan perdarahan mulai dari yg ringan  seperti bintik-bintik pada kulit hingga muntah darah bahkan perdarahan dari bagian tubuh lain. Keadaan lain yg sering terjadi adalah syok…. Maksudnya bukan syok karena kaget :shock: … tapi keadaan kekurangan cairan pd pembuluh darah yg bisa berakibat kondisi memburuk.

Penyebab sakit ini adalah virus dengue yg ditularkan lewat nyamuk Aedes aegypti…. standar klasik… harus disebutkan walaupun sudah banyak yg tahu :neutral:… gambar nyamuknya googling aja pasti banyak kok. Sebetulnya bila seseorang kena virus dengue gak semua jadi demam berdarah… ada yg baik2 aja, ada yg jadi demam ringan, ada yg jadi demam dengue yaitu suatu bentuk “ringan” dari penyakit ini sehingga demam berdarah …. Demam berdarah juga dibagi jadi gradasi I-IV…. Gradasi III dan IV termasuk yg parah karena sudah mulai terjadi syok.

Kelainan utama pada demam berdarah adalah terjadinya perembesan plasma alias plasma leakage … maksudnya dalam bahasa awam kira2 gini… pembuluh darah jadi bolong bolong sehingga cairan dalam pembuluh darah keluar… padahal agar orang dpt bertahan hidup cairan dalam pembuluh darah itu harus selalu ada dlm jumlah yg cukup… bolongnya ada yg kecil2 ada yg besar2. Eeh bolongnya ini haluuuuus sekali lho… hanya terlihat dengan mikroskop…..jangan dibayangkan kayak ban sepeda bolong gitu :lol: …. kebesaran… Beda besar bolong ini yg menentukan seseorang syoknya parah atau tidak.

Karena itu yg paling penting dalam mengobati demam berdarah adalah mepertahankan cairan yg masuk kedalam tubuh … baik dengan cara minum maupun bila lebih jauh dengan infus.

Kenapa kok harus opname di Rumah Sakit (RS) ? sampe saat ini belum ada cara pemeriksaan atau alat maupun  pemeriksaan laboratorium yg bisa memperkirakan apakah seorang yg kena demam berdarah akan jadi syok / perdarahan atau akan baik2 saja…. Sehingga jalan satu2nya adalah observasi di RS agar dapat diikuti perkembangannya, dan bila terjadi syok atau perdarahan bisa segera ditangani dengan baik.

Pemeriksaan laboratorium hanya bisa memperkirakan seorang terkena  demam berdarah atau tidak. Yang paling umum adalah pemeriksaan standar darah lengkap… yg jadi patokan adalah lekosit alias sel darah putih dan trombosit. Bila trombosit <100.000 , dan lekosit <5000 maka ada kecurigaan demam berdarah….. ditambah nilai Hb dan Hematokrit yg meningkat sekitar 20%. Lekosit kadang turun duluan dibanding trombosit…. Jadi gak mesti nunggu trombosit turun. Bila ingin cara lebih canggih bisa pake IgM dan IgG anti Dengue… atau sekarang yg lebih dini bisa tahu kena virus dengue atau tidak adalah NS1…. Namun semua cara itu tidak bisa dipake memperkirakan akan terjadi syok atau tidak

Yang penting ortu mesti selalu waspada…. Bila ada tanda tanda seperti perdarahan, tangan atau kaki teraba dingin apalagi disertai keringat dingin maka itu tanda bahaya….langsung ke RS.

Informasi yg beredar bahwa juice buah  jambu biji bisa menaikkan trombosit juga tidak benar… akhir2 ini memang ada penelitian bahwa ekstrak daun jambu biji bisa menaikkan trombosit …. Namun belum selesai penelitiannya…. Lagian jangan berharap bisa sembuh hanya dengan juice buah jambu biji saja…. Kandungan bahan yg ditengarai bisa menaikkan trombosit hanya cukup besar di ekstrak daun jambu biji…bukan pada buahnya. Jadi jangan sekali2 mengharapkan penyembuhan dari juice buah jambu biji… Biasanya saya tidak langsung melarang pada pasien tapi memberitahu informasi yg benar pada mereka….. soal mau pake atau tidak itu hak pasien sepenuhnya…. selama gak mengancam nyawa dan memperberat penyakit ya gak apa apa.

Semoga informasi ini berguna …. Dan yg penting ananda selalu sehat

About these ads

14 Tanggapan to “Musim demam berdarah…. Hiiiii hati hati”

  1. nararya Says:

    info yang sangat berguna, dok. mudah2an dokter juga selalu sehat sehingga bisa terus memberikan informasi buat pembaca seperti saya ;)

  2. dee Says:

    thanks for information dok Riz! dikatakan badan hangat ( nyumer = jawa ) itu pada suhu berapa n dikatakan sudah panas itu suhu berapa? thank u so much.

  3. wilma Says:

    Dok…
    saya bisa menghubungi anda di nomor telefon berapa ?

  4. Besan Says:

    Salam kenal pak DSA.
    Lgs sj yg ingin sy tanyakan
    1. apa benar ada varian baru dr virus dengue dmn gejalanya dpt lgs jatuh dlm keadaan syok tnp ddahului bintik2 merah sebelumny.
    2. apakh bs syok tjd pd hr k 3 atau 4 dimulainy demam.
    3. Brarti semua bayi atau anak yg demam n trombositny turun,hrs opname di RS ya dok.
    Matur nuwun atas penjelasanny dok.

  5. dokterearekcilik Says:

    @nararya
    Thanks

    @dee
    Biasanya disebut hangat atau sumer itu suhu tubuh 37,5 derajat celcius…pada demam berdarah demamnya tinggi ( > 38,5 derajat celsius) dan sifatnya mendadak…

    @wilma
    Udah lewat email ya

    @Besan
    1. memang syok tidak mesti didahului bintik2 merah
    2. yang paling sering terjadi pada hari ke 3 hingga ke 5 demam…
    3. memang itu yg masih jadi masalah sekarang… jadi bila trombosit <100.000 dan terjadi antara hari ke 3-5 demam maka biasanya disarankan opname

  6. afrianti Says:

    Wah aku masih awam dengan demam berdarah untuk gejala2nya..

  7. dokterearekcilik Says:

    @afrianti
    Semoga tulisan ini berguna

  8. sekar8b28 Says:

    terimakasih infonya…..

  9. ary Says:

    dok.
    coba pake sari kurma sekalian periksain ke lab, kenapa sari kurma bisa nyembuhin / menaikan trombosit darah

  10. dokterearekcilik Says:

    @sekar8b28
    Sama sama

    @ary
    Penelitian ilmiah perlu waktu dan biaya yg besar, pemerintah kita hingga saat ini tidak memberikan dana yg cukup untuk penelitian semacam itu… untuk pelayanan aja gak cukup :p… buat info aja ada temen saya yg meneliti ttg hubungan peningkatan kadar trombosit dengan ekstrak daun jambu biji… habisnya ratusan juta… itupun belum sampe pada kesimpulan akhir… setara dengan dana kampanye kali ya :p Btw itu usul yg bagus… sayang pelaksanaannya mahal sekali

  11. Gerakan Nasional Cegah DB Says:

    Demam Berdarah memang penyakit yang berbahaya, sayangnya masyarakat kita masih banyak yang suka meremehkan.

    Gencarkan terus Pemberantasan Sarang Nyamuk dengan 3M Plus.
    Dukung Gerakan Nasional Cegah DB

  12. madeleine Says:

    Sangat bagus sekali,artikel seperti ini sangat membantu orang awam seperti saya..:) terimakasih

  13. mamanya aldin Says:

    salam kenal dokter,
    anak saya umur 3 bulan. sejak hari sabtu 17 apr demam skitar 38derajat. konyolnya saya kurang percaya sm temperatur digital jd pas ngukur ga cuma di tempat yg disarankan (belakang telinga). tp juga di pusar, di ketiak. saat di pusar pasti paling panas. hari minggu saya bawa ke dokter umum dikasih sanmol syrup dan cefat sirup. krn saya ada riwayat ga kuat minum cefat ga saya kasih minum. cuma sanmol saja. yg saya beri.tp panasnya kadang turun jdi 36 koma sekian gitu trus naik lagi jadi 37 koma sekian. tp ya gitu ngukurnya ga cuma di belakang telinga (alat yg saya punya cuma itu).selasa pagi saya bawa ke specialis anak pas diukur cuma 36,5.tidak terindikasi sakit apapun scr fisik. baru kamis besok disarankan ke lab. gmn dokter?yg saya binun sy ga berani ngasih antibiotik trus demam kmrn knp?mulai dr dokter anak itu saya kl ngukur ya dibelakang telinga. kok suhu badannya 36 koma tp badannya cenderung panas.saya takut kena db ato typus. cepet bales ya dok takut knapa2.
    trimakasih banyak dokter

  14. obat mata minus Says:

    seperti sepele padahal kalo udah keserang hiiiih takut

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 95 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: